Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4 Untuk Persedian Jangka Panjang

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4 – Bagi seorang peternak kambing, menyediakan pakan berkualitas untuk hewannya adalah suatu keharusan.

Salah satu pakan berkualitas yang bisa dibuat sendiri adalah pakan kambing hasil fermentasi dengan em4. Selain berkualitas, pakan yang satu ini juga bisa dibuat sendiri. Karenanya tidak heran jika banyak yang mencari tahu cara membuat pakan kambing fermentasi dengan em4.

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4
gdmorganic.com/

Karena banyaknya orang yang penasaran bagaimana cara membuat pakan kambing fermentasi dengan em4, maka disini akan dijelaskan langkah-langkahnya.

Langkah-langkah yang akan dibahas di sini bersifat sederhana, mudah, dan pastinya murah. Sehingga sangat cocok untuk dilakukan oleh pemula. Adapun langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut ini.

1. Mempersiapkan Bahan Campuran

Mempersiapkan Bahan Campuran Pakan Fermentasi em4
suksesternakkambing.com

Pertama adalah mempersiapkan bahan yang akan digunakan saat membuat campuran fermentasi. Bahan pertama yang dibutuhkan adalah wadah besar seperti ember ataupun bak, yang bisa digunakan untuk mencampur seluruh bahannya.

Selain menggunakannya untuk mencampur, bak ini nantinya juga akan digunakan sebagai tempat untuk melakukan fermentasi.

Apabila sudah menemukan bak yang tepat, maka selanjutnya adalah mempersiapkan bahan makanan yang hendak difermentasikan.

Bahan makanan yang bisa digunakan diantaranya rumput, batang pisang, serta jerami. Pilihlah salah satu bahan yang kiranya paling mudah untuk ditemukan. Ketika sudah terkumpul cacah atau potong-potong bahan-bahan fermentasinya.

2. Mempersiapkan Larutan Em4

Mempersiapkan Larutan Em4 Untuk Pakan Fermentasi
mediatani.co

Ini adalah tahap paling penting dimana peternak harus menyiapkan larutan probiotik em4. Larutan em4 atau effective mikroorganisme 4 adalah larutan yang berisi campuran mikroorganisme bersifat baik dan masih hidup.

Di dalam em4 ini terkandung banyak sekali bakteri hasil fermentasi salah satunya dari genus lactobacillus yang terkenal memiliki banyak sekali manfaat.

Untuk mendapatkan larutan em4 ini tidak sulit karena sudah banyak tersebar di pasaran. Bahkan kini em4 sudah banyak tersedia di marketplace online.

Dalam penggunaan em4 sebelum dicampurkan ke bahan yang dibutuhkan, ada baiknya untuk dilarutkan dulu ke dalam cairan tebu ataupun gula. Untuk pembuatannya sendiri ada baiknya dilakukan sesuai takaran yang disarankan.

3. Mencampur Semua Bahan

Mencampur Semua Bahan Untuk Membuat Pakan Fermentasi

Cara membuat pakan kambing fermentasi dengan em4 selanjutnya adalah dengan mencampurkan bahan yang sudah disiapkan tadi.

Dalam mencampurkan ini ada baiknya untuk menggunakan terpal dibanding langsung mencampurnya dalam baskom. Hal ini dilakukan karena dinilai lebih mudah mencampurkannya dalam terpal, apalagi saat mencampur larutan probiotiknya.

Aduk dengan rata semua bahan, pastikan untuk tidak menggumpal agar proses fermentasi lebih baik. Pastikan juga adukan sudah rata di semua sisi, dan larutan probiotik telah tercampur dengan sempurna.

Setelah tercampur dengan baik masukkan perlahan campuran tersebut ke dalam wadah sedikit demi sedikit. Sesudahnya haluskan serta padatkan adukan tersebut dengan cara diinjak-injak.

4. Melakukan Proses Fermentasi

Melakukan Proses Fermentasi Pakan Kambing
youtube.com

Terakhir dalam cara membuat pakan kambing fermentasi dengan em4 adalah proses fermentasinya. Setelah yakin semua bahan sudah tercampur dengan rata, dan sudah halus maka saatnya proses fermentasi dimulai.

Tutup rapat wadah dengan tutupnya dan pastikan kedap udara. Untuk menjamin tidak adanya udara yang masuk bisa berikan tutup tambahan, seperti plastik.

Rekatkan plastik ke seluruh sisian wadah, dan pastikan dengan benar tidak akan ada sama sekali udara yang bisa masuk. Karena hal tersebut bisa menghancurkan proses fermentasi.

Apabila sudah tertutup dengan rapat, simpan wadah dengan suhu ruang dan hindari terkena paparan sinar matahari langsung. Tunggu sampai dua minggu baru wadah sudah bisa dibuka dan pakan sudah siap.

Baca Juga: Cara Membuat Umpan Ikan Mas Berbagai Kondisi

Bahan yang Bisa Digunakan Untuk Membuat Pakan Kambing Fermentasi Em4

Bahan yang Bisa Digunakan Untuk Membuat Pakan Kambing Fermentasi Em4

Sebelumnya sudah disinggung terkait bahan-bahan yang bisa digunakan dalam membuat pakan kambing fermentasi dengan em4. Bahan-bahan tersebut antara lain rumput hijau, batang pisang, serta jerami.

Tapi selain bahan-bahan tersebut masih banyak lagi bahan-bahan lain yang mungkin saja lebih mudah ditemukan di sekitar lingkungan peternak. Untuk bahan-bahannya yakni.

1. Rumput Gajah

Rumput Gajah Untuk Pakan Fermentasi
agrowindo.com

Bahan pertama adalah rumput gajah yang bisa sangat mudah ditemukan di lokasi sekitar peternakan. Terutama rumput gajah akan sangat mudah ditemukan saat sedang musim hujan.

Keuntungan yang bisa didapatkan dari menggunakan rumput ini adalah harganya yang murah bahkan gratis. Namun sayang sifatnya tidak tahan lama, karenanya ada baiknya langsung dibuat fermentasi agar lebih awet.

2. Dedak Padi

Dedak Padi Untuk Pakan Fermentasi Kambing
ilmuternak.com

Bahan yang satu ini juga bersifat musiman, yakni hanya saat musim panen saja. Tapi tenang musim panen cukup sering terjadi di Indonesia.

Bagi yang belum tahu apa itu dedak padi, singkatnya ini adalah hasil saat padi dipisahkan dari kulitnya. Jadi ini adalah kulit gabah. Untuk ketahanannya sendiri setelah di fermentasi bahan yang satu ini mampu bertahan selama 3 bulan.

3. Jerami

Jerami Untuk Pakan Fermentasi Em4

Mungkin sudah banyak yang melupakan manfaat dari bahan satu ini. Karenanya bahan ini lebih sering dibuang ataupun dibakar.

Padahal jika dimanfaatkan sebagai bahan fermentasi makanan, jerami akan memberikan hasil yang bagus. Bahkan masih banyak peternak yang menjadikan jerami sebagai alas. Jerami ini selain sangat mudah ditemukan juga pastinya memiliki harga yang terjangkau.

4. Limbah Pasar

Limbah Pasar Untuk Pakan Kambing
brilio.net

Keempat adalah bahan yang paling mudah ditemukan dan harganya sangat terjangkau. Bahkan pada beberapa kondisi bahan ini bisa didapatkan dengan gratis.

Limbah pasar yang dimaksud disini adalah buah dan sayuran. Meskipun limbah tapi pastikan kualitasnya masih lumayan dan tidak terlalu rusak. Serta sebelum digunakan ada baiknya semua bahan dicuci dahulu.

5. Kulit Kopi

Kulit Kopi Untuk Pakan Fermentasi Kambing
suratkabar.id

Sebenarnya penggunaan kulit kopi ini sudah sering dilakukan hanya saja, masih banyak peternak yang takut. Hal ini dikarenakan kulit kopi memiliki serat kasar serta kandungan taninnya terlalu tinggi.

Padahal jika dilakukan proses fermentasi dengan benar serat yang kasar serta kandungan tanin dapat menurun bahkan hilang. Jadi tidak akan ada masalah.

6. Batang Pisang

Batang Pisang Untuk Pakan Kambing

Banyak yang tidak mengetahui bahwa pohon pisang memiliki banyak manfaat bagi ternak terutama pada bagian batangnya.

Pada bagian ini banyak terkandung vitamin b, asam amino, amine sitrat, glikosida, asam nukleat, pati gula, serta karbohidrat. Selain kandungan tersebut masih banyak kandungan lainnya lagi, sehingga batang pisang sangat tepat untuk dijadikan pilihan.

7. Ampas Tahu

Ampas Tahu Untuk Pakan Fermentasi Kambing EM4

Bahan selanjutnya yang bisa digunakan dalam cara membuat pakan kambing fermentasi dengan em4 adalah ampas tahu. Meskipun bersifat limbah tapi kandungan gizi dalam bahan ini terhitung sangat lengkap.

Beberapa gizi tersebut diantaranya serat, energi metabolisme, protein, ca, dan hal lainnya. Semuanya itu akan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan hewan ternak terutama kambing.

8. Daun Turi

Daun Turi Pakan Kambing Fermentasi Menggunakan EM4
manfaatku.id

Apabila bahan-bahan sebelumnya lebih mudah ditemukan saat musim hujan, maka jauh berbeda dengan daun turi. Dimana daun ini justru banyak tumbuh saat musim kemarau.

Karenanya daun ini banyak dijadikan alternatif apabila bahan makanan lain sulit ditemukan. Kandungan gizi dalam daun ini juga terhitung lengkap, serta bermanfaat baik bagi hewan ternak seperti kambing.

Itulah tadi beberapa penjelasan singkat namun lengkap terkait cara membuat pakan kambing fermentasi dengan em4, serta bahan apa saja yang bisa digunakan.

Dengan membuat sendiri pakan menggunakan metode ini, pengeluaran akan lebih murah dan persediaan pakan juga lebih banyak. Jadi tidak ada salahnya untuk mulai membuat pakan sendiri dengan metode ini.

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.