Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina

173 View

Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina – Burung pleci termasuk jenis burung kicau yang diminati sebagian besar masyarakat Indonesia. Mendapatkan burung ini tidak sulit karena populasinya yang tergolong masih banyak.

Persebaran burung ini juga masih merata di Indonesia. Bagi pemula yang ingin memeliharanya, perlu tahu dulu cara membedakan pleci jantan dan betina.

Cara membedakan pleci jantan dan betina juga penting untuk diketahui terutama bagi yang ingin beternak pleci. Dalam artikel ini, akan dibahas bagaimana cara membedakannya dan jenis-jenis burung pleci untuk menambah referensi para breeder khususnya pemula.

Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina

Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina
caraputu.com

Mengenali kelamin pleci ini sangat bermanfaat jika ingin menggeluti ternak pleci. Memilih indukan pleci pasti didahului dengan mengenali kelamin. Apalagi pleci biasanya dijual dalam kandang umbaran atau sistem ombyokan. Jika tidak mengenali kelaminnya maka akan berpotensi salah beli.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui jenis kelamin pleci yang akan dibeli. Tidak sulit sebenarnya cara membedakan pleci jantan dan betina ini, karena breeder hanya perlu konsentrasi pada ciri fisik serta perilakunya. Berikut ini rinciannya:

Artikel Lain: Cara Merawat Burung Pleci

1. Ciri Fisik Pleci Betina

Bentuk tubuh pleci betina bulat serta pendek cenderung bantet. Pada pleci betina, ekornya tampak pendek dan memiliki ujung rata. Di bagian matanya, klep mata pleci betina lebih tebal dan tidak putus. Kemudian, pada bagian paruh, pleci betina tampak memanjang. Kepala pleci betina juga lebih ramping dan kecil.

Ciri fisik yang paling khas adalah pada bagian bulu dan dubur. Pada pleci betina warna bulunya kusam dan juga bagian duburnya berbentuk kecil berbulu. Bulu pada dubur pleci betina ini digunakan ketika penetrasi saat perkawinan terjadi. Inilah ciri khas fisik dari pleci betina yang breeder sekalian perlu ketahui.

BACA JUGA:  Cara Tepat Agar Suara Burung Pleci Gacor dan Keras

2. Ciri Fisik Pleci Jantan

Bentuk tubuh pleci jantan lebih panjang dan tidak bulat seperti pleci betina. Kepalanya juga tampak lebih besar dan bulat. Pada bagian matanya, tampak klep mirip titik titik yang melingkari mata namun tebal di bagian bawah. Paruhnya juga lebih pendek dari pleci betina.

Ciri khas fisik pleci jantan adalah pada tenggorokannya. Terdapat warna hitam di bagian kiri dan kanannya. Kemudian pada bagian dubur, pleci jantan tampak lebih panjang jika dibandingkan pleci betina. Warna bulu pleci jantan juga lebih terang. Inilah yang menjadi ciri khas dari pleci jantan.

3. Bedakan Berdasarkan Tingkah Laku

Tingkah laku juga bisa dijadikan cara untuk menentukan kelamin burung pleci. Yang pertama harus dikenali adalah suara. Pleci jantan suaranya lebih nyaring dan terkesan mengkristal jika dibandingkan dengan pleci betina. Cukup sulit memang, namun breeder yang sudah berpengalaman pasti bisa mengenali suara pleci jantan.

Selain itu, perilaku lain yang bisa diamati adalah soal kelincahan. Pleci jantan akan tampak lebih lincah dan agresif dibanding pleci betina.

Kemudian, jika ditempatkan di umbaran, pleci jantan biasanya bertarung dengan sesama pleci jantan lainnya. Cara unik lainnya adalah dengan menyemprotkan air ke tubuh pleci, jika terdapat jambul dan pupil mata mengecil, maka itu pasti pleci jantan.

Jenis-Jenis Pleci dan Kisaran Harganya

Jenis-Jenis Pleci dan Kisaran Harganya
rahasiabelajar.com

Di Indonesia, burung pleci masih banyak ditemui. Walaupun memang terjadi penurunan jumlah di Jawa karena perburuan, di daerah lain Pleci masih banyak ditemui. Di Jawa, khususnya Jawa Barat, populasi pleci menurun.

Menurut catatan penelitian Sebastian Van Belen, burung pleci tidak ditemui lagi di Gunung Salak. Padahal pada tahun 2000-an, jumlahnya bisa 200 dalam satu kelompok.

Nah, para para breeder masih bisa mendapatkan pasokan pleci dari Sumatera, Sulawesi dan juga Kalimantan. Sebelum langsung berburu, ada baiknya mengetahui juga jenis-jenis pleci dan harganya. Siapa tahu ingin menjajal juga peruntungan beternak pleci. Berikut beberapa di antaranya:

Baca Juga: Harga Burung Pleci

BACA JUGA:  Cara Merawat Burung Pleci

1. Pleci Buxtoni

Pleci ini sering disebut pleci kacamata karena ada lingkaran hitam di matanya mirip orang yang memakai kacamata. Suara kicau dari pleci buxtoni ini unik karena cenderung mengkristal. Kisaran harga untuk pleci buxtoni adalah 400 ribu – 1 juta rupiah.

2. Pleci Dakun Mata Putih (Dada Kuning Mata Putih)

Ini adalah jenis pleci dengan kicau yang paling bagus. Karena kicaunya yang bagus, pleci dakun mata putih sering diikutkan dalam lomba burung kicau. Selain karena suaranya yang bagus, pleci jenis ini juga lihai bertarung. Sebutan lain untuk pleci ini adalah pleci muria atau kudus. Harganya dibanderol sekitar 3 – 5 juta rupiah.

3. Pleci Dakun Macok (Dada Kuning Mata Coklat)

Ciri khas dari pleci ini adalah dadanya yang berbulu kuning kemudian bermata coklat. Ini adalah pleci yang sering dijumpai orang pada umumnya. Banyak orang awam yang memelihara burung pleci jenis ini. Harganya tidak terlalu mahal, hanya sekitar 150 – 350 ribu rupiah saja.

4. Pleci Papua

Habitat aslinya adalah di Papua dan memiliki warna yang sangat cantik. Pada bagian dadanya ditumbuhi bulu warna putih dan kuning di bagian tenggorokan.

Pada bagian kepalanya terdapat mahkota serta telinganya ditutupi warna hijau kekuningan. Namun begitu, pleci papua ini kicaunya tidak begitu ramai. Harganya dibanderol di kisaran 50 ribu untuk anakan, sedangkan yang gacor bisa mencapai 1 juta.

5. Pleci Lombok

Pleci Lombok disebut juga pleci kecial yang habitatnya ada di pulau Nusa Penida dan Pulau Lombok. Burung Pleci Lombok ini memiliki ciri fisik yang mirip dengan pleci dakun maput. Tetapi suara dari pleci Lombok ini lebih mirip kepada suara anak ayam. Pleci Lombok biasa dijual dengan harga 100 – 500 ribu rupiah.

6. Pleci Auriventer

Ini adalah jenis pleci yang warnanya paling unik dan indah. Saking uniknya, pleci jenis ini sudah semakin jarang ditemukan. Kalaupun ada di pasaran, biasanya melalui proses pemesanan terlebih dahulu. Namun begitu, harganya tidak semahal pleci dakun maput. Pleci auriventer ini bisa didapatkan dengan harga 100 – 500 ribu rupiah saja.

BACA JUGA:  Panduan Lengkap: Cara Membuat Sangkar Burung Pleci dari Paralon

7. Pleci Dakun Jawa Timur

Pleci ini biasanya ditemui di daerah Jawa Timur dan memiliki ciri fisik punggung cerah dan tidak ada garis hitam di matanya. Di pasaran, pleci ini bisa didapatkan dengan harga 650 ribuan. Tidak semahal pleci dakun maput, bukan?

8. Pleci Montanus

Pleci ini sering disebut juga pleci kacamata gunung. Ukuran tubuhnya sekitar 11 cm dan lebih besar dari pleci buxtoni. Pleci ini banyak ditemui di daerah Sumatera, Jawa, Bali, Sulawesi, dan juga Maluku.

Warna tubuhnya putih keabu-abuan serta coklat pada sisi yang lain. Harganya pleci jenis ini umumnya dibanderol sekitar 70 ribu saja per ekornya.

9. Pleci Salvadori Enggano

Habitatnya di Pulau Enggano membuatnya dinamai pleci salvadori enggano. Ukuran tubuhnya cukup besar dan memiliki ciri khas warna kuning di punggung dan kehitaman di bagian kepala. Kicau dari pleci enggano ini cenderung ngebas, keras dan nyaring. Harganya sekitar 100 ribuan di pasaran.

Itulah tadi cara membedakan pleci jantan dan betina serta jenis-jenis pleci yang umumnya diternakkan. Jika breeder tertarik membudidayakan pleci, maka peluang masih sangat terbuka. Kontes burung kicau yang sering diikuti oleh pleci mania membuat permintaan akan burung ini terus ada.

Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.