pinterest.com

Bau yang Tidak Disukai Kucing

118 View

Bau yang Tidak Disukai Kucing – Tinggal di area yang terdapat banyak kucing liar bisa sangat mengganggu dan meresahkan. Bahkan banyak orang yang tidak segan untuk mengusir kucing dengan cara yang kasar agar tidak terganggu dengan keberadaan kucing.

Namun, sebenarnya ada banyak cara untuk mengusir kucing yang lebih halus dan tidak menyakiti kucing, seperti memberi bau yang tidak disukai kucing.

Populasi kucing liar di Indonesia memang terus meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini tentunya cukup mengganggu dan meresahkan bagi masyarakat yang terkena dampak langsung dari kucing liar tersebut.

Bahkan berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian, jumlah kucing di DKI Jakarta pada tahun saja telah mencapai lebih dari 30 ribu ekor. Dan jumlah ini berpotensi terus naik pada tahun-tahun berikutnya.

Bau yang Tidak Disukai Kucing

Bau yang Tidak Disukai Kucing
toocoolcats.com

Selain untuk mengusir, mengetahui bau yang tidak disukai kucing juga perlu diketahui oleh para pemelihara kucing. Hal ini bertujuan agar kucing dapat merasa nyaman di dalam rumah atau ruangan yang disediakan.

Karena terkadang bau yang disukai oleh manusia tidak disukai oleh kucing. Untuk lebih detailnya, berikut adalah jenis bau yang tidak disukai oleh hampir semua jenis kucing:

1. Lemon & Jeruk

Siapa yang tidak menyukai buah jeruk dan lemon karena rasanya yang kecut-manis serta baunya yang segar? Ternyata, jawabannya adalah kucing, baik yang liar maupun kucing peliharaan. Hal ini dikarenakan lemon dan jeruk memiliki bau yang khas dan tajam sehingga cukup mengganggu indra penciuman kucing.

Perlu diingat bahwa kucing memiliki indera penciuman yang tajam, sehingga bau yang tajam akan mengganggu mereka.

Pengharum yang memiliki bau mirip jeruk dan lemon pun juga bisa mengganggu indera penciuman kucing dan membuatnya tidak betah. Oleh karena itu, ini bisa menjadi alternatif untuk mengusir kucing liar namun juga bisa

dihindari bagi para pemilik kucing.

2. Parfum / Pengharum Ruangan

Selain buah yang tajam, bau yang tidak disukai kucing adalah yang berbau harum dan wangi seperti parfum dan pengharum ruangan. Jika manusia merasa semakin percaya diri dengan parfum, maka berbeda dengan kucing yang tidak menyukai bau dari parfum terutama jika baunya kuat.

BACA JUGA:  Scabies Pada Kucing

Oleh karena itu, jangan heran ketika setelah menggunakan parfum, kucing tidak mau mendekati sang pemilik.

Cara ini juga bisa menjadi cara untuk mengusir kucing dengan cara baik. Jika ada salah satu area di rumah yang sering didatangi oleh kucing, maka semprotlah area tersebut dengan menggunakan pengharum ruangan. Pilihlah bau yang cukup kuat seperti lemon atau bau buah-buahan karena kucing tidak menyukai bau tersebut.

3. Asap (Dari Rokok maupun Sumber Lain)

Kucing Tidak Suka Asap Rokok
simplemost.com

Salah satu bau yang tidak disukai kucing dan manusia adalah asap, baik asap dari rokok maupun sampah. Selain baunya yang memang tidak enak, asap sendiri dapat mengganggu pernafasan sehingga cukup berbahaya bagi hewan seperti kucing dan anjing.

Bahkan sebuah penelitian menyatakan bahwa kucing yang memiliki pemilik perokok dapat terkena kanker darah.

4. Menthol

Manusia sangat menyukai bau menthol karena bisa memberikan bau yang segar dan menghangatkan. Bau menthol yang dimaksud dalam hal ini adalah bau yang berasal dari balsam, minyak angina dan minyak kayu putih.

Namun, ternyata kucing menganggap bau ini mengganggu dan sangat tidak menyukainya. Sehingga untuk para pemilik kucing sebaiknya tidak menggunakan bau menthol di dekat kucing jika tidak ingin dijauhi.

5. Cabai

Sama halnya dengan manusia, bau yang tidak disukai kucing adalah bau cabai yang menyengat. Ketika memasak makanan dengan bau cabai yang cukup tajam, maka bisa dipastikan bahwa tidak ada kucing yang akan mendekat.

Selain baunya yang menyengat, bau cabai bisa mengganggu dan membuat hidung kucing menjadi gatal.

Baca Juga: Kucing Takut Timun

Cara ini juga bisa menjadi alternatif untuk mengusir kucing yang berada di sekitar rumah. Untuk menghasilkan win-win solution, tanamlah cabai di depan rumah.

Agar kucing tidak merusak tanaman, maka berilah boneka atau bentuk orang-orangan pada area tersebut. Cara lainnya adalah dengan menaburkan benih cabai yang kering pada daerah yang sering didatangi oleh kucing.

6. Lada

Bahan masakan lainnya yang baunya tidak disukai kucing adalah lada. Baik lada yang digunakan untuk masak, maupun lada yang disimpan dalam wadah dapat mengganggu indera penciuman dari kucing.

BACA JUGA:  Rekomendasi Obat Cacing Untuk Kucing

Oleh karena itu, ini merupakan cara yang sangat ampuh untuk mengusir kucing dari rumah.

Cara mudah untuk menjauhkan kucing adalah dengan menaburkan lada di sekitar area yang mengganggu, seperti depan halaman atau pagar.

Untuk membuatnya terlihat rapi, maka lada bisa ditempatkan pada wadah yang berlubang sehingga baunya tetap tercium. Cara ini juga cukup ampuh untuk menjauhkan kucing ketika berpergian atau sedang makan.

7. Durian

Kucing Tidak Suka Buah Durian
pinterest.com

Salah satu buah yang memiliki bau menyengat dan terkadang mengganggu hidung manusia adalah bau durian. Buah ini dikenal memiliki daging buah yang lezat, namun tidak semua orang menyukai baunya.

Kucing merupakan salah satu bagian yang tidak menyukai bau durian karena baunya yang menyengat dan mengganggu di hidung. Bahkan, kucing akan menguburkan durian karena merasa itu kotoran.

Namun ini merupakan salah satu cara ampuh untuk mengusir kucing dari area rumah. Jika memang menyukai bau durian, belilah pengharum ruangan atau parfum yang berbau durian.

Artikel Terkait: Cara Mengusir Kucing

Lalu semprotlah area depan atau belakang rumah dengan bau tersebut. Bisa dipastikan bahwa tidak ada kucing yang mau mendekat ke area tersebut, termasuk kucing peliharaan.

8. Terasi

Tidak hanya manusia, namun kucing juga bisa merasa terganggu dengan bau terasi yang digunakan ketika memasak. Seperti diketahui, terasi memiliki bau yang sangat tajam dan menyengat di hidung manusia.

Hal yang sama pun dirasakan kucing ketika membau terasi saat manusia memasak. Oleh karena, itu cara ampuh untuk menjauhkan kucing dari rumah adalah menaruh sedikit terasi pada halaman rumah.

9. Biji Kopi

Biji kopi seringkali digunakan untuk mengharumkan ruangan atau menghilangkan bau dari ruangan. Baunya yang cukup kuat inilah yang tidak disukai oleh kucing karena mengganggu indera penciumannya.

Oleh karena itu, bagi para pemilik kucing, maka sebaiknya tidak membuat kopi di dekat kucing karena akan cukup mengganggunya.

Sedangkan untuk yang ingin mengusir kucing dari halaman rumahnya, maka taburkan biji kopi yang memiliki bau kuat. Atau jika dirasa sayang, maka belilah pengharum ruangan dengan bau kopi. Cara ini lebih murah dan tahan lama dibandingkan dengan biji kopi asli.

Bau yang Tidak Disukai Kucing Agar Tidak Berak Sembarangan

Bau yang tidak disukai kucing merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga kesejahteraan hewan peliharaan kita. Dalam hal ini, ada beberapa aroma yang sebaiknya kita hindari jika ingin menciptakan lingkungan yang nyaman bagi kucing kesayangan kita. Mari kita telusuri beberapa aroma tersebut dan juga langkah-langkah yang bisa kita ambil untuk memastikan bahwa kucing kita tetap merasa nyaman dan aman.

BACA JUGA:  Ciri-Ciri Kucing Stress

Baca Juga: Fakta Kucing Hitam

1. Lavender

Bau lavender, meskipun digunakan untuk mengusir serangga, ternyata juga dapat membuat kucing merasa tidak nyaman. Aroma yang menyengat dari lavender bisa membuat kucing tidak betah. Lebih penting lagi, tanaman lavender dianggap beracun bagi kucing. Perlu diingat agar kucing kita tidak memakan bunga lavender yang bisa membahayakan kesehatannya.

2. Eucalyptus

Bau dari eucalyptus, pohon yang termasuk dalam golongan Myrtaceae, juga tidak disukai oleh kucing. Aroma yang menyengat membuat kucing merasa tidak nyaman. Jika ingin mengusir kucing, kita bisa mencoba menuangkan minyak eucalyptus di beberapa area, tetapi perlu diperhatikan jumlahnya agar tetap aman bagi kucing.

3. Cuka

Bau cuka juga tidak disukai oleh kucing. Aroma tidak sedap dari cuka bisa membuat kucing tidak betah. Meskipun kucing tidak menyukai bau cuka yang telah mengering, mereka mungkin akan mencoba menutupinya dengan buang air kecil di area yang memiliki bau cuka. Oleh karena itu, perlu diperhatikan agar area rumah tidak memiliki bau cuka yang kuat.

4. Rosemary

Aroma rosemary, meskipun tidak beracun bagi kucing, ternyata tidak disukai oleh kucing. Salah satu cara yang bisa kita coba adalah menggunakan minyak rosemary atau menanam tanaman rosemary. Selain mengusir kucing, ini juga dapat memiliki manfaat dalam penggunaan rempah-rempah atau aromaterapi bagi kita.

5. Peppermint

Peppermint, meskipun memiliki beragam varietas mint yang berbeda, juga tidak disukai oleh kucing. Aroma peppermint yang dapat menyebar dengan cepat bisa membuat kucing merasa tidak nyaman. Jika kita ingin mengusir kucing, kita bisa mencoba menanam tanaman peppermint atau menuangkan minyak esensial peppermint di beberapa area di rumah.

Itulah beberapa jenis bau yang tidak disukai kucing baik peliharaan maupun yang liar. Sama halnya dengan manusia, kucing dapat merasa terganggu dengan bau yang menyengat dan tidak menyenangkan. Kucing akan mencoba mengubur objek yang memiliki bau tak sedap tersebut karena dirasa kotoran.

Oleh karena itu, hal ini perlu diketahui oleh pemilik kucing maupun untuk orang yang tidak menyukai kucing dan ingin mengusirnya. Karena jika ada benda yang mengeluarkan bau yang menyengat lalu menghilang, maka bisa saja benda tersebut disembunyikan oleh kucing yang ada.

Bau yang Tidak Disukai Kucing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.