Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok dengan Mudah

CARA MENGATASI BULU KUCING RONTOK – Kucing merupakan salah satu binatang yang banyak dipelihara oleh manusia selain Anjing. Bahkan hewan tersebut bisa dikategorikan sebagai sahabat manusia.

Namun apa jadinya saat kucing kesayangan tiba-tiba sering mengalami rontok pada bulunya? Tenang, tidak perlu lagi khawatir. Sebab berikut ini akan diulas mengenai cara mengatasi bulu kucing rontok dengan mudah serta penyebabnya.

Penyebab Bulu Kucing Rontok

Penyebab Bulu Kucing Rontok
bahaya bulu kucing rontok – cats.lovetoknow.com

Saat bulu Kucing Anda mengalami kerontokan. Hal tersebut pasti sedikit membuat pemilik jengkel sebab tidak jarang membuat baju dan rumah kotor karena bulu yang berserakan.

Mungkin pemiliki kucing mulai mencari cara mengatasi bulu kucing rontok, Namun sebelum itu pastikan Anda juga tau apa penyebab bulu kucing mengalami kerontokan. Berikut ini penyebab kerontokan pada bulu kucing dan penjelasannya.

1. Kucing Kekurangan Gizi

Kucing sama halnya dengan manusia hewan tersebut juga bisa mengalami kekurangan gizi. Penyebab kucing mengalami kerontokan adalah ketika hewan tersebut kekurangan vitamin A,E dan Protein tertentu.

Sebab nutrisi yang terdapat pada vitamin tersebut merupakan yang paling dibutuhkan dalam proses pembentukan bulu kucing. Selain itu stress juga bisa menyebabkan kucing sering mengalami rontok pada bulunya.

2. Produk Sampo yang Salah

Salah satu yang harus diperhatikan oleh pemilik binatang peliharaan seperti halnya kucing. Maka pemilihan produk sampo kucing harus lebih diperhatikan dengan seksama. Sebab jika sampai pemilik salah memberikan jenis sampo yang membuat kucing tidak cocok maka salah satunya akan berimbas pada bulu yang rontok.

Selain itu pastikan juga tidak menggunakan sampo kucing dengan busa yang melimpah sebab itu salah satu indikasi banyaknya campuran detergen yang tinggi. Hal tersebut bisa membuat bulu rontok dan iritasi pada kulitnya.

3. Alergi dan Pengobatan

Penyebab lain bulu kucing mengalami kerontokan adalah terjadinya alergi. Keadaan tersebut bisa terjadi salah satunya akibat obat, parasit semisal kutu, tungau dan lain-lain. Selain itu bisa juga akibat salah memberikan vaksin.

Selain karena alergi penyebab rontoknya bulu juga bisa dikarenakan setelah kucing mendapatkan pengobatan tertentu. Atau bisa dikatakan hal demikian adalah salah satu efek samping dari pengobatan pada kucing.

4. Sudah Saatnya Rontok

Hal yang harus diketahui para pecinta kucing bahwa akan ada masanya kucing memang mengalami kerontokan pada bulunya jadi tidak heran jika hal ini terjadi dan ini adalah normal. Jadi pemilik bisa lebih tenang saat menghadapi kondisi seperti ini, tidak usah bingung mencari cara mengatasinya

Sebab kerontokan pada bulu kucing secara alami semacam ini akan segera berganti dengan bulu baru.Biasanya hal ini akan terjadi pada setahun sekali. Namun pada kucing betina saat sedang hamil atau birahi juga lebih rentan mengalami kerontokan.

5. Kelebihan Vitamin

Sebagian Anda pasti memberikan makanan dan vitamin untuk kebaikan dan tentunya kesehatan kucing. Namun setiap apapun yang berlebihan pasti juga tidak akan baik.

Begitu pula pada kucing yang diberikan vitamin dengan dosis yang berlebihan maka jelas akan membuat kucing overdosis dan salah satu yang nampak pada kerontokan pada bulunya.

6. Kucing Terkena Kutu dan Tungau

Penyebab lain terjadinya kerontokan pada bulu kucing adalah karena adanya ektoparasit yang berada dikulit dan bulu. Karena parasit tersebut mengambil nutrisi pada kucing sehingga bulu kucing akan mengalami kerontokan.

Selain kutu ada juga tugau yang menyebabkan hal ini yaitu demodexdan scabies. Dimana tugau ini akan membuat kulit kucing mudah terinfeksi dan rontok. Tanda jika ada tungau ini maka pada kulit kucing akan terdapat seperti terowongan dan akan memunculkan lubang pada kulit kucing.

Selain itu juga bisa disebabkan jamur karena kondisi bulu kucing yang cenderung lembab. Sebab jamur akan mudah untuk tumbuh pada kondisi yang lembab dan tentunya saat kucing terkena jamur maka salah satu tandanya juga bisa menyebabkan bulu rontok.

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok dengan Mudah

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok dengan Mudah
cara menumbuhkan bulu kucing yang botak -thehappycatsite.com

Salah satu yang membuat banyak orang gemar dengan binatang kucing karena hewan lucu ini memiliki bulu yang lembut. Selain itu dengan bulu ini bisa mempercantik tampilan kucing serta sebagai penghangat tubuhnya.

Namun saat bulu Kucing mengalami kerontokan keadaan tersebut pastinya membuat Anda sedikit khawatir. Maka bagaimana cara mengatasi bulu kucing rontok yang tepat?. Berikut ini cara dan penjelasannya.

1. Memberikan Mainan dan Tempat atau Kandang yang Nyaman

Sebenarnya ada berbagai penyebab rontoknya bulu kucing. Jika terjadi akibat stress maka cara mengatasi bulu kucing rontok tersebut pemilik kucing hendaknya memberikan mainan khusus kucing. Sehingga bulu kucing tidak akan mudah untuk rontok.

2. Membiarkan dan Merawat sebagaimana Biasanya

Salah satu penyebab rontoknya bulu adalah karena memang saat itu waktu normal si kucing harus merontokkan bulu badannya.

Atau saat kucing hamil dan birahi oleh karena itu pemilik tidak perlu terlalu khawatir untuk mencarikan cara mengatasinya. Sebab jika penyebabnya karena musim dan hal-hal normal lainnya maka bulu akan kembali pulih seperti sediakala.

3. Memandikan Kucing

Melakukan perawatan misalnya dengan memandikan kucing bisa jadi salah satu cara mengatasi bulu kucing rontok. Sebab dengan melakukan perawatan dengan memandikan kucing secara teratur bisa membuat jamur, tungau, kutu bersih dari bulu kucing. Alhasil bulu kucing juga akan lebih sehat.

4. Menyisir Bulu Kucing Secara teratur

Bulu kucing hendaknya juga disisir sebab pada penyisiran bulu kucing memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah bisa memperlancar metabolisme dari tubuh kucing tersebut.

Selain itu juga bisa membasmi kutu dan tungau yang bersarang pada bulu kucing. Selain itu bisa juga sebagai cara mengatasi bulu kucing peliharaan rontok yang akan terjadi lagi dan tentunya juga semakin menambah kedekatan antara pemilik dan kucingnya.

5. Ganti Produk Sampo

Jika penyebab rontoknya bulu adalah karena shampo yang tidak cocok. Maka cara mengatasi bulu kucing rontok adalah dengan mengganti shampo tersebut dengan bertanya kepada ahlinya dan meminta rekomendasi shampo yang lebih cocok.

6. Memberikan Vitamin

Penyebab bulu kucing rontok memang salah satunya ketika tidak tercukupinya kebutuhan nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Oleh sebab itu pemilik harus lebih peka dengan kondisi semacam ini. Maka cara mengatasi bulu kucing rontok adalah dengan pemilik memberikan vitamin, namun tentunya tetap dalam kondisi yang masih wajar.

7. Menggunakan Obat Untuk Mengatasi Bulu Kucing Rontok

Selain beberapa hal yang telah disebutkan.Maka sebagai salah satu cara mengatasi bulu kucing rontok adalah pemilik kucing bisa memberi obat khusus. Adapun obat tersebut berfungsi sebagai obat untuk rontoknya bulu kucing yang bisa dibeli diagen pet shop. Namun tetap perhatikan dosis pemberiannya.

Oleh sebab itu saat ingin mengatasi bagaimana cara mengatasi bulu kucing rontok. Maka hendaknya juga mengetahui sebenarnya apa yang menyebabkan kerontokan pada bulu kucing. Jadi pada proses penyembuhannya akan berjalan lebih baik. Namun saat pemilik kucing masih ragu maka bisa langsung berkonsultasi pada dokter hewan sehingga cara mengatasinya juga akan lebih tepat.

CARA MENGATASI BULU KUCING RONTOK

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.