prernasphotographs.com

Ketahui Cara Merawat Burung Kacer Paling Mudah Biar Cepat Gacor

121 View

Cara Merawat Burung Kacer – Setiap orang memiliki hobi dan kesukaan masing-masing, seperti memelihara burung kacer. Jenis burung satu ini memang memiliki perawatan yang cenderung lebih mudah dan tidak membutuhkan treatment khusus.

Cukup berbekal dengan ketelatetan dan juga melakukannya secara rutin agar kesehatannya terjaga dengan baik. Mengetahui bagaimana cara merawat burung kacer yang tepat akan membuatnya semakin menarik dan bisa berkicau secara cepat.

Dengan keindahan kicauan yang di punya ini tentu saja tidak terlepas dari ketelatenan saat merawatnya. Terutama apabila ditunjang dengan pemberian pakan yang tepat, kondisi lingkungan terjaga dan kondusif, hingga pelatihan yang diberikan.

Pada akhirnya burung kacer akan tidak mudah stres dan kesehatannya terjaga dengan baik. Untuk itu pastikan untuk merawatnya sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang tepat ya.

Perawatan burung yang sesuai akan membuatnya cepat gacor, menghasilkan kicau yang merdu, lantang dan juga maksimal. Untuk itu, yuk simak mengenai burung kacer, mulai dari ciri-ciri, varian jenis hingga cara merawat yang tepat, berikut ulasan yang bisa disimak, antara lain:

Mengenal Burung Kacer

gambar dan foto burung kacer
flickr.com

Burung kacer memang bukan nama yang asing di telinga, pasalnya burung yang dikenal pula sebagai burung pon ini memiliki kicauan yang sangat merdu.

Bahkan banyak yang memeliharanya karena postur tubuh dan perawakan yang gagah. Terutama apabila mendapatkan perawatan yang tepat, tentu saja akan membuat kualitasnya semakin bagus dan bisa dijual hingga jutaan rupiah loh.

Bernama ilmiah Copsychus Saularis, burung satu ini berhabitat di daerah hutan terbuka. Hal ini membuatnya lebih menyukai daerah di pinggiran hutan yang lebih terbuka dibandingkan dengan di dalam hutan yang dipenuhi pepohonan lebat.

Namun meskipun begitu, bukan berarti burung kacer bisa hidup di tempat terbuka lainnya seperti laut atau pantai loh.

BACA JUGA:  Panduan Lengkap: Cara Ampuh Bikin Burung Kacer Konslet Maksimal

Jenis Burung Kacer

gambar jenis burung kacer
commons.wikimedia.org

Sebelum mengetahui bagaimana cara merawat burung kacer, ada baiknya untuk menyimak jenis-jenis dari burung satu ini. Burung kacer tidak hanya memiliki satu jenis saja, namun banyak variasi jenis, antara lain:

1. Kacer Dada Hitam

Jenis burung kacer yang pertama adalah kacer dada hitam, dimana keberadaannya bisa ditemukan di pulau Jawa, Kalimantan hingga Bali.

Dengan ciri-ciri memiliki bulu yang lentik berwarna hitam, serta guratan warna putih pada sayap dan ekor membuatnya nampak cantik. Ciri-ciri yang cukup mudah dikenali tersebut sangat memudahkan para pemula yang ingin memelihara burung kacer loh.

2. Kacer Dada Putih

Tidak hanya berwarna hitam, ada pula kacer dada putih yang sama mempesonanya. Dengan nama lain burung kacer poci, tentu saja varian satu ini juga diminati oleh banyak penggemar burung. Dengan keindahan mempesona yang bisa dipandang mata, tentunya burung ini menjadi primadona di antara jenis kacer lainnya.

3. Kacer Madagaskar

Ada pula kacer madagaskar yang memiliki ciri-ciri menyerupai jenis kacer dada putih, namun perbedaannya terletak pada kepala dan dada. Pasalnya terdapat warna kebiru-biruan sebagai pengganti warna hitam pada bagian kepada dan dada kacer. Tentu saja warna yang ditampilkannya begitu unik dan menarik.

4. Kacer Blorok

Burung kacer Blorok memiliki ciri-ciri yang sedikit berbeda, pasalnya memiliki variasi pada bagian perut, leher dan juga sayap hingga bagian punggung. Hal ini tentu saja berbeda jika dibandingkan dengan jenis kacer dada putih ataupun kacer dada hitam yang ada.

5. Kacer Kategori Lain

Terdapat pula burung kacer kategori lainnya, yaitu berdasarkan daerah atau tempat habitat aslinya. Beberapa jenis kacer kategori lain, seperti kacer Tasikmalaya, kacer Sumatera, kacer Jawa dan lain sebagainya.

Cara Merawat Burung Kacer Paling Mudah

bagaimana merawat kacer?
birdwalkermonday.blogspot.com

Untuk membuat burung kacer tetap terjaga kesehatannya dan cepat gacor dengan maksimal, ada beberapa cara merawatnya yang paling ampuh. Lakukan perawatan secara rutin untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan dalam waktu yang singkat. Beberapa cara merawat burung kacer paling mudah adalah sebagai berikut, antara lain:

1. Mengetahui Jenis Kelamin

merawat kacer sesuai jenis kelaminnya
youtube.com

Hal pertama sebagai cara merawat burung kacer yang tepat adalah dengan mengetahui apa jenis kelamin burung tersebut. Hal ini akan berpengaruh dalam proses perawatannya sendiri, mulai dari melatihnya untuk berkicau dengan merdu dan lantang untuk seekor pejantan.

BACA JUGA:  Panduan Lengkap: Cara Beternak Burung Kacer Poci untuk Pemula

Untuk menentukan jenis kelamin sendiri sangatlah mudah yaitu bisa dengan melihat beberapa ciri khas yang di punya.

Baca Juga: Cara Merawat Murai Batu Mabung dengan Benar

Beberapa ciri khas yang bisa membedakan antara jantan dan betina adalah pada postur kepala jantan yang rata dan berbentuk persegi. Tidak hanya itu, paruh yang di punya berukuran lebih pendek daripada betina dan berwarna kehitaman.

Postur tubuh yang dimiliki pejantan juga cukup ramping dengan permukaan dada yang lebih lebar dan tegap. Serta, kicauan yang di punya cenderung lebih nyaring dan merdu. Sangat mudah untuk membedakannya bukan?

2. Memberi Makan dan Minum

perawatan kacer dengan pemberian makan dan minum
cy.wikipedia.org

Tidak hanya membedakan jenis kelamin, namun memberikan makanan dan minuman yang tepat juga menjadi salah satu cara merawat burung kacer yang tepat. Pastikan untuk memilih makanan yang mampu memenuhi asupan gizi pada burung, berupa makanan alami dan buatan.

Makanan seperti jangkrik, kroto, orong-orong, belalang, cacing tanah hingga ulat Hongkong bisa dipilih untuk menghasilkan suara kicau yang lantang. Tambahkan pula makanan buatan seperti voer atau poor untuk menambah asupan nutrisinya.

3. Membersihkan Kandang Secara Rutin

cara merawat burung kacer untuk membersihkan kandangnya
birds-at-my-home.blogspot.com

Jangan lupa pula untuk membersihkan kandang burung kacer secara rutin agar terhindar dari berbagai penyakit. Faktor lingkungan sangat berperan penting dalam perawatan kacer, dimana menyangkut kebersihan dan kesehatan yang akan tetap terjaga.

Dengan kesehatan yang terjaga akan ditandai dengan gerakan burung yang gesit dan aktif dalam berkicau. Serta tanda-tanda tersebut menunjukkan bahwa burung terhindar dari stres. Maka pastikan untuk membersihkannya setidaknya satu kali dalam sehari.

4. Memandikan Secara Rutin

perawatan memandikan burung kacer
kerala.birds.watch

Cara merawat burung kacer selanjutnya adalah dengan memandikannya secara rutin. Hampir sama seperti pembersihan kandang, memandikan kacer secara rutin akan menjaga kesehatannya dengan baik loh.

Memandikannya cukup mudah, yaitu dengan menyemprotkan air melalui sprayer dan semprotkan pada tubuh secara rata. Pastikan untuk memandikannya pada pagi hari sekitar jam 8 hingga 10 pagi.

5. Menempatkan Pada Lingkungan yang Kondusif

berikan lingkungan kondusif untuk merawat burung kacer
twitter.com

Burung kacer termasuk ke dalam jenis burung yang tidak menyukai keramaian, maka menempatkannya di lingkungan yang kondusif mampu menghindarkannya dari stres. Hal ini sangatlah penting, pasalnya burung yang stres cenderung enggan untuk berkicau loh.

Namun selingi pula dengan menaruh beberapa burung sandingan untuk melatih mentalnya agar tidak minder.

BACA JUGA:  Cara Menjinakan Kacer Grabagan

6. Mengadu Burung Kacer dengan Kacer Lainnya

cara merawat burung kacer dengan melatihnya
prernasphotographs.com

Cara merawat burung kacer yang terakhir adalah dengan mengadu burung kacer peliharaan dengan kacer lainnya. Hal ini merupakan bagian yang menyenangkan, pasalnya burung perlu disandingkan untuk memancingnya berkicau lebih lancang dari lawannya. Sehingga kedua burung akan bersahutan dan melatihnya berkicau lebih lantang lagi.

Makanan Burung Kacer Biar Gacor

Makanan Burung Kacer Biar Gacor

Salah satu faktor penting dalam menjaga burung kacer agar tetap gacor adalah memberikan makanan yang tepat. Pada artikel blog kali ini, kita akan membahas tentang makanan-makanan yang dapat meningkatkan kemampuan vokal dan kegacoran burung kacer kesayangan kalian.

Jangkrik dan Kroto

Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan utama burung kacer, yaitu jangkrik. Jangkrik menjadi salah satu sumber protein yang sangat penting bagi burung kacer.

Untuk memastikan kacer kalian tetap dalam kondisi yang prima, berikanlah jangkrik segar dan hidup yang disesuaikan dengan ukuran tubuhnya. Selain itu, tambahkan pula makanan tambahan berupa kroto, larva semut, yang juga kaya akan protein dan gizi yang dibutuhkan oleh burung kacer.

Artikel Lain: Makanan Burung Kutilang

Buah-buahan Segar

Burung kacer juga membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang cukup untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuhnya. Berikanlah buah-buahan segar seperti pepaya, pisang, apel, dan jambu biji sebagai camilan sehat untuk burung kacer kalian.

Kandungan vitamin C dan serat pada buah-buahan segar akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan pencernaan burung kacer.

Serangga Kecil

Selain jangkrik, serangga kecil seperti ulat hongkong, ulat bambu, atau ulat sutera juga bisa menjadi pilihan makanan yang baik untuk burung kacer.

Serangga ini mengandung nutrisi penting seperti protein, lemak, dan vitamin B kompleks yang dapat membantu meningkatkan kemampuan vokal burung kacer.

Sayuran Hijau

Tambahkan sayuran hijau pada menu makanan burung kacer kalian. Daun bayam, daun katuk, dan kangkung merupakan contoh sayuran hijau yang bisa diberikan pada burung kacer.

Sayuran hijau mengandung serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan burung kacer dan memperkuat sistem pencernaan mereka.

Multivitamin Burung

Suplemen multivitamin khusus untuk burung juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan dan kegacoran burung kacer. Pastikan untuk mengikuti dosis yang disarankan pada kemasan dan konsultasikan dengan ahli burung jika perlu.

Nah itulah informasi mengenai bagaimana cara merawat burung kacer yang benar dan tepat untuk para pemula. Tentunya pastikan untuk melakukan perawatan dengan rutin dan telaten agar hasil yang didapatkan akan maksimal.

Jangan lupa pula untuk menyandingkannya dengan kacer lain untuk melatihnya dalam berkicau dan bisa gacor dengan cepat. Semoga informasi di atas bermanfaat dan menjadi referensi dalam merawat burung kesayangan ya.

Cara Merawat Burung Kacer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.