Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi yang Paling Manjur

Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi  – Kenari macet bunyi adalah hal yang mengkhawatirkan. Apalagi jika masalah terjadi saat perlombaan sudah dekat. Tentu si pemilik burung gelisah memikirkannya. Karena itu, akan dijelaskan cara mengatasi kenari macet bunyi. Silakan disimak ini dia caranya:

Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi

1. Beri Pakan Sayuran Segar

cara mengatasi kenari macet bunyi setelah mabung
caramerawatburung.com

Sebagian besar kenari tidak berbunyi disebabkan kegemukan. Maka dari itu, memberi pakan sayuran segar dengan porsi lebih banyak bisa menyehatkan pencernaannya. Sehingga berat atau bobot tubuh kenari mengalami penurunan.

Ada banyak makanan sehat jenis sayuran yang bagus untuk burung kenari. Di antaranya sayur mentimun, sawi, wortel dan jagung manis. Silakan beri makanan ini dan dipertukarkan setiap waktu biar kenari makan dengan lahap dan tidak bosan.

2. Pindahkan Burung Ke Sangkar yang Nyaman

cara mengatasi kenari macet bunyi agar gacor lagi
ternakburung.com

Cara mengatasi kenari macet bunyi yang selanjutnya ialah pindahkan burung ke sangkar yang lebih nyaman. Kenari tidak berbunyi mungkin karena sangkarnya tidak nyaman. Solusinya pindahkan burung ke sangkar yang lebih bagus dan bersih.

Kenari tidak menyukai sangkar besar. Bisa jadi ini penyebab ia tidak berbunyi. Jika ini terjadi pindahkan burung ke sangkar lebih kecil begitu juga sebaliknya. Biasanya burung kenari kembali berbunyi dan siap untuk berlomba.

Untuk kasus ini pemilik burung bisa mengambil opsi terakhir yaitu membeli sangkar baru. Itu jika segala daya dilakukan tetapi burung tidak juga berbunyi. Solusinya keluarkan uang untuk membeli sangkar anyar yang membuat burung lebih tenang dan nyaman.

3. Membersihkan Sangkar Dengan Rutin

cara mengatasi kenari af macet bunyi
youtube.com

Jika kandang kotor burung tidak akan nyaman. Selain itu, burung jadi malas berbunyi. Maka dari itu, perawatan kandang tidak boleh dilupakan. Jika perlu, lakukan pembersihan setiap saat.

Kandang kotor juga membuat burung diserang penyakit. Karena di kotoran terdapat kuman yang bisa menyerang tubuh si burung. Jika tidak terjadi penyakit parah minimal stamina kenari lemah. Efeknya ia akan malas berbunyi.

Jadi, jika kandang kotor jangan harap burung kenari akan berkicau. Bisa jadi ia malah mengalami macet bunyi. Tentu mengkhawatirkan apalagi masalah macet bunyi terjadi saat perlombaan.

4. Memberikan Asupan Vitamin Yang Tepat

cara mengatasi kenari f1 macet bunyi
hartatani.blogspot.com

Burung kenari macet bunyi bisa disebabkan vitalitas tubuh yang menurun. Solusinya adalah memberikan asupan vitamin yang tepat. Nutrisi ini yang bisa meningkatkan staminanya kembali tinggi.

Jika energi burung kenari down tentu ia malas berbunyi. Meskipun tetap bersuara biasanya pelan dan tidak berirama. Jika dibiarkan burung bisa mengalami gangguan lebih parah. Oleh sebab itu, tetap perhatikan vitamin yang dikonsumsinya.

Multivitamin burung beraneka ragam. Setiap burung memiliki kebutuhan vitamin yang berbeda. Maka dari itu, supaya tidak salah pilih tanyakan terlebih dahulu kepada penjual sebelum membeli. Pastikan vitamin yang dibeli memang khusus burung kenari.

5. Letakkan Sangkar Jauh Dari Keramaian

kenari macet bunyi habis mabung
aahvaken82.blogspot.com

Jika di dalam rumah kenari berbunyi lantang tetapi di luar malah macet perhatikan situasi sekeliling sangkar. Bisa jadi, itu dikarenakan kondisi sekitar kandang terlalu ramai sehingga burung stres dan enggan berbunyi.

Sedangkan di rumah berbunyi karena kondisinya sepi. Sehingga si burung leluasa berkicau. Apalagi orang sekitar rumah sudah dikenal dan tidak asing baginya.

Solusi masalah ini letakkan sangkar di tempat jauh dari keramaian. Boleh dicoba di tempat ramai sebagai terapi tetapi lakukan secara perlahan. Karena ketika diikutkan lomba, burung pasti berada di lokasi yang ramai.

6. Tambah Durasi Penjemuran

tips mengatasi kenari macet bunyi
infobinatang.com

Cara mengatasi kenari macet bunyi yang ke enam adalah tambah durasi penjemuran. Ini untuk meningkatkan stamina tubuhnya sekaligus membuatnya hangat. Namun lakukan dengan hati-hati dan memperhatikan kondisi cuaca.

Normalnya burung kenari dijemur setelah dimandikan. Namun durasi penjemurannya hanya satu jam bahkan ada yang setengah jam saja. Dikhawatirkan burung masih kedinginan sehingga malas berbunyi.

Solusi masalah ini adalah tingkatkan durasinya maksimal dua jam. Silakan jemur jam 06.00 angkat jam 08.00. Pastikan tidak melebihi waktu tersebut karena dikhawatirkan burung kepanasan.

Jika penjemuran semacam ini dilakukan burung akan tetap segar di pagi hari. Sehingga semangatnya untuk berbunyi tetap tinggi. Jadi pemilik tidak risau ketika membawa burung ke kontes.

Baca Juga: Cara Menurunkan Birahi Burung Kenari dengan Mudah

7. Menjauhkan Dari Burung Lain Untuk Sementara Waktu

cara mengatasi kenari birahi macet bunyi
trikmerawat.com

Jika burung kenari mengalami macet bunyi kadang itu disebabkan stres. Jika ini terjadi sebaiknya jauhkan dulu dari burung lain untuk sementara waktu. Ini agar burung bisa beristirahat untuk memulihkan mentalnya.

Artikel Terkait: Berbagai Jenis Kenari dengan Motif Warna yang Berbeda-Beda

Kalau burung kenari enggan berbunyi karena stres jangan pula diikutsertakan lomba. Karena akan sia-sia disebabkan burung semakin enggan berbunyi. Justru stresnya bertambah berat karena di sana banyak burung lain yang saling berkicau.

Sebagai pemilik burung harus peka dengan masalah ini. Tanda-tanda kenari stres juga harus diketahui sehingga tindakan penyelesaiannya tepat. Jangan malu bertanya pada orang yang lebih berpengalaman soal burung kicau satu ini.

8. Mengatasi Dengan Daun Mengkudu

cara jitu mengatasi kenari macet bunyi
loperonline.com

Jika burung kenari malas berbunyi silakan berikan daun mengkudu secukupnya. Kabarnya ramuan ini bisa mengatasi gangguan tenggorokan pada burung. Bukan hanya serak burung kenari macet bunyi juga bisa disembuhkan.

Daun mengkudu bukan pakan pokok burung. Tetapi sebatas obat agar burung kembali berkicau. Maka dari itu, berikan makanan ini pada saat terjadi masalah. Setelah burung berbunyi hentikan pemberian pakan daun mengkudu.

Daun Mengkudu bisa diberikan sebelum perlombaan. Ini untuk merangsangnya agar berbunyi dengan lantang. Tak hanya itu, karena suara seraknya hilang tentu kicauan yang keluar bersih dan jernih. Bisa jadi burung kenari tersebut yang menjadi juara.

9. Amankan Burung Dari Predator Di Malam Hari

mengatasi kenari macet bunyi pasca mabung
jalaksuren.net

Terkadang burung kenari malas berbunyi akibat rasa takut. Bisa jadi itu dikarenakan predator yang menerornya setiap malam. Sehingga rasa takut tersebut terbawa hingga siang hari yang membuatnya enggan berkicau.

Maka dari itu, untuk membuatnya kembali berbunyi jauhkan burung dari predator. Jika diletakkan di luar rumah waspadai keberadaan musang, tikus besar, burung hantu. Jika diletakkan di dalam rumah mungkin yang perlu diwaspadai adalah kucing peliharaan.

Sebisa mungkin jauhkan burung dari hewan-hewan di atas. Pemilik juga harus mengetahui lokasi yang menjadi tempat munculnya predator malam. Ini untuk menciptakan mental burung yang nyaman dan tenang.

10. Berikan Pakan Telur Puyuh Rebus

mengatasi kenari yang macet bunyi
resepkoki.id

Telur puyuh rebus tidak hanya disukai orang binatang juga suka mengkonsumsinya termasuk burung. Kabarnya bunyi burung kenari semakin lantang jika diberi pakan tambahan telur puyuh rebus. Bahkan yang awalnya malas bersuara menjadi bersemangat.

Hal ini disebabkan kandungan telur puyuh yang bisa meningkatkan stamina. Sehingga ia bisa berkicau dengan nyaman tanpa lelah dan sakit tenggorokan. Maka dari itu, tambahkan pakan ini di setiap terjadi masalah.

Namun yang namanya pakan tambahan tentu telur puyuh tidak bisa diberikan setiap waktu. Kasih saja setiap macet bunyi atau beberapa saat sebelum kontes. Ini untuk merangsangnya agar tetap bersuara dengan keras dan indah.

Cara mengatasi kenari macet bunyi di atas bisa menjadi solusi mania kenari yang memiliki burung kenari enggan bersuara. Jalan keluar paling aman dan mudah dilakukan karena termasuk perawatan burung yang dilakukan setiap hari.

Optimaxx: Rahasia Vitamin Burung Kicau untuk Menangkan Lomba

Review Vitamin Burung Kicau Terbaik dari Optimaxx

Punya burung kicau tapi belum pernah menang lomba? Atau, burung Anda bagus tapi memiliki mental bertarung yang jelek? Saatnya Anda memberi vitamin burung kicau terbaik sebagai doping. Salah satu solusinya adalah dengan memberi Optimaxx.

Kicau dan mental bertarung saat lomba, adalah faktor yang menentukan kemenangan. Siapa sangka kalau kedua faktor tersebut, ternyata dipengaruhi oleh kondisi peliharaan Anda. Apa saja kondisi tersebut? Nah, di sini kami akan menjelaskannya secara detail, lengkap dengan solusinya.

Penyebab Burung Tidak Berkicau

Ada beberapa penyebab kenapa peliharaan Anda sulit untuk mengeluarkan kemampuannya. Adapun penyebabnya seperti:

  1. Jago kandang. Mereka hanya mau berkicau dan aktif ketika di dalam rumah saja. Pada saat dibawa untuk berlomba, mereka cenderung diam.
  2. Sedang dalam masa mabung. Masa di saat burung merontokkan bulu mereka. Pada masa ini, kebanyakan hewan tersebut tidak mau berkicau. Hal tersebut dikarenakan fisiknya belum kuat untuk berkicau.
  3. Hasil tangkapan dari hutan. Karena jika Anda baru menangkapnya, umumnya mereka lebih suka diam. Hal ini terjadi karena faktor lingkungan yang berbeda. Di hutan, mereka bebas berkicau karena kondisinya sunyi.
  4. Sedangkan ketika dirawat, mereka akan stres karena baru mengenal lingkungan baru.
  5. Hanya mau berkicau pada saat-saat tertentu. Kondisi ini terjadi karena beberapa faktor. Salah satu faktornya yaitu karena belum siap kawin atau belum birahi.

Solusi Mengatasi Burung yang Tidak Berkicau

Ada banyak solusi yang bisa mengatasi kondisi di atas. Salah satunya adalah dengan rutin memberi vitamin. Terutama jika peliharaan Anda, cenderung jago kandang dan sedang dalam masa mabung.

Optimaxx adalah solusi vitamin burung kicau agar potensi mereka menjadi jawara semakin tinggi. Karena, latber (latihan bersama) saja tidak cukup. Diperlukan asupan nutrisi agar pelatihan yang dilakukan semakin optimal.

Selain itu, perhatikan juga beberapa aspek penting berikut ini:

  1. Cek selalu kondisi kesehatan mereka secara rutin.
  2. Beri makanan yang memiliki kandungan vitamin bagus untuk kicau mereka.
  3. Jangan lupa untuk memberi mereka makanan tambahan.
  4. Perhatikan juga pemeliharaannya. Pilih lingkungan yang tenang.
  5. Jemur secara rutin untuk menjaga kesehatan dan mematikan bibit penyakit. Lakukan penjemuran dengan porsi yang tepat.
  6. Pancing dengan suara burung lain. Bisa juga dengan memutar file audio suara burung.

Kenapa Harus Optimaxx?

Ada banyak vitamin atau doping untuk kicau hewan peliharaan Anda. Namun, Optimaxx memiliki keunggulan yang jauh lebih baik dari produk lainnya. Ingin tahu apa alasannya? Berikut kami paparkan apa saja kelebihan-kelebihannya:

1. Kandungan Nutrisi yang Lengkap

Optimaxx mampu menunjang semua kebutuhan nutrisi untuk kicau mereka. Kandungannya yaitu Vitamin A, C, E, K, D3, B1, B2, B3, B6, B12, H, PP, Acid, Choline, Manganese, dan Copper.

Selain bagus untuk kicauan, juga bagus untuk mental mereka. Karena, selain faktor kicauan, mental pun menjadi hal yang tak kalah penting agar mereka berhasil menjadi juara.

2. Tidak Berbahaya

Kandungan yang terdapat pada vitamin burung kicau ini tidak berbahaya bagi mereka. Selain itu, juga tidak berbahaya bagi manusia. Artinya, cocok untuk penggunaan jangka panjang.

3. Melindungi dari Bakteri Jahat

Kandungannya sangat bagus juga untuk melindungi hewan peliharaan Anda dari bakteri jahat. Hal ini disebabkan, karena Optimaxx sanggup memproduksi zat-zat bakteriosin, atau zat anti bakteri.

4. Vitamin Anti Stres

Seberapa bagus pun suaranya, jika stres di tempat lomba, maka kemungkinan menang pun akan tipis. Namun, hal tersebut tidak akan menjadi masalah lagi. Karena, Optimaxx juga mampu mengatasi burung dengan tingkat mentalitas yang rendah.

5. Penggacor Burung Terbaik

Burung yang gacor akan dinilai bagus oleh para juri. Semakin gacor mereka, akan semakin tinggi penilaiannya. Untuk mewujudkannya, pelatihan saja tidaklah cukup. Mereka harus mendapatkan asupan multivitamin yang cukup.

6. Bagus untuk Daya Tahan Tubuh

Kesehatan adalah salah satu faktor mau atau tidaknya mereka berkicau. Asupan nutrisi yang cukup, akan membantu mereka untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang bagus. Dengan begitu, mereka siap gacor di tempat lomba.

7. Bagus untuk Organ Tubuh

Selain untuk daya tahannya, juga bagus untuk kesehatan organ tubuh mereka. Artinya, selain kicaunya, kesehatannya pun akan tetap terjaga. Jika memberinya sesuai aturan, organ tubuh burung, akan tetap stabil dan baik.

8. Tidak Ada Efek Samping

Penggunaan jangka panjang tidak akan berpengaruh pada kesehatan peliharaan Anda. Bahkan, justru semakin bagus. Karena, Optimaxx tidak ada kandungan yang memiliki efek samping di dalamnya.

Anda tidak perlu takut peliharaan drop setelah menggunakannya. Justru sebaliknya, mereka akan semakin aktif dan gacor di gantangan.

Jenis Burung yang Cocok Menggunakan Optimax
Pada dasarnya, Optimaxx cocok digunakan untuk berbagai jenis burung kicau. Semua jenis yang sering dilombakan kicaunya, cocok menggunakan multivitamin yang satu ini. Adapun jenis-jenisnya di antaranya seperti:

  • Anis merah
  • Anis kembang
  • Cendet
  • Pleci
  • Cucak jenggot
  • Sulingan
  • Trucukan
  • Kolibri
  • Kapas tembak
  • Kenari
  • Kacer
  • Lovebird
  • Murai batu
  • Dan semua jenis burung kicau lainnya

Aturan Pakai Optimaxx

Wajib Anda ketahui. Pemberian vitamin burung kicau ini harus disesuaikan dengan permasalahan peliharaan. Agar pemberiannya semakin optimal, berikut aturan pakai yang wajib diketahui:

1. Aturan Pakai untuk Macet Serak

Jika peliharaan Anda sering macet dan serak, gunakan 3 hingga 5 tetes saja. Masukkan ke dalam air minum. Jangan lupa juga untuk selalu menggantinya setiap hari.

2. Untuk Persiapan Lomba

Sehari sebelum lomba dimulai, beri 8 tetes pada air minum. Ganti setiap hari agar hasil lebih optimal.

3. Aturan Pakai untuk yang Ingin Gacor

Agar peliharaan Anda gacor di gantangan, pelatihan saja tidaklah cukup. Beri mereka 1 tetes Optimaxx pada air minum. Lalu, ganti setiap hari.

Manfaat Kandungan Probiotik Pada Optimaxx

Salah satu keunggulan dari produk ini adalah memiliki kandungan probiotik. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut:

  1. Memenuhi asupan nutrisi mereka secara optimal.
  2. Menjauhkan penyakit yang ditimbulkan oleh kotorannya sendiri. Kandungan probiotik akan membuat kotoran mengering dan tidak terlalu bau.
  3. Kandungan probiotik pada vitamin burung, bagus untuk sistem metabolisme mereka. Dengan begitu, peliharaan Anda akan selalu dalam kondisi yang prima.
  4. Meningkatkan kekebalan tubuh dan tidak mudah stres serta tidak mudah sakit.

Berapa Harga Optimaxx?

Saat ini, vitamin burung kicau, Optimaxx, mudah ditemukan di pasaran. Bahkan bisa didapatkan dengan penawaran harga yang menarik. Harga 1 Botol itu Rp170.000. Anda bisa mendapatkan 2 Botol sekaligus seharga Rp290.000 saja, dari yang sebelumnya Rp340.000.

Untuk menghemat, Anda juga bisa mendapatkan 3 Botol seharga Rp410.000. Penawaran menarik ini terbatas. Jadi, buruan pesan sebelum masa penawarannya habis.

Burung Anda susah meraih piala juara di lomba-lomba kicau? Yuk, pesan vitamin burung kicau dari Optimaxx sekarang juga. Dengan begitu, potensi menjadi jawara di setiap lomba, semakin besar. Gak percaya? Cek kebenarannya sekarang juga!

Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.