Cara Mengetahui Umur Lovebird

178 View

Cara Mengetahui Umur Lovebird – Dalam membeli burung cinta atau lovebird, umur burung merupakan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan. Hal ini sangat berkaitan dengan tujuan pecinta burung membeli dan memelihara lovebird tersebut.

Burung usia muda biasanya lebih banyak dicari terutama bagi yang ingin melatih kicauan lovebird. Untuk itulah, pecinta burung perlu memahami cara mengetahui umur lovebird.

Meskipun terlihat sepele, keterampilan mengetahui umur lovebird sangatlah berguna bagi pecinta burung. Dengan mengetahui secara pasti umur lovebird, pecinta burung bisa memilih pakan yang sesuai. Tidak hanya itu, kapan burung siap mengikuti kompetisi juga bisa diketahui dari usianya.

Pemahaman mengenai umur lovebird juga sangat berkaitan dengan cara perawatannya. Burung muda membutuhkan perawatan yang lebih karena memiliki tingkat kematian yang cukup tinggi yakni 40% yang terdiri dari berbagai faktor. 

Oleh karena itu, jika pecinta burung hanya menebak-nebak usia lovebird, maka pertumbuhan dan prestasi burung pun tidak maksimal. Umur lovebird juga berkenaan dengan harga jual burung.

Cara Mengetahui Umur Lovebird

Cara Mengetahui Umur Lovebird
https://ebird.org/

Nah, agar tidak salah tebak, berikut cara mengetahui umur lovebird dengan mudah:

Baca Juga: Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina saat Birahi

1. Warna Paruh

Salah satu cara mengetahui umur lovebird dengan mudah yakni dengan melihat warna paruh burung. Umumnya, burung usia muda memiliki paruh yang warnanya tidak penuh. Misalnya saja, warna merah bercampur hitam. Warna paruh burung yang tidak penuh ini menandakan bahwa lovebird berusia sekitar 2 hingga 4 bulan.

Sementara itu, burung yang sudah dewasa dapat dikenali dari paruhnya yang berwarna penuh. Tidak terdapat warna campuran, sehingga yang terlihat hanya satu warna, misalnya merah. Tidak hanya itu, warna paruh pun terlihat lebih cerah dan tegas.

2. Mata

Umur lovebird juga bisa diketahui dari mata burung ini. Lovebird berusia muda biasanya memiliki mata yang menonjol, jernih, dan terlihat besar. Umur burung juga bisa diketahui dari klep atau kacamatanya. Lovebird muda memiliki klep yang terlihat segar.

BACA JUGA:  Rahasia Jitu Menjodohkan Burung Lovebird dengan Cepat

Selain bentuk mata, umur burung juga bisa ditentukan dari garis di sekitar mata. Pada burung muda, garis di sekitar mata terlihat tipis. Namun, garis tersebut akan menebal seiring umur burung bertambah. Pada burung dewasa, selain garis mata yang tebal, keriput juga terlihat di sekitar mata, dan juga matanya tidak lagi terlihat menonjol.

3. Warna Kaki

Warna kaki juga bisa digunakan untuk menentukan umur burung cinta. Pada burung muda, bagian kakinya akan dipenuhi titik atau trotol hitam. Semakin banyak titik hitam pada kaki burung, maka semakin muda pula umurnya.

Sebaliknya jika titik atau trotol hitam semakin memudar atau sedikit, maka semakin dewasa pula umur lovebird. Untuk lovebird paruh merah dewasa, sisik kakinya akan mengeras dan berwarna abu-abu bersih. Sedangkan pada lovebird paruh putih, kakinya akan berwarna pink pucat.

4. Kuku Kaki

Cara mengetahui umur lovebird selanjutnya adalah dilihat berdasarkan warna kuku kaki burung. Meskipun terlihat sulit dilihat karena ukuran burung yang relatif kecil, tetapi jika diamati dengan baik, perubahan warna kuku seiring dengan pertambahan umur burung terlihat jelas.

Pada awal kelahirannya sampai umur 2 minggu, kuku lovebird akan berwarna putih. Namun, seiring umur bertambah, bercak hitam akan terlihat dari pangkal kuku hingga menutupi setengah kuku pada umur 3 minggu. Barulah pada usia 2 sampai 3 bulan, bercak hitam pada kuku akan turun hingga ujung kuku.

Kuku burung akan kembali putih ketika menginjak usia 6 bulan. Akan tetapi pada usia ini masih terdapat bayangan hitam pada kuku. Saat usia burung mencapai 8 bulan, barulah kuku berubah putih bersih. Perubahan warna kuku paling sering terjadi pada lovebird biola warna solid, dan euwing.

5. Suara Kicauan

Burung cinta atau lovebird tidak hanya terkenal karena keindahan bulunya. Suara burung ini juga menjadi salah satu faktor yang membuatnya diburu pecinta burung. Namun, ternyata suara kicauan lovebird juga bisa menjadi pendeteksi umur sebenarnya burung ini.

Ketika burung cinta masih kanak-kanak atau muda, suara kicauannya akan terdengar samar-samar dan kasar. Banyak orang bahkan pecinta burung yang kerap keliru mengira suara kicauan lovebird muda sebagai suara burung emprit, karena memang terdengar mirip.

BACA JUGA:  Panduan Lengkap: Cara Membantu Lovebird Cepat Bertelur

Apabila suara burung cinta terdengar seperti burung emprit, maka bisa dipastikan umurnya kurang dari dua bulan.

Burung yang sudah dewasa sangat mudah dikenali dari suaranya yang lantang dan keras. Tidak hanya itu, lovebird dewasa juga bisa dengan mudah menirukan suara masteran.

6. Lama Burung Berkicau Atau Ngekek

Selain suara kicauannya, lama lovebird berkicau atau ngekek juga bisa menjadi salah satu cara mengetahui umur lovebird. Burung yang masih kecil tidak bisa ngekek atau berkicau untuk waktu yang lama. Durasi kicauan burung muda paling lama hanya sekitar 20 hingga 30 detik.

Jika sudah mencapai waktu tersebut, besar kemungkinan saat tumbuh burung tersebut mampu berkicau sangat lama. Umumnya, anakan lovebird hanya mampu ngekek selama 3 hingga 10 detik saja.

Saat beranjak dewasa, kemampuan lovebird dalam ngekek akan berkembang pesat. Jika saat kanak-kanak durasi ngekek burung tidak sampai 30 menit, maka ketika dewasa burung ini mampu ngekek hingga bermenit-menit. Bahkan, ada beberapa burung yang mampu berkicau hingga 5 menit.

Jadi, jika pecinta burung menemukan lovebird yang mampu ngekek hingga semenit, maka bisa dipastikan jika burung tersebut telah dewasa.

7. Kelincahan Burung

Kelincahan lovebird juga bisa menjadi indikator umur burung. Lovebird yang masih lincah, aktif, dan tidak bisa diam biasanya masih tergolong muda. Sedangkan jika lovebird sudah mulai tenang dan tidak banyak aktivitas, bahkan tergolong lesu maka biasanya burung tersebut sudah memasuki usia tua dengan catatan kesehatan burung baik.

8. Warna Bulu Burung

Apabila pecinta burung mencari burung yang relatif masih muda atau dalam masa kanak-kanak, carilah burung yang memiliki bulu kusam, dan tidak mencolok.

Hal ini dikarenakan warna dan kondisi bulu lovebird bisa menggambarkan usianya. Saat kecil, atau muda bulu burung belum berkembang sehingga warnanya cenderung kusam, tidak berkilau, dan tidak mencolok.

Sebaliknya, saat burung telah dewasa, bulunya akan mengkilap dan terlihat indah. Hal ini dikarenakan burung telah mabung atau ganti bulu. Umumnya lovebird mulai mabung saat berusia 5 hingga 8 bulan. Dibandingkan ciri yang lain, warna bulu lovebird menjadi ciri yang paling mudah dilihat untuk mengetahui umur lovebird.

BACA JUGA:  Rahasia Bikin Burung Lovebird Gacor Cepat dan Mudah

Sebagai pecinta burung, terutama lovebird, kemampuan membedakan umur burung tersebut merupakan hal yang cukup krusial. Jika pecinta burung mampu mengetahui umur burung dengan tepat, maka risiko tertipu penjual lovebird pun semakin kecil.

Tidak hanya itu, pecinta burung juga akan diuntungkan saat mengikutkan lovebird dalam kompetisi jika mengetahui secara akurat umur lovebird. Oleh karena itulah, sebaiknya pecinta burung segera mempelajari cara mengetahui umur lovebird. Dengan begitu, pecinta burung bisa terhindar dari berbagai macam kerugian.

Cara Mengetahui Umur Lovebird

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.