Cara Menjinakan Kacer Grabagan Mudah Anti Gagal Untuk Pemula

CARA MENJINAKAN KACER GRABAGAN – Terkadang menjinakan binatang peliharaan perlu dilakukan bahkan untuk burung sekalipun, seperti jenis kacer grabagan.

Hal ini dilakukan agar burung kacer grabagan menjadi terbiasa dengan lingkungan sekitar. Apabila sudah terbiasa, maka burung tidak akan stres dan menjadi lebih gacor. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang mencari cara menjinakan kacer grabagan.

Cara Menjinakan Kacer Grabagan

1. Melakukan Latihan Menggunakan Lidi

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan latihan menggunakan lidi. Bagaimana cara menjinakan kacer grabagan menggunakan lidi? Caranya dilakukan saat burung merasa lapar. Biasanya kondisi seperti ini sesaat setelah burung selesai mandi.

Saat burung kacer grabagan kelaparan, namun menolak untuk makan maka memberikan makanan menggunakan lidi bisa dijadikan pilihan.

Jadi pertama taruh makanan di ujung lidi yang lumayan panjang. Hal ini dilakukan untuk memancing si burung. Perlahan saat burung sudah mau makan, tunggu sebentar lalu perlahan mulai patahkan lidi nya menjadi pendek.

Lakukan perlahan dan tidak ketara dan setelahnya gantikan media lidi dengan tangan langsung. Jadi seperti mengelabui burung terlebih dahulu.

2. Melalui Pelatihan Mandi

Terapi selanjutnya ini baru bisa dilakukan setelah tiga hari kacer grabagan dibawa ke kandang barunya. Dalam hal ini hal yang perlu dilakukan oleh si pemilik hanya tinggal memandikan burung sampai basah kuyup.

Memandikan burung sampai basah kuyup ini bisa menggunakan keramba untuk mandi burung. Apabila susah, maka pemilik bisa menyemprot burung sampai basah kuyup.

Kenapa harus sampai basah kuyup? Karena saat kondisi seperti itu burung akan diam, dan tidak bisa bergerak. Pada saat seperti itulah pemilik bisa mengusap dada dan perut burung untuk membuatnya nyaman. Memang pada awalnya burung akan menolak, tapi karena dalam kondisi tidak berdaya maka burung hanya akan tetap diam.

3. Mengajak Bermain Di Tangan

Biasanya setelah dilakukan terapi mandi, burung perlahan akan merasa lebih dekat dengan pemiliknya. Lalu jika sudah seperti itu, maka terapi lanjutannya bisa dengan menggunakan metode mengajaknya bermain di tangan.

Apabila menggunakan cara menjinakan kacer grabagan yang satu ini, maka bisa dilakukan dalam dua pilihan waktu yang berbeda.

Pertama adalah saat burung sedang basah kuyup setelah mandi, maka pemilik bisa mengeluarkan burung dari sangkar dan menunjukan kasih sayangnya.

Kedua adalah saat burung telah beberapa hari melakukan terapi mandi. Dari kedua waktu tersebut semuanya bisa dipilih sesuai dengan keinginan pemilik sendiri. Tenang saja, semua cara itu aman dan efektif.

4. Memberikan Perhatian Lebih Kepada Burung

Ini sebenarnya bukanlah terapi, tapi lebih kepada perhatian manusia kepada binatang peliharaannya. Apabila ingin menjinakan burung peliharaan seperti kacer grabagan maka bisa dengan memberinya perhatian lebih.

Berilah nama kepada burung agar burung bisa merasakan kasih sayang si pemilik melalui nalurinya. Terlihat sederhana, namun cara ini justru sangat efektif.

Selanjutnya pemilik bisa mengelus dada dan perutnya setiap hari sebelum dan sesudah mandi. Jangan pernah menggunakan kekerasan terhadap burung, dan selalu memperlakukannya dengan lembut.

Terakhir, pemilik bisa mencium kepala burung untuk menyalurkan rasa kasih sayangnya. Semua itu nantinya akan ditangkap oleh naluri burung, dan membuat burung jinak dengan sendirinya.

5. Melatih Di Lantai

Cara menjinakan kacer grabagan selanjutnya adalah dengan mengeluarkan burung dari sangkarnya dan meletakkan burung itu di lantai. Terapi yang satu ini bisa dilakukan apabila burung sudah mulai terlihat jinak dan nurut.

Dengan terapi ini maka perlahan burung akan memulai adaptasi tidak hanya dengan kandangnya, tapi juga rumah si pemiliknya.

Dalam terapi ini, perkenalkan juga semua anggota keluarga kepada burung. Hal ini dilakukan agar burung tidak merasa kaget saat melihat orang lain diluar kandangnya.

Bermainlah dengan burung saat sedang diletakkan di lantai. Terus buat burung ini nyaman dan melupakan ketakutannya. Sehingga burung akan mulai merasa bahwa ini rumahnya dan bisa lebih gacor.

Baca Juga: Harga Burung Kacer Paling Update Terbaru

6. Melatih Di Keramaian

Karena burung dipelihara agar bisa berkicau dengan hebat, istilah lainnya adalah gacor, jadi burung harus terbiasa berkicau dimanapun.

Bahkan di tempat yang ramai dan baru dikenalnya sekalipun. Jadi hal ini bisa dilakukan sebagai latihan dan terapi lanjutan dalam memperkenalkan burung pada lingkungan sekitar. Mulailah memindahkan sangkar burung di tempat yang lebih ramai.

Memang pada awalnya burung akan menolak, terlihat gelisah dan terbang kesana kemari di dalam kandangnya. Tapi hal ini harus terus dilakukan agar burung dapat terbiasa dengan kondisi yang ramai.

Meskipun begitu, ada baiknya adaptasi ini dilakukan secara perlahan dan bertahap. Jadi tetap menghindarkan burung dari kondisi stres yang berlebihan apabila terlalu cepat.

7. Menempatkan Burung Di Sarang yang Kecil

Ketujuh adalah cara yang dapat dilakukan apabila burung tersebut awalnya adalah burung liar yang terbiasa terbang bebas. Memang terdengar seperti penyiksaan, tapi tenang saja ukuran kandangnya tidak terlalu kecil dan menyiksa.

Justru dengan terapi ini akan membantu burung untuk hidup lebih teratur. Sehingga tidak hanya jinak, tapi bisa membantu burung menjadi lebih gacor.

Dalam ukuran sangkar ini bisa diberikan pilihan jangan terlalu kecil. Tetap biarkan burung mempunyai ruang gerak yang cukup tapi tidak terlalu berlebihan. Hal ini agar bisa menimbulkan sifat penurut pada burung, tapi burung juga tidak terlalu merasa stres. Meskipun di terapi seperti ini, pemilik masih boleh menunjukan kasih sayangnya.

8. Memindahkan Burung Ke Sangkar yang Layak

Di daftar selanjutnya adalah bentuk terapi lanjutan dari yang sebelumnya yaitu memindahkan burung ke sangkar yang lebih layak.

Cara ini bisa dilakukan setelah beberapa hari burung diletakkan pada sangkar yang lebih kecil. Biasanya untuk memancing lagi mood burung bisa dengan menaruh sangkarnya dulu di tempat yang lebih tenang seperti pinggir kolam contohnya.

Dengan menaruh sangkar burung di tempat yang tenang seperti itu dapat membuat burung menjadi lebih tenang dan tidak stres. Sehingga dapat memancing keinginan burung untuk berkicau.

Apabila tidak mempunyai kolam di rumah, pemilik bisa mengakalinya dengan memutar audio suara gemericik hujan, ataupun tetesan air melalui alat elektronik yang ada.

9. Membuat Burung Kelaparan

Terakhir dalam cara menjinakan kacer grabagan ini terdengar paling kejam, tapi sebenarnya bertujuan baik. Langkah ini bisa dijadikan pilihan terakhir apabila ingin cepat menjinakan burung kacer grabagan.

Cara melakukannya mudah cukup memberi makan burung lebih sedikit dari porsi biasanya, dan biarkan burung merasa kelaparan. Tapi bukan kelaparan yang sampai hampir mati.

Pada saat kelaparan inilah mau tidak mau burung akan membutuhkan pemiliknya. Sehingga suka tidak suka saat si pemilik mulai memberinya makan melalui tangan, perlahan burung akan menerimanya.

Jadi bukan berarti dibiarkan kelaparan seharian. Tidak karena waktu terapi ini biasanya dilakukan sehabis mandi dan saat burung berjemur. Karena itu dapat menyebabkannya menjadi lapar.

Ternyata cara menjinakan kacer grabagan cukup mudah dan tidak terlalu mengeluarkan banyak tenaga. Dapat dipastikan semua terapi yang direkomendasikan di atas bersifat aman. Sehingga pemilik bisa memilih terapi manapun yang dirasa cocok dan sesuai keinginan. Jadi tidak perlu lagi merasa pusing memikirkan bagaimana caranya. Selamat mencoba.

CARA MENJINAKAN KACER GRABAGAN

Categories Burung

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.