Cara Mengobati Kucing Sakit Lemas Beserta Penyebabnya

Cara Mengobati Kucing Sakit Lemas – Sebagai pecinta dan pemelihara kucing tentunya akan merasakan sangat risau jika melihat kucing kesayangan dalam keadaan lemas. Tentunya juga mencari berbagai cara mengobati kucing sakit lemas tersebut supaya si kucing dapat kembali aktif seperti sebelumnya.

Biasanya sebelum menjadi lemas kucing akan terlebih dahulu mengalami muntah dan mencret yang mengakibatkan lemas.

Sebagai pemelihara tentunya akan melakukan yang terbaik untuk binatang peliharaannya. Mulai dari memastikan makanannya, kandangnya hingga kesehatan tubuhnya.

Namun kadangkala ada saja beberapa hal yang lolos dari perhatian yang biasa saja membuat kucing menjadi lemas dan tidak bersemangat. Berikut dibawah ini adalah beberapa penyebab yang mungkin saja terjadi pada kucing yang lemas.

Penyebab Kucing Lemas

cara mengobati anak kucing sakit lemas
thesprucepets.com

Banyak sekali penyebab-penyebab saat tiba-tiba kucing yang biasanya sangat aktif menjadi lemas. Maka dari itu, sebelum mengetahui cara menyembuhkan kucing sakit lemas, ada baiknya mengetahui penyebabnya dulu.

Bisa jadi faktor penyebabnya adalah kebersihan lingkungan ataupun makanan yang dia konsumsi. Untuk lebih jelasnya dapat para pembaca lihat dibawah ini.

1. Makan Yang Terlalu Cepat

cara mengobati kucing sakit dan lemas
wellnesspetfood.com

Tidak hanya memperhatikan apa yang dimakan si kucing, namun juga memperhatikan bagaimana cara si kucing makan. Terkadang kucing sama seperti manusia, jika makan makanan yang disukai maka ingin cepat menghabiskannya.

Jika kebetulan menemukan kucing peliharaan makan dengan cara begitu segeralah ambil sementara makanan tersebut. Kemudian pelan-pelan latih dia untuk makan dengan lebih tenang dan tidak terburu-buru lagi.

2. Makan Makanan Yang Sulit Dimakan Dan Dicerna

cara mengobati kucing sakit lemas gak mau makan
rimma.co

Beberapa pemelihara kucing terkadang tidak begitu memperhatikan hal penting yang satu ini. Karena menurut mereka hal yang paling terpenting adalah si kucing diberi makan dengan teratur. Mereka lupa atau malah tidak tau, bahwa kucing hanya bisa makan dan mencerna makanan yang sesuai dengan umur mereka.

Kucing yang berusia 1 bulan tidak akan bisa mencerna pakan kucing yang untuk usia 1 tahun. Maka dari itu hal ini sangat perlu untuk diperhatikan dan juga selalu diingat oleh para pemelihara kucing. Berikanlah makanan yang sesuai dengan usia kucing, supaya makanan tersebut bisa dicerna dengan baik oleh tubuhnya.

3. Muntah Yang Diakibatkan Adanya Virus

cara ampuh mengobati kucing sakit lemas
wagwalking.com

Makanan yang diberikan kepada kucing terkadang memang terlihat bersih. Namun meskipun bersih sekalipun belum tentu makanan tersebut tidak terkontaminasi dengan virus-virus.

Untuk menghindari terjadinya hal ini pemelihara kucing harus memastikan pakan kucing tersimpan dengan rapi. Simpan pakan kucing dalam wadah yang tertutup rapat, dan pastikan wadahnya kering sehingga tidak menimbulkan tumbuhnya jamur.

4. Keracunan

cara mengobati anak kucing yang sakit lemas
thriftyfun.com

Ini adalah dampak yang dapat disebabkan oleh virus-virus seperti yang ada poin 3. Virus-virus tersebut dapat dengan mudah ada dalam pakan kucing namun keberadaannya pun tidak mudah terdeteksi.

Ciri-ciri kucing yang keracunan ini biasanya kucing yang muntah serta mencret yang sangat sering. Biasanya juga menyebabkan kucing menjadi enggan untuk makan dan berakibat tubuhnya menjadi lemas.

Baca Juga: Cara Mengobati Kucing Mencret dan Penyebabnya

Cara Mengobati Kucing Sakit Lemas Dengan Cepat Dan Tepat

cara mengobati anak kucing sakit lemas
royalcanin.com

Ada banyak sekali cara mengobati kucing yang lemas yang dapat para pembaca coba sendiri dirumah. Cara-caranya pun sangat sederhana karena hanya merupakan pertolongan pertama bagi si kucing.

Jika cara-cara dibawah ini tidak mempan maka jalan terbaiknya adalah membawa kucing ke dokter khusus hewan. Berikut dibawah ini adalah beberapa cara untuk menyembuhkan kucing yang sakit lemas.

1. Beri Minum Air Bersih

cara mengobati kucing sakit lemas gak mau makan
mnn.com

Sebagai penetral, berilah minum kucing dengan teratur, namun juga tidak berlebihan. Beri air minum yang baru, dan jangan minum lagi air yang sebelumnya sudah diminum si kucing.

Di khawatirkan air minum yang lama itu sudah terkontaminasi dengan virus yang ada di tubuh kucing. Sehingga meminum air tersebut hanya akan memperburuk keadaan si kucing yang tengah lemas.

Selain itu juga, kucing yang sedang lemas tentunya kehilangan banyak cairan dalam tubuhnya. Sehingga sangat penting untuk mengganti cairan tersebut dengan cairan yang baru. Supaya lamban laun virus tersebut dapat dengan alami dikalahkan oleh tubuh si kucing itu sendiri.

2. Berikan Multivitamin

cara mengatasi kucing sakit lemas
blog.nhvnaturalpetproducts.com

Cara mengobati kucing sakit lemas lainnya adalah dengan memberikan asupan vitamin. Karena untuk mengganti cairan yang hilang dalam tubuh si kucing karena muntah dan mencret dapat dilakukan dengan pemberian vitamin.

Biasanya kucing saat mengalami muntah-muntah cenderung menjadi malas makan, maka pemberian vitamin dapat melalui air minum.

Pemberian vitamin pada kucing saat lemas juga bertujuan untuk mengganti zat-zat nutrisi yang seharusnya dia dapatkan dari makanan. Karena pada saat muntah dan mencret kucing tidak bisa mendapatkan nutrisi dari manapun. Maka dari itu bantuan pemberian vitamin sangat penting di keadaan ini.

3. Coba Ajak Si Kucing Bermain

cara mengobati kucing yang sakit lemas
telegraph.co.uk

Terkadang kucing yang terlihat lemas tidak selamanya karena sakit. Ada beberapa kasus kucing lemas yang diakibatkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kehamilan. Kucing yang sedang pada masa awal kehamilan memang cenderung lebih lesu dan terlihat lemas dari biasanya.

Jika memang kucing tersebut benar-benar dalam keadaan hamil, maka jangan paksakan untuk terus mengajaknya bermain. Dia akan lincah seperti sebelumnya saat sudah terbiasa dengan kehamilannya tersebut.

Hal yang harus diperhatikan oleh pemeliharanya adalah asupan nutrisi yang masuk ke tubuh si kucing. Kucing yang hamil sama halnya dengan manusia, membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak daripada biasanya.

4. Coba Buat Tempat Tidurnya Hangat

cara mengobati kucing yang sakit lemas
hauspanther.com

Salah satu cara mengobati kucing sakit lemas yang lainnya adalah dengan memberikan tempat kehangatan di tempat tidurnya. Hal ini dikarenakan, bisa jadi virus yang menjangkiti tubuh si kucing membuat suhu tubuhnya turun. Jika hal ini terjadi tentu dapat membuat si kucing mati karena menderita hipotermia.

Untuk menghindari hal itu tidak terjadi, pemelihara kucing dapat membuat tempat tidur yang hangat untuknya. Dengan beberapa lapis handuk kering dan jika dibutuhkan pemelihara juga bisa menambahkan lampu dibawah 15 watt. Jangan lupa untuk terus memantau keadaan si kucing.

5. Beri Asupan Susu Kucing

cara mengobati kucing sakit dan lemas
rd.com

Cara mengobati kucing sakit lemas satu ini adalah dengan memberikannya susu yang memang khusus untuk kucing. Biasanya susu khusus kucing mengandung taurine dan berbagai nutrisi lainnya yang tentunya sangat diperlukan kucing.

Suapi kucing dengan menggunakan foto, sendok, maupun dengan sedotan. Berikan secara rutin dengan pemberian dua hingga tiga kali dalam sehari.

6. Beri Asupan Bubur Beras Merah

cara mengobati anak kucing yang sakit lemas
thesprucepets.com

Pemberian asupan beras merah adalah untuk membantu menjaga kekuatan tubuh kucing agar selalu terjaga. Bubur beras merah dapat menjadi penopang tubuhnya saat sedang lemas karena penyakit lemasnya. Cukup larutkan bubuk instan beras merah dan berikan kepada si kucing dengan menyuapinya perlahan-lahan.

7. Beri Asupan Oralit

cara ampuh mengobati kucing sakit lemas
tmimd.com

Kucing yang lemas dapat diakibatkan muntah dan mencret yang terlalu sering. Maka dari itu untuk menguranginya pemelihara kucing dapat memberikan oralit. Oralitnya pun tidak harus bubuk oralit yang biasanya manusia konsumsi.

Cukup dengan larutan gula dan garam, dalam hal ini sangat disarankan untuk menggunakan gula merah. Asupan oralit ini berguna untuk menjadi bantuan bagi tubuh si kucing supaya tidak dehidrasi.

Itulah beberapa cara mengobati kucing sakit lemas yang dapat para pembaca praktekan sendiri dirumah. Jika cara mengobati kucing sakit lemas diatas tersebut tidak membawa perubahan, maka segera hubungi dokter.

Hal lain yang penting untuk diingat adalah jangan pernah memberikan obat untuk manusia kepada kucing. Semoga artikel diatas dapat membantu para pembaca yang kucingnya sedang sakit lemas.

Cara Mengobati Kucing Sakit Lemas

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.