Cara Melatih Kucing Buang Air dengan Mudah

Cara Melatih Kucing Buang Air – Ketika berbicara mengenai hewan peliharaan, ada banyak sekali jenis yang bisa dipilih mulai dari anjing kucing kelinci dan lain sebagainya. Umumnya hewan peliharaan sengaja diambil oleh pemiliknya dengan tujuan tertentu.

Misalnya saja adopsi karena menemukan di jalanan, atau tujuan lainnya untuk menemani kegiatan yang dilakukan setiap harinya di rumah, seperti contohnya kucing. Namun tentunya untuk membuat keadaan rumah tetap bersih haruslah tahu cara melatih kucing buang air yang mudah.

Cara Merawat Kucing

cara mengajarkan kucing buang air

 

Salah satu hewan peliharaan favorit banyak orang terutama di indonesia adalah kucing. Tingkah laku yang unik dan juga menggemaskan membuat banyak orang sangat suka melihat tingkah kucing.

Namun ada banyak sekali kendala yang harus dihadapi salah satunya adalah cara merawat kucing, seperti memberikan makanan ataupun memandikan kucing.

Ditambah lagi jika hewan peliharaan yang dimiliki sengaja tidur, dan juga tinggal di dalam rumah maka tugas yang paling besar adalah harus mengajarkan kucing tersebut. Untuk bisa terbiasa buang air kecil dan tidak sembarangan. Tentunya cara melatih kucing buang air akan sangat diperlukan sekali informasinya.

Cara Melatih Kucing Buang Air

melatih kucing buang air
drsophiayin.com

Dengan melatih kucing buang air tentunya akan membuat kucing menjadi lebih bersih karena tidak perlu berkeliaran. Berikut ini tips dan trik yang bisa dilakukan untuk cara melatih kucing buang air yang dapat dijadikan referensi.

1. Bersihkan Rumah dengan Desinfektan

cara melatih kucing untuk buang air
indiatvnews.com

Hal pertama yang harus dilakukan, apabila memutuskan untuk memelihara kucing yaitu memastikan bahwa hewan peliharaan tersebut, bisa buang air sesuai dengan tempatnya. Bagaimana baunya buang air besar dan buang air kecil yang dihasilkan oleh kucing.

Karena hal tersebut terjadi akibat adanya konsumsi makanan seperti ikan dan juga daging yang setiap hari dimakan oleh si kucing untuk itu cara yang paling mudah. Agar bisa membiasakan hewan peliharaan dapat buang air.

Sesuai dengan tempatnya dengan membersihkan seluruh rumah secara rutin dan juga mengepel lantai atau menyapu lantai. Sehingga bau kucing akan hilang.

Kucing merupakan hewan yang bersifat teritorial, ketika mereka setelah melakukan buang air di sebuah tempat maka mereka akan terbiasa untuk kembali ke tempat tersebut.

Berulang-ulang tetapi jika sudah dibersihkan dengan karbon atau bahan sejenisnya. Maka baunya akan hilang dan si kucing tidak akan merasa bahwa tempat tersebut adalah tempat buang airnya nya.

2. Sediakan Litter Box

melatih kucing buang air besar
vetstreet.com

Apa yang bisa dilakukan sebagai tips atau cara melatih kucing buang air, agar terbiasa dan tidak sembarangan yaitu menyediakan kotak pasir dan juga litter box. Sebagai seorang pemilik harus tahu bahwa kucing.

Sebenarnya memiliki naluri ketika mereka menemukan pasir secara otomatis mereka akan menggunakan pasir tersebut. Untuk menjadi kamar kecil atau toilet tempat mereka buang air kecil atau buang air besar.

Nah sediakan pasir yang mudah ditemukan oleh kucing di rumah, dan sediakan juga kotak atau litter box yang umumnya digunakan oleh para pemilik kucing. Baik kucing ras maupun lokal untuk menyediakan toilet sederhana yang bisa digunakan dengan mudah.

Untuk menemukan pasir kucing khusus untuk toilet sangatlah mudah. Tinggal datang ke toko khusus tempat penjualan makanan dan juga produk hewan peliharaan. Nantinya akan menemukan dengan harga dan juga ukuran yang beragam.

3. Biasakan Sejak Awal

melatih kucing buang air di pasir
pets.webmd.com

Selanjutnya cara melatih buang air khusus untuk kucing, yaitu biasakan sejak awal datang kerumah umumnya kucing akan melakukan hal yang selalu dibiasakan oleh pemiliknya. Misalnya saja meletakkan makanan di sebuah tempat.

Maka kucing tersebut akan datang ke tempat yang sama berulang-ulang untuk meminta makan. Begitu pun dengan toilet dan juga tempat untuk buang air.

Sehingga ketika kucing yang dimiliki dan juga dipelihara terutama sejak kitten atau anak kucing biasakan untuk menggunakan toilet.

Apabila masih buang air sembarangan bersihkan secara cepat dan juga file area tersebut. Setelah itu kenalkan pasir atau tempat untuk buang air berulang-ulang.

Butuh banyak sekali proses untuk membiasakan kucing, agar bisa mengenali tempat untuk buang airnya. Ada beberapa kucing yang cukup melakukan satu minggu saja setiap harinya. Ada juga yang memakan waktu kurang lebih hingga sebulan. Sehingga sebagai seorang pemilik haruslah rutin dan jangan mudah lelah.

4. Ukuran Besar

cara mengajarkan kucing agar tidak buang air sembarangan
turbosquid.com

Selanjutnya cara yang bisa dilakukan yaitu menyediakan perangkat yang sesuai dengan ukuran dan juga jenis kucing nya.

Jika memiliki kucing persia yang masih anak-anak mungkin ukuran litter box ataupun tempat untuk buang air bisa digunakan. Jika ukurannya sedang atau kecil .tetapi jika kucing yang dimiliki cukup besar atau berbadan gendut, pastikan bahwa kotak yang dimiliki menggunakan ukuran yang besar.

Sehingga kucing bisa dengan leluasa menggunakannya. Umumnya mereka merasa tidak nyaman atau merasa bahwa kotak tersebut tidak cukup dengan tubuhnya. Sehingga mereka tidak mau menggunakan untuk buang air kecil.

Kenapa hal ini jadi pertimbangan kotak yang besar ? Biasanya membantu memberikan akses kucing untuk bisa masuk ke kotak dengan baik. Selain itu kucing juga seringkali sensitive, sehingga mereka memutuskan untuk menggunakan tempat yang sekiranya nyaman dan juga luas.

Baca Juga: Inilah Cara Menjinakan Kucing yang Terbukti Ampuh dan Efektif

5. Kotak Tertutup

melatih kucing kencing
chewy.com

Selanjutnya cara yang bisa dilakukan untuk memutuskan apabila membutuhkan cara untuk melatih kucing buang air kecil ataupun air besar, bisa menggunakan kotak khusus yang tertutup umumnya beberapa kucing merasa tidak nyaman.

Ketika mereka menemukan toilet baru sehingga mereka seringkali menutupnya dengan pasir atau justru mengacak-acak tempat tersebut.

Kotak yang tertutup bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membantu menahan pasir agar tidak hilang dan juga menahan bau yang keluar. Selain itu kucing juga akan merasa aman, namun kelemahannya tentu saja kotak ini akan lebih mahal.

Harganya dibandingkan dengan litter box biasa dengan kotak yang besar ini. Kucing akan bisa leluasa bergerak dan juga menuntaskan keinginan untuk buang airnya. Selain itu cobalah untuk melepaskan pintu dari kotak tersebut sehingga tidak terlalu tertutup.

6. Memilih Pasir yang Tepat

cara melatih kucing tidak buang air sembarangan
pedigree.com

Selanjutnya yaitu memilih pasir sangatlah penting bagi para pemilik, untuk memahami bagaimana caranya memilih pasir yang tepat. Ada banyak sekali jenis pasir yang bisa digunakan mulai dari kucing remaja hingga dewasa dalam pemilihan. Ia harus berhati-hati karena masing-masing kucing memiliki sensitifitas yang berbeda.

Misalnya saja beberapa kucing tidak suka pasir yang sangat halus dan berdebu atau beberapa kasus yang tidak terlalu suka pasir dengan wangi yang terlalu halus.

Ada banyak sekali jenis pasir yang bisa disesuaikan dan juga dibeli dengan tipe yang berbeda-beda. Pastikan pasir tersebut disukai oleh kucing. Sehingga membantu mempermudah para pemilik untuk melatih kucing buang air, terbukti sudah banyak dilakukan oleh para pemilik kucing.

7. Sediakan Lebih dari 1 Litter Box

cara melatih kucing tidak pup sembarangan
petcarerx.com

Terakhir cara melatih kucing buang air yang paling ampuh yaitu dengan menggunakan lebih dari satu kotak apabila memiliki lebih dari satu kucing. Misalnya saja 2 ekor sediakan 4 liter box untuk membantu kucing untuk mengenali, apakah tempat tersebut memang cocok sekali digunakan untuk buang air atau tidak.

Pastikan jika kucing tersebut sudah memiliki ciri-ciri ingin buang air ada baiknya giring kucing tersebut ke tempat dimana litter box disediakan. Nantinya mereka akan mencoba mengenali adanya pasir dan menggunakan pasir tersebut.

Cara Melatih Kucing Buang Air

Categories Kucing

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.