Cara Memandikan Kucing

CARA MEMANDIKAN KUCING – Tren memelihara kucing saat ini menjadi gaya hidup  sebagian dari masyarakat di Indonesia. Apalagi banyak kaum selebritas juga ikut mempopulerkan kucing sebagai salah satu hewan peliharaan mereka. Tentu saja cara memandikan kucing agar bersih dan sehat menjadi bagian dari perawatan rutin kala memeliharanya.

Cara Memandikan Kucing

Cara Memandikan Kucing
bahaya memandikan kucing malam hari – coleandmarmalade.com

Memelihara kucing yang sehat, lincah dan bersih akan memberikan kepuasan tersendiri dari pemiliknya. Merawat dan menjaga hewan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan jasa orang lain atau dapat juga dilakukan sendiri, seperti cara memandikan kucing.

Binatang yang lucu dan cukup menggemaskan ini cukup sulit ketika diajak mandi. Apalagi bagi pemula yang lagi belajar cara memandikan kucing. Memberontak hingga mencakar akan dilakukan hewan tersebut ketika dipaksa. Untuk itu diperlukan kesabaran agar kucing tersebut merasa tenang dan tidak panik.

Memandikan kucing sebaiknya dilakukan secara rutin , misalnya seminggu dua kali. Maka binatang yang menggemaskan tersebut  menjadi terbiasa. Selain dapat membersihkan dari kotoran, kutu dan jamu yang dapt mengganggu kesehatan, bulu-bulunya juga akan lebih terawat.

Langkah yang Diperlukan dalam Memandikan Kucing

Langkah yang Diperlukan dalam Memandikan Kucing
waktu yang tepat untuk memandikan kucing – gopetplan.com

Sudah menjadi naluri alam, bahwasanya kucing tidak menyukai air. Untuk itu diperlukan langkah dan  cara memandikan kucing yang tepat. Agar binatang itu tidak merasa stress, sehingga memberontak bahkan mencakar. Langkah yang diperlukan dan dipersiapkan antara lain:

1. Siapkan Perlengkapan Mandi

Cara memandikan kucing yang benar adalah dengan mempersiapkan perlengkapan mandinya terlebih dahulu. Peralatan tersebut  saat ini sudah banyak dijual oleh; pets shop maupun toko online. Beberapa diantaranya adalah:

  • Ember yang besarnya sesuai dengan ukuran si pus dan berisi air hangat secukupnya.
  • Shampo khusus kucing yang memiliki ph rendah, untuk menjaga bulu si manis agar tidak mudah rontok atau rusak.
  • Bedak khusus kucing ini diperlukan untuk mencegah berkembangnya jamur dan kutu
  • Parfum khusus untuk si pus yang kandungan kimianya rendah, sehingga tetap aman ketika dijilatinya. Semprotkan secara merata ke permukaan tubuh kucing setelah selesai dimandikan kecuali mata,telinga, hidung dan mulutnya. Selain menjaga kewangiannya juga membuat bulu si meong mengkilap.
  • Baby oil, untuk memudahkan saat membersihkan kotoran di telinga kucing.
  • Handuk kering atau kanebo, untuk mengeringkan bulu-bulu yang basah setelah mandi.
  • Handuk lembut, dipakai selesai mandi untuk menjaga kehangatan tubuh si manis.
  • Cotton buds, untuk membersihkan kotoran yang sulit dibersihkan di telinga si pus.
  • Hair dryer, untuk mengeringkan bulu-bulu kucing setelah dikeringkan dengan handuk sebelumnya.
  • Gunting kuku khusus, banyak dijual di pet shop, bila tidak ada guting kuku biasa juga bisa.
  • Sikat khusus yang lembut, untuk menyikat bulu-bulu kucing.

2. Ketahui Waktu Yang Tepat

Si pus memerlukan perawatan agar bulu-bulunya tetap halus, lembut dan wangi serta terhindar dari penyakit. Yang dibutuhkan adalah rutinitas menjaga kebersihan dengan mandi setidaknya seminggu dua kali. Cara memandikan kucing tersebut agar menjadi kebiasaan yang baik bagi dirinya.

Yang perlu diperhatikan adalah jangan memandikan si manis di saat musim penghujan. Sebab bisa menyebabkan hewan lucu tersebut menjadi sakit, seperti diare atau masuk angin. Dan pilih waktu yang tepat antara pukul 08.00 pagi hingga 15.00 sore.

Jangan langsung disiram atau diguyur, tetapi perhatikan tingkat kenyamanan kucing tersebut. Awasi posisi dan pergerakan kaki belakang si meong, sambil mengelus tengkuknya. Sehingga binatang kesayangan itu merasa nyaman dan tenang. Mengajaknya bermain air, merupakan salah satu cara agar si pus  tidak menjadi gugup dan panik.

3. Potong Kuku

Cara memandikan kucing yang tepat adalah dengan memotong sedikit kuku tajamnya.  Karena kukunya merupakan senjata untuk melindungi diri dari musuh, maka tidak perlu dipotong habis. Cukup membuatnya menjadi tumpul. Langkah yang perlu dilakukan ketika memotong kuku si pus, antara lain:

  • Tekan bagian telapak kaki si manis, agar kuku tajamnya keluar.
  • Potong kuku tersebut dengan posisi dari atas ke bawah.
  • Pilih bagian ujung yang tajam, hati-hati jangan sampai terkena daging, bisa menyebabkan luka dan infeksi
  • Haluskan bekas potongan kuku tersebut, lap dengan kapas yang dibahasi air.

4. Mulai Dengan Air hangat

cara memandikan kucing yang benar dengan menyirami air hangat ke tubuhnya, sambil terus mengelus leher agar si pus tetap merasa tenang. Setelah semuanya basah, urut perlahan tubunya  guna melarutkan kotoran yang mungkin menempel.  Lanjutkan siram sekali lagi dengan air hangat yang sudah dipersiapkan.

5. Gunakan Shampo Khusus

Setelah di siram dengan air hangat, cara memandikan kucing selanjutnya dengan memberikan shampo. Sebaiknya pilih yang khusus untuk kucing, dengan aroma yang disukai. Lakukan secara perlahan mulai kepala hingga ekornya. Hindari mata, hidung juga mulut si pus terkena shampo, hal tersebut bisa membahayakan si manis.

Baca Juga: Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik

Gunakan sikat khusus yang lembut untuk membersihkan kotoran –kotoran atau kemungkinan kutu yang menempel. Lakukan dengan perlahan agar si kucing tidak kesakitan, sambil terus di pijat periksa kesehatan luar kucing tersebut.

Bagian telapak kaki, terutama disela-sela jari biasanya tempat bersembunyinya kotoran dan  kuman. Untuk itu bersihkan dengan kapas atau cotton buds agar tidak melukai kaki si pus.  Biasanya waktu yang diperlukan untuk memandikan si pus kurang lebih lima menit hingga 7 meit.

6. Bilas dan keringkan

Setelah menyampo hingga merata ke seluruh tubuh si manis, lanjutkan dengan membilasnya. cara memandikan kucing dengan membilas air hangat dan bersih ke seluruh tubuhnya. Sambil mengurut untuk membersihkan sisa-sisa shamponya.

Setelah dirasa bersih dari shampo, segera keringkan dengan handuk atau kanebo terlebih dahulu. Gosok perlahan ke seluruh permukaan tubuh hingga cukup kering. Agar lebih cepat  dan bulu-bulunya bagus, gunakan hair driyer sambil disisir dengan lembut bulunya.

7. Bersihkan Telinga

Telinga merupakan tempat berkumpulnya kotoran yang dapat menjadi kuman dan bakteri yang akan mengganggu kesehatan si kucing. untuk itu persiapkan cotton buds, baby oil, minyak pembersih juga tisu atau tempat sampah untuk menampung kotoran. Beberapa langkah membersihkan telinga si manis antara lain:

  • Diawali dengan memegang telinga bagian atas, balikan daun telinga secara perlahan agar si pus merasa tenang dan tidak kaget.
  • Periksa bagian luar dan dalam telinga, atur posisi agar kotoran dapat terlihat lebih jelas.
  • Gunakan cairan pembersih telinga sesuai petunjuk, agar kotoran lebih mudah dibuang atau dibersihkan.
  • Pijat telinga si manis dengan perlahan untuk mengeluarkan kotoran telinga tersebut.
  • Gunakan cotton buds atau kapas yang diolesi baby oil, untuk membersihkan kotoran yang membandel.

8. Berikan Kenyamanan

Setelah selesai dimandikan angkat dan letakan si manis ke dalam kandangnya. Sebaiknya berikan kesenangan untuknya, seperti makanan favoritnya. Sehingga setiap kali diajak mandi si pus akan menurut, tanpa perlu dipaksa-paksa lagi. Berikan mainan dan kasih sayang agar si kucing merasa nyaman dan tenang kembali.

Cara Memandikan Anak Kucing

Cara Memandikan Anak Kucing
youtube.com

Jadi memandikan kucing kesayangan itu diperlukan untuk menjaga kebersihan juga kesehatan binatang lucu tersebut. Ada baiknya ketika si pus mandi diajak ngobrol untuk memberikan ketenangan dirinya. Jangan gugup, hewan ini cukup sensitif dan ikut-ikutan gugup juga. Untuk itu bersikap tenang dan sabar saat memandikannya.

Walaupun kucing dan anak kucing memang senang membersihkan dirinya sendiri, namun ada kalanya memandikan kucing dan anak kucing dirasa perlu. Guna membersihkan kulit dan bulunya dari berbagai macam kutu, bau busuk, atau kotoran membandel pada bulu yang sulit untuk dihilangkan.

Artikel Terkait: Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Selain itu, mendidik sedari kecil akan air mandi, membantu ikatan kepercayaan antara Anda sebagai pemilik kucing dengan anak kucing itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam teknik / cara memandikan anak kucing, yaitu :

Persiapan Memandikan Anak Kucing

Proses memandikan anak kucing ini sendiri, hanya dapat dilakukan, ketika anak kucing menginjak usia 9 minggu. Atau Anda dapat berdiskusi dengan dokter hewan akan hal tersebut. adapun persiapan yang sebaiknya dilakukan adalah :

Memotong Kuku

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika sedang memandikan anak kucing, sebaiknya potong terlebih dahulu kuku dari anak kucing tersebut. Anda dapat melakukannya 1 hari sebelum atau beberapa saat sebelum memandikannya.

Apabila ini adalah pengalaman pertama pada anak kucing, sebaiknya lakukan dengan cara berhati-hati, dan juga sabar.

Menyisir Bulu

Jika bulu kucing Anda jadi kusut, atau bahkan gimbal, pada saat sebelum dimandikan, tidak ada salahnya jika sisir terlebih dahulu bulu-bulu tersebut. Agar lebih mudah ketika dimandikan nanti, terlebih ketika diberi shampo. Sebaliknya jika tipe bulu yang dimilikinya pendek, tidak disisir pun tidak masalah.

Mempersiapkan Perlengkapan Mandi

Memandikan anak kucing, tidak harus menggunakan air hangat. Menggunakan air biasa juga tidak masalah. Pastikan air yang akan digunakan untuk mandi bersih.

Gunakan shampo khusus untuk hewan, sebaiknya pilih yang khusus untuk anak kucing.
Tidak lupa pilih tempat mandi yang nyaman untuk kucing.

Proses Memandikan Anak kucing

Masuk ke bagian yang cukup penting, maka hal-hal yang sebaiknya diperhatikan antara lain :

Tempat Mandi Nyaman

Mengingat kali ini Anda akan memandikan anak kucing. Maka tidak masalah, jika Anda memandikannya di wastafel atau di baskom. Pilih tempat yang tidak terlalu besar atau tidak terlalu kecil, guna mengurangi efek kepanikan pada anak kucing.

Tenangkan Anak Kucing Sebelum Mandi

Umumnya anak kucing akan takut dan panik, jika memasuki tempat yang dirasa aneh. Dalam hal ini, Anda harus menenangkannya terlebih dahulu. caranya adalah dengan mengelus-elus tubuhnya. Tidak lupa pegang dengan perlahan, dan masukkan ke dalam baskom.

Siram dengan Air Secara Perlahan

Lakukan latihan sedikit demi sedikit, agar anak kucing, jadi lebih berani air. Caranya adalah dengan mengisi air dalam baskom sedikit demi sedikit. Tidak lupa siram anak kucing juga secara perlahan.

Berikan Shampo

Berikan shampo secukupnya pada tubuh anak kucing, mulai dari bagian punggung. Kemudian ratakan ke seluruh tubuh, dan berikan gosokan dan pijatan, hingga ke bagian kaki dan ekor. Jangan sampai shampo mengenai bagian mata !

Bilas dan Basuh Mukanya

Bilas menggunakan air hangat, atau juga air biasa, dengan menggunakan gayung atau juga shower. Pastikan bilas hingga bersih, agar tidak ada sisa shampo. Tidak lupa basuh juga bagian makanya, menggunakan sedikit air, atau dapat juga dilakukan dengan menggunakan lap basah dengan tekstur yang lembut.

Pengeringan Anak Kucing

Seperti umumnya manusia yang pastinya menggigil kedinginan setelah mandi, demikian pun pada anak kucing. Jadi dalam hal ini, Anda dapat menyelimutinya dengan handuk, sementara waktu.

Sekaligus keringkan bulu-bulunya, teknik pengeringan secara cepat, selain dapat dilakukan dengan berjemur di terik matahari, juga dapat dilakukan dengan menggunakan hair dryer. Tapi pastikan suhu panasnya rendah.

Tentunya cara memandikan anak kucing tidak terlalu sulit. Lakukan tahap demi tahap, seperti yang diulas di atas, anak anak kucing kesayangan Anda nyaman ketika melakukan ritual mandi.

CARA MEMANDIKAN KUCING

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.