Cara Menurunkan Birahi Burung Kenari dengan Mudah

Burung yang memiliki kicauan bagus ini seringkali dipelihara di rumah agar tidak terlalu sepi. Pada masa perkawinan, burung ini akan bertingkah berbeda dan lebih aktif. Jika tidak segera dipertemukan dengan betina yang siap birahi, maka akan menjadi stress. Untuk mengatasinya ada beberapa cara menurunkan birahi burung kenari agar normal lagi.

1. Lebih Sering Dimandikan

Ketika birahi, suhu tubuh burung akan meningkat beberapa derajat sehingga membuatnya kepanasan dan ingin segera melepaskan birahinya. Masalahnya adalah tidak banyak betina kenari yang siap untuk birahi dan ini membuat kenari jantan menjadi rentan stress. Solusi dari permasalahan ini adalah dengan memandikannya lebih sering dibandingkan biasanya.

Jika umumnya dimandikan sekitar seminggu 2x, maka ketika musim perkawinan ditingkatkan menjadi seminggu 4-5x. Tujuan peningkatan intensitas memandikan ini agar suhu tubuhnya lebih turun dan normal kembali. Jangan lupa untuk menjermurnya agar cepat kering, karena jika perawatannya tidak benar, yang ada justru akan jatuh sakit.

Tips lain ketika memandikan burung kenari jantan adalah dengan menambahkan aloevera atau lidah buaya yang dapat meredam suhu panas. Carilah sampo khusus burung yang mengandung aloevera di toko terpercaya dan gunakan secara berkala. Ketika birahinya sudah turun, maka bisa dimandikan secara normal lagi.

2. Ketahui Makanan Yang Boleh Diberikan

Pemberian makanan pada kenari ternyata bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi birahi seekor kenari. Ada beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat menurunkan tingkat birahi seekor kenari. Makanan inilah yang sebaiknya diberikan secara rutin ketika birahinya sedang tinggi. 2 diantara yang paling efektif untuk menurunkan birahi kenari adalah :

  • Mentimun. Pertama adalah mentimun yang bisa dijadikan sebagai makanan tambahan. Kandungan mineral dan banyaknya air pada mentimun akan menurunkan suhu tubuh burung secara perlahan. Apabila birahinya sudah turun, pemberian pakan tambahan mentimun ini boleh dihentikan.
  • Pemberian mentimun disarankan pada siang hari ketika cuaca sedang terik. Pastikan mentimun yang yang diberikan adalah mentimun yang segar, berwarna hijau cerah dan bukan layu. Jangan sekali-kali memberikan mentimun yang sudah tidak segar karena akan berpengaruh pada kesehatan kenari tersebut.
  • Buah Pir. Makanan tambahan yang boleh diberikan untuk cara menurunkan birahi burung kenari adalah buah pir. Buah pir dapat diberikan bergantian dengan mentimun setiap harinya. Misalkan hari ini diberikan mentimun, maka besoknya buah pir, begitu seterusnya sampai birahinya turun. Pastikan juga buah pir tersebut masih segar dan tidak busuk bagian dalamnya.

3. Ketahui Makanan Yang Harus Dikurangi

Jika sebelumnya adalah makanan yang boleh ditambahkan, disini ada beberapa makanan yang sebaiknya harus dikurangi. Makanan berikut ini memiliki senyawa yang dapat meningkatkan birahi seekor kenari ataupun meningkatkan suhu tubuhnya. Jika diberikan secara berlebihan atau terus menerus maka birahinya akan over.

  • Buah Apel. Pertama adalah kurangi pemberian buah apel. Buah apel jika diberikan secara terus menerus tanpa jeda hari justru akan meningkatkan birahi burung kenari. Pemberian buah apel boleh diberikan lagi jika birahinya sudah kembali normal. Namun berhati-hatilah dalam memberikannya, berilah dengan porsi secukupnya dan jangan sampai berlebihan.
  • Telur Puyuh Rebus. Kurangi juga pemberian makanan seperti telur puyuh rebus. Meskipun bagi burung kenari ini merupakan makanan yang enak, namun makanan ini dapat meningkatkan birahinya. Terlebih ketika musim perkawinan sebaiknya jangan diberikan karena akan meningkatkan birahi hingga berkali-kali lipat dibandingkan umumnya. Pemberian bisa dilakukan ketika birahinya mencapai normal lagi.
  • Kroto Semut. Mengurangi pemberian makanan kroto semut menjadi salah satu cara menurunkan birahi burung kenari. Kandungan nutrisi dan senyawa yang terdapat pada kroto semut ini dapat meningkatkan suhu tubuh burung dan juga birahinya. Jika diberikan secara terus menerus, maka birahinya akan melebihi batas normal. Pemberian makanan ini boleh diberikan lagi setelah birahinya normal.
  • Biji Niger. Biji-bijian memang menjadi makanan yang bagus untuk diberikan kepada kenari, namun jika berlebihan menjadi tidak baik. Salah satunya adalah biji niger yang juga dapat meningkatkan birahi kenari jika diberikan dalam jumlah yang banyak setiap harinya. Cobalah untuk mengurangi porsi pemberian biji niger dan sebaiknya diganti dengan makanan lain.

4. Jangan Terlalu Sering Dijemur

Menjemur burung merupakan salah satu hal yang lumrah dan tentunya bisa menjaga kesehatan burung dari serangan penyakit. Namun penjemuran yang berlebihan justru tidak baik dan secara tidak langsung akan memberikan efek peningkatan birahi. Bukan berarti kenari tersebut tidak dijemur seharian, hanya saja membatasi jangka waktunya.

Misalkan setiap hari menjemurnya selam 1 jam penuh dengan intensitas cahaya matahari sedang hingga tinggi. Gantilah durasinya menjadi 30 menit dalam sehari untuk membantu dalam menurunkan birahinya. Jika sudah normal, maka durasinya bisa ditambahkan sedikit demi sedikit dan jangan langsung lama. Hal tersebut justru akan berpengaruh pada kondisi kesehatannya.

5. Jangan Didekatkan Dengan Betina Atau Kenari Over Birahi

Salah satu faktor yang menjadi penyebab seekor kenari jantan menjadi over birahi adalah terlalu sering didekatkan dengan kenari betina. Padahal tidak semua kenari betina siap untuk birahi dan beberapa diantaranya justru tidak tertarik. Kondisi seperti inilah yang harus diperhatikan bagi yang memelihara kenari jantan dan betina di rumah.

Cara menurunkan birahi burung kenari jantan adalah dengan tidak mendekatkannya dengan betina terlalu sering. Jika terlalu sering, nantinya birahinya akan meningkat sebelum musim perkawinan tiba. Jangan pula didekatkan dengan kenari yang memang sudah over birahi karena akan mempengaruhi birahinya juga.

6. Jangan Terlalu Sering Dipisah

Pemisahan antara kenari jantan dan betina pada kandang yang berbeda memang baik untuk mencegah birahi terlalu dini. Namun jika dilakukan dalam jangka waktu yang sangat lama justru akan meningkatkan birahi kenari jantan menjadi lebih cepat. Terlebih ketika musim perkawinan tiba justru akan membuat para pejantan menjadi rentan stress.

Jika kedua kenari sudah sama-sama siap birahi ketika musim perkawinan, sebaiknya disatukan dalam 1 kandang. Kedua kenari juga harus lebih rutin dalam 1 kandang agar hormon dalam tubuhnya tetap stabil dan tidak stress. Misalkan setiap 1 bulang sekali dijadikan 1 kandang selama beberapa hari, kemudian dipisah kembali.

7. Lakukan Pengumbaran Berkala

Pengumbaran kenari bisa dilakukan pada kandang besar yang memang di desain khusus untuk pengumbaran tersebut. Dengan melakukan pengumbaran secara rutin, secara tidak langsung akan menurunkan nafsu birahinya. Terlebih pengumbaran ini juga memiliki dampak yang baik bagi kesehatan burung kenari.

Disarankan untuk melakukan pengumbaran setidaknya seminggu sekali pada kenari yang sudah over birahi. Perlu diperhatikan bahwa pengumbaran tersebut tidak boleh ada kenari betina di dalamnya karena justru akan mengganggu kenari betina. Jika birahinya sudah turun, lakukan pengumbaran menjadi 1x dalam seminggu untuk menjaga kestabilannya.

Cara menurunkan birahi burung kenari di atas merupakan cara termudah yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Satu hal yang terpenting untuk mencegah birahinya agar tidak terlalu over adalah dengan memberikan makanan yang tepat dan tidak berlebihan. Begitu juga perawatan lain seperti memandikan dan juga menjemurnya setiap hari.

Categories Burung

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.