Inilah Cara Melebatkan Bulu Kucing dengan Mudah

Cara Melebatkan Bulu Kucing – Sebagai salah satu hewan yang memiliki bulu lebat, kucing cukup lucu dan menggemaskan untuk dipelihara. Namun, tidak sedikit di antara kucing yang dipelihara mengalami kerontokan hingga bulunya menipis.

Tampilan fisiknya yang lucu pun bisa berubah menggelikan. Hal ini tentunya harus diatasi secepat mungkin, sehingga bulunya bisa kembali lebat. Adapun cara melebatkan bulu kucing sangatlah banyak, mulai dari memerhatikan asupan makanan hingga kondisi kesehatan fisik yang harus diperhatikan.

Sekilas Tentang Kucing

cara cepat melebatkan bulu kucing
pabuthefirecat.tumblr.com

Sebelum mengetahui cara melebatkan bulu kucing, ada baiknya untuk mengenal terlebih dahulu jenis hewan lucu yang satu ini. Kucing merupakan salah satu jenis mamalia karnivora yang memiliki nama latin Felis Catus atau Felis Silvestris Catus.

Dalam catatan sejarah dituliskan bahwa kucing mulai berbaur dengan kehidupan manusia kurang lebih sudah 6.000 tahun sebelum Masehi.

Dulunya, kucing digunakan sebagai penjaga agar tidak ada tikus atau pun hewan lainnya yang dapat mengganggu hasil panen. Namun, kini kucing sudah populer sebagai hewan peliharaan yang menggemaskan.

Adapun jenis kucing sangatlah beragam, yakni ada kucing Persia, angora, maine coon, kucing siam, sphyinx, rangdoll, munchkin, dan sebagainya.

Setiap jenis memiliki keunikan dan karakteristik tertentu yang menjadi ciri khas masing-masing.Secara umum, kucing memiliki perilaku mengeong, mencakar, menggoyang-goyang ekor, mengangkat badannya, tidur terlentang dan sebagainya.

Selain itu, kucing dikenal sebagai salah satu jenis hewan berbulu lebat. Kelebatan bulunya dapat terjaga dengan baik, ketika perawatan dilakukan secara maksimal. Asupan nutrisi yang tidak cocok dapat menimbulkan kerontokan pada bulu kucing, sehingga dibutuhkan kejelian dalam pemberian makanan kucing.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kerontokan pada kucing, mulai dari tempat tinggal yang kurang bersih, kesehatan kucing yang tidak baik, nutrisi seperti vitamin, protein dan lemak yang tidak terpenuhi secara maksimal dan masih banyak lagi faktor lainnya.

Masalah tersebut tentunya harus segera diatasi secepat mungkin, sehingga tidak membahayakan kondisi kucing.

Cara Melebatkan Bulu Kucing

cara cepat melebatkan bulu ekor kucing
pinterest.com

Seperti yang disinggung sebelumnya, kucing memiliki bulu yang lebat dan tentunya harus dijaga dengan perawatan yang maksimal. Adapun kucing yang mengalami kerontokan terhadap bulunya harus segera diatasi. Jangan khawatir karena terdapat cara melebatkan bulu kucing secara mudah. Di antara cara yang bisa dicoba yakni sebagai berikut.

1. Memerhatikan Kondisi Tempat Tinggal Kucing

cara melebatkan dan memanjangkan bulu kucing
pinterest.com

Cara pertama yang harus dilakukan yakni dengan memerhatikan kondisi tempat tinggal kucing. Pastikan kandang yang ditempati kucing tetap terjaga kebersihannya sehingga tidak menimbulkan penyakit yang dapat membahayakan kucing.

Kandang hendaknya dibersihkan dalam waktu tertentu dan dilakukan secara teratur, serta tetap memerhatikan suhu yang tepat untuk kucing. Karena jika terlalu tinggi suhunya, dapat menyebabkan bulu kucing rontok. Oleh karena itu, pastikan suhu tetap seimbang dan kandang tetap bersih, sehingga kucing lebih nyaman untuk tinggal.

2. Memerhatikan Asupan Makanan untuk Kucing

cara menggemukan dan melebatkan bulu kucing
cattime.com

Selanjutnya, memerhatikan asupan makanan untuk kucing akan berpengaruh terhadap kelebatan bulu kucing. Cara melebatkan bulu kucing yang satu ini sangat penting untuk dilakukan. Asupan makanan yang tidak sesuai dapat menyebabkan alergi yang selanjutnya menimbulkan kerontokan.

Baca Juga: Cara Melatih Kucing Buang Air dengan Mudah

Makanan yang baik bagi kucing yakni yang memiliki kandungan protein yang bisa memenuhi kebutuhan kucing.  Kandungan protein yang tinggi bisa didapatkan dari minyak ikan, kuning telur dan sebagainya.

3. Memberikan Vitamin dan Nutrisi Lainnya

vitamin melebatkan bulu kucing
pets.webmd.com

Selain menjaga makanan yang dikonsumsi, cara melebatkan bulu kucing lainnya yakni dengan memberikan vitamin dan nutrisi lainnya yang dapat membantu melebatkan bulu. Berbagai Petshop biasanya menyediakan vitamin pertumbuhan bulu kucing.

Alternatif lainnya bisa dengan meminta vitamin dari dokter hewan yang bersangkutan. Nutrisi lainnya yang bisa diberikan yakni asupan lemak, seperti minyak zaitun atau pun vitamin E yang bisa bermanfaat untuk melebatkan kulit kucing dan tentunya akan berpengaruh baik terhadap kelebatan bulu kucing.

4. Menjaga Kesehatan Kucing

cara alami melebatkan bulu kucing
wagwalking.com

Kesehatan kucing hendaknya dijaga sebaik mungkin, sehingga cara melebatkan bulu kucing dapat diterapkan secara maksimal. Kerontokan yang secara terus menerus biasanya disebabkan hormon yang tidak seimbang pada kucing.

Hal ini disebabkan kondisi kesehatan kucing yang tidak baik. Maka dari itu, senantiasa menjaga kesehatan kucing dengan rutin memandikannya, minimal dua kali dalam sebulan, serta dalam pemilihan shampoo, gunakan yang sesuai dengan kondisi kulit kucing, sehingga kesehatan kulit tetap terjaga.

5. Hindari Kucing Dari Stress

cara untuk melebatkan bulu kucing
medicalnewstoday.com

Pastikan kucing terhindar dari rasa stress yang dapat menimbulkan kerontokan pada bulu kucing. Ketika kucing memberikan tanda-tanda stress segera periksa ke dokter hewan untuk terhindar dari kerontokan.

Dokter hewan akan memberikan solusi terbaik dengan memberikan obat yang dapat mengatasi stress yang dihadapi kucing. Selain itu, selaku pemelihara hendaknya cermat terkait penyebab kucing stress, sehingga bisa diatasi sedini mungkin. Kepekaan pemelihara akan meningkatkan kenyamanan si kucing.

6. Sisir dan Sikat Bulu Kucing

cara melebatkan bulu kucing secara alami
ohmysweetcat.com

Menyisir dan menyikat bulu kucing tentunya sangat mudah dilakukan. Namun, tidak sedikit para pemelihara yang malas melakukan hal ini. Tips yang satu ini merupakan cara melebatkan bulu kucing yang hendaknya dilakukan secara rutin dan teratur.

Bulunya yang panjang, tentu harus dijaga dengan baik dengan rajin menyisir bulu kucing. Proses menyisir ini akan membantu memisahkan bulu-bulu yang sudah mati dan akan tumbuh yang baru.

Selain itu, kesehatan kucing pun akan lebih terjaga dengan baik. Kegiatan sisir dan sikat bulu kucing ini hendaknya dilakukan dalam seminggu sebanyak dua kali.

7. Pastikan Kucing Tidak Alergi

cara buat bulu kucing lebat
softpaws.com

Kerontokan biasanya disebabkan beberapa hal, pastikan bahwa kucing yang dipelihara tidak mengalami alergi. Kebanyakan, bulu kucing menjadi rontok karena alergi terhadap suatu makanan tertentu. Bulu yang rontok menjadi salah satu efek samping dari alergi yang terjadi pada kucing.

Ketika alergi dapat dipastikan membuat bulu kucing rontok, maka selanjutnya berikan obat anti-radang kepada kucing. Bawalah kucing ke dokter hewan, sehingga dapat ditangani secepat mungkin dengan memberikan obat yang tepat.

8. Menjemur Kucing

bagaimana cara melebatkan bulu kucing
pixabay.com

Proses penjemuran kucing sangatlah penting guna memberikan asupan vitamin D yang bisa bermanfaat untuk tulang kucing. Selain itu, proses menjemur akan membuat tubuh kucing lebih bugar dan sehat. Tidak hanya itu, kucing akan terhindar dari rasa stress yang dapat menimbulkan kerontokan pada bulunya yang panjang dan lucu.

Menjemur kucing hendaknya dilakukan di pagi hari yakni pada pukul 8 hingga 9,  selama 10 hingga 15 menit untuk menjaga kesehatan yang maksimal.

Perawatan yang tepat dan maksimal pada kucing peliharaan tentunya akan menjaga kesehatan kucing tetap terjaga.

Selain itu, setiap detail yang berhubungan dengan kebutuhan kucing, baik dari segi tempat tinggal, asupan makanan, kondisi kesehatan fisik, dan aspek lainnya hendaknya diperhatikan sebaik mungkin, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari.

Demikianlah ulasan terkait cara melebatkan bulu kucing yang bisa diterapkan. Semoga tips di atas dapat membantu serta menjadi solusi terbaik dalam mengatasi bulu kucing yang rontok. Perawatan yang maksimal dan cermat tentunya akan membawa dampak yang baik pula pada hewan yang dipelihara.

Cara Melebatkan Bulu Kucing

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.