Cara Mengobati Kucing Demam

Cara Mengobati Kucing Demam – Kucing memang hewan paling menggemaskan, disamping itu hewan ini bisa dipelihara dirumah. Tetapi bagaimana kalau kucing peliharaan di rumah mengalami demam.

Pasti Anda harus tau bagaimana cara mengobati kucing demam tersebut.

Ada beberapa cara untuk bisa mengetahui apakah kucing demam atau tidak, yaitu dengan dengan mengukur suhunya. Suhu normal pada kucing berkisar antara 100,4º hingga 102,5º Fahrenheit.

Demam pada kucing terjadi ketika suhu naik di atas 102,5º F. Meskipun demam mungkin membantu dalam memerangi penyakit, demam yang lebih tinggi dari 106º F dapat merusak organ. Hubungi dokter hewan segera jika kucing peliharaan di rumah demam tinggi.

Pelajari apa saja tentang penyebab, tanda, gejala demam pada kucing dan apa yang perlu diketahui tentang bagaimana cara mengukur suhu tubuh pada kucing di rumah lalu menemukan cara mengobati kucing demam serta merawatnya.

Penyebab Demam Pada Kucing

cara mengobati kucing demam dan flu
cats.lovetoknow.com

Ketika kucing demam, pasti ada penyebab kenapa si kucing bisa sakit. Nah di sini akan dibahas lebih detail tentang apa saja yang menjadi penyebab kucing bisa demam agar nantinya bisa mencegah lebih awal, antara lain :

1. Suhu Pada Tubuh Kucing Meningkat

Demam dimulai oleh adanya pirogen (zat penghasil demam). Pirogen dapat bersifat endogen (dihasilkan dari dalam tubuh) atau eksogen (dari luar). Pirogen inilah yang menyebabkan pelepasan zat dari tubuh seperti interleukin-1 dan prostaglandin yang mengatur ulang “termostat” tubuh yang terletak di hipotalamus.

Hal ini dapat mengaktifkan respons fisiologis di dalam tubuh untuk meningkatkan suhu. Nah perlu diperhatikan, suhu kucing dapat meningkat melalui aktivitas yang ekstrem atau dengan mengalami suhu yang terlalu panas.

Jenis-jenis kenaikan suhu ini biasanya bersifat sementara dan stabil ketika kucing mengurangi aktivitas fisiknya atau pindah ke lingkungan yang lebih dingin. Seperti hewan lainnya, kucing dapat menderita sengatan panas, jadi pastikan hewan peliharaan memiliki akses ke tempat peredaran yang teduh dan memiliki banyak air segar dalam kondisi hangat.

2. Mengalami Hipertemia Abnormal

Peningkatan suhu tubuh di atas normal disebut hipertermia. Sebagai contoh, hipertermia abnormal atau tidak teratur pada kucing dapat disebabkan oleh lingkungan yang sangat hangat atau aktivitas otot yang meningkat. Namun, demam adalah jenis hipertermia khusus dan teratur.

Hipertemia berkembang ketika titik setel meningkat di hipotalamus, bagian dari otak yang bertindak sebagai termostat tubuh. Dan demam biasanya terjadi ketika sistem kekebalan aktif oleh kondisi seperti:

  • Infeksi bakteri, virus, atau jamur
  • Tumor
  • Cidera karena trauma
  • Obat-obatan tertentu
  • Penyakit seperti lupus
  • penampilan yang tidak terawat
  • Demam selama lebih dari dua minggu tanpa alasan yang jelas.

Baca Juga: Cara Melatih Kucing Buang Air dengan Mudah

Tanda-tanda Demam Pada Kucing

cara mengatasi kucing demam tidak mau makan
metro.co.uk

Setelah tahu penyebab kenapa kucing bisa demam, ada juga tanda-tanda sebelum si kucing demam atau sakit. Tanda-tandanya bervariasi, ada yang suhunya panas sampai diare. Tanda-tanda demam pada si kucing diantaranya:

Suhu Badan Kucing Panas

Kucing yang sedang sakit akan mengalami suhu tubuh yang cukup signifikan dan terasa lebih panas apabila dibandingkan ketika sebelumnya memegang badan kucing secara langsung .

Kehilangan Selera Makan

Saat si kucing mengalami demam, maka sudah hal yang biasa ketika hewan ini akan kehilangan selera makannya walau sudah diberi yang enak-enak. Tidak usah panik, karena hal ini biasa terjadi dan jangan dipaksa untuk makan saat itu juga

Kurang Energi atau Aktivitas

Ini merupakan akibat dari kehilangan selera makannya. Kucing akan kekurangan energi dan terlihat seperti lesu sekali untuk beraktivitas. Tetap berikan perhatian pada si kucing agar tidak stress.

Bersin-Bersin

Saat sakit, kucing akan banyak bersin-bersin. Maka jangan dekati terlalu sering agar tidak ada bakteri atau virus yang menular. Karena jika menular ke manusia, maka bisa repot nantinya. Jadi lebih baik hindari terlebih dahulu.

Muntah atau Diare.

Saat demam atau sakit, hidung serta mata kucing rentan berair. Selain itu juga, kucing akan muntah-muntah disertai diare. Berikan obat yang sesuai dan terbaik pada si kucing, agar lekas sembuh dan bisa bermain kembali.

Cara Mengobati Kucing Demam yang Benar

obat kucing demam tidak mau makan
fityourself.club

Nah setelah tau penyebab serta tanda-tandanya, maka sekarang waktunya untuk mengobati kucing yang sedang demam, karena kasihan jika tidak diobati sesegera mungkin, takut bisa lebih parah nantinya. Nah ini dia cara mengobati kucing demam yang benar, antara lain :

1. Mengambil Suhu Kucing Terlebih dahulu

mengatasi kucing demam
cats.lovetoknow.com

Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti bahwa kucing demam adalah mengukur suhu tubuhnya. Termometer rektal pediatrik adalah metode yang paling akurat untuk mengukur suhu kucing.

Termometer digital lebih aman daripada termometer kaca. Selain itu, termometer ini tidak akan hancur jika Anda menjatuhkannya. Termometer digital bisa dibeli dari dokter hewan atau di toko obat.

2. Lakukan Persiapan

obat kucing demam alami
1zoom.me

Sebelum mulai, siapkan semua persediaan yang dibutuhkan seperti termometer, pelumas untuk termometer, seperti petroleum jelly. Lalu ada juga Alkohol dan handuk kertas untuk membersihkan termometer. Jangan lupa hidupkan termometer digitalnya.

3. Mulai Mengobati Kucing yang Demam

cara alami mengobati kucing demam
starherald.com

Pertama-tama, Lapisi ujung termometer dengan pelumas, lalu mintalah seorang pembantu untuk menahan kucing dengan ujung belakang menghadap diri. Atau jika Anda sendirian, dorong tubuh kucing dengan kuat ke arah dengan satu tangan.

Lalu angkat ekor dengan perlahan dan masukkan termometer ke dalam anus. Putar termometer dengan lembut dari sisi ke sisi untuk membuat otot rileks.

Setelah ini terjadi, masukkan termometer sekitar satu inci ke dalam rektum, tetapi jangan memaksanya. Lepaskan termometer digital saat Anda mendengar bunyi bip.

Biarkan termometer gelas di tempat selama sekitar dua menit. Setelah itu lepas dan bersihkan termometer dengan alkohol lalu baca suhunya, berikan makanan kepada si kucing apabila belum muntah. 

4. Obati dengan Antibiotik pada si Kucing

cara atasi kucing demam
rd.com

Jika kucing menunjukkan tanda-tanda demam selama lebih dari 24 jam atau demam di atas 106º F , maka perlu menemui dokter hewan.

Dokter hewan bisa melakukan tes agar bisa menentukan sumber demamnya lalu mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengobati masalah demamnya. Jika infeksi bakteri adalah sumbernya, misalnya, antibiotik mungkin diperlukan.

Dehidrasi sedang atau berat diobati dengan pemberian cairan intravena atau subkutan. Jangan pernah memberi obat kucing tanpa saran dari dokter hewan. Beberapa obat untuk demam, seperti acetaminophen, beracun bagi kucing.

Suhu tubuh normal untuk kucing adalah antara 100,4 derajat dan 102,5 derajat. Apa pun yang lebih tinggi dianggap demam. Demam yang melebihi 106 derajat dapat menyebabkan kerusakan organ atau bahkan kematian. Jika hal ini terjadi, perawatan medis segera diperlukan.

Dokter hewan juga akan melakukan tes yang berbeda-beda agar bisa menentukan penyebab demam pada si kucing. Ini mungkin termasuk tes urin dan darah, USG, sinar-X atau MRI. Beberapa demam tidak memiliki penyebab medis yang diketahui, dalam hal ini dokter hewan dapat merekomendasikan pengamatan di rumah dan hidrasi terpantau.

5. Pilihan Pengobatan

bagaimana cara mengatasi kucing demam

Infeksi biasanya diobati dengan antibiotik. Jika kucing mengalami dehidrasi, cairan intravena mungkin diperlukan. Jika kucing menderita demam, dokter hewan akan menjelaskan rinciannya dan merekomendasikan opsi perawatan.

Setelah diizinkan pulang, dokter hewan kemungkinan akan meminta untuk melacak konsumsi makanan dan air kucing, memantau demamnya, dan mungkin memberikan resep obat penurun demam.

Jangan pernah memberi kucing obat apa pun yang tidak direkomendasikan oleh dokter hewan, terutama acetaminophe. Karena hal ini bisa fatal bagi si kucing, yaitu bisa menyebabkan kematian.

Cara Mengobati Kucing Sakit Demam Secara Alami

Cara Mengobati Kucing Sakit Demam Secara Alami
cats.lovetoknow.com

Apakah kucing peliharaan Anda terserang demam? Kucing sakit demam memang menjadi masalah umum yang sering dialami oleh hewan lucu ini.

Demam yang dialami kucing juga menjadi sebuah proses detoksifikasi tubuhnya, sehingga demam ini juga menjadi tanda jika adanya respon kekebalan tubuh yang sedang berjalan untuk meningkatkan imunitas kucing.

Meski demikian, demam yang dialami kucing juga bisa menimbulkan malapetaka bagi kucing. Oleh karena itu, Anda tidak bisa menganggap remeh jika kucing mengalami sakit demam. Lantas, bagaimana cara mengobati kucing demam secara alami? Mari simak penjelasan berikut ini!

Memberikan Air Putih yang lebih Banyak

Demam yang dialami kucing umumnya juga dapat diakibatkan karena dehidrasi. Untuk itu, pemberian air putih dapat menjadi solusi terbaik menurunkan panas tubuh kucing pada saat demam.

Cara mengatasi dehidrasi pada kucing memang cukup mudah, namun jika kucing peliharaan Anda tidak mau mengkonsumsi air minum yang banyak. Sebaiknya Anda menggunakan alat suntik tanpa jarum guna memberikan air minum langsung ke dalam mulut kucing.

Mendinginkan Tubuh Kucing

Perlu diketahui, panas yang dialami kucing saat demam dapat diturunkan melalui kelenjar keringat yang ada di cakar serta melalui pernapasannya. Oleh sebab itu, Anda patut membantu kucing menurunkan suhu panas tubuhnya tersebut dengan cara menempatkan kucing pada tempat yang sejuk dan dingin agar suhu tubuhnya bisa kembali normal.

Artikel Terkait: Cara Mengobati Kucing Mencret dan Penyebabnya

Selain itu, Anda juga bisa menempelkan kompres es pada bagian cakar dan tubuh kucing, dengan begitu suhu tubuh kucing bisa lebih cepat kembali normal.

Memberikan makanan yang Cukup dan Bergizi

Apakah Anda sedang mencari cara mengobati kucing sakit demam secara alami? Jika ia, memberikan makanan yang cukup pada kucing bisa dijadikan alternatif terbaik. Akan tetapi jika kucing peliharaan Anda masih tidak mau mengkonsumsi makanan lunak maupun keras.

Maka Anda patut menggunakan alat suntik untuk memberikan susu sebagai pengganti makanan kucing tersebut. Susu khusus kucing ini tentunya bisa dengan mudah diperoleh melalui petshop ataupun toko online. Perlu diketahui, susu khusus kucing yang diberikan untuk kucing ataupun anak kucing yang sedang demam ini dapat diberikan sebanyak 5-10 cc.

Membiarkan Kucing Beristirahat

Apabila anda sudah menerapkan serangkaian pengobatan untuk penyembuhan sakit demam pada kucing. Maka biarkan kucing kesayangan Anda beristirahat yang cukup agar kondisinya bisa segera membaik.

Selain itu, tempatkan kucing pada tempat yang nyaman dan jauhkan kucing dari gangguan yang dapat membuatnya menjadi stres serta tidak tenang. Dengan menerapkan metode ini dapat membantu proses penyembuhan sakit demam yang dialami kucing menjadi lebih cepat.

Menggunakan Cuka Sari Apel

Perlu diketahui, mengobati kucing sakit demam secara alami juga bisa dilakukan dengan menggunakan cuka sari apel. Selain mengobati demam, cuka sari apel ini juga berguna menambah nafsu makan pada kucing peliharaan.

Penggunaan cuka sari apel ini juga dapat membantu menyeimbangkan pH dan membunuh patogen yang menjadi penyebab kucing mengalami demam. Cara mengobati kucing sakit demam secara alami ialah dengan mencampurkan ½ sendok teh cuka sari apel ke dalam makanan kucing lalu aduk hingga merata.

Pemberian makanan yang dicampurkan dengan cuka sari apel ini bisa dilakukan 2 kali sehari hingga demam yang diderita kucing dapat disembuhkan. Apabila kucing menolak untuk makan, maka Anda dapat menggunakan suntikan tanpa jarum untuk memasukan makanan secara langsung ke dalam mulut kucing.

Itulah cara mengobati kucing demam yang benar. Selalu jaga tempat tidurnya, makanannya, minumannya sampai hal-hal paling sepele sekalipun karena hal tersebut bisa menjadi faktor kucing mengalami demam.

Dan jika demam, maka ikutilah cara mengobati kucing demam yang ada pada artikel ini. Selalu berhati-hati, jangan sampai melakukan sesuatu yang berbahaya bagi si kucing, nanti bukannya menyembuhkan malah menambah masalah.

Cara Mengobati Kucing Demam

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.