Cara Menjinakan Cucak Ijo Muda Hutan

218 View

CARA MENJINAKAN CUCAK IJO MUDA HUTAN – Memelihara burung merupakan salah satu hobi yang banyak digemari oleh para pecinta burung. Salah satu burung yang sering dipelihara adalah cucak ijo muda hutan. Burung yang satu ini banyak dipelihara karena kicauannya yang bervariasi. Itulah mengapa banyak yang mencari tahu cara menjinakkan cucak ijo muda hutan.

Namun meskipun demikian tidak sedikit pemelihara burung cucak ijo muda hutan sendiri tidak bisa menjinakkannya, terutama bagi para pemula. Bagi pemula yang ingin memelihara burung yang satu ini, berikut adalah cara menjinakkan cucak ijo muda hutan yang mudah dan bisa dilakukan sendiri.

Mengenal Burung Cucak Ijo Muda Hutan

Mengenal Burung Cucak Ijo Muda Hutan
trikmerawat.com

 

Burung cucak ijo atau cica daun besar atau dengan nama internasional Greater Green Leafbird (Chloropsis sonnerati) termasuk dalam burung endemic Indonesia. Jenis burung yang satu ini tersebar di Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Kepulauan Riau, Nias, Bangka dan Belitung, serta pulau terpencil di Natuna.

Namun, burung cucak ijo juga terdapat di negara yang berdekatan dengan Indonesia, seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Myanmar Selatan, Singapura, dan Thailand. Sesuai namanya, burung cucak ijo muda hidup di hutan tanaman rindang. Dahulu, jenis burung ini mudah ditemukan namun sayangnya kini sudah langka, meskipun belum termasuk ke dalam burung yang dilindungi.

Bahkan, burung cucak ijo diproyeksikan akan mengalami penurunan populasi lebih dari 50% selama 10 tahun. Hal ini dikarenakan karena banyaknya penangkapan di hutan yang kemudian diperdagangkan. Namun, kini mulai banyak peternak burung cucak ijo muda hutan untuk dikembangbiakkan.

Pasalnya, kini mulai banyak peminat dari burung cucak ijo muda. Sayangnya peternak mengalami kesulitan ketika cucak ijo baru didapat dari hutan karena burung ini sulit dijinakkan. Jika ingin tahu bagaimana cara menjinakkan cucak ijo muda hutan yang mudah, di bawah ini adalah ulasannya.

Cara Menjinakkan Cucak Ijo Muda Hutan

Cara Menjinakkan Cucak Ijo Muda Hutan
youtube.com

Burung yang didominasi warna hijau terang ini kini banyak diminati. Tidak hanya warna mencoloknya yang indah dipandang tetapi suaranya yang merdu.

Namun, bagi penyuka maupun peternak burung cucak ijo, menjinakkannya bukanlah perkara yang mudah. Jika ingin tahu bagaimana cara menjinakkan cucak ijo muda hutan yang mudah, berikut ini adalah ulasannya:

BACA JUGA:  Rahasia Membuat Burung Cucak Ijo Super Gacor dan Berkualitas

Artikel Lain: Harga Burung Cucak Ijo

1. Berikan Pakan Biji-bijian

Berikan Pakan Biji-Bijian Untuk Menjinakan Cucak Ijo Muda
bigsta.net

Cara menjinakkan cucak ijo muda hutan yang pertama adalah memberikan pakan berupa biji-bijian. Pemberian pakan berupa biji-bijian sendiri dipercaya ampuh membuat burung cucak ijo muda hutan lebih jinak.

Pemberian pakan biji-bijian yang paling tepat diberikan pada saat menjelang malam. Usahakan menghindari pemberian pakan biji-bijian pada pagi hari. Karena hal tersebut bisa membuat burung cucak ijo muda hutan cepat lapar dan gelisah.

Selain biji-bijian, berikan juga serangga secara rutin. Misalnya, berikan jangkrik sebanyak 1 hingga 3 ekor secara rutin setiap hari, Pasalnya, pemberian serangga bisa membuat burung cucak ijo tidak hanya lebih rajin berbunyi dan aktif, tetapi juga menjadi mudah jinak.

Dengan begitu, peternak maupun penyuka cucak ijo bisa melatih burungnya ketika pemberian pakan.

2. Hindari Memandikan Cucak Ijo Terlalu Sering

Hindari Memandikan Cucak Ijo Terlalu Sering Agar Jinak
youtube.com

Berbeda dengan burung yang lainnya, burung cucak ijo muda hutan jangan terlalu sering dimandikan. Karena burung cucak ijo muda hutan yang sering dimandikan akan bersifat lebih agresif sehingga akan susah untuk dijinakkan.

Bagi yang memelihara burung cucak ijo muda hutan, usahakan memandikannya secara rutin selama 3 hari sekali atau paling lama satu minggu sekali. Dengan begitu, maka burung cucak ijo muda hutan sendiri mudah untuk dijinakkan.

Memandikan cucak ijo yang terlalu sering juga membuatnya menjadi lebih agresif karena tidak mereka merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, jika ingin cucak ijo mudah dijinakkan, hindari memandikannya terlalu sering. Meskipun begitu, sebaiknya tetap perhatikan kebersihan cucak ijo.

3. Embunkan Cucak Ijo di Pagi Hari

Embunkan Cucak Ijo Di Pagi Hari Untuk Menjinakan Cucak Ijo Muda
you2repeat.com

Cara menjinakkan selanjutnya adalah dengan mengembunkan cucak ijo di pagi hari dengan rutin. Mengembunkan cucak ijo muda hutan di pagi hari secara rutin sendiri dipercaya mampu menjinakkan burung lebih cepat.

Setelah mengembunkan burung, usahakan tidak terburu-buru untuk memasukkannya ke dalam kandang. Jemur terlebih dahulu burung cucak ijo muda hutan setelah diembunkan.

Dalam penjemuran sendiri usahakan tidak lebih dari jam 12 siang. Karena hal tersebut bisa membuat burung cucak ijo muda mengalami heat stroke.

Selain itu, dalam proses pengembunan dan penjemuran alangkah baiknya jika burung cucak ijo muda diberikan kroto segar dalam porsi yang tidak terlalu banyak. Hal tersebut agar proses penjinakan burung cucak ijo muda hutan bisa berlangsung lebih cepat lagi.

4. Menyemprotkan Air Pada Tubuh Cucak Ijo

Menyemprotkan Air Pada Tubuh Cucak Ijo Supaya Jinak
youtube.com

Selain ke tiga cara di atas, cara selanjutnya agar burung cucak ijo muda hutan lebih cepat jinak adalah dengan menyemprotkan air pada tubuh cucak ijo. Selain mampu membuat burung cucak ijo muda hutan menjadi jinak, kegiatan tersebut mampu menghilangkan stress pada burung.

BACA JUGA:  Panduan Lengkap: Cara Beternak Burung Cucak Ijo yang Sukses

Penyemprotan sendiri tidak harus dilakukan setiap hari, yakni cukup lakukan seminggu sekali saja. Selain menyemprotkan air, jemur burung agar bulu-bulu menjadi kering. Selama penjemuran, pemilik burung sendiri bisa membawanya bermain agar burung lebih jinak lagi.

5. Buat Si Burung Melihat Pemiliknya Tidur

Buat Si Burung Melihat Pemiliknya Tidur Agar Cepat Jinak
paitonbirdclub.blogspot.com

Cara menjinakkan cucak ijo muda hutan selanjutnya adalah buat si burung melihat pemiliknya tidur. Cara tersebut dipercaya sangat ampuh sekali membuat burung cucak ijo muda hutan menjadi jinak dengan cepat.

Karena hal tersebut mampu membuat psikologis burung cucak ijo muda hutan lebih percaya kepada pemiliknya dan tidak akan pernah menyakitinya.

Maka dari itu, cara yang satu ini sering digunakan untuk melatih burung cucak ijo muda hutan menjadi jinak. Adapun caranya sendiri sangat mudah sekali, para pemilik burung bisa tidur di dekat kandang burung cucak ijo muda hutan dan biarkan ia melihat pemiliknya saat tidur.

6. Berikan Jangkrik Di Atas Tangan

Berikan Jangkrik Di Atas Tangan Untuk Menjinakan Burung Cucak Ijo
kansascity-comiccon.com

Sebagaimana halnya manusia, burung cucak ijo muda hutan pun akan lebih mudah jinak apabila sering berinteraksi dan sering melakukan kontak fisik secara langsung. Dengan melakukan hal tersebut, maka burung cucak ijo muda hutan pun akan cepat jinak terlebih pada si pemiliknya.

Cara mudah berinteraksi dan melakukan kontak fisik pada burung cucak ijo muda hutan pun sangat mudah sekali yakni dengan memberikan jangkrik atau pakan secara langsung di atas tangan.

Saat memberikan pakan usahakan mata pemilik melihat langsung burung cucak ijo muda hutan sendiri. Jika sudah terbiasa, maka para pemilik bisa melatih burung dengan mengajaknya mengobrol agar lebih terbiasa lagi dan tidak merasa ketakutan.

7. Pastikan Kandang Cucak Ijo Senantiasa Nyaman

Pastikan Kandang Cucak Ijo Senantiasa Nyaman Agar Jinak
youtube.com

Membuat kandang burung cucak ijo senantiasa nyaman sendiri mampu membuat mereka lebih jinak. Maka dari itu, pastikan kandang dari burung cucak ijo muda hutan senantiasa nyaman agar mereka lebih mudah untuk dijinakkan.

Kenyamanan kandang mampu memberikan kesan yang sangat baik pada burung, kesan burung tersebut tentu berimbas pada burung yang mudah untuk dijinakkan.

Baca Juga: Cara Perawatan Cucak Ijo Agar Gacor

Buatlah kandang burung cucak ijo muda hutan dengan ukuran 45×45 cm dengan tinggi kurang lebih 65 cm. Dengan ukuran kandang tersebut, maka burung cucak ijo muda hutan pun bisa tinggal lebih leluasa dan nyaman.

Jangan lupa untuk memberikan tangkringan lebih dari satu agar membuat burung lebih nyaman lagi. Selain itu perhatikan juga kebersihan kandang sendiri agar burung bisa tinggal dengan nyaman.

8. Biasakan Burung Cucak Ijo Berada di Luar Rumah

Biasakan Burung Cucak Ijo Berada Di Luar Rumah Agar Cepat Jinak
carousell.com

Membiasakan burung cucak ijo muda hutan di luar rumah menjadi cara selanjutnya agar burung lebih jinak. Maka dari itu, usahakan agar burung tidak sering di simpan di dalam rumah.

BACA JUGA:  Panduan Lengkap: Cara Seting Burung Cucak Ijo untuk Hasil Kicauan Terbaik

Penyimpanan burung di luar rumah seperti halaman atau samping rumah sendiri agar burung bisa beradaptasi lebih cepat. Jika burung bisa lebih cepat beradaptasi terhadap lingkungan, maka otomatis burung pun akan mudah untuk dijinakkan oleh si pemiliknya.

9. Lakukan Pemasteran

Lakukan Pemasteran Burung Cucak Ijo
fokussatu.com

Selain ke delapan cara di atas, agar burung cucak ijo muda hutan bisa jinak adalah dengan melakukan pemasteran. Pemasteran pada burung cucak ijo muda hutan sendiri merupakan salah satu cara yang ampuh untuk membuat burung jinak.

Maka dari itu lakukanlah pemasteran secara rutin agar burung bisa jinak lebih cepat. Pemasteran sendiri sangat baik dilakukan pada waktu pagi, siang, sore hari, dan dalam waktu semalaman.

Sedangkan untuk pemasteran sendiri bisa dilakukan dengan cara memperdengarkan suara burung ciblek ngebran pada burung cucak muda ijo hutan itu sendiri.

10. Mandikan Cucak Ijo Dengan Tangan

Mandikan Cucak Ijo dengan Tangan Untuk Menjinakan Burung Cucak Ijo Muda
hewanpeliharaan.org

Cara menjinakkan cucak ijo muda hutan yang berikutnya adalah memandikan burung cucak ijo muda hutan dengan menggunakan tangan secara langsung.

Meskipun di awal sudah dibahas memandikan burung cucak ijo muda hutan bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan air pada tubuhnya, namun cara yang satu ini merupakan cara yang paling ampuh untuk membuat burung jinak.

Hal tersebut dikarenakan ada kontak fisik secara langsung antara si pemilik burung dengan burung cucak ijo muda hutan itu sendiri. Cara memandikannya pun sangat mudah sekali yakni dengan cara mengeluskan tangan yang sudah dibasahi oleh air sebelumnya pada burung cucak ijo muda hutan.

Namun untuk cara yang satu ini, para pemilik harus mengetahui cara memegang burung yang benar, agar di antara keduanya tidak ada yang terluka.

11. Perhatikan Cuaca

Seperti yang diulas di atas, jika ingin burung cucak ijo mudah jinak, buatlah mereka merasa nyaman. Salah satu cara membuat mereka merasa nyaman yaitu bagi pemiliknya sebaiknya senantiasa memperhatikan cuaca. Jika cuaca terlihat mendung atau akan turun hujan, pastikan sangkar berada di tempat yang aman.

Hal ini karena cuaca dingin dan juga lembab rentan membuat burung cucak ijo sakit. Oleh karena itu, pastikan sangkar cucak ijo tidak terkena angin maupun hujan secara langsung.

Solusinya, pemilik bisa meletakkan sangkar di tempat yang teduh atau tempat yang memiliki atap. Kemudian, pastikan sangkar berada di tempat kering, tidak lembab, dan teduh.

12. Rutin Mengganti Air Minum

Selain memperhatikan pakan, perhatikan pula air minum pada cucak ijo. Jangan sampai cucak ijo sakit sehingga sulit dijinakkan karena air minum yang terkontaminasi. Oleh karena itu, pemilik cucak ijo hendaknya selalu memperhatikan kondisi airnya.

Dengan begitu, pemilik sebaiknya selalu mencuci tempat minum dan mengganti air minum dengan air matang setiap harinya. Kemudian, tidak lupa untuk membuang air yang sisa sehingga terhindar dari kontaminasi air minum. Untuk air minum cucak ijo, bisa memberinya air mineral kemasan maupun air hasil rebus sendiri.

Itulah cara menjinakkan cucak ijo muda hutan yang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh sendiri. Dengan melakukan cara-cara di atas, maka burung cucak ijo muda hutan pun akan lebih cepat dijinakkan. Terlebih apabila cara tersebut dilakukan secara rutin secara terus menerus.

CARA MENJINAKAN CUCAK IJO MUDA HUTAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.