Cara Memelihara Ikan Koi

CARA MEMELIHARA IKAN KOI – Seperti yang sudah banyak diketahui ikan koi merupakan salah satu jenis ikan yang dianggap dapat mendatangkan rezeki bagi si pemelihara. Ikan koi sebenarnya masuk ke dalam keluarga ikan mas yang jinak dan memiliki ornamen kulit yang sangat indah.

Asal usul ikan koi ini masih diperdebatkan. Ada yang berpendapat bahwa ikan koi asalnya dari China, Eropa Timur dan juga Asia Timur kemudian masuk ke Jepang pada abad ke-17. Sampai sekarang, Jepang menjadi produsen terbesar ikan koi ini.

Di Indonesia, ikan koi dibudidayakan sebagai ikan hias dan juga salah satu komoditi ekspor. Corak ikan koi yang tidak sama antara ikan satu dengan yang lain membuat ikan ini kian diburu kolektor. Artikel dibawah ini akan membahas mengenai cara memelihara ikan koi dengan kualitas terbaik.

Budidaya Ikan Koi di Indonesia

Budidaya Ikan Koi di Indonesia
potensibisnis.pikiran-rakyat.com

Indonesia juga ikut berperan dalam persebaran ikan koi ke seluruh dunia. Pasalnya, budidaya ikan koi di Indonesia cukup baik.

Salah satu daerah penghasil ikan koi terbesar di Indonesia adalah provinsi Jawa Timur khususnya di Blitar, kemudian disusul juga Kediri dan Tulungagung. Sedangkan di Jawa Barat, budidaya ikan koi banyak ditemukan di Sukabumi.

Di Blitar bahkan sampai rutin diadakan pameran koi dan kompetisi tahunan yang biasanya diadakan di bulan Juni. Hadiah utama untuk kompetisi ini adalah piala presiden.

Dilansir dari Jakarta Post, ada sekitar 2000 petani koi di kota Blitar yang membukukan penjualan hingga puluhan milyar di tahun 2019. Hal ini disampaikan oleh Adi Andaka, Kepala Badan Pertanian dan Perikanan Blitar.

Menurutnya, pembeli mayoritas datang dari Jakarta, Bandung, dan juga Denpasar. Selain itu, ikan-ikan koi dari Blitar akan diekspor ke Jepang karena Blitar sudah pernah ikut serta dalam pameran di Jepang dan diapresiasi keberagaman warnanya.

Namun, ikan koi dari Indonesia masih didominasi oleh pembeli lokal. Peternakan besar baru ada di kota-kota yang disebutkan di atas. Hal ini karena beternak koi memang tidak mudah. Perlu pengetahuan yang mumpuni tentang cara memelihara ikan koi. Panen juga didapatkan dari proses panjang dan harus sabar.

Sedikitnya ada lima tahap penyortiran yang harus dilakukan dalam waktu enam bulan pertama. Proses ini dilakukan saat benih berusia 1 minggu. Menurut pengalaman, hanya sekitar 10% saja dari keseluruhan benih yang bisa bertahan di bulan kelima atau keenam.

Harga satu ikan koi umur 5 bulan dengan panjang 15 cm adalah sekitar 500 ribu Rupiah. Harganya bisa meningkat sampai 2,5 – 10 juta rupiah untuk ikan-ikan grade A dimana panjangnya mencapai 50 cm. Bahkan untuk jenis-jenis tertentu harganya mencapai ratusan juta rupiah. Benar-benar keuntungan yang besar.

Cara Memelihara Ikan Koi dengan Kualitas Terbaik

Cara Memelihara Ikan Koi dengan Kualitas Terbaik
pixabay.com

Untuk mendapatkan ikan koi yang memiliki kualitas terbaik tentu saja harus memahami cara memelihara ikan koi dengan kualitas terbaik. Jadi mari disimak beberapa ulasan yang menjelaskan cara untuk memelihara ikan koi untuk menghasilkan bibit unggul:

Baca Juga: Tips Memelihara Ikan Koki yang Baik dan Benar

1. Pilihlah Indukan yang Memiliki Kualitas Bagus

Pilihlah Indukan Ikan Koi yang Memiliki Kualitas Bagus
pixabay.com

Indukan ikan koi yang memiliki kualitas bagus tentu saja akan menghasilkan anakan yang memiliki kualitas yang tinggi. Dilihat secara fisik ikan koi yang memiliki kualitas bagus tentu tidak cacat dan tentu sangat lincah ketika berenang.

Berdasarkan warna dan polanya pun semakin jelas dan warna yang ada pada tubuh ikan akan berpengaruh pada harga jual ikan. Tentu saja hal tersebut akan mengartikan bahwa ikan tersebut memiliki kualitas yang baik.

Biasanya, indukan unggulan bisa didapatkan dari tempat penangkaran atau orang-orang yang hobi memelihara ikan koi. Jika didapatkan dari pehobi, indukan bisa didapatkan dengan cara meminjam. Setelah pembibitan berhasil, induk harus dikembalikan.

2. Menjaga Kandungan pH Dan Oksigen yang Terdapat Pada Air Kolam

Menjaga Kandungan pH Dan Oksigen yang Terdapat Pada Air Kolam Ikan Koi
rooang.com

Menjaga kandungan pH dan oksigen pada air tentu saja sangat penting. Ikan koi merupakan ikan yang sangat senang apabila banyak oksigen didalam kolam. Untuk mengetahui pH air pun bisa dengan membeli alat test pH untuk mengetahui apakah sesuai tidak tingkatan pH air pada kolam.

Ketika pH air turun ada beberapa cara yang bisa digunakan. Salah satunya dengan membeli obat penstabil pH air bahkan ada juga beberapa cara alamiahnya. Bisa juga dengan menambahkan bongkahan batu kapur juga menggunakan batu karang.

Air dan kolam yang tidak memadai bisa memicu keracunan yang berujung pada kematian ikan. Ikan bisa juga kekurangan oksigen kemudian mati. Suhu paling pas untuk kolam ikan koi adalah 25-30 derajat celcius dengan pH 7,2-7,4.

3. Pemberian Makan yang Cukup Serta Bergizi

Pemberian Makan Ikan Koi yang Cukup Serta Bergizi
jualikankoi.co.id

Pemberian pakan ikan koi yang paling banyak diberikan ialah pellet karena kandungan yang terdapat didalamnya juga sudah lengkap. Tetapi, perlu diberikan pakan yang lain selain pelet agar ikan koi tidak bosan atau jenuh saat memakannya.

Pakan yang dapat diberikan bisa berupa cacing sutra atau cacing darah, ganggang hijau, udang dan salmon yang telah dicincang, Beberapa jenis makanan diatas juga perlu dipertimbangkan pula untuk diberikan ke ikan koi karena bisa membantu pigmentasi ikan.

Tetapi, pemberian pakan ini juga harus memperhatikan sistem filter dari kolam. Jangan sampai terlalu banyak memberi makan dan usahakan dibatasi. Jika ikan terlalu banyak diberi makan, bisa-bisa ikan akan mati karena meningkatnya amonia pada air.

4. Pastikan Ukuran Kolam Sesuai dengan Jumlah Ikan Koi yang Berada di Dalam Kolam

Pastikan Ukuran Kolam Sesuai dengan Jumlah Ikan Koi yang Berada di Dalam Kolam
dekoruma.com

Jenis kolam ikan koi sebenarnya banyak variasi yang dapat digunakan, seperti akuarium, kolam beton dan juga kolam terpal. Tentu harus disesuaikan antara ukuran kolam dengan jumlah ikan koi di dalamnya agar ikan juga tetap leluasa untuk bergerak.

Ketinggian kolam juga harus diperhatikan dari umur ikan yang akan ditaruh pada kolam tersebut. Umumnya ukuran satu inci ikan koi dapat dibandingkan dengan sepuluh galon air. Semakin bersih airnya ikan koi akan bertahan hidup lebih lama.

Untuk perkiraan perhitungannya, dalam 1000 liter air ideal untuk 5 ekor ikan koi dengan ukuran sekitar 35 cm. Mengingat ikan koi pertumbuhannya cepat, maka lihat lagi berapa luas kolam. Dengan perhitungan yang tepat, maka ikan koi bisa leluasa tumbuh dan hidup di dalam kolam.

5. Periksa Kondisi Fisik Kesehatan Ikan Koi

Periksa Kondisi Fisik Kesehatan Ikan Koi
pixabay.com

Kondisi fisik kesehatan ikan koi harus diperhatikan apabila ikan koi berenang tidak selincah biasanya perlu untuk dicurigai. Seperti adanya jamur, parasit lernaea atau cacing yang hinggap di tubuh ikan, mulut yang terdapat jamur. Penyakit tersebut perlu dicek dan segera ditangani.

6. Rutin Membersihkan Kolam Ikan dan Mengecek Apabila Terdapat Kerusakan

Rutin Membersihkan Kolam Ikan Koi dan Mengecek Apabila Terdapat Kerusakan
youtube.com

Membersihkan kolam ikan tentu suatu kewajiban yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan air yang terdapat di kolam supaya ikan tidak mati. Ada baiknya untuk membersihkan kolam ikan maksimal setahun 2 kali dan setiap bulan satu kali untuk membersihkan filter.

Masalah umum dari para pehobi atau peternak koi adalah bukan saja pada cara memelihara ikan koi, namun juga pemeliharaan kolam. Biasanya, air pada kolam mengalami penurunan kualitas karena kotoran sisa pakan, pertumbuhan algae, juga kotoran lainnya.

Beberapa Jenis Ikan Koi yang Paling Banyak Diburu Penggemarnya

Jenis Ikan Koi yang Paling Banyak Diburu Penggemarnya
pixabay.com

Setelah sudah mengetahui cara memelihara ikan koi dengan kualitas terbaik. Tentu akan bertambah dengan mengetahui beberapa jenis ikan koi yang populer di kalangan pecinta ikan. Jadi mari disimak beberapa jenis ikan koi dibawah ini.

Artikel Lain: Cara Merawat Ikan Cupang Agar Ekornya Bagus dan Tips Memilihnya

1. Variasi Kohaku Terpopuler : Tancho

Variasi Kohaku Ikan Koi Terpopuler : Tancho
youtube.com

Dari sekian banyaknya jenis ikan koi tancho merupakan jenis ikan yang cukup populer di kalangan penggemarnya. Seluruh tubuhnya berwarna putih pekat dengan titik merah yang hanya berada di kepala ikan saja. Harganya pun sekitar Rp125.000 hingga Rp550.000.

2. Ogon Si Putih Keemasan yang Sangat Cantik

Ikan Koi Ogon Si Putih Keemasan yang Sangat Cantik
youtube.com

Ogon ini memiliki warna yang cenderung unik hanya satu warna saja berwarna putih keemasan. Ikan koi merupakan ikan hasil persilangan dari shiro muji dan juga ikan koi yang berpunggung kuning. Untuk mendapatkan generasi si ogon ini pun memerlukan setidaknya 6 kali persilangan.

Sangat panjang untuk menghasilkan corak yang seperti ogon ini ya. Harga yang dibanderol pun bisa dibilang tidak terlalu mahal sekitar Rp1.500.000. Harus menyisihkan uang nih dari sekarang ketika menginginkan si ogon untuk tampil di akuarium di rumah.

3. Si High Class : Doitsu Hariwake

Si Ikan Koi High Class : Doitsu Hariwake
pinterest.com

Doitsu hariwake merupakan salah satu jenis yang hampir mirip dengan si ogon, tetapi bedanya bintik-bintik di tubuhnya yang berwarna kuning cerah. Sehingga, ikan ini akan terkesan sangat high class dan terlihat sangat mahal.

Harga untuk memperoleh seekor ikan ini pun tidak semahal ogon hanya sekitar Rp700.000. Tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan corak warna yang dimiliki oleh ikan koi satu ini, tetapi tetap pesona yang dimiliki tetap sama dan sangat indah untuk menghiasi rumah.

4. Taisho Sanke yang Banyak Diburu Kolektor

Ikan Koi Taisho Sanke yang Banyak Diburu Kolektor
youtube.com

Ikan koi yang satu ini pasti sudah tidak asing ketika dilihat karena memang kebanyakan kolektor ikan koi memiliki salah satu jenis ikan ini. Dengan corak warna yang sangat solid dengan perpaduan antara putih dan merah ditambah dengan sedikit warna hitam.

Harga untuk mendapatkan seekor ikan koi jenis taisho sanke ini cenderung tidak terlalu mahal. Dengan harga Rp500.000-an saja sudah menambah koleksi ikan pada kolam agar terlihat lebih indah dan sejuk untuk dipandang.

5. Shiro Utsuri, Warna Black And White yang Menarik Hati

Ikan Koi Shiro Utsuri, Warna Black And Whie yang Menarik Hati
aquariumhias.blogspot.com

Corak warna yang dimiliki oleh shiro utsuri ini cenderung berbeda dari yang lainnya. Jika dilihat memang kebanyakan ikan koi memiliki warna yang cerang dengan permainan warna merah, kuning dan juga putih.

Malah sebaliknya ikan koi jenis shiro utsuri ini memiliki corak tubuh yang berwarna hitam putih. Sungguh berbeda bukan dari warna ikan koi lainnya yang cerah. Tetapi pesonanya tentu tidak kalah saing dengan lainnya. Harga yang dibanderol sekitar Rp130.000 hingga Rp300.000.

6. Ikan Koi Slayer Platinum, Sirip Panjang Menarik Untuk Dilihat

Ikan Koi Slayer Platinum, Sirip Panjang Menarik Untuk Dilihat
youtube.com

Slayer platinum ini memiliki sirip yang sangat panjang seperti halnya slayer. Ketika dilihat dari atas ikan ini tentu keindahannya langsung terlihat berbeda dengan ikan koi lainnya. Dengan corak warna yang silver dan kuning cerah.

Ketika melihat ikan koi slayer platinum ini tentu sangatlah jarang ditemui di pasaran. Karena memang tidak untuk melakukan ternak ikan jenis satu ini. Untuk mendapatkan ikan koi satu ini bisa dibilang lebih mahal dari jenis ikan sebelum-sebelumnya sekitar Rp5.000.000 per ekor.

Sekian pembahasan mengenai cara memelihara ikan koi dengan kualitas terbaik untuk menambah nilai estetik atau keindahan rumah. Serta dapat membuat rumah menjadi sejuk karena kehadiran dari ikan koi.

CARA MEMELIHARA IKAN KOI

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.