10 Cara Merawat Burung Hantu Celepuk yang Sangat Mudah

Cara Merawat Burung Hantu Celepuk – Bagi para pecinta burung hantu atau bagi para petani, burung hantu celepuk merupakan salah satu burung yang tidak asing lagi.

Hewan nokturnal atau hewan yang aktif pada malam hari ini sering dijadikan sebagai hewan peliharaan atau dijadikan sebagai pembasmi hama. Maka dari itu, hewan ini banyak sekali dipelihara.

Bagi yang ingin memelihara burung ini, alangkah baiknya mengetahui cara-cara merawatnya. Adapun cara merawat burung hantu celepuk antara lain sebagai berikut.

Cara Merawat Burung Hantu Celepuk

1. Tidak Menggunakan Kandang Yang Berukuran Kecil

cara menjinakan burung hantu celepuk
omkicau.com

Cara merawat burung hantu celepuk yang pertama adalah dengan tidak menggunakan kandang yang berukuran kecil. Hal tersebut karena burung hantu celepuk sendiri menyukai kandang yang berukuran luas.

Maka dari itu, pastikan kandang yang digunakan untuk burung hantu celepuk merupakan kandang yang berukuran luas. Agar burung celepuk sendiri merasa betah dan nyaman.

Kandang yang luas sendiri sangat bermanfaat sekali bagi burung hantu celepuk. Hal tersebut dikarenakan sifat burung hantu celepuk yang senantiasa bergerak berdasarkan moodnya. Jika burung hantu celepuk tidak leluasa bergerak, maka ia akan merasa stress yang ditandai dengan tidak mau makan.

Meskipun kandang burung hantu celepuk dibuat dengan ukuran yang besar, namun jangan lupa untuk mengikatkan tali pada kakinya serta biarkan sesekali burung hantu celepuk menghirup udara bebas di luar kandang.

2. Usahakan Letakkan Kandang Pada Tempat Yang Teduh

cara melatih burung hantu celepuk
bukalapak.com

Selain membuat ukuran kandang yang besar untuk burung hantu celepuk, usahakan penempatan kandang sendiri pada tempat yang teduh. Sebagaimana yang diketahui, bahwa burung hantu celepuk ini sendiri sama halnya dengan burung hantu lainnya yang aktif pada malam hari.

Maka dari itu agar burung hantu celepuk merasa nyaman dan aman di dalam kandang, maka letakkanlah kandang pada tempat yang teduh dan tidak terlalu terkena sinar matahari.

Sedangkan untuk malam hari, jika tempat burung hantu celepuk mempunyai cahaya penerangan lampu, maka sebaiknya lampu dimatikan saja. Hal tersebut agar membuat hewan nokturnal yang satu ini benar-benar merasa nyaman, terlebih pada saat malam hari.

Selain itu, hal yang mesti diperhatikan pada saat pagi hari jangan menyamakan burung hantu celepuk dengan burung lainnya yang senang berjemur di pagi hari. Jika ingin dijemur, maka lakukan hanya sesekali saja.

3. Perhatikan Pakan Yang Diberikan

cara memelihara burung hantu celepuk
youtube.com

Seperti halnya dengan burung yang lain, pemberian pakan pada burung celepuk menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dalam perawatannya.

Untuk burung hantu celepuk yang berumur masih muda atau berusia sekitar tiga bulan, maka berilah jangkrik sebanyak tujuh ekor. Pemberian pakan sendiri dilakukan sebanyak dua kali yakni pada pagi dan sore hari dengan kondisi jangkrik yang masih bagus dan segar.

Baca Juga: Jenis dan Harga Burung Hantu Terkini Serta Informasi Lain yang Terkait

4. Menjaga Kebersihan Kandang

cara menjinakkan burung hantu celepuk
bukalapak.com

Selain ke tiga cara di atas, cara merawat burung hantu celepuk yang selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan kandang. Kandang dari burung hantu celepuk sendiri harus senantiasa dibersihkan setiap harinya.

Hal tersebut dikarenakan burung hantu celepuk sendiri merupakan burung predator yang tidak mempunyai gigi. Sehingga makanan yang akan ia makan biasanya dicabik-cabik terlebih dahulu oleh paruhnya.

Selain itu, burung hantu sendiri akan memakan potongan-potongan makanan yang berukuran kecil. Sedangkan untuk makanan yang susah dicerna, biasanya burung hantu celepuk akan langsung dimuntahkan dari mulutnya.

Dari hal tersebut, maka bagi yang ingin memelihara burung hantu celepuk harus rutin membersihkan kandang setiap harinya. Dengan kandang yang senantiasa bersih selain membuat burung nyaman, tentunya bisa membuat burung lebih sehat.

5. Memandikan Burung Secara Rutin

cara merawat bayi burung hantu celepuk
bukalapak.com

Selain membersihkan kandang secara rutin, dalam perawatan burung hantu celepuk pastikan agar senantiasa rutin memandikannya. Memandikan burung hantu celepuk secara rutin sendiri bisa mengurangi tingkat kesetressan si burung.

Adapun cara memandikan burung hantu celepuk sendiri sangat mudah yakni cukup menyemprotkan air pada burung. Meskipun burung hantu celepuk harus dimandikan secara rutin bukan berarti harus memandikannya setiap hari, namun cukup satu kali saja dalam seminggu.

6. Usahakan Memberikan Pakan Dengan Tangan

cara melatih burung hantu celepuk agar jinak
indonesiana.id

Dalam pemberian pakan sendiri, usahakan seperti menyuapi seorang bayi yakni dengan menggunakan tangan. Agar ikatan batin antara burung hantu celepuk dan si pemelihara bisa cepat terjalin.

Namun jika hal tersebut dirasa tidak memungkinkan atau merasa masih takut terkena dengan paruhnya yang tajam, maka bisa menggunakan cara yang jauh lebih aman. Adapun caranya sendiri yakni dengan menusukkan jangkrik pada ujung lidi yang berukuran panjang. Setelah itu berikanlah pada burung hantu celepuk agar ia memakannya.

7. Berikan Perawatan Khusus Saat Burung Mengalami Moulting

melatih burung hantu celepuk
youtube.com

Saat burung hantu celepuk akan mengalami masa moulting atau pergantian bulu, maka berilah perawatan khusus. Salah satu perawatan khusus yang harus diberikan pada burung hantu yang mengalami moulting adalah dengan memberikan jangkrik yang sudah diolesi madu terlebih dahulu.

Hal tersebut bisa mengurangi rasa tidak nyaman saat proses moulting tersebut berlangsung. Sedangkan proses moulting sendiri terjadi setiap enam bulan sekali dengan lama sebanyak sepuluh hari.

8. Rutin Menjinakkan Burung Hantu Celepuk

makanan burung hantu celepuk reban
youtube.com

Salah satu cara untuk menjinakkan burung hantu celepuk adalah dengan membiarkannya melihat si pemilik burung tertidur. Cara tersebut dipercaya mampu membuat burung menjadi lebih percaya diri bahwa si pemilik tidak akan menyakiti burung itu sendiri.

Dengan begitu, maka lama-kelamaan mereka pun akan mempunyai insting saat di dekat si pemilik tidak akan bringas lagi, alias menjadi jinak.

9. Latih Burung Hantu Celepuk Dengan Siulan

cara merawat burung hantu celepuk agar jinak
bukalapak.com

Melatih burung hantu celepuk dengan siulan sendiri tidak lain bertujuan agar burung menjadi jinak kepada si pemiliknya. Maka dari itu, cara ini harus dilakukan secara rutin agar burung semakin jinak pada si pemiliknya.

Selain melatih burung hantu celepuk dengan siulan, bisa juga dengan memancingnya dengan jangkrik agar mereka mau untuk bersiul juga. Bagaimana, cara yang sangat mudah bukan melatih burung hantu agar sama-sama dapat bersiul.

10. Sering Berinteraksi

cara melatih skill burung hantu celepuk
vitaminburung.com

Cara merawat burung hantu celepuk yang terakhir adalah dengan cara sering berinteraksi dengan mereka. Menatap mata mereka secara langsung salah merupakan satu cara yang baik untuk berinteraksi dengan burung hantu celepuk.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu interaksi yang sangat mudah untuk dilakukan. Lakukan cara tersebut sebanyak dua kali sehari yakni pada pagi dan sore hari.

Dengan melakukan kegiatan tersebut secara rutin, maka para pemilik burung pun akan lebih dekat. Selain itu burung hantu celepuk sendiri merupakan salah satu hewan yang setia pada pemiliknya. Terlebih burung hantu celepuk merupakan jenis burung hantu yang mudah diatur serta mempunyai sifat penurut.

Itulah cara merawat burung hantu celepuk yang bisa dilakukan bagi yang ingin memeliharanya. Dengan melakukan cara-cara di atas, maka burung hantu celepuk pun akan tumbuh dengan baik dan sehat serta akan bersikap jinak. Maka dari itu, pastikan cara-cara di atas tidak ada yang terlewatkan dalam perawatan burung hantu celepuk itu sendiri.

Cara Merawat Burung Hantu Celepuk

Categories Burung

1 thought on “10 Cara Merawat Burung Hantu Celepuk yang Sangat Mudah”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.