burungmasbejo.blogspot.com

Cara Mengobati Katarak Pada Burung

479 View

CARA MENGOBATI KATARAK PADA BURUNG – Memelihara burung kicau selalu menjadi hobi bagi mayoritas masyarakat Indonesia. Meskipun begitu, memelihara burung harus tetap telaten agar terhindar dari penyakit.

Salah satu penyakit yang bisa menjangkiti burung adalah katarak. Karenanya tidak heran, jika banyak orang yang mencari cara mengobati katarak pada burung agar penanganan yang dilakukan bisa tepat.

Pencarian cara mengobati cara mengobati katarak pada burung tersebut memang wajar. Alasannya, menurut penelitian yang dilakukan oleh Avian Pathology, katarak jarang terjadi pada burung.

Dari 4287 spesimen hanya 18 saja yang terkena katarak atau hanya 0,4%. Meskipun begitu, katarak pada burung bisa membuat burung tidak nyaman bahkan membahayakan.

Ciri-ciri Katarak Pada Burung

Ciri-Ciri Katarak Pada Burung
wagwalking.com

Sebelum mengetahui cara mengobati katarak pada burung ada baiknya untuk pemilik mengetahui terlebih dahulu bagaimana ciri-cirinya.

Beruntungnya bagi pemilik burung ini ciri-ciri katarak pada burung dapat diperhatikan dengan kasat mata. Sehingga bisa dengan mudah terdeteksi, jadi penanganannya lebih cepat. Berikut ini ciri-cirinya yang bisa diperhatikan.

Baca Juga: Ciri-ciri Lovebird Jantan dan Betina yang Wajib Diketahui Burung Mania

1. Adanya Bintik Putih Pada Mata

Adanya Bintik Putih Pada Mata Katarak Burung
Ciri pertama yang bisa langsung terlihat, serta menjadi indikasi awal adanya penyakit katarak pada burung adalah adanya bintik putih. Bintik putih ini terletak di area sekitar mata yang nantinya akan membesar.

Sebenarnya bintik putih ini merupakan kondisi awal dari kemunculan selaput putih. Jadi bila sudah melihat titik putih ini pada mata, bisa langsung diperiksa.

2. Terlihat Selaput Putih Pada Mata

Terlihat Selaput Putih Pada Mata Katarak Burung
burungmasbejo.blogspot.com

Selaput mata ini merupakan ciri lanjutan dari bintik putih pada mata. Pada awalnya bintik itu akan terus menyebar dan perlahan berubah menjadi seperti selaput.

Selaput putih tersebut bisa terjadi karena adanya peningkatan lapisan kabut. Selain itu, selaput putih juga bisa terjadi karena lensa mata pada burung mulai keruh dan jika dibiarkan akan semakin membesar.

Oleh karenanya, mata burung akan tertutup dengan selaput putih tipis yang membuat burung menjadi susah untuk melihat. Apabila sudah sampai pada tahap ini, maka segera lakukan pengobatan agar tidak semakin parah.

3. Penglihatan Burung Terganggu

Penglihatan Burung Terganggu Katarak Burung
arenahewan.com

Karena adanya selaput putih maka, pasti dapat menyebabkan penglihatan burung menjadi terganggu. Cara melihatnya juga sederhana, pertama bisa dilihat dari burung yang tidak fokus.

BACA JUGA:  Ciri Ciri Jalak Nias Jantan

Lalu burung juga terlihat burung dengan sangkarnya dan mulai gelisah. Tapi gelisahnya ini lebih seperti diam saja, dan tidak terbang kesana kemari. Selain itu burung juga akan kesulitan makanannya.

Jika pada kandang terdapat dahan untuk bertengger, burung cenderung hanya bertengger saja di tempat tersebut dalam waktu yang cenderung lama.

Sekalipun burung tersebut terbang di kandang, burung tersebut sering menabrak sesuatu, seperti wadah makan atau minum. Jika burung menunjukkan perilaku seperti itu, cobalah untuk melihat matanya apakah ada katarak atau tidak.

4. Perilaku Burung yang Berubah

Perilaku Burung yang Berubah Katarak Burung
paitonbirdclub.blogspot.com

Lemas dan lesu tentu bisa menjadi penyebab lanjutan dari kondisi katarak pada burung. Dimana burung yang biasanya lincah dan terbang kesana kemari perlahan kehilangan semangatnya.

Kondisi diperparah saat burung tidak ingin menyentuh makanannya karena tidak nyaman dengan kondisi matanya. Jadi kalau didiamkan saja, bukan tidak mungkin kondisinya akan semakin memburuk.

5. Sering Menutup Mata

Sering Menutup Mata Pada Katarak Burung
bukalapak.com

Selain kondisi mentalnya, burung juga akan memperlihatkan tanda lain yakni lebih sering menutup mata. Tidak hanya itu memejamkan matanya juga dalam durasi waktu yang lebih lama.

Tapi saat itu burung tidak sedang tertidur, hanya berusaha mengenyahkan rasa tidak nyaman pada matanya. Karena burung merasa bahwa dengan melakukan itu, katarak pada matanya akan hilang.

6. Memegang Daerah Mata

Memegang Daerah Mata Pada Katarak Burung
jalurpandai.com

Terakhir adalah burung lebih sering menyentuh daerah mata menggunakan kakinya. Sebenarnya gerakannya tidak hanya memegang saja, tapi juga menggaruk matanya.

Hal ini terjadi karena burung merasa tidak nyaman dengan selaput putih di matanya sehingga berusaha untuk menghilangkannya. Karenanya sebelum burung melukai dirinya sendiri, segeralah bahwa burung untuk berobat.

7. Minum dan Makan Berlebihan

Minum dan Makan Berlebihan Penyebab Burung Katarak
flickr.com

Siapa bilang diabetes hanya terjadi pada manusia saja, faktanya diabetes juga bisa menimpa pada burung. Salah satu akibat dari diabetes pada burung yaitu katarak. Pada burung yang katarak karena diabetes, memiliki ciri-ciri yang khas, yaitu mereka cenderung akan makan dan minum secara berlebihan.

Pasalnya, pada burung yang diabetes akan lebih mudah merasa lapar dan haus. Kemudian, mereka akan membuang kotoran dan air kecil secara berlebihan pula. Bagi burung yang memiliki riwayat kesehatan diabetes, disarankan untuk melakukan tes darah rutin ke dokter hewan.

Cara Mengobati Katarak Pada Burung

Cara Mengobati Katarak Pada Burung
arenahewan.com

Apabila sudah melihat tanda-tanda di atas, maka bisa dipastikan terkena katarak. Karenanya penanganan atau pengobatan yang tepat perlu dilakukan.

Cara mengobati katarak pada burung itu bisa dilihat seperti di bawah ini, yang pasti caranya aman dan tidak akan melukai burung. Cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan katarak itu diantaranya.

Artikel Lain: Efek Samping Obat Metabolis Untuk Burung Serta Cara Penanganannya

BACA JUGA:  Ciri-Ciri Jalak Kebo Jantan Masih Muda

1. Menggunakan Obat Tetes Madu Asli

Menggunakan Obat Tetes Madu Asli Untuk Katarak Pada Burung
herbalpelangi.com

al pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan obat tetes madu asli. Obat yang mengandung ekstrak air liur lebah di dalam madunya dipercaya memiliki beberapa kegunaan.

Beberapa kegunaan tersebut di antaranya dapat menetralkan virus, bakteri, jamur, dan hal lainnya. Bahkan lebah menggunakan “ramuan” ini sebagai penangkal penyakit yang dioleskan pada sarangnya.

Karena dinilai aman, maka banyak yang menggunakannya sebagai obat katarak pada burung. Cara membuatnya sangat mudah hanya tinggal mencampurkan 1 tetes obat madu asli, lalu larutkan dengan 5 sampai 7 tetes air bersih.

Setelahnya ramuan tersebut diteteskan pada burung perlahan sebanyak satu kali sehari. Sisanya bisa disimpan dalam tempat bersih, dan digunakan sampai habis.

2. Membuat Ramuan Daun Sirih

Membuat Ramuan Daun Sirih Untuk Katarak Pada Burung
klikdokter.com

Ternyata ramuan daun sirih juga bisa bermanfaat untuk menyembuhkan katarak pada burung. Meskipun dikenal aman, tapi ada baiknya penggunaan daun sirih ini tetap dibatasi dan tidak diberikan sembarangan. Untuk dosisnya sendiri ada baiknya satu tetes saja dalam sehari. Sehingga tidak terlalu membahayakan kesehatan mata burung.

Untuk pembuatannya sendiri hal pertama yang bisa dilakukan adalah mendapatkan daun sirih dalam kondisi sehat. Lalu cuci bersih dan sirih dan hancurkan daun sirih dengan cara ditumbuk atau diremas.

Apabila sudah hancur, rebus daun sirih sampai mengeluarkan ekstra airnya. Setelah ambil ekstra airnya beserta peras airnya sampai keluar sari-sarinya.

3. Menggunakan Daun Kitolod

Menggunakan Daun Kitolod Untuk Katarak Pada Burung
tanaman–herbal.blogspot.com

Cara yang ini sebenarnya susah-susah gampang karena yang dipakai adalah air embun dari daun kitolodnya. Jadi pemilik burung harus bisa mengumpulkan terlebih dahulu embun tersebut lalu bisa digunakan sebagai obat tetes mata.

Penggunaan daun kitolod ini dipercaya dapat membersihkan kotoran dan membuka lapisan selaput yang menutupi mata burung.

Selain itu, pemilik juga bisa menggunakan bunganya untuk diperas dan diambil airnya. Simpan air ini pada wadah bekas obat tetes mata sehingga dapat mempermudah pemberian obatnya.

Teteskan sebanyak dua kali sehari pada burung peliharaan. Satu kali di pagi hari, dan kedua di sore hari saat burung hendak istirahat. Dengan pemberian teratur perlahan bisa mengembalikan kesehatan mata burung.

4. Menggunakan Bunga Melati

Menggunakan Bunga Melati Untuk Katarak Pada Burung
kuyahejo.com

Penggunaan bunga melati dapat dilakukan berdampingan dengan tetesan air daun kitolod dapat menjadi cara mengobati katarak pada burung yang lebih maksimal.

Caranya dengan mengompres dari air seduhan bunga melati. Dengan melakukan pendampingan pengobatan ini bisa mempercepat proses pembukaan selaput yang ada pada mata burung.

Untuk pembuatannya sangat sederhana, rebus daun melati sampai mendidih dan airnya sudah keluar. Setelahnya taruh kain perlahan dan kompres mata burung dengan kain tersebut. Setelah dikompres, lakukan pemijatan dengan lembut di bagian sekitar mata yang bisa membuat penglihatan burung menjadi rileks.

5. Menggunakan Daun Pegagan

Menggunakan Daun Pegagan Untuk Katarak Pada Burung
klikdokter.com

Daun pegagan juga bisa digunakan sebagai campuran ramuan untuk obat tetes matanya. Hal ini dikarenakan unsur kimiawi yang ada di dalamnya. Unsur tersebut adalah thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, mad asiatic acid, Asiaticoside, vitamin B, dan masih banyak yang lainnya.

BACA JUGA:  Harga Burung Wambi

Dengan banyaknya unsur kimiawi tersebut dipercaya daun pegagan bisa mempercepat proses penyembuhan katarak pada burung. Bahkan beberapa klinik hewan juga merekomendasikan ramuan tersebut untuk dicampurkan dengan beberapa bahan lainnya. Jadi sudah dipastikan daun ini aman.

6. Menggunakan Biji Bunga Boroco

Biji Bunga Boroco Untuk Mengobati Katarak Burung
wawasankoe.blogspot.com

Bunga boroco juga dapat disebut sebagai jengger ayam atau kembang jawer hayam. Jika ingin mengobati penyakit katarak pada burung, tentunya bisa menggunakan bunga yang satu ini. Caranya mudah, ambillah beberapa biji bunga dan rebus dengan segelas air bersih selama 10 menit.

Setelah sepuluh menit, saring airnya hingga tidak ada biji bunga boroco yang tersisa. Kemudian, diamkan air rebusan biji bunga boroco hingga hangat-hangat kuku. Oleskan tipis-tipis air rebusan biji bunga boroco tersebut pada mata burung yang terkena katarak.

7. Menggunakan Kembang Telang

Kembang Telang Untuk Mengobati Katarak Burung
lindadwihapsari.com

Bunga ungu yang satu ini memang terkenal akan khasiatnya, termasuk bisa menyembuhkan penyakit katarak pada burung. Kembang talang mudah ditemukan karena tumbuh liar di sekitar kebun. Cara pengobatan katarak pada burung menggunakan kembang talang sangat mudah.

Ambil satu helai bunga talang dan rendam dengan segelas air bersih selama 15 menit. Kemudian, air rendaman kembang talang tersebut dapat langsung digunakan untuk merimbang pada mata burung yang terkena katarak. Lakukan hal yang sama lima kali saja dan dirimbang hanya setiap pagi dan sore hari.

9. Menggunakan Propolis

Propolis Untuk Mengobati Katarak Burung
harapanrakyat.com

Propolis merupakan bahan murni yang berasal dari alam sehingga bisa juga digunakan pada burung. Kini propolis mudah ditemukan karena sudah banyak dijual dipasaran. Pengobatan menggunakan propolis bisa bersifat luar dan dalam.

Caranya mudah, yaitu siapkan satu tetes propolis yang dicampur dengan 5-7 tetes air bersih. Kemudian, teteskan satu kali pada mata burung yang terkena katarak. Sisa dari campuran air dan propolis tersebut bisa digunakan untuk hari-hari berikutnya dan gunakan sampai habis.

8. Mengoleskan Cream Mata

Mengoleskan Cream Mata Untuk Katarak Pada Burung
webjerawat.com

Cara mengobati katarak pada burung yang terakhir adalah menggunakan obat cream. Obat cream mata untuk burung ini dapat ditemukan di beberapa tempat jual beli hewan, ataupun di klinik hewan. Penggunaannya cukup sederhana tinggal dioleskan perlahan ke bagian mata yang terkena katarak.

Oleskan tipis-tipis dan merata ke seluruh bagian kelopak mata yang berselaput. Gunakan secara rutin dua kali sehari pagi dan sore hari.

10. Pergi ke Dokter Hewan

Dokter Hewan Untuk Mengobati Katarak Burung
infosingkat.com

Katarak bisa menjadi hal yang berbahaya bagi burung jika tidak ditangani dengan cepat dan benar. Jika cara alami sudah tidak bisa menyembuhkannya, bawalah burung kesayangan ke dokter hewan. Pemeriksaan dokter hewan biasanya dilakukan secara menyuruh dan mengetahui penyebab mengapa burung tersebut bisa terkena katarak.

Treatment yang diberikan akan berbeda dan menyesuaikan penyebab katarak pada burung. Di kasus lain, katarak burung bisa sangat berbahaya dan hanya bisa disembuhkan dengan operasi pengangkatan bola mata.

Ternyata cara mengobati katarak pada burung bisa dilakukan dengan sederhana. Meskipun begitu penanganan ke dokter juga perlu dilakukan apabila sudah semakin parah. Karena bagaimanapun burung tetap harus mendapatkan perawatan yang terbaik.

CARA MENGOBATI KATARAK PADA BURUNG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.