Cara Merawat Ikan Cupang Agar Ekornya Bagus dan Tips Memilihnya

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Ekornya Bagus – Ikan cupang adalah salah satu ikan hias aduan yang memiliki corak serta bentuk ekor yang bagus. Tidak heran jika banyak yang memelihara ikan ini di rumah baik sebagai penghias maupun memang hobi beternak jenis ikan yang satu ini.

Tentu saja karena pemeliharaannya yang cukup mudah jika dibandingkan dengan ikan lainnya. Berikut ini ulasan lengkap mengenai cara merawat ikan cupang agar ekornya bagus dan tips memilih ikan cupang yang bagus untuk dipelihara.

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Ekornya Bagus

Cara Memelihara dan Merawat Ikan Cupang
nationalgeographic.com

Seperti diketahui bahwa seringkali baik ekor maupun sirip ikan cupang akan mengalami kerusakan seperti robek dan patah. Untuk itulah perlu dilakukan perawatan yang optimal agar ekornya bisa kembali bagus. berikut ini beberapa cara mudah yang bisa dilakukan, diantaranya :

1. Jagalah Kualitas Dan Kebersihan Air Di Dalam Akuarium

Cara Perawatan Ikan Cupang Giant
betta-fish-expert.com

Salah satu cara merawat ikan cupang agar ekornya bagus adalah dengan menjaga kualitas air di dalam wadah atau akuarium. Contoh sederhana yang bisa dilakukan adalah mengganti air setiap hari agar ikan cupang bisa tumbuh dengan baik. Jika setiap hari dirasa terlalu menyita waktu, maka bisa dilakukan setidaknya dua hari sekali.

Air yang diganti pada akuarium bisa setengah atau bahkan seluruhnya. Jika ingin mengganti seluruh air maka air baru yang akan dimasukkan pada akuarium harus diendapkan terlebih dahulu paling sedikit tiga jam.

2. Tambahkan Daun Ketapang

Cara Merawat Indukan Ikan Cupang | Daun Ketapang
bettasource.com

Selain menjaga kualitas air, cara lain yang bisa dilakukan agar ekornya bagus adalah dengan menambahkan daun ketapang.

Kegunaan dari daun ketapang sendiri adalah sebagai antibiotik alami yang membantu menyembuhkan luka pada ikan cupang termasuk ekor yang robek atau patah. Daun ketapang akan membuat Ph air di dalam akuarium menjadi normal.

Biasanya akuarium atau wadah yang diberikan daun ketapang akan berubah menjadi warna kuning. Untuk mendapatkan daun ketapang dengan kualitas bagus sebaiknya gunakan daun ketapang yang berasal dari daerah pesisir pantai.

3. Tambahkan Garam Hias Pada Air

Cara Perawatan Ikan Cupang
youtube.com

Untuk mendapatkan ekor ikan cupang yang bagus juga perlu menambahkan garam hias pada air. Garam memiliki fungsi sebagai penyeimbang osmosis dalam tubuh ikan cupang. Hal itulah yang membantu penyembuhan luka dan menstabilkan ikan cupang akibat metabolisme tubuh yang tidak bekerja dengan tepat.

Untuk 1 liter air cukup tambahkan garam sebanyak 10 gr. Takaran yang terlalu banyak justru akan membahayakan ikan cupang sehingga hal ini perlu diperhatikan dengan baik. Takaran gram pada akuarium atau wadah ikan cupang adalah 0,1 persen dari air yang ada di dalam wadah.

4. Berikan Pakan Yang Bergizi

Cara Merawat Induk Betina Ikan Cupang
youtube.com

Makanan yang bergizi sangat baik untuk merangsang pertumbuhan ikan cupang. Dengan pakan yang bergizi akan membuat ekor memanjang dengan sangat cepat.

Beberapa pakan yang bisa diberikan untuk pertumbuhan ekornya yaitu jentik nyamuk, kutu air, dan yang lainnya. Selain itu memberikan daun jati sebanyak satu lembar juga bisa membantu cupang agar memiliki ekor yang bagus dan cantik.

5. Pilihlah Ukuran Wadah Yang Pas

Cara Merawat Ekor Ikan Cupang
aquariumgenie.com

Cara merawat ikan cupang agar ekornya bagus selanjutnya adalah memperhatikan ukuran wadah yang sesuai. Meskipun bisa menggunakan akuarium dengan ukuran berapa pun, namun disarankan menggunakan akuarium kecil saja.

Standar ukuran diameter yang bisa digunakan adalah 20x15x15 cm, namun ada juga yang berukuran 30x15x20 cm.

Pilihlah ukuran yang memang sesuai dengan jumlah ikan cupang yang akan dipelihara. Usahakan jangan terlalu kecil karena akan membuat pergerakan dari ikan cupang itu sendiri menjadi terganggu. Sehingga bukan tidak mungkin akan merusak sirip dan ekor ikan cupang tersebut.

6. Gunakan Air Yang Berkualitas

Cara Merawat Sirip Ikan Cupang yang Rusak
mypetnutritioncenter.com

Air merupakan komponen yang sangat penting pada kelangsungan hidup ikan cupang. Meskipun terkesan sepele, namun kualitas air bisa berguna untuk menjaga kesehatan dari ikan cupang itu sendiri.

Untuk itulah sebaiknya gunakan air bersih dari PAM atau sumur lalu endapkan setidaknya hingga semalam. Hal ini bertujuan untuk menetralkan air dari zat kimia yang terkandung di dalamnya.

Hindari penggunaan kloramin dan klorin pada akuarium karena bisa membahayakan ikan. Tentu siapa pun yang yang memelihara menginginkan ikan cupang yang sehat dan cantik dengan ekor yang menawan.

7. Jemur Ikan Cupang Sesekali

Merawat Ikan Cupang
aquariumgear.net

Cara selanjutnya agar ekor ikan cupang terlihat bagus dan cantik yaitu dengan menjemurnya. Kegiatan ini bertujuan untuk membunuh bakteri dan jamur yang ada di dalam kulit maupun wadah ikan cupang.

Selain itu juga agar ikan cupang lebih fresh dan terhindar dari stress. Penjemuran bisa dilakukan sesekali saja, misalkan seminggu 2 kali agar keindahannya semakin terjaga.

Baca Juga: Cara Memelihara Ikan Koi dan Jenis-Jenisnya yang Populer

Jemur ikan cupang diantara pukul 8 hingga 10 pagi selama kurang lebih 30 menit. Jika mendapati ikan cupang yang panik ketika dijemur sebaiknya segera pindahkan. Sediakan tempat  yang lebih teduh agar ikan merasa nyaman.

Tips Memilih Ikan Cupang Yang Bagus

Cara Merawat Anak Ikan Cupang Umur 1 Minggu
fishkeepingworld.com

Setelah mengetahui cara merawat ikan cupang agar ekornya bagus, maka ada baiknya mengetahui tips memilih ikan cupang yang bagus. hal ini bertujuan agar tidak salah dalam membeli ikan cupang untuk dipelihara. Berikut tips memilih ikan cupang yang bagus, diantaranya :

1. Pilih Ikan Berwarna Cerah Atau Tajam

Cara Untuk Merawat Ikan Cupang
buildyouraquarium.com

Salah satu tips yang perlu diketahui agar mendapatkan ikan cupang dengan kualitas bagus adalah memilih ikan cupang dengan warna cerah atau tajam.  Semakin cerah warnanya biasanya juga akan semakin bagus.

Ada berbagai warna yang bisa ditemukan ketika membeli ikan cupang. Namun memang yang paling umum ditemukan adalah cupang yang berwarna merah dan biru.

2. Lihatlah Kondisi Sirip

Cara Memelihara Ikan Cupang Agar Cepat Besar
earth.com

Selain warnanya yang cerah dan tajam, ikan cupang yang bagus juga ditentukan dari kondisi siripnya. Pastikan sebelum membeli sudah meneliti setiap bagian tubuh ikan cupang dengan baik.

Ada kalanya calon pembeli akan menemukan sirip dengan kondisi yang kurang baik seperti sobek dan rusak. Untuk itulah sebaiknya teliti sebelum membeli agar mendapatkan ikan cupang sesuai yang diinginkan.

3. Perhatikan Terdapat Benjolan Atau Tidak

Cara Mudah Merawat Ikan Cupang
buildyouraquarium.com

Ikan cupang yang sehat adalah ikan yang tidak memiliki benjolan di bagian tubuhnya. Benjolan yang sering ditemukan pada banyak jenis ikan sendiri merupakan parasit yang tidak baik. Apabila menemukan jenis ikan cupang seperti ini sebaiknya dihindari dan cari ikan cupang yang lainnya.

4. Perhatikan Pergerakan Ikan Cupang

Cara Merawat Air Untuk Ikan Cupang
fishkeepingworld.com

Tips memilih ikan cupang yang bagus selanjutnya adalah memperhatikan pergerakan dari ikan cupang itu sendiri. Meskipun ikan cupang pada umumnya sangat agresif, namun dalam pemeliharaannya sebaiknya jangan terlalu sering mengetuk wadah secara berulang. Hal ini bisa menyebabkan ikan menjadi gelisah.

Itulah ulasan lengkap mengenai cara merawat ikan cupang agar ekornya bagus dan tips memilih ikan cupang yang bagus ketika akan membelinya. Perawatan yang tepat akan menghasilkan ikan cupang dengan kualitas yang bagus baik dari segi warna, bobot ikan, dan ekor yang menjadi daya tarik tersendiri.

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Ekornya Bagus

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.