Sekilas Tentang Burung Walet dan Cara Budidaya Walet dengan Modal Kecil

Cara Budidaya Walet dengan Modal Kecil – Ketertarikan terhadap burung kini semakin meningkat, salah satu burung yang banyak dilirik yakni burung Walet.

Bukan hanya sekedar hobi, melainkan sudah dijadikan peluang usaha. Salah satu yang banyak diminati yakni membuka budidaya Walet. Berbagai cara budidaya Walet dengan modal kecil banyak dilakukan. Meskipun begitu, keuntungan yang diraup pun sangatlah menjanjikan.

Sekilas Tentang Walet

bagaimana cara beternak walet
trikmerawat.com

Burung yang memiliki nama latin Collocalia Vestita ini memiliki paduan warna hitam dan cokelat. Bagian bawah tubuhnya berwarna cokelat dan bagian lainnya berwarna hitam.

Ekornya yang panjang dihiasi dengan sayap yang begitu runcing. Terbiasa hidup di tempat yang sunyi dan jauh dari keramaian. Hal ini dikarenakan, Walet memiliki habitat di area gua, pantai atau pun dataran rendah lainnya.

Burung yang memiliki sayap panjang ini, hanya bisa ditemukan di kawasan Asia Tenggara, seperti Kamboja, Laos, Filipina, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Indonesia. Burung penyuka serangga kecil ini memiliki kecepatan yang cukup tinggi ketika terbang di udara.

Baca Juga: Harga Sarang Burung Walet yang Fantastis

Namun, sangat disayangkan kakinya terbilang lemah, sehingga tidak bisa hinggap di atas pohon atau pun kabel listrik seperti burung lainnya. Hal ini dikarenakan, kakinya yang kecil tidak dapat menopang tubuhnya secara optimal.  Meskipun begitu, burung Walet tetap memiliki nilai jual yang tinggi untuk dibudidaya.

Cara Budidaya Walet dengan Modal Kecil

cara cepat budidaya walet
peternakanwalet.blogspot.com

Bisnis budidaya Walet menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menarik perhatian banyak orang. Banyak yang mengatakan, untuk memulai bisnis ini dibutuhkan biaya yang besar.

Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar, tanpa modal besar pun budidaya Walet bisa dirintis. Terdapat beberapa cara budidaya Walet dengan modal kecil namun tetap memberikan hasil yang memuaskan. Di antara cara tersebut yakni sebagai berikut.

1. Mempersiapkan Modal

cara awal budidaya walet
educenter.id

Setiap usaha tentunya diawali dengan persiapan modal. Poin yang satu ini biasanya menjadi salah satu hal yang cukup dipertimbangkan para pelaku usaha. Namun, tidak perlu bingung dan risau karena tidak memiliki modal yang besar. Terdapat cara budidaya Walet dengan modal kecil yakni bisa dilakukan dengan modal secara kolektif.

Cara tersebut bisa dijadikan alternatif bagi setiap orang yang ingin memulai bisnis budidaya Walet dengan cara yang hemat. Bisa dilakukan oleh tiga hingga empat orang bahkan lebih. Hal ini tentunya akan menghemat pengeluaran, karena modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Untuk mencoba cara yang satu ini memang tidaklah mudah, butuh kehati-hatian dan ketepatan dalam memilih anggota kelompok. Cara lainnya yang bisa dilakukan yakni dengan mencari investor yang siap berinvestasi untuk usaha budidaya Walet yang akan dilakukan.

2. Mempersiapkan Sarang Walet

cara jitu budidaya burung walet
duniawalet.co.id

Tahapan selanjutnya yakni melakukan persiapan sarang Walet. Poin yang satu ini sangatlah penting yakni untuk menentukan di mana lokasi tempat tinggal walet.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan sarang Walet. Lokasi yang dipilih pun harus nyaman untuk disinggahi Walet. Cobalah untuk memilih area di atas ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Area tersebut, bisa ditemukan di daratan rendah seperti sungai dan pantai.

Sarang Walet hendaknya dibangun jauh dari keramaian. Hal ini dikarenakan untuk menunjang kenyamanan Walet yang terbiasa tinggal di area sepi seperti gua. Jika kebetulan, memiliki rumah kosong yang jauh dari keramaian warga, maka bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sarang Walet.

Hal ini bisa menjadi salah satu cara budidaya Walet dengan modal kecil dan memanfaatkan lahan yang tersedia. Sehingga bisa lebih menghemat pengeluaran dalam proses melakukan usaha budidaya.

3. Lakukan Modifikasi Sarang

cara beternak walet bagi pemula
mentari.news

Setelah selesai melakukan pembangunan sarang Walet, selanjutnya modifikasi sarang yang telah dibangun. Maksudnya yaitu memberikan plat yang terbuat dari alumunium.

Langkah yang satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu langkah dalam mengembangkan sarang Walet. Hal ini sangat cocok dilakukan ketika berhasil meletakkan telur/ bibit pada sarang.

Posisi dalam menempatkannya pun harus diperhatikan dengan baik. Plat alumunium tersebut bisa diletakkan di bagian sudut atap.

Letakkan telur secara hati-hati, sehingga proses pengembangan pun bisa dilakukan secara tepat. Untuk memudahkannya, bisa dengan cara mengoleskan kotoran Walet pada tangan, sehingga Walet tidak menyadari bahwa ada tangan manusia yang sedang memindahkan telur.

4. Membuat Lubang Sirkulasi Udara

teknik budidaya walet pdf
youtube.com

Dalam pembangunan sarang Walet pastikan untuk menyediakan satu pintu masuk sarang Walet. Dibuat untuk memudahkan dalam proses panen Walet.

Walet merupakan makhluk hidup yang membutuhkan oksigen seperti manusia. Oleh karena itu, pastikan sarang Walet dibuat dengan memerhatikan sirkulasi udara. Untuk memastikan adanya udara yang masuk bisa dibuat jendela di bagian atas sarang Walet. Sehingga sirkulasi udara pun tetap terjaga dengan baik.

Selain itu, pastikan untuk membuat lubang-lubang udara. Ukurannya pun tidak perlu besar, satu meter pun cukup untuk membuat oksigen masuk ke dalam sarang.  Di setiap sisi lubang, biasanya ditutupi kain.

Tidak perlu modal mahal, salah satu cara budidaya Walet dengan modal kecil yakni dengan memanfaatkan bahan yang ada. Sebagai contohnya, untuk menutupi lubang-lubang sarang bisa dengan memanfaatkan kain hitam bekas atau pun kain lainnya yang bisa digunakan.

5. Menarik Burung Walet

tata cara budidaya sarang walet
siwaexpress.com

Setelah proses pembuatan sarang Walet selesai, selanjutnya lakukan sesuatu untuk menarik perhatian Walet. Hal yang biasa dilakukan untuk merangsang kedatangan Walet yakni dengan menyemprotkan pengharum ruangan di sekitar sarang Walet.

Kemudian, nyalakan audio  sekeras mungkin yang berisi rekaman suara burung Walet. Cara lainnya yang bisa dilakukan yakni dengan menebarkan kotoran Walet sekitar dinding sarang Walet bagian luar.

Dengan berbagai rangsangan tersebut, secara spontan burung Walet pun akan menghampiri sarang yang telah dibuat. Hal ini tentunya dilakukan dengan usaha yang besar, disertai dengan sikap sabar, teliti, dan pantang menyerah. Jika cara ini sulit dilakukan, alternatif lainnya dengan membeli bibit burung Walet yang tersedia di pasaran terbuka atau pun via Online.

6. Melakukan Perawatan yang Baik

cara ternak burung walet
waletniaga-group.com

Selanjutnya, lakukan perawatan sebaik mungkin untuk menciptakan kenyamanan pada setiap burung Walet yang tinggal di sarang. Untuk menciptakan hal tersebut, tentunya banyak hal yang diperhatikan, mulai dari membersihkan kotoran burung Walet secara rutin hingga jenis pakan yang diberikan.

Kotoran burung Walet hendaknya dibersihkan setiap dua atau tiga minggu sekali. Untuk lebih mudahnya bisa memanfaatkan alat sekop untuk membersihkannya. Sama halnya dengan kotoran lain, kotoran burung Walet pun dapat dimanfaatkan menjadi pupuk.

Selanjutnya, pakan yang diberikan harus diperhatikan. Dikarenakan Walet merupakan burung liar dan sering mencari makanannya sendiri, maka sediakanlah serangga kecil yang berasal dari sawah atau pun perkebunan.

Makanan tersebut merupakan favoritnya burung Walet. Pemberian pakan yang seimbang akan membuat Walet nyaman dan betah tinggal di sarang yang telah dibangun.

Setiap usaha budidaya bisa sukses jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan kerja keras. Begitu pun dengan proses budidaya Walet. Dilakukan dengan usaha serta pemeliharaan yang optimal, maka keuntungan pun akan dicapai. Demikianlah informasi terkait burung Walet dan cara budidaya Walet dengan modal kecil yang bisa dicoba baik oleh para pemula atau pun pelaku budidaya yang sudah berpengalaman.

Cara Budidaya Walet dengan Modal Kecil

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.