Cara Merawat Burung Kolibri Ninja

278 View

Cara Merawat Burung Kolibri Ninja – Memelihara burung menjadi salah satu kebiasaan orang Indonesia terutama ketika seorang pria sudah menikah. Salah satu burung yang banyak dicari karena kicauannya adalah burung kolibri dengan jenis terbaiknya, kolibri ninja. Cara merawat burung kolibri ninja menjadi pengetahuan yang wajib dimiliki.

Kolibri ninja banyak dicari oleh penyuka burung karena kicauannya yang terdengar sangat merdu ketika dirawat dengan benar. Sebenarnya, perawatan yang dilakukan tidak terlalu sulit kecuali ketika ingin mendapatkan burung super untuk lomba. Ketika berkicau di pagi hari, suara dari burung ini mampu menjadi pelepas stress tersendiri.

Ciri dan Umur Kolibri Ninja

Ciri dan Umur Kolibri Ninja
youtube.com

 

Terkenal dengan suaranya yang khas, sebenarnya ukuran burung kolibri ninja sendiri tergolong kecil dibandingkan burung lain. Meskipun kecil, suara yang dihasilkan bisa menjadi sangat nyaring utamanya ketika pemilik paham megenai  cara merawat burung kolibri ninja yang benar.

Dari ujung paruh hingga ekor, burung kolibri ninja biasanya hanya berukuran 10 cm saja, tergolong kecil pada jenisnya. Hal paling menonjol dari kolibri ninja adalah warnanya yang hitam mengkilap dengan beberapa sentuhan warna hijau dan ungu metalik.

Burung kolibri menjadi salah satu jenis burung yang siklus hidupnya terhitung sangat singkat daripada yang lain. Burung satu ini biasanya hanya sampai di umur 3-5 tahun meskipun tidak jarang juga mati di tahun pertama kehidupannya. Jika mendapat lingkungan yang bagus, burung ini bisa mencapai umur satu dekade.

Cara Merawat Kolibri Ninja

Cara Merawat Kolibri Ninja
youtube.com

Merawat burung kolibri ninja menjadi tantangan tersendiri karena harus selalu dilakukan setiap hari jika ingin burung yang bagus. Perawatan dilakukan setiap hari untuk perawatan biasa dan juga perawatan khusus di waktu-waktu tertentu. Ini dia beberapa cara merawat burung kolibri ninja:

BACA JUGA:  Harga Burung Manyar

Baca Juga: Harga Burung Kolibri Beserta Cara Merawatnya Agar Cepat Gacor

1. Buka Kerodong saat Pagi

Burung satu ini biasanya akan ditutupi atau diberi kerodong ketika malam, karena itu ketika pagi perlu dibuka. Buka kerodong pada saat pagi hari sebelum matahari terlalu panas kemudian letakkan di bagian halaman atau teras rumah.

Manfaat dari pembukaan kerodong dan pengembunan ini ialah pada kolibri ninja yang menjadi lebih aktif berkicau atau gacor. Selain itu, burung ini nantinya juga akan mengalami kestabilan dari sisi birahi serta kesehatan. Buka kerodong pada sekitar pukul 05.00 hingga 06.00 pada pagi hari sebelum beraktivitas lain.

2. Memandikan Burung

Burun kolibri ninja merupakan burung yang suka mandi dan ini sangat bagus untuk kesehatan burung. Langkah ini dilakukan pada saat burung sudah dibuka kerodongnya pada pagi hari dan diletakkan di ruang terbuka tadi.

Cara memandikan burung kolibri ini sangat mudah yakni hanya dengan cara menyemprotkan air ke burung secara langsung. Memandikan burung dilakukan pada pukul 6 pagi atau sekitar sebelum pukul 7. Ini dilakukan supaya burung tidak kedinginan dan bisa membuat burung menjadi lebih segar dan bergairah.

3. Jemur Sebentar

Ketika sudah dimandikan, burung kolibri akan memerlukan cahaya matahari untuk mengeringkan tubuhnya. Selain itu burung juga bisa menjadi lebih sehat karena hangat dari cahaya matahari bisa membuat peredaran darah menjadi lebih lancar.

Penjemuran dilakukan dalam kurun waktu yang tidak boleh terlalu lama, cukup letakkan kolibri di bawah matahari langsung selama 15-30 menit. Penjemuran yang terlalu lama bisa berakibat pada burung yang mengalami dehidrasi hingga lemas dan malas.

4. Membersihkan Sangkar

Kebersihan menjadi faktor lain untuk keberlangsungan hidup burung kolibri supaya tetap sehat dan gacor. Kebersihan kandang ini memang tidak akan berpengaruh secara langsung akan tetapi ketika dewasa burung akan tampak lebih buruk.

Kolibri ninja merupakan burung yang rawan mengalami stress, karena itu kebersihan menjadi faktor penting dalam cara merawat burung kolibri. Ketika burung sudah tidak nyaman dengan lingkungannya, biasanya burung akan menjadi lebih pasif kemudian tidak lagi gacor.

BACA JUGA:  Tips Ternak Burung Jalak Suren

5. Pakan yang Manis

Burung kolibri ninja sendiri di alam liar merupakan jenis burung yang biasa memakan madu ataupun nektar bunga. Pemberian pakan bagi kolibri ninja ini juga memerlukan bahan-bahan yang mirip dan juga manis.

Biasanya pakan yang diberikan ini merupakan pakan seperti madu, sirup, ataupun bisa juga air gula jika memang kesulitan. Tidak jarang juga ada peternak yang mencampurkan madu dengan air gula dengan komposisi 50:50.

6. Vitamin atau Makanan Ekstra

Pemberian vitamin juga bisa membuat burung menjadi lebih gacor selain pemberian pakan dasar manis-manis. Vitamin atau suplemen tambahan ini berfungsi membuat burung bisa memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya sehingga akan menjadi lebih bagus.

Di sisi lain, pemberian makanan ekstra dilakukan untuk menyokong suara burung supaya bisa lebih gacor dan bagus. Bahan makanan yang diberikan biasanya ialah kroto dengan kandungan protein tinggi yang sudah dicampur dengan sedikit madu.

7. Berikan Susu Kental Manis

Makanan lain yang juga disukai kolibri ninja ini adalah susu kental manis yang bisa menjadi makanan pengganti madu. Pemberian kental manis ini dilakukan dengan tambahan cairan lain supaya tidak terlalu kental.

Cukup campurkan saja susu kental manis dengan air gula secukupnya saja, cukup pastikan tidak akan menempel. Ini juga dilakukan supaya burung bisa menghisap susu dengan mudah, tidak akan kesulitan karena terlalu kental.

8. Meletakkan di tempat Ramai

Kolibri merupakan salah satu jenis burung yang perlu dibiasakan untuk bisa hidup berdampingan dengan keramaian. Hal ini karena meskipun rawan stress, tingkat bunyi atau siulan burung bisa menjadi meningkat saat terbiasa di keramaian.

Letakkan burung pada bagian depan rumah ketika dirasa burung sudah mulai terbiasa dengan lingkungannya. Ini akan membuat burung tidak lagi takut terhadap manusia dan mulai menunjukkan tingkah asli seperti di alam bebas.

9. Pengecasan Burung

Setiap burung pasti memiliki birahi termasuk juga burung kolibri ninja ini yang jika tidak dipenuhi bisa merusak performa. Cara merawat burung kolibri ninja satu ini dilakukan dengan mendekatkan kolibri lawan jenis dalam waktu tertentu saja.

BACA JUGA:  Harga Burung Sirtu

Burung betina yang didekatkan nanti harus dipisah lagi ketika dirasa birahi burung sudah mulai kembali seperti biasa. Burung yang mengalami birahi dan setelahnya bisa menjadi lebih gacor dengan tujuan menarik pasangannya.

10. Lakukan Pemasteran

Ketika burung kolibri ninja memang deprogram untuk menjadi sangat gacor maka yang perlu dilakukan adalah pemasteran. Langkah ini dilakukan dengan membuat burung mendengar suara burung lain yang sudah tergolong bagus.

Saat ini, pemasteran sudah bisa dilakukan dengan sangat mudah yakni dengan memutar suara burung di handphone atau speaker. Pemasteran ini dilakukan sebanyak tiga kali sehari yakni pada pagi hari, setelah selesai dijemur, dan juga ketika kolibri sudah dikerodong.

Itulah dia beberapa tips mengenai bagaimana cara merawat burung kolibri ninja supaya lebih sehat dan gacor. Cara lain yang juga bisa diterapkan misalnya ialah melakukan pengumbaran supaya nafas burung lebih panjang. Ketika burung bisa bernafas lebih panjang, nantinya burung bisa menjadi lebih gacor lagi.

Cara Merawat Burung Kolibri Ninja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.