Cara Menggemukkan Kucing Paling Efektif dan Ampuh

Cara Menggemukkan Kucing – Kucing yang gemuk merupakan salah satu tanda bahwa kucing itu bahagia dan sehat sehingga lebih disukai majikannya. Kucing yang gemuk juga memberikan fisik yang lebih lucu dan menggemaskan terlebih lagi kucing yang banyak bulunya seperti persia.

Banyak orang yang melakukan cara menggemukkan kucing, namun malah menyebabkan kucing tidak sehat.

Kucing tidak boleh hanya gemuk karena banyak makan saja, kucing juga harus diperhatikan kesehatannya dan kebersihannya. Tidak boleh sembarangan memberi makan kucing hanya karena ingin ia terlihat gemuk.

Makanan yang bergizi dan sehat untuk kucing akan membuat kucing gemuk tanpa berpenyakit. Kucing rumahan lebih bisa untuk gemuk dibandingkan kucing liar.

Karena kucing rumahan tidak memiliki banyak aktivitas di luar rumah sehingga ia hanya makan dan tidur saja. Meski begitu, bukan berarti kucing kampung tidak bisa gemuk.

Apabila kucing kampung dipelihara juga dengan baik, diberikan nutrisi yang baik, makanan bergizi, memberinya vitamin, ia bisa gemuk dan sehat. Dan yang terpenting adalah selalu memperhatikan dan memedulikan kucing agar ia tidak stress.

Cara Menggemukkan Kucing

Pemberian Makan untuk Kucing

Cara Menggemukan Kucing: Pemberian Makan untuk Kucing
mayonakacats.com

Kucing tidak hanya harus diberikan makan yang banyak saja agar ia gemuk, terkadang sang pemilik harus bisa mengatasi jika kucing susah makan.

Jika kucing nafsu makannya sedikit, ia akan sulit makan banyak dan susah untuk gemuk. Ada hal-hal yang harus dilakukan untuk membuat kucing bisa makan dengan banyak. Berikut ini adalah cara menggemukkan kucing dari segi makanan yang diberikan :

1. Berikan Makanan Dengan Kandungan Protein yang Tinggi

cara menggemukan kucing kampung: Berikan Makanan Dengan Kandungan Protein yang Tinggi
rover.com

Daging merupakan salah satu makanan berprotein tinggi yang dapat membuat kucing gemuk dengan mudah. Makanan berprotein tinggi bisa didapat dengan membeli raw food khusus kucing yang kandungan proteinnya tinggi.

Jika ingin membuat sendiri, bisa dengan cara merebus daging ayam maupun ikan hingga lunak lalu tambahkan kuning telur untuk menambahkan kandungan protein.

Kuning telur bisa didapat dari telur rebus yang sudah matang dan dikupas serta dipotong, lalu diambil bagian kuningnya saja. Lumatkan dan campur dengan daging ayam atau ikan yang sudah direbus halus.

Berikan si kucing makanan berprotein tinggi dengan rutin dua kali sehari pagi dan sore. Jika membeli dry food khusus kucing, belilah yang kandungan proteinnya juga tinggi sehingga si kucing bisa makan dengan banyak.

2. Berikan Vitamin untuk Menambah Nafsu Makan Si Kucing

cara menggemukan kucing kurus: Berikan Vitamin untuk Menambah Nafsu Makan Si Kucing
topclassactions.com

Vitamin untuk kucing tidak hanya untuk membuatnya gemuk, namun juga untuk menjaga kesehatannya, terlebih lagi jika si kucing sakit. Vitamin dapat menambah nafsu makan untuk si kucing yang akan membuatnya banyak makan.

Ada beberapa macam vitamin untuk kucing, vitamin untuk menyehatkan bulu si kucing, vitamin penambah nafsu makan, vitamin pertumbuhan, serta vitamin untuk kucing yang hamil.

Biasanya vitamin khusus kucing akan ditambahkan aroma bau ikan segar yang dapat membuat kucing tertarik untuk memakannya.

Bentuk vitamin untuk kucing seperti odol atau pasta gigi, kucing akan menjilat-jilat dan memakan vitaminnya. Setelah rutin pemberian vitamin, kucing akan bertambah nafsu makannya sehingga sang pemilik bisa menyediakan stok makanan kucing yang banyak.

3. Jangan Lupa untuk Memberinya Vaksin

cara menggemukan kucing habis melahirkan: Jangan Lupa untuk Memberinya Vaksin
animalmedical.net

Vaksin diberikan agar kucing tidak sakit, jika kucing sakit maka ia akan susah untuk gemuk. Pemberian vaksin juga dimaksudkan untuk menghindarkan kucing dari berbagai jenis penyakit akibat infeksi bakteri.

Terutama jika kucing adalah kucing yang aktif bermain di luar, agar kucing tidak mudah terserang penyakit, kucing harus diberi vaksin.

4. Menyediakan Minuman Khusus untuk Si Kucing

cara menggemukan kucing anggora secara alami: Menyediakan Minuman Khusus untuk Si Kucing
youtube.com

Berikan kucing air minum yang bersih dan higienis, yaitu air mineral seperti yang diminum manusia. Karena biasanya kucing sering minum air sembarangan jika ia sudah kehausan.

Terlebih lagi air-air di jalanan sering mengandung bakteri membahayakan. Selain itu, kucing juga bisa diberi susu khusus kucing. Susu ini bisa membuat kucing bertambah gemuk karena terdapat formula khusus.

5. Berikan Makanan yang Variatif Namun Jangan Sembarangan

cara menggemukan kucing kitten: Berikan Makanan yang Variatif Namun Jangan Sembarangan
pets.webmd.com

Terkadang kucing mudah sekali bosan dengan makanan yang itu-itu saja sehingga tidak mau makan. Untuk menambah nafsu makannya, berikan makanan yang bervariasi jenisnya.

Seperti daging, tempe basah, biskuit kucing, dan lain-lain. Jangan sembarangan memberi kucing makanan ikan asin karena bisa merusak bulu-bulunya. Jangan juga memberinya sembarang tulang karena bisa merusak sistem pencernaannya.

Baca Juga: Tanda Kucing Betina Sudah Kawin yang Perlu Diketahui

Menjaga Agar Kucing Tidak Stress

cara menggemukan kucing dengan kuning telur: Menjaga Agar Kucing Tidak Stress
petcentral.chewy.com

Untuk membuat kucing gemuk dan sehat, tidak cukup hanya dengan memberinya makan yang banyak saja. Mood kucing juga perlu dijaga dengan baik agar nafsu makannya tetap terjaga.

Kucing yang stress bisa menyebabkan ia kurang nafsu makan. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kucing dari hal-hal yang bisa membuatnya stress dan mood naik turun :

1. Ajak Selalu Si Kucing Bermain

cara menggemukan kucing maine coon: Ajak Selalu Si Kucing Bermain
fearfreehappyhomes.com

Hal yang paling disenangi kucing adalah ketika ia bisa bersama majikannya untuk bermain. Jika memiliki kucing lebih dari satu, bisa dengan membiarkannya bermain dengan kucing peliharaan lainnya.

Kucing juga butuh untuk bersosialisasi, tidak hanya manusia saja. Jika sering sibuk, siapkan mainan khusus yang bisa dimainkan sendiri oleh kucing agar ia bisa tetap bermain di rumah.

2. Berikan Ruangan yang Dingin dan Sejuk

cara menggemukan kucing persia: Berikan Ruangan yang Dingin dan Sejuk
tripadvisor.co.id

Ruangan yang dingin dan sejuk seperti ruangan ber-AC atau ada kipas angin, akan membuat si kucing menjadi nyaman. Selain itu, kucing jadi tidak perlu banyak bergerak karena sudah merasa nyaman di rumah.

Kucing yang tidak banyak beraktivitas akan lebih mudah untuk gemuk karena setiap hari ia hanya makan dan tidur saja, terlebih jika tempat tinggalnya nyaman, ia akan tidur sepanjang hari.

3. Membuat Kucing Selalu Betah di Tempat Tinggalnya

cara menggemukan kucing anakan: Membuat Kucing Selalu Betah di Tempat Tinggalnya
youtube.com

Jangan lupa untuk selalu membersihkan kandang kucing karena kandang yang kotor akan membuatnya stress dan ia akan mencari tempat tinggal baru.

Seperti di area ruangan rumah lainnya. Jika rumah kotor, hal ini juga akan membuat si kucing tidak nyaman. Ia akan mencari tempat tidur lain yang akan membuat ia nyaman. Kucing yang tidak nyaman akan mudah stress.

4. Ajak si Kucing Tidur dan Selalu Elus Kepalanya

cara menggemukan anak kucing kampung: Ajak si Kucing Tidur dan Selalu Elus Kepalanya
mnn.com

Kucing sangat suka bermanja-manja dengan majikannya, sesekali ia akan mendatangi salah satu majikannya dan tidur di atasnya. Elus-eluslah kepala dan badannya untuk membuat ia senang.

Biasanya jika si kucing sedang hamil, ia akan selalu mendatangi majikannya dan minta untuk dimanja. Jangan mengacuhkan si kucing apalagi sampai kasar karena kucing akan merasa sedih.

5. Jangan Lupa untuk Selalu Memperhatikannya

cara menggemukkan anak kucing: Jangan Lupa untuk Selalu Memperhatikannya
bestlifeonline.com

Terkadang, karena kesibukan dan rutinitas dari sang majikan, ia hampir tidak sempat memerhatikan si kucing. Sehingga sering tidak tahu jika si kucing sedang tidak nyaman, stress, atau bahkan sakit. Kucing selalu butuh perhatian.

Akan lebih baik jika anggota keluarga lain ikut merawat dan bermain dengan si kucing jika sang majikan sedang sibuk.

Itulah beberapa cara menggemukkan kucing yang sangat efektif dan bisa dilakukan dengan mudah. Cara menggemukkan kucing sebenarnya memang tidak sulit asalkan nutrisinya tetap terjaga dengan baik. Selain membuatnya gemuk, kucing harus terjaga juga kesehatannya, salah satunya dengan menjaga mood kucing agar tidak naik turun. Kucing yang stress akan menyebabkan mudah sakit.

Cara Menggemukkan Kucing

Categories Kucing

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.