Cara Mengobati Kucing Belekan di Rumah dengan Mudah

CARA MENGOBATI KUCING BELEKAN – Bagi yang menyukai kucing dan memelihara di rumah umumnya akan menjumpai masalah kesehatan kucing seperti belekan.

Belekan pada kucing bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya dari kebersihan lingkungannya. Cara mengobati kucing belekan di rumah sebagai penanganan pertama bukan hal yang sulit untuk dilakukan.

Penanganan pertama memang harus dilakukan dengan segera agar penyakit belekan tersebut tidak bertambah parah. Ini karena jika dibiarkan terus menerus, kucing nantinya akan mengalami kebutaan permanen.

Jika sudah demikian, maka penglihatannya yang satu akan terganggu dan akan mempengaruhi aktivitasnya. Simak informasi penanganan belekan pada kucing di rumah berikut.

Cara Mengobati Kucing Belekan di Rumah dengan Mudah

1. Pindahkan Ke Lingkungan Bersih

Pindahkan Ke Lingkungan Bersih Untuk Mengobati Kucing Belekan
cats.org.uk

Langkah pertama yang harus dilakukan tidak lain adalah memisahkannya ke tempat yang lebih bersih. Jika memiliki banyak kucing dan salah satunya terkena belekan, maka pisahkan yang sakit tersebut agar tidak menular ke kucing lainnya. Terlebih jika ditempatkan di tempat yang lebih bersih akan membantu proses penyembuhannya.

Pastikan lingkungan tersebut steril dan sudah dibersihkan sebelumnya. Bersihkanlah setiap hari agar kucing tidak terkena penyakit lain dan mempengaruhi proses penyembuhannya.

Ketika memindahkan pertama kali, jangan langsung ditinggalkan begitu saja. Tunggulah sampai kucing menyesuaikan tempat barunya dan jika tidak ada tanda-tanda takut, maka boleh ditinggalkan.

2. Pastikan Lingkungannya Nyaman

Pastikan Lingkungannya Nyaman Untuk Kucing Belekan
businessinsider.sg

Selain menjaga kebersihan tempat tinggalnya sementara, pastikan juga bahwa lingkungan tersebut nyaman. Kenyamanan tempat tinggal sementaranya bisa menjadi pengaruh proses penyembuhannya.

Ini karena jika tidak nyaman, kucing akan merasa stress, mogok makan dan sebagainya dan hal tersebut membuat proses penyembuhan menjadi nyaman.

Cobalah untuk memberikannya tempat tidur khusus, aneka mainan kucing dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk mengajaknya bermain sebentar agar tidak terlalu bosan karena sendirian di tempat tersebut. Semakin nyaman kucing tersebut berada di lingkungannya, maka semakin cepat pula proses penyembuhannya.

3. Jangan Biarkan Keluar Rumah Dahulu

Jangan Biarkan Keluar Rumah Dahulu Untuk Mengatasi Kucing Belekan
goodhousekeeping.com

Salah satu tips dari cara mengobati kucing belekan selanjutnya adalah jangan membiarkannya keluar rumah terlebih dahulu. Ini dikarenakan di luar rumah sudah pasti ada banyak debu dan kotoran yang beterbangan dan bisa saja menempel di tubuhnya. Akan lebih parah lagi jika debu dan kotoran tersebut menempel di area sekitar matanya.

Jika lalai dan kucing sudah terlanjur keluar rumah, segeralah membawanya ke dalam rumah kembali. Segera bersihkan tubuhnya dan juga bagian matanya agar tidak digaruk-garuk sendiri karena gatal. Kucing yang sering menggaruk-garuk matanya yang belekan terkadang bisa membuat kondisinya menjadi lebih parah.

Baca Juga: Cara Mengobati Kucing Sakit Lemas Beserta Penyebabnya

4. Bersihkan Secara Rutin Mata Kucing

Bersihkan Secara Rutin Mata Kucing Belekan
youtube.com

Mata kucing yang belekan biasanya akan terlihat kotor dan berair cukup banyak, maka dari itu bersihkanlah secara rutin. Jangan sampai tangannya ikut membersihkan matanya sendiri karena belum pasti bersih dan steril.

Agar tidak membuat mata yang belekan menjadi lebih parah atau terinfeksi, sebaiknya gunakan kapas halus untuk membersihkannya.

Jangan lupa tambahkan sedikit air agar kapas tidak menempel pada mata dan agar kotoran menjadi lebih cepat terangkat.

Membersihkan matanya jangan menunggu sampai kotoran banyak, namun bersihkan secara berkala, terlebih jika belekannya sudah cukup parah. Bisa juga dengan menambahkan obat pada kapas untuk membantu meredakan infeksi dan peradangannya.

5. Obati Secara Alami

Obati Secara Alami, Daun Kitolod Untuk Sakit Mata Kucing Belakan
tanaman–herbal.blogspot.com

Sebelum menggunakan obat kimia dari dokter hewan yang memang khusus mata kucing belekan, cobalah mengobatinya menggunakan bahan alami.

Cara mengobati kucing belekan dengan bahan alami yaitu dengan memanfaatkan daun sirih. Bagi masyarakat pedesaan, daun sirih dipercaya dapat membuat mata menjadi lebih bersih dengan cara mengedip-ngedipkannya pada rebusan yang sudah dingin.

Cara ini juga bisa diaplikasikan pada mata kucing yang belekan, hanya saja sangat berbeda dengan yang manusia lakukan.

Ambillah beberapa daun sirih, kemudian rebus seperti merebus air sampai matang. Diamkan sejenak sampai dingin dan gunakan untuk membersihkan mata kucing yang belekan dengan kapas.

Bisa juga dengan memanfaatkan daun kitolod yang dipercaya dapat membantu mengobati sakit pada mata. Cara penggunaannya sama seperti daun sirih.

Hanya saja untuk penggunaan daun kitolod ini perlu berhati-hati terhadap dosisnya agar tidak memberikan efek samping buruk bagi kucing. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter hewan terkait dosis penggunaan yang aman.

6. Cukupi Kebutuhan Gizinya

Cukupi Kebutuhan Gizinya agar Kucing Belekan Sembuh
farmpally.com

Ketika kucing sedang mengalami sakit, baik sedang demam ataupun mata belekan, maka kebutuhan gizinya harus tercukupi dengan baik.

Cobalah untuk memberikannya makanan dengan protein tinggi untuk membantu proses penyembuhannya. Jangan lupa untuk memberikannya banyak air minum yang bersih agar terhindar dari dehidrasi.

Untuk pemberian makanan sendiri bisa divariasi setiap harinya agar kucing tidak merasa bosan. Jangan sampai kucing merasa bosan, bahkan menjadi enggan makan selama beberapa hari.

Pastikan kebutuhan air minumnya tercukupi dengan baik. Jika kucing tidak mau minum, cobalah memberinya menggunakan pipet atau dot khusus untuk kucing.

7. Jangan Berikan Obat Manusia

Jangan Berikan Obat Manusia untuk Mata Kucing Belekan
klikdokter.com

Cara mengobati kucing belekan selanjutnya yang tidak boleh dilakukan oleh siapa saja adalah memberikannya obat manusia. Memang ada beberapa yang menganjurkan untuk memberinya obat tetes mata yang digunakan pada manusia. Akan tetapi hal tersebut nantinya akan memberikan efek samping terhadap pengelihatannya kedepannya.

Ini juga berlaku bagi kucing yang menderita penyakit lain selain belekan juga tidak boleh diberikan obat manusia secara asal. Selain dapat mempengaruhi fungsi tubuhnya, bisa saja penyakitnya menjadi lebih parah atau muncul penyakit lainnya. Akan lebih baik jika pemberian obat tersebut dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter hewan.

8. Evaluasi Proses Kesembuhan

Evaluasi Proses Kesembuhan Kucing Belekan
ucalgary.ca

Perlu diketahui bahwasanya pengobatan kucing belekan di rumah umumnya akan sembuh dalam waktu tiga hari.

Pengobatan tersebut tentunya sudah maksimal dari memindahkan ke tempat bersih, membersihkan secara rutin dan sebagainya. Namun jika sudah tiga hari atau bahkan lebih dan kucing belum sembuh dari belekan, segeralah bawa ke dokter hewan.

9. Konsultasikan ke Dokter Hewan

Konsultasikan ke Dokter Hewan untuk Mengobati Kucing Belekan
flipboard.com

Meskipun ada alternatif pengobatan menggunakan bahan alami seperti daun sirih dan kitolod, namun perlu berkonsultasi ke dokter hewan.

Terlebih jika muncul efek samping setelah penggunaan obat alami tersebut, segeralah ke dokter agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Perhatikan hal-hal yang dokter anjurkan dan yang tidak boleh dianjurkan.

Jika dokter sudah memberikan dosis penggunaan obat alami ataupun obat tambahan lainnya, jangan sekali-kali merubah dosisnya.

Perubahan dosis pemberian obat justru akan mempengaruhi kondisi kesehatan selanjutnya setelah sembuh. Apabila sudah terlihat ada perubahan positif terhadap kondisi kesehatannya, jangan lupa rutin ke dokter hewan untuk memastikan kondisi kesehatannya.

Kucing mengalami belekan merupakan sesuatu yang wajar terjadi, terlebih jika si kucing sering bermain-main di luar rumah.

Dengan adanya cara mengobati kucing belekan di atas setidaknya bisa menjadi pertolongan pertama yang harus dilakukan agar tidak parah. Meskipun demikian, jika penyakitnya tidak sembuh berhari-hari harus dibawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

CARA MENGOBATI KUCING BELEKAN

Categories Kucing

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.