Cara Merawat Anak Kucing Persia Secara Tepat!

Cara Merawat Anak Kucing Persia – Dalam pemeliharaan kucing apa lagi kucing persia, tentu banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya cara merawat anak kucing persia secara tepat.

Sebagai salah satu jenis mamalia, kucing merupakan hewan peliharaan yang cukup banyak diminati para pecinta hewan. Selain bentuk fisiknya yang lucu, tingkahnya pun cukup menggemaskan dan membuat beberapa orang tertarik untuk merawatnya.

Kucing persia merupakan Salah satu yang cukup digandrungi, jenis kucing yang satu ini memiliki karakteristik tertentu yang menjadi kekhasan kucing tersebut.  Ketika proses perawatan dilakukan secara benar, tentunya sang kucing akan lebih nyaman untuk hidup bersama manusia, selaku yang merawatnya.

Sekilas Tentang Kucing Persia

cara menjaga anak kucing persia 4 bulan
whytochoose.com

Salah satu jenis yang cukup menggemaskan dan banyak diminati para pecinta hewan yakni kucing persia. Hewan yang satu ini merupakan salah satu kucing ras yang pertama kali ditemukan di kawasan Persia/ Iran, karena itulah hingga saat ini dikenal sebagai kucing persia. Jenis kucing unik dapat dikenali dengan mudah, karena memiliki bulu yang panjang serta wajahnya yang bulat.

Setelah pertama kali ditemukan di Persia, secara bertahap kucing persia pun dikenal di daerah Italia, lalu meluas ke kawasan Inggris, Amerika, dan kini kepopulerannya sudah mendunia.

Tingkat ketertarikan manusia terhadap kucing sangatlah tinggi, terbukti dengan adanya kontes kucing persia yang diadakan di daerah London sejak tahun 1871.

Sejak saat itulah kucing jenis persia mulai populer di kawasan negara Indonesia. Pada beberapa negara, kucing persia memiliki sebutan yang unik, seperti di Timur Tengah dikenal dengan sebutan Shirazi.

Jika dilihat dari segi warna bulu, jenis kucing persia memilki tujuh variasi, diantaranya Himalaya, silver, tabby, solid, particolour, caloco, dan golden. Perilaku kucing persia tidak jauh berbeda dengan kucing lainnya.

Dalam proses pemeliharaan tentunya banyak hal penting yang harus diperhatikan, mulai dari menyiapkan tempat tinggalnya yang nyaman, pemberian makanan yang tepat untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan hingga cara merawat anak kucing persia pun hendaknya diperhatikan sebaik mungkin.

Hal ini salah satu penunjang kenyamanan kucing agar bisa tinggal lebih aman di lingkungan manusia.

Karakteristik Kucing Persia

cara perawatan anak kucing persia
animals.howstuffworks.com

Sama halnya dengan jenis kucing lainnya, kucing persia memiliki karakteristik tertentu yang menjadi ciri khas dari kucing ini. Secara umum, kucing persia memiliki bentuk fisik yang besar, tubuh berotot dengan bulu yang panjang, moncong pendek, wajahnya bulat lebar dengan rahangnya yang kuat dan ekornya yang panjang.

Kucing persia memiliki warna yang bervariasi, karena itulah banyak pecinta hewan tertarik untuk merawatnya karena dengan warna yang variatif, kucing lebih lucu dan menggemaskan.

Jika dilihat dari tingkah lakunya, kucing persia memiliki karakteristik pendiam, dikenal sebagai kucing pemalas karena sering bermalas-malasan. Selain itu, karakter lainnya yang membuat kucing ini lebih menggemaskan yakni sikap manjanya terhadap sang pemilik.

Jenis kucing ini biasanya akan menunjukkan rasa senangnya ketika bermanja-manjaan bersama sang pemelihara. Karaktersitik lainnya yang menguntungkan dari kucing ini yakni mudah dikontrol, karena tingkahnya yang tenang dan tidak rewel.

Namun, ketika memutuskan untuk memelihara kucing persia diharapkan dapat memberikan perawatan yang maksimal, terutama dalam merawat bulunya yang lebat.

Hal ini dikarenakan, perawatan yang kurang baik dapat menyebabkan kucing lebih mudah sakit dan bisa menimbulkan datangnya kutu pada bulunya lebat. Oleh karena itulah, berikan perawatan maksimal yang akan menjaga kesehatan dan kenyamanan si kucing.

Cara Merawat Anak Kucing Persia

tata cara merawat anak kucing persia
hewany.com

Ketika memutuskan untuk memelihara kucing persia tentunya banyak yang harus diperhatikan, apalagi jika kucing yang dipilih berjenis kelamin betina. Salah satu yang harus diperhatikan yakni cara merawat anak kucing persia yang tepat.

Hal ini akan membantu proses pertumbuhan kucing kecil agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Adapun tips dalam merawat anak kucing persia yakni sebagai berikut.

1. Memerhatikan Kesehatan Induk Kucing

cara merawat anak kucing persia baru lahir
junkmail.co.za

Hal pertama yang dapat dilakukan dalam merawat anak kucing persia yakni dengan memerhatikan kesehatan induk kucing.

Baca Juga: 10 Cara Merawat Bayi Kucing Bagi Pemula

Banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari membersihkan tempat tinggalnya, memberikan asupan yang baik untuk induknya, hingga membersihkan kondisi fisik sang induk. Kesehatan induk kucing berpengaruh penting terhadap tumbuh kembang anak kucing, karena hingga usia 3 bulan, anak kucing masih menerima asupan ASI dari induknya.

2. Berilah Asupan yang Baik

cara merawat anak kucing persia umur 2 bulan
pinterest.com

Cara lainnya yakni memberi asupan yang baik bagi kucing. Adapun asupan yang bisa diberikan dapat berupa, air, susu, dan makanan. Dalam pemberian susu pun tidak bisa seenaknya, hendaknya memberikan susu formula khusus untuk anak kucing, sehingga bisa memberikan nutrisi yang dibutuhkan anak kucing.

Selain itu, bisa juga dengan memberikan air mineral yang bersih dan berikan makanan yang lembut dulu untuk si anak kucing. Cara merawat anak kucing Persia yang satu ini cukup penting untuk dilakukan.

3. Menyediakan Tempat Tinggal yang Baik

cara merawat anak kucing persia agar gemuk
stocksy.com

Selanjutnya, cara merawat anak kucing persia yang tidak bisa dianggap enteng yakni menyediakan tempat tinggal yang baik untuk anak kucing.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan tempat tinggal anak kucing, yakni kandang hendaknya memiliki ukuran yang besar agar kucing bebas bergerak disertai dengan suhu kandang yang hangat, karena bulunya belum terlalu lebat.

Alternatif yang bisa dilakukan yakni dengan memberikan selimut atau pun memberikan bohlam sebagai penghangat.

4. Memberi Obat dan Vaksin

cara merawat anak kucing persia agar tidak mati
pinterest.com

Pemberian obat dan vaksin pada anak kucing biasanya diberikan setelah lepas dan pisah dari induknya. Proses pemberian obat ini sangatlah penting guna meningkatkan kesehatan anak kucing.

Obat yang biasa diberikan biasanya obat cacing. Adapun pemberian vaksin bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh anak kucing agar lebih kebal dan sehat.

Vaksin hendaknya diberikan atas saran dokter hewan, sehingga perawatan yang diberikan bisa lebih maksimal dan sesuai protokol yang berlaku.

5. Menyiapkan Berbagai Fasilitas Pembantu

cara merawat anak kucing persia adopsi
gumtree.com

Fasilitas pembantu pun hendaknya diperhatikan dalam tahapan cara merawat anak kucing persia. Hal ini dikarenakan menyiapkan berbagai fasilitas pembantu dapat membantu dalam proses pemeliharaan anak kucing persia.

Fasilitas pembantu yang dapat menunjang kebutuhan anak kucing yakni menyediakan wadah atau tempat untuk poop anak kucing, dengan menggunakan pasir khas kucing yang biasanya tersedia di toko-toko khusus hewan peliharaan. Lalu, pastikan kandang dibersihkan dengan baik, sehingga kesehatan kucing tetap terjaga.

6. Memberikan Kasih Sayang

perawatan anak kucing persia
creativemarket.com

Cara merawat anak kucing persia lainnya yakni dengan memberikan kasih sayang. Selaku pemelihara tentunya kasih sayang yang diberikan pada anak kucing akan membantu proses tumbuh kembang menjadi lebih baik.

Dengan sering meluangkan waktu untuk bermain bersama si kucing, tentunya akan membantu meningkatkan kenyamanan dan rasa aman anak kucing. Hal ini tentunya bisa dilakukan dengan mudah tanpa biaya apa pun, cukup kemauan dan keuletan sang pemelihara.

Nah, itulah ulasan singkat terkait kucing persia serta cara merawat anak kucing persia yang tepat. Proses pemeliharaan hendaknya disertai dengan perawatan maksimal, agar bisa menjaga kesehatan baik kondisi kucing maupun pemeliharaanya.

Cara Merawat Anak Kucing Persia

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.