Cara Mengobati Kucing Mencret dan Penyebabnya

CARA MENGOBATI KUCING MENCRET – Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling banyak peminatnya. Selain karena penampilannya yang lucu, tingkahnya yang menggemaskan, dan lebih jinak dibandingkan dengan hewan lainnya. Namun, terkadang penyakit bisa menyerang kucing peliharaan salah satu yang paling sering adalah mencret. Pemilik kucing sebaiknya mencari tahu lebih dalam mengenai penyebab dan cara mengobati kucing mencret.

Jika penanganan terhadap kucing yang sakit tidak tepat, maka dapat menyebabkan kondisi memburuk bahkan bisa sampai mati. Oleh sebab itu perlu untuk mempelajari cara penanganan penyakit yang diderita oleh kucing. Berikut ini adalah penjelasan mengenai penyebab dan cara mengobati kucing yang mencret.

Penyebab Kucing Mencret

Penyebab Kucing Mencret
obat alami kucing muntah dan mencret – youtube.com

Untuk mengetahui cara mengobati kucing mencret maka harus dicari juga penyebabnya. Mencret pada kucing ternyata terbagi menjadi dua jenis yakni mencret ringan dan mencret berat. Tiap jenis mencret tentunya disebabkan oleh faktor yang berbeda. Berikut adalah penjelasan penyebab kucing mencret  ringan dan mencret berat agar dapat

1. Penyebab Kucing Mencret Ringan

Mencret ringan yang dialami kucing biasanya tidak begitu parah dibandingkan mencret  berat. Ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab kucing mengalami mencret ringan. Berikut adalah faktor-faktornya yang penting diketahui untuk mengetahui cara mengobati kucing mencret.

  • Makanan. Usahakan untuk tidak mengganti-ganti makanan kucing atau memberikan makanan sisa pada kucing. Makanan sisa bisa saja mengandung bakteri atau dapat dikatakan tidak higienis dan akhirnya menyebabkan kucing mencret.
  • Minuman. Minuman yang tidak higienis juga dapat menyebabkan kucing alami mencret. Usahakan kucing meminum air yang benar-benar bersih dan jaga agar kucing tidak minum dari luar rumah.
  • Produk Susu. Karena kucing juga sulit mencerna laktosa, maka pilihlah produk susu yang sesuai untuk kucing.
  • Iklim. Layaknya manusia yang bisa terkena mencret pada pergantian musim, kucing pun demikian. Saat iklim atau musim berganti, tubuhnya akan menyesuaikan diri sehingga kondisi tubuh lebih cenderung menurun dan menimbulkan mencret.
  • Stress. Seperti manusia, kucing juga bisa mengalami stress. Selain bisa karena dampak dari pergantian iklim, bisa juga disebabkan oleh pergantian pemilik baru.

2. Penyebab Kucing Mencret Berat

Mencret berat pada kucing biasanya lebih terlihat sangat menyiksa bagi kucing. Sama halnya seperti mencret ringan, mencret berat juga disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut adalah faktor-faktor penyebab mencret berat pada kucing.

  • Agen infeksius. seperti virus, bakteri, dan parasit. Bakteri yang sering menyerang kucing adalah Escherichia Coli.
  • Bukan hanya manusia, kucing juga bisa memiliki alergi terhadap sesuatu. Biasanya kasus yang paling sering adalah alergi terhadap makanan. Saat memakan makanan yang memiliki zat alergen, kucing bisa mengalami diare atau mencret berat.
  • Panleukopenia atau radang usus. Penyakit ini biasanya terjadi pada kucing yang belum di vaksin dan dampaknya akan sangat berbahaya. Selain diare, penyakit radang usus juga bisa menyebabkan kucing mengalami muntah-muntah hingga anemia.
  • Kerusakan pada ginjal kucing. Hal ini dikarenakan kurangnya pemberian air minum terhadap kucing, padahal kucing juga membutuhkan kadar air yang tinggi. Oleh sebab itu kucing seharusnya diberikan air minum yang cukup dan imbangi dengan makanan kering.

Cara Mengobati Kucing Mencret

Cara Mengobati Kucing Mencret
cara mengobati anak kucing mencret secara alami – youtube.com

Kucing yang menderita diare atau mencret perlu ditangani dengan tepat. Selain akan memberikan rasa yang menyiksa bagi kucing, dapat juga menyebabkan kematian. Tentunya pemilik kucing tidak ingin kucing kesayangannya mati begitu saja. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati kucing.

1. Memberikan Cairan Oralit Khusus Hewan

Cara mengobati kucing mencret yang pertama dapat dilakukan adalah memberikan cairan oralit khusus hewan. Cara ini dinilai cukup efektif untuk mengatasi mencret ringan. Oralit dipercaya dapat mengurangi frekuensi diare yang dialami oleh kucing. Selain itu oralit juga dapat mengatasi dehidrasi yang dialami kucing.

Tetapi usahakan untuk tidak menggunakan oralit untuk manusia kepada kucing karena bisa saja kandungan bahan yang terdapat pada oralit manusia tidak bisa diterima oleh tubuh kucing. Belilah oralit dari pet shop atau toko khusus menjual kebutuhan hewan.

2. Mengganti Menu Makanan Kucing

Karena penyebab kucing mengalami diare salah satunya disebabkan oleh makanan, maka perlu kiranya mengganti menu makanan pada kucing. Pilihlah makanan baru yang lebih baik kandungannya dibandingkan dengan yang sebelumnya.

Jika kucing tidak doyan atau tidak terlalu menyukai makanan barunya bisa diberikan secara bertahap. Selain itu selalu perhatikan tanggal kadaluarsa pada kemasan makanan kucing dan juga jaga kebersihan dari makanan atau tempatnya. Ini pun merupakan salah satu cara mengobati kucing mencret ringan.

3. Memberikan Tempe

Cara mengobati kucing mencret yang ketiga yakni dengan memberikan tempe. Untuk pemula yang baru saja memelihara kucing, biasanya belum mengetahui bahwa tempe dapat mengobati kucing mencret. Tempe diyakini sebagai makanan alami yang memiliki kandungan kedelai yang sangat baik untuk mengatasi mencret pada kucing. Selain itu hasil fermentasi dari tempe dapat melancarkan pencernaan kucing.

Meskipun tempe makanan alami dan baik bagi kesehatan, sebaiknya untuk tidak memberikannya secara asal-asalan. Jangan memberikan tempe yang masih mentah kepada kucing secara langsung. Karena masih ada bakteri yang terkandung dalam tempe mentah yang justru akan menambah parah mencret yang dideritanya.  Akan lebih baik jika tempe di rebus terlebih dahulu untuk menghilangkan bakteri jahat.

4. Membersihkan Seluruh Kandang dan Tempat Makan

Kandang yang kotor atau jarang dibersihkan dapat mengundang berbagai macam virus, bakteri atau parasit. Hal ini juga dapat menyebabkan kucing mudah terserang penyakit salah satunya mencret. Bakteri atau virus yang terdapat pada kandang bisa saja terhirup oleh kucing atau menempel pada makanan.

Oleh sebab itu bersihkanlah kandang kucing secara rutin. Apalagi untuk kotoran kucing lebih baik dibuang setiap hari. Tempat makan pun sebaiknya dicuci setelah habis digunakan. Hal ini untuk menghindari perkembangbiakan bakteri atau virus pada tempat makan kucing.

5. Memberikan Cairan Elektrolit

Cara mengobati kucing mencret selanjutnya adalah dengan memberikan larutan elektrolit. Saat mencret ringan kucing dapat diberikan cairan elektrolit sebagai pertolongan pertama. Cairan elektrolitnya pun tidak boleh disamakan dengan yang biasa dikonsumsi oleh manusia.

Cairan elektrolit dapat dibuat sendiri dengan mencampurkan air bersih, gula, dan garam dengan perbandingan 9:1:1. Biasanya kucing akan kesulitan meminumnya sendiri sehingga pemilik kucing harus membantunya dengan menggunakan pipet kecil.

6. Memberi Vitamin Khusus Hewan

Virus atau bakteri yang menyerang kucing bisa menyebabkan kucing mengalami diare atau mencret. Biasanya gejala diare yang dialami kucing karena terjangkit virus atau bakteri pun cukup berat. Sehingga membutuhkan penanganan khusus salah satunya dengan pemberian vitamin khusus hewan.

Untuk membeli vitamin khusus hewan ini sebaiknya di tempat khusus yang menyediakan perlengkapan hewan atau pet shop. Selain dapat mengobati diare, pemberian vitamin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh kucing.

7. Membawa Kucing Ke Dokter Hewan

Jika cara mengobati kucing mencret di atas belum ampuh, maka mencret atau diare yang dialami kucing tersebut merupakan mencret berat. Sehingga membutuhkan penanganan oleh ahli medis kucing. Oleh karenanya segera bawa kucing tersebut ke dokter hewan terpercaya.

Dokter akan memeriksa lebih lanjut mengenai kondisi dan penyebab mencret yang dialami oleh kucing. Kemudian dokter akan menginstruksikan penanganan yang tepat pada kucing tersebut.

Itulah penjelasan mengenai penyebab mencret yang dialami kucing dan bagaimana cara mengobati kucing mencret. Penting bagi pemilik kucing untuk menjaga dan merawat kesehatan kucing agar terhindar dari mencret. Karena mencret membutuhkan penanganan khusus dan jika dibiarkan bisa menyebabkan kematian.

CARA MENGOBATI KUCING MENCRET

Categories Kucing

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.