Cara Mengusir Kucing

74 View

CARA MENGUSIR KUCING – Kucing merupakan salah satu binatang yang banyak dipelihara oleh manusia. Namun adakalanya hewan ini membuat resah keberadaannya.

Misalnya akan memakan makanan manusia atau membuat kotor bagian rumah. Terlebih jika itu adalah kucing kampung. Oleh sebab itu ada beberapa cara mengusir kucing tanpa kekerasan yang bisa dilakukan dengan mudah.

Penyebab Mengapa Kucing Kampung Sering Dihindari

Penyebab Mengapa Kucing Kampung Sering Dihindari
penyakit kucing kampung – cats.lovetoknow.com

Selain karena risih dengan keberadaannya banyak orang juga menghindari kucing karena ingin menghindari dari kotorannya. Namun lain itu ada beberapa faktor juga yang mengharuskan agar menghindari diri dan keluarga dari penyakit yang disebarkan oleh keberadaan kucing kampung.

1. Menghindari Penyakit Kudis

Salah satu sumber penyakit ada pada kucing kampung yang tidak terurus sebab kucing tersebut akan mudah berhubungan dengan lingkungan kotor disetiap harinya.

Oleh karena itu menjadi sumber dari banyak penyakit misalnya scabies. Pada penyakit ini menyerupai sebuah kudis yang menyerang pada kulit kucing. Jadi jika orang-orang tidak berhati-hati maka juga bisa memapar kulit manusia.

2. Menghindari Penyakit Infeksi dari Bakteri Bartonella henselae yang Dibawa Kucing

Selain itu juga bisa mengalami infeksi pada kulitnya sehinga orang-orang sekitar juga harus lebih waspada karena bisa juga ini akan terjadi pada manusia.

Alias manusia juga akan terpapar infeksi dari bakteri Bartonella henselae. Jika sampai terkena bakteri ini maka bisa menyebabkan demam bahkan juga akan terjadi pembesaran pada kelenjar getah bening.

3. Menghindari Bakteri Toksoplasma

Salah satu yang memang identik dengan kucing yang tidak terawat adalah toksoplasam. Bahkan beberapa ahli juga menyarankan agar ibu hamil sangat mengurangi kontak langsung dengan hewan kucing baik itu yang liar maupun yang dipelihara. Sebab jika sampai terjangkit bakteri ini maka akan mengganggu kehamilan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok dengan Mudah

Misalnya akan rentan mengalami keguguran, kematian pada kelahiran, kerusakan pada otak bayi bahkan juga kehilangan pendengaran dan penglihatan pada bayi setelah proses kelahiran.

Cara Mengusir Kucing yang Tepat

Cara Mengusir Kucing yang Tepat
cara mengatasi kucing liar – toledoblade.com

Sebagian orang akan sangat risih saat ada kucing kampung yang mendekati mereka. Sebab biasanya kucing akan mengendus makanan. Selain itu juga bisa membuat kotoran yang ditinggalkan membuat bau sekitar. Karena membuat kesal oleh sebab itu orang mulai mencari cara mengusir kucing.

1. Menebarkan Aroma tertentu

Salah satu yang bisa dilakukan sebagai Cara mengusir kucing tanpa adanya tindak kekerasan adalah dengan memberikan beberapa aroma yang tidak disukai oleh kucing disekitar rumah yang sering dikunjungi kucing. Hal ini sama seperti saat ingin mengusir tikus, kecoa. Sebab kucing juga tidak menyukai aroma-aroma tertentu.

Misalnya memberikan aroma dari lemon. Sebab kucing sangat membenci aroma yang tajam dan menusuk pada indra penciumannya layaknya lemon ini. Selain itu juga bisa memberikan aroma menthol. Berbeda dengan sebagian besar orang yang akan menganggap aroma semacam ini adalah aroma yang menyegarkan.

BACA JUGA:  Manfaat Minyak Ikan Untuk Kucing

Namun berbeda dengan kucing kampung yang menganggap aroma ini sangat buruk. Aroma semacam ini bisa dimisalkan seperti aroma yang ada pada kayu putih, minyak angin, atau balsem.

Memberikan aroma cabai juga bisa, karena aroma cabai juga sangat kuat dan berefek juga membuat maka perih. Sehingga diharapkan saat memberikan aroma cabai akan menjadi salah satu Cara mengusir kucing tanpa adanya tindak kekerasan.

2. Menggunakan Kawat Ayam

Saat menggunakan aroma tersebut kucing kampung tetap belum bisa terusir maka ada baiknya Anda mencoba cara ini. Penggunaan kawat ayam biasanya digunakan sebagai pagar penghalang. Namun untuk cara mengusir kucing bisa menaruh kawat ayam yang digunakan sebagai alas tanah pada lokasi yang sering dilewati kucing.

Sebab kucing tidak menyukai jika harus berjalan di atas kawat ayam. Selain itu suara yang ditimbulkan dari kawat ayam juga membuat kucing kampung meninggalkan tempat tersebut. Sehingga ini bisa menjadi salah satu cara yang paling tepat untuk mengusir kucing tanpa adanya tindak kekerasan.

3. Meletakkan Tanaman yang tidak disukai oleh kucing kampung

Beberapa tanaman akan mengeluarkan bau yang tidak sedap bagi kucing. Maka hal ini bisa menjadi salah satu cara mengusir kucing tanpa adanya tindak kekerasan. Tanaman yang dimaksud contohnya Coleus canin.

Selain bisa untuk mengusir kucing pengganggu juga bisa digunakan untuk mengusir anjing kampung.

Artikel Terkait: Cara Merawat Bayi Kucing

Selain tanaman Coleus canin tanaman yang direkomendasikan untuk hal ini adalah lavender, rea dan penny royal. Jadi bagi yang ingin mengusir kucing bisa menanam beberapa tanaman ini disekitar area rumah yang sering dimasukki kucing.

4. Memasang Pagar dengan Kawat Listrik

Salah satu cara mengusir kucing yang ampuh selanjutnya adalah dengan memasang pagar kawat listrik. Namun tentunya aliran listrik yang ada dikawat tidak dalam tegangan yang tinggi. Sebab cara ini hanya sekedar membuat kucing kampung tidak lagi menganggu namun tidak lantas menyakiti binatang ini.

Penggunaan kawat listrik dirasa sangat ampuh sebab pada dasarnya kucing merupakan salah satu hewan yang sensitif dengan adanya rangsangan yang berasal dari luar.

Bahkan saat ada seseorang yang memberikan sentuhan agak kasar maka si kucing akan langsung merasa tidak nyaman. Begitupula saat memberikan efek listrik pada kawat pagar maka kucing akan tidak lagi masuk kedalam rumah.

6. Memberikan Semprotan Air pada kucing

Hal yang bisa dilakukan lagi sebagai cara mengusir kucing tanpa adanya tindak kekerasan adalah memberikan kucing semprotan air. Kucing memang tidak akan menyukai saat diberikan semprotan air.

Sehingga bagi yang merasa terganggu dengan kehadiran kucing kampung dan hendak mengusirnya maka bisa membeli pistol air ukuran kecil. Dan pastikan saat kucing mulai masuk langsung semprot kucing tersebut. Alat semacam ini juga bisa dibawa kemana-mana.

Namun bisa juga memanfaatkan selang penyiram tanaman untuk menakuti kucing agar tidak kembali lagi diarea rumah. Dan kucing bisa terusir tanpa kekerasan. Caranya pasang timer otomatis pada jam saat kucing masuk dan alat bisa langsung menyala menyemprotkan air.

BACA JUGA:  Distemper pada Kucing

7. Menggunakan Obat Pengusir Kucing

Sama seperti saat menghilangkan hewan pengganggu lainnya maka kucing juga bisa diusir dengan memberikan sebuah obat bubuk yang berfungsi untuk mengusir kucing. Pada obat ini akan mengandung sebuah aroma urin binatang pemangsa. Jadi kucing akan mengira bahwa ditempat tersebut terdapat binatang pemangsa dia.

Jadi kucing akan ketakutan dan tidak lagi menuju tempat tersebut. Pada penggunaanya tinggal ditaburkan di area yang sering digunakan kucing untuk berdiam diri. Adapun bentuk dari obat ini juga bermacam-macam. Selain itu juga bahan dasarnya bervariasi ada yang dari bahan kimia dan organik.

Aroma yang Tidak Disukai oleh Kucing untuk Mengusirnya

Aroma yang Tidak Disukai oleh Kucing

Hewan peliharaan yang populer di antara banyak keluarga adalah kucing. Mereka adalah makhluk yang anggun dan misterius, dengan kepekaan yang tinggi terhadap perubahan lingkungan sekitar mereka.

Salah satu hal yang sering kali terabaikan adalah aroma yang ada di sekitar mereka. Terkadang, kita tidak menyadari bahwa beberapa aroma yang kita sukai dan anggap netral ternyata bisa membuat kucing merasa tidak nyaman. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa aroma yang dibenci oleh kucing dan alasan di balik ketidaknyamanan mereka.

Aroma Jeruk

Jeruk adalah buah yang umumnya dikenal dengan aroma segar dan menyegarkan. Namun, bagi kucing, aroma jeruk bisa menjadi sesuatu yang menakutkan. Kucing memiliki indra penciuman yang jauh lebih sensitif daripada manusia, dan aroma jeruk yang kuat dapat mengganggu mereka.

Kandungan minyak dalam kulit jeruk, terutama di kulit jeruk yang baru dipotong, mengandung senyawa yang dapat mengganggu sistem saraf kucing, menyebabkan kecemasan dan ketidaknyamanan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Aroma Lavender

Lavender adalah tumbuhan yang dikenal dengan aroma yang menenangkan dan digunakan dalam berbagai produk perawatan tubuh dan kecantikan. Namun, kucing memiliki respons yang berbeda terhadap aroma ini.

Aroma lavender yang kuat dapat menjadi overstimulasi bagi sistem penciuman kucing, dan pada beberapa kasus dapat menyebabkan iritasi kulit. Kucing juga cenderung tidak menyukai aroma yang terlalu kuat atau mengganggu kenyamanan mereka.

Aroma Mint

Mint adalah tumbuhan yang sering digunakan dalam produk perawatan mulut manusia, seperti pasta gigi dan permen karet. Meskipun manusia menyukai aroma segar dan bersih yang dihasilkan oleh mint, kucing tidak sependapat.

Aroma mint yang kuat bisa terlalu overpowering bagi kucing dan membuat mereka merasa tidak nyaman. Kucing juga memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi terhadap bahan-bahan seperti minyak peppermint, yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan.

Aroma Kamper

Kamper adalah zat yang dihasilkan dari kayu kapur barus dan memiliki aroma yang khas. Ini sering digunakan dalam produk pembersih dan pengusir serangga. Namun, kucing tidak mentolerir aroma kamper dengan baik.

Aroma kamper yang kuat dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan kucing dan menyebabkan kesulitan bernapas. Kucing juga cenderung menghindari benda-benda yang terpapar aroma kamper.

Sebagai pemilik kucing, penting bagi kita untuk memahami bahwa aroma yang kita sukai dan anggap netral mungkin tidak disukai oleh kucing kita. Ketika menggunakan produk perawatan pribadi atau membersihkan rumah, kita perlu berhati-hati dengan aroma yang kuat dan memperhatikan reaksi kucing kita terhadapnya

Cara Mengusir Kucing yang Berkelahi Tanpa Menyakitinya

Cara Mengusir Kucing yang Berkelahi Tanpa Menyakitinya
thesprucepets.com

Kucing merupakan salah satu hewan yang sangat independen dan suka menandai wilayahnya, terutama saat berhadapan dengan kucing lainnya.

BACA JUGA:  Cara Merawat Kucing Umur 1 Bulan Tanpa Induk

Untuk itu, tidak mengherankan jika Anda memiliki dua atau lebih kucing peliharaan yang hidup berdampingan di rumah ataupun kucing yang bertemu satu sama lainnya di luar rumah pasti akan berkelahi di beberapa titik waktu.

Nah, perkelahian kucing ini tentunya dapat menimbulkan cedera atau bahkan goresan kecil yang nantinya bisa menyebabkan infeksi pada tubuh kucing yang tentunya cukup menyakitkan.

Oleh karena itu, mencegah dan mengusir kucing yang berkelahi dapat Anda jadikan solusi terbaik agar kucing tidak terluka ataupun terinfeksi. Lebih jelasnya, berikut beberapa cara mengusir kucing berkelahi yang bisa diterapkan, yaitu:

Cobalah Menyemprotkan Air

Apabila Anda tidak sanggup mengusir kucing yang berkelahi, maka air bisa Anda jadikan senjata utama untuk memisahkan keduanya. Pasalnya kucing tidak akan berdaya saat disemprotkan air. Untuk menerapkan cara ini, maka

Anda harus terlebih dahulu membeli pistol air ataupun wadah semprot berukuran kecil yang bisa senantiasa dibawa-bawa. Selain menggunakan pistol air, Anda juga bisa memanfaatkan perangkat air penyiram tanaman yang ada dihalaman guna mengusir kucing yang berkelahi tersebut.

Perlu diingat, saat Anda menyemprotkan air pada kucing yang berkelahi, usahakan Anda melakukannya dari jauh agar kucing tidak segera menyadari jika Anda akan menjadi pengganggunya.

Memanfaatkan Perangkat Suara

Perangkat suara bisa dijadikan salah satu cara mengusir kucing yang berkelahi paling ampuh. Cara pengusiran kucing yang satu ini juga tidak akan mengganggu manusia, sehingga sangat tepat digunakan. Apabila Anda ingin mengusir kucing lebih mudah, maka Ada bisa memasang perangkat ultrasonik di sekitar rumah.

Nantinya alat ini akan mengeluarkan suara yang dapat membuat kucing merasa jengkel. Bunyi perangkat ultrasonik ini berada di luar jangkauan kemampuan pendengaran manusia, sehingga hanya binatang tertentu saja yang mampu mendengar suara ini, seperti kelelawar, anjing serta kucing.

Nah, sensor gerak perangkat ini akan langsung mendeteksi saat ada penyusup dan mengeluarkan suara frekuensi cukup tinggi yang mampu membuat kucing merasa takut.

Selain menggunakan perangkat ultrasonik, Anda juga bisa membuat perangkat berisik sendiri dengan cara menempatkan kelereng ataupun kerikil di dalam sebuah wadah, dan ketika kucing sedang berkelahi maka Anda bisa langsung membunyikannya.

Bunyi yang berisik ini tentunya kana membuat kucing marah dan merasa terganggu sehingga membuatnya berhenti berkelahi.

Menakuti Kucing dengan Lidi

Pada dasarnya, kucing sangat takut dengan benda-benda berbentuk pipih, panjang dan keras, seperti irisan bambu, timur serta lainnya. Penyebab kucing merasa takut dengan benda-benda tersebut dikarenakan naluri alamiahnya yang takut dengan ular dan hewan melata dengan tubuh bersisik licin.

Untuk itu, jangan heran jika kucing melihat ular akan membuatnya langsung kabur. Nah, hal ini tentu berhubungan dengan lidi, sebab lidi memiliki bentuk yang bisa menyerupai ular jika Anda menggoyang-goyangkannya dengan tangan. Oleh karena itu, jika kucing peliharaan sedang berkelahi maka cukup mengibaskan lidi saja dan mereka langsung berhenti serta lari terbirit-birit.

Perlu diingat, untuk mengusir kucing berkelahi hanya dengan cara mengibaskan lida saja, jangan sampai Anda memukulnya. Selain gerakan meliuk-liuk yang membuat kucing terganggu, suara yang ditimbulkan saat mengibaskan lidi bisa menjadi pengganggu kucing juga.

Cara mengusir kucing yang berkelahi di atas patut Anda terapkan. Sebab cara tersebut tidak hanya dapat mengusir kucing saja, namun juga tidak menyakitinya.

Perlu diingat, setelah Anda mengusir kucing yang berkelahi maka jangan lupa memeriksa kucing jika ada cedera. Pasalnya cedera kecil yang dialami kucing dapat menyebabkan infeksi bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Demikianlah cara mengusir kucing tanpa adanya tindak kekerasan dan alasan mengapa harus lebih berhati-hati dan menghindari dengan keberadaan kucing kampung.

Walaupun demikian pastikan saat mengusir jangan sampai membuat kucing merasa tersakiti dalam jangka waktu yang lama bahkan sampai mati. Karena demi apa pun menyakiti binatang juga merupakan hal yang sangat keji.

CARA MENGUSIR KUCING

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.