Cara Membuat Kandang Ayam Bangkok Serta Jenis-Jenis Kandangnya

CARA MEMBUAT KANDANG AYAM BANGKOK – Di Indonesia salah satu hewan ternak yang menjadi komoditas utama adalah ayam. Hal ini dikarenakan ayam memiliki nilai jual yang tinggi serta manfaat yang banyak. Belum lagi jenisnya yang banyak, seperti contohnya ayam bangkok. Tidak hanya karena bernilai ekonomis tinggi, tapi cara membuat kandang ayam bangkok juga mudah.

Dalam cara membuat kandang ayam bangkok ini sudah banyak peternak yang membuatnya sendiri. Bahkan peternak pemula sekalipun. Hal ini maklum saja karena memang pembuatan kandang ini sangat mudah. Seperti yang akan dibahas kali ini terkait cara pembuatan kandang ayam bangkok, jenis-jenisnya, serta bahan apa saja yang digunakan.

Cara Membuat Kandang Ayam Bangkok

youtube.com

Saat peternak hendak membuat kandang ayamnya sendiri itu merupakan pilihan terbaik. Karena selain murah, kualitas dari bahan-bahannya pun terjamin. Selain itu biasanya saat kandang sudah jadi akan merepotkan proses pemindahan dan pemasangan. Jadi dengan membuat kandang sendiri seperti langkah-langkah di bawah ini akan banyak sekali keuntungannya.

1. Mempersiapkan Alat dan Bahan

Mempersiapkan Alat dan Bahan Untuk Membuat Kandang Ayam Bangkok
youtube.com

Hal pertama yang harus dilakukan dalam membuat kandang ayam bangkok tentu adalah mempersiapkan alat dan bahan. Dalam hal ini ada beberapa bahan yang diperlukan. Pertama untuk bagian atap, peternak bisa menggunakan asbes, ijuk, seng ataupun rumbai. Tapi bisa juga membuat kandang besar yang atap nya seperti jerami ataupun genteng.

Setelah menentukan bahan untuk bagian atapnya kini saatnya untuk bagian badan kandang. Atau istilahnya tembok untuk kandang ayam bangkok. Untuk tembok ini lebih baik menggunakan bambu, karena selain tahan lama bambu juga lebih adem. Pada bagian bawah, usahakan untuk di semen karena lebih bersih dan mempermudah sanitasi pada kandang.

2. Menentukan Jenis Kandang Apa yang Hendak Dibuat

Menentukan Jenis Kandang Ayam Bangkok  Apa yang Hendak Dibuat
tokopedia.com

Selanjutnya adalah menentukan jenis kandang apa yang ingin dibuat. Dalam pemilihan jenis kandang ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama adalah luas lahan untuk pembuatan kandang, kedua adalah banyaknya ayam yang hendak dipelihara. Ketiga dan yang terakhir adalah kesiapan dana dalam membuat kandang.

Dalam memilih jenis kandang apa yang tepat sebenarnya sangat gampang. Hal ini dikarenakan baik itu ayam bangkok, ataupun ayam biasa mempunyai beberapa pilihan tipe kandang. Jenis-jenis kandang itu diantaranya postal, tidur, dan umbaran satuan. Jadi semuanya bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan peternak, serta setiap kandang tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

3. Membuat Sketsa

Membuat Sketsa Kandang Ayam Bangkok
pixabay.com

Setelah menentukan ingin membuat kandang yang seperti apa, mulailah membuat sketsa. Sketsa yang digunakan dalam cara membuat kandang ayam bangkok tidak perlu yang terlalu bagus. Selama sketsa tersebut masih dapat dimengerti dan masih bisa untuk dijadikan acuan dalam pembuatan kandang ayam bangkok. Dalam menggambar sketsa ini juga tidak perlu terlalu detail.

Buatlah sketsa kasar seperti bentuk keseluruhan dari kandang tersebut. Meskipun begitu, tetap buat juga sketsa dengan ukuran dan perbandingan skala yang rapih. Hal ini dilakukan agar saat proses pengerjaan, pembuatan kandang ayam bangkok akan lebih mudah untuk dilakukan. Saat membuat sketsa ini, juga sesuaikan dengan bentuk dan jenis kandang ayam bangkok yang dipilih.

4. Memilih Lokasi Kandang

Memilih Lokasi Kandang Ayam Bangkok
rumahdijual.com

Langkah terakhir sebelum proses pembuatan kandang adalah menentukan lokasi tempat kandang akan dibuat. Pertama kandang harus berlokasi sekurang-kurangnya 5 sampai 10 meter dari pemukiman. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar ayam-ayam tidak berkeliaran dan mengganggu tetangga. Selain itu saat ayam terkena penyakit tidak akan langsung berdampak ke masyarakat luas.

Lalu pilih juga daerah yang memiliki kontur atau struktur tanah yang datar dan tidak bergelombang. Perhatikan juga apakah saluran airnya lancar, sehingga tidak akan ada air yang menggenang di sekitar lokasi kandang. Perhatikan juga kondisi udara sekitar, ada baiknya kandang ayam dibangun di lokasi yang sejuk. Terakhir arahkan kandang ayam ke arah sinar matahari terbit.

5. Membuat Kandang

Membuat Kandang Ayam Bangkok
facebook.com

Setelah semua proses telah selesai dijalankan, maka kini saatnya membuat kandang. Pertama taruh semua bahan-bahan yang telah dipersiapkan dalam membangun kandang. Lalu selanjutnya mulailah membuat dasarnya kandang terlebih dahulu, dalam hal ini menyemen tanah. Sesudahnya tunggu sampai semen kering lalu mulai membuat badan serta atap kandang.

Dalam membuat badan kandang ini, potong bambu ataupun kayu sesuai dengan ukuran yang ada di sketsa. Ada baiknya setelah dipotong bambu atau kayu ini di amplas terlebih dahulu agar lebih halus lagi. Selanjutnya adalah mulai memasang atap. Dalam pembuatan kandang ayam bangkok ini lapisi bambu dengan cairan anti rayap, dan hama. Hal ini agar kandang tetap awet.

Jenis Kandang Ayam Bangkok

Jenis Kandang Ayam Bangkok
bisnisayam.com

Sesuai dengan pembahasan dalam cara membuat kandang ayam bangkok di atas, bahwa kandang ayam bangkok memiliki tiga jenis. Jenis-jenis tersebut diantaranya postal, umbaran satuan, dan tidur. Dari ketiga kandang itu tentu setiap kandang memiliki kekurangan dan kelebihan. Untuk penjelasan lebih lengkapnya terkait jenis kandang ini adalah sebagai berikut.

1. Kandang Postal

Kandang Postal Ayam Bangkok
agrinak.com

Jenis yang pertama dan paling banyak digunakan adalah kandang bertipe postal. Sebenarnya dahulu, tipe kandang ini lebih banyak digunakan untuk anak ayam yang baru menetas. Tapi, dewasa ini sudah banyak yang menggunakan kandang jenis postal baik untuk anak ayam bangkok, maupun yang sudah dewasa. Tapi anak ayam dan induknya tetap penempatannya terpisah.

Kelebihan dari kandang ayam ini adalah sifatnya yang universal dalam artian dapat memelihara berbagai jenis ayam. Selain itu kandang ini juga memiliki lantai yang lebih halus sehingga dapat mengurangi kaki lecet pada ayam. Biaya nya pun relatif lebih kecil. Tapi kandang ayam ini memiliki kekurangan yang menyebabkan ayam terkurung seharian karena tidak adanya umbaran untuk ayam keluar.

2. Kandang Umbaran Satuan

Kandang Umbaran Satuan Ayam Bangkok
facebook.com

Selanjutnya ada jenis kandang ayam umbaran satuan yang paling banyak digemari oleh para peternak ayam. Beberapa alasan mengapa kandang ini disukai banyak peternak salah satunya adalah sifatnya yang multifungsi. Dengan kandang ini, ayam bangkok bisa menggunakan untuk umbaran, kawin, bahkan menetaskan telur sekalipun. Jadi tidak perlu kandang yang berbeda untuk setiap prosesnya.

Selain itu tinggi dari tipe kandang ini dinilai sangat ideal. Tapi beberapa kekurangan dari kandang ini diantaranya adalah karena diumbarkan atau dilepaskan ayam jadi lebih liar. Selain itu kotorannya bisa terletak dimana-mana sehingga sangat mengganggu. Terakhir juga kandang ayam ini membutuhkan biaya relatif lebih tinggi dari yang tipe postal.

3. Kandang Tidur

Kandang Tidur Ayam Bangkok
contohternak.blogspot.com

Tipe kandang ayam bangkok yang terakhir bernama kandang tidur. Sesuai dengan namanya pada awalnya kandang ini hanya digunakan ayam untuk tidur pada malam hari. Meskipun sekarang sudah ada yang menggunakan tipe kandang ini untuk berbagai keperluan ayam. Kandang ini juga sering dikenal dengan nama kandang panggung karena bentuk lantainya yang seperti panggung.

Itulah tadi pembahasan lengkap cara membuat kandang ayam bangkok yang bisa pembaca jadikan referensi atau acuan. Selain itu ada juga pembahasan terkait tipe-tipe kandang ayam bangkok yang bisa pembaca pilih sesuai keinginan. Dalam membuat kandang ini hal pertama yang harus diperhatikan tentunya kenyamanan ayam itu sendiri.

Cara Membuat Kandang Ayam Bangkok

Categories Ayam

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.