Cara Menghilangkan Kutu Kucing

CARA MENGHILANGKAN KUTU KUCING – Kucing merupakan hewan yang umumnya banyak dipelihara di rumah-rumah. Selain lucu dan juga imut, kucing merupakan hewan yang ramah dan nyaman dijadikan sahabat karib.

Merawat kucing tentunya bukanlah kegiatan dan hobi yang terlalu sulit. Namun harus dilakukan secara berkala dan teratur. Salah satu perawatan yang penting untuk kucing kesayangan kita yaitu menjaga kebersihannya dengan cara menghilangkan kutu kucing.

Yaps, kutu kucing merupakan hal yang banyak diperbincangkan di antara pecinta kucing. Serangga parasit yang berukuran kecil ini juga sulit dihilangkan terutama pada seekor kucing. Namun, apakah mustahil untuk menghilangkannya?

Kutu atau Ctenocephalides felis merupakan serangga parasit yang sering hinggap di tubuh hewan berbulu, termasuk kucing. Umumnya mereka sulit dilihat namun dapat sangat mengganggu terhadap inangnya yaitu kucing.

Kutu kucing memang tidak berbahaya serta tidak akan tertular pada manusia. Namun kutu kucing akan sangat mengganggu kenyamanan kucing kesayangan kita.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Alami

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Ala Rumahan
cara menghilangkan kutu kucing di kamar – sajadah.co

Kucing yang terjangkit kutu kucing akan menjadi lemas, gatal, atau bahkan kekurangan darah karena terserap oleh kutu kucing. Oleh karena itu, adanya kutu kucing perlu diwaspadai dan juga dibasmi.

Selain demi menjaga kebersihan kucing kesayangan kita, kutu kucing juga perlu dibasmi agar kucing tetap sehat dan ceria.  Berikut ini adalah cara menghilangkan kutu kucing yang paling ampuh yang bisa dicoba di rumah.

1. Memandikan Kucing Kesayangan Dengan Shampoo Khusus

Mandi merupakan cara yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan kucing terutama sebagai cara menghilangkan kutu kucing yang ampuh.

Gunakanlah shampoo khusus untuk menghilangkan kutu kucing seperti D&C shampoo, Armani Flea Tick, Miconazole Shampoo, dan masih banyak lagi. Mandikan kucing kesayangan kita satu bulan sekali. Dengan begitu, kucing akan terlihat lebih bersih, segar dan bebas dari kutu yang mengganggunya.

2. Minyak Telon

Setelah selesai mandi, kita juga bisa menggunakan minyak telon sebagai perawatan berkala untuk menghilangkan kutu kucing. Oleskan minyak telon dengan merata ke area kulit kucing yang terdapat banyak kutu. Namun jangan asal oles ya, perhatikan kuantitas penggunaannya. Jangan terlalu banyak mengusapkan minyak telon karena takut tertelan oleh si kucing kesayangan kita. Usapkan seperlunya saja ke bagian tertentu saja.

3. Menyisir Secara Berkala

Kegiatan menyisir mungkin sering dianggap sebagai kegiatan biasa yang sederhana. Namun tahukah kalian kalau ternyata menyisir rambut kucing merupakan cara menghilangkan kutu kucing yang sangat ampuh? Yaps, setelah usai memandikan di kucing kesayangan, sisirlah bulu mereka dengan hati-hati.

Gunakan sisir khusus bulu kucing untuk menghilangkan kutu-kutu yang hinggap disana. Menyisir bulu kucing juga bisa membuat bulu kucing kita menjadi tambah lebat lho, jadi jangan malas-malas menyisir kucing kesayangan kita ya.

4. Semprotan Larutan Air Cuka

Cara alami memang merupakan cara terbaik dan juga aman untuk siapapun termasuk sebagai cara menghilangkan kutu kucing. Salah satu cara alami untuk menghilangkan kutu kucing yaitu dengan menyemprotkan larutan air dan cuka.

Larutkan air dan cuka dengan kuantitas sama yaitu 50 % air dan 50% cuka. Hangatkan larutan tersebut sebentar dengan api sedang. Jangan biarkan terlalu panas karena akan melukai kulit si kucing.

Baca Juga: Cara Memelihara Kucing Kampung Agar Gemuk dengan Cepat dan Mudah

Lalu, masukkan larutan tersebut kedalam sebuah botol semprot dan larutan siap disemprotkan pada kulit dan bulu kucing kesayangan kita. Berhati-hatilah, jangan sampai menyemprotkan ke area mata dan juga telinga karena akan mengganggu kesehatan si kucing.

5. Semprotan Jus Lidah Buaya

Selain larutan cuka, jus lidah buaya juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membasmi kutu kucing. Caranya juga mudah, yaitu dengan mengambil lendir atau jeli dari lidah buaya dan dihaluskan menggunakan blender. Campurkan air sedikit agar jus lidah buaya yang dibuat tidak terlalu kental.

Tekstur kekentalan bagusnya tidak terlalu kental maupun cair agar bisa lebih mudah diaplikasikan dengan botol semprot. Selain itu, campurkan juga sedikit saja cabai rawit agar kutu kucing terbasmi dengan sempurna.

6. Semprotan Larutan Lemon

Lemon juga dikenal mengandung asam sitrat yang merupakan zat yang tidak disukai oleh kutu termasuk kutu kucing. Karena itu, lemon dapat digunakan sebagai pengusir kutu pada kucing. Caranya yaitu, potong 1 buah lemon menjadi beberapa bagian.

Kemudian, didihkan air secukupnya. Lantas, masukkan lemon yang telah dipotong dan rendam semalaman. Yang paling penting adalah, kita harus memastikan bahwa lemon terendam dengan sempurna oleh air panas.

Dengan begitu, air lemon bisa terserap secara keseluruhan. Keesokan paginya, saringlah larutan lemon dan masukkan kedalam boto semprot dan aplikasikan pada tubuh si kucing kesayangan.

7. Berendam Air Garam

Selain beberapa substansi diatas, air garam juga merupakan zat sederhana yang ampuh menghilangkan kutu pada kucing. Selain penting mengetahui mengenai cara menghilangkan kutu kucing, kita juga perlu membasmi sumber dari kutu yaitu telur kutu.

Bagaimana caranya? Caranya yaitu dengan merendam kucing kesayangan kita di air yang telah tercampur dengan garam.

Rendamlah beberapa saat sambal menggosok-gosok bulu si kucing. Dengan begitu, kutu dan juga telur kutu kucing akan tuntas bersih dan kucing kesayangan kita bisa kembali ceria tanpa gangguan dari kutu kucing.

Tips Untuk Menghilangkan Kutu Kucing 100% Aman

Tips Untuk Menghilangkan Kutu Kucing 100% Aman
Perawatan Kucing Berkutu – hewany.com

Lantas apakah bisa si kucing kesayangan kita terbebas seutuhnya dari gangguan kutu kucing? Mengingat bahwa cara menghilangkan kutu kucing seperti yang dikatakan sebelumnya saja tidak akan bisa membebaskannya dari gangguan kutu sepenuhnya. Lantas bagaimanakah cara untuk membersihkannya 100%?

Untuk menghilangkan serangga sejenis kutu yang berukuran kecil bahkan sulit untuk dilihat memang bukanlah perkara yang mudah. Terlebih untuk menghilangkan kutu pada seekor kucing yang bulunya lebat.

Karena itulah, ada tips dari cara menghilangkan kutu kucing yang menjadi kunci utama untuk menghilangkan kutu tersebut.

Tips yang pertama yaitu dengan kesabaran. Kesabaran merupakan hal yang tidak mudah dilakukan. Namun, demi si kucing tersayang kita harus belajar bersabar untuk menjaga kesehatannya dan menghilangkan kutu pada kucing kita.

Tips kedua yaitu dengan perawatan yang berkala. Kita tidak boleh malas memandikan mereka serta memberikan perawatan untuk menghilangkan kutu kucing.

Normalnya, kucing harus mandi sekali dalam satu bulan. Sedangkan perawatan seperti menyemprotkan larutan lemon. Larutan cuka, larutan jus lidah buaya, serta menyisir bisa dilakukan secara berkala dan secukupnya. Hal itu dilakukan agar di kucing selalu Nampak bersih dan nyaman kita sentuh.

Jika kucing kesayangan kita bersih, maka kita juga akan nyaman bermain bersamanya bukan? Selain itu, batasi pergaulan kucing kita dengan kucing lainnya yang memilih kutu agar ia tidak tertular lagi.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing yang Sedang Hamil

Cara Menghilangkan Kutu Kucing yang Sedang Hamil
petcentral.chewy.com

Patut diketahui, sebelum menghabiskan uang untuk membasmi kutu kucing yang sedang hamil, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu jenis hama yang mengganggu kucing kesayangan Anda. Untuk mencari tahu jenis parasit kucing ini cukuplah mudah yaitu dengan melihat tanda-tanda gerakan pada bulunya.

Apabila Anda melihat serangga kecil yang mondar-mandir di bulunya, maka saatnya Anda membasmi kutu kucing.

Membasmi kutu kucing hamil memang bisa dilakukan dengan banyak cara, namun kebanyakan pemilik kucing lebih mengandalkan perawatan alami guna menghindari kemungkinan efek samping ataupun pengobatan berlebihan pada kucing yang hamil tersebut.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan kutu kucing yang sedang hamil paling tepat? Mari simak ulasan selengkapnya!

Rutin Menyisir Bulu Kucing

Apabila Anda ingin menjaga kucing yang hamil tetap sehat dan terbebas dari kutu, maka usahakan rutin menyisir bulunya. Perlu diingat saat memilih sisir kucing, pastikan Anda memilih sisir yang cocok dengan bulu kucing.

Setelahnya barulah Anda bisa menyisir bulu kucing secara perlahan-lahan dan merata agar kutunya bisa menghilang. Apabila Anda ingin menghindari kutu kucing balik lagi, sebaiknya Anda rutin menyisir bulu kucing secara tertib.

Menyisir bulu kucing dengan rutin sebenarnya tidak hanya dapat menghilangkan kutu kucing, namun juga dapat memperbagus bulu kucing menjadi lebih lebat.

Menggunakan Jus Lidah Buaya

Bagi yang ingin menerapkan cara alami menghilangkan kutu kucing yang hamil maka Anda bisa menggunakan jus lidah buaya dengan beberapa campuran cabe rawit. Setelah Anda meracik ramuan ini, maka Anda bisa langsung mengoleskannya pada bulu kucing.

Artikel Terkait: Cara Mengobati Kucing Flu

Patut diketahui, saat menyemprotkan ramuan dari lidah buaya dan cabe rawit usahakan tidak memasukkannya ke dalam mata dan telinga kucing.

Hal ini penting diperhatikan agar tidak menimbulkan gangguan pada penglihatan serta pendengaran kucing kesayangan.

Penggunaan lidah buaya memang menjadi solusi terbaik, sebab selain dapat menghilang kutu kucing, lidah buaya juga mempunyai efek pendingin yang berguna untuk menenangkan kucing yang stres serta meredakan gatal pada tubuhnya.

Membatasi Aktivitas di Luar Rumah

Apabila Anda memiliki kucing yang suka keluar rumah, tentunya kemungkinan kuning tersebut dihinggapi parasit seperti kutu akan jauh lebih besar. Oleh karena itu, membatasi aktivitas kucing yang sedang hamil di luar rumah menjadi solusi paling tepat.

Membatasi aktivitas kucing di luar rumah bisa dengan menutupi kandang ataupun pintu rumah serta menutupi lubang-lubang rumah yang memungkinkan kucing keluar dari rumah. Membatasi bukan melarang, untuk itu sebaiknya Anda menggantinya dengan memberikan mainan ataupun aktivitas lainnya di dalam rumah.

Metode ini patut diterapkan, agar kutu kucing lebih mudah dihilangkan serta tidak menjadi lebih banyak.

Menggunakan Sisir Anti Kutu

Untuk menghilangkan kutu kucing yang sedang hamil bisa dengan produk sisir khusus penghilang kutu. Sisir khusus kutu kucing ini bisa diperoleh dengan mudah melalui toko online ataupun petshop.

Perlu diketahui, sisir anti kutu ini bisa digunakan kapan saja, baik itu sesudah mandi maupun di waktu luang lainnya. Oleh karena itu, sisir khusus kutu kucing ini harus disiapkan sebagai salah satu tindakan pencegah kutu kucing tercepat yang bisa dilakukan di rumah.

Menggunakan Semprotan Lemon

Racikan lemon sangat tepat digunakan untuk menghilangkan kutu pada kucing hamil. Untuk menerapkan metode ini, bisa dengan menggunakan satu buah lemon yang dipotong menjadi empat bagian lalu dimasukan ke dalam air mendidih.

Setelahnya biarkan semalam sebelum disaring, setelahnya ari saringan tersebutlah yang dijadikan cairan yang disemprotkan pada bulu kucing. Perlu diketahui, lemon mengandung asam sitrat yang tidak disukai oleh kutu. Oleh sebab itu, jangan heran jika racikan lemon

Itulah beberapa cara menghilangkan kutu kucing. Sayangi dan rawat kucing kesayangan kita dengan baik dengan memberikan perawatan dan kasih sayang yang cukup. Dengan begitu, si kucing akan senang, ceria dan juga tidak mudah stress ataupun sakit.

CARA MENGHILANGKAN KUTU KUCING 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.