Begini Cara Merawat Kucing Liar Agar Nurut dan Terkendali!

Kucing memanglah hewan yang sangat menggemaskan, akan tetapi ada sebagian kecil kucing liar. Membuat pembahasan terkait cara merawat kucing liar agar nurut pun menjadi topik yang paling banyak diminati. Terutama bagi para pecinta kucing.

Cara Merawat Kucing Liar Agar Nurut

strategi dan pendekatan yang efektif untuk merawat kucing liar agar menjadi lebih patuh.

Apalagi kucing liar yang sebelumnya tinggal di lingkungan bebas, cukup sulit untuk membuatnya jinak. Namun, bukan berarti tidak bisa. Simak berikut ini bagaimana cara melakukan perawatan pada kucing tersebut, di antaranya sebagai berikut.

1. Melakukan Pendekatan

pentingnya mengambil pendekatan bertahap dalam merawat kucing liar untuk mencapai kepatuhan.

Langkah pertama yang dapat dilakukan sebelum intens melakukan perawatan, yaitu dengan melakukan pendekatan terlebih dahulu. Hal ini penting untuk dilakukan, mengingat kucing belum terbiasa dengan orang asing. Berikan juga ruang agar kucing mengenali lingkungan barunya.

Lakukan pendekatan secara perlawan agar kucing merasa nyaman dan tidak terintimidasi. Dengan begitu, mereka akan cepat nyaman dengan pemilik barunya. Membuat proses penjinakannya pun mudah dilakukan sehingga tidak banyak pemberontakan.

Kondisi ini sebenarnya sangat wajar terjadi pada kucing liar yang baru diadopsi. Banyak di antaranya yang sulit untuk dirawat karena merasa terancam. Namun, jika pendekatannya sudah berhasil membuatnya nyaman, maka akan mudah untuk proses perawatan selanjutnya.

2. Menyiapkan Area Khusus

tips tentang jenis makanan yang sesuai untuk merawat kucing liar agar lebih mudah dijinakkan.

Berikutnya cara merawat kucing liar agar nurut selanjutnya yang dapat dilakukan, yaitu dengan menyiapkan area khusus. Cara ini dilakukan untuk membiasakan kucing dengan pemelihara. Tidak hanya itu saja, lakukan juga pengurungan agar kucing tidak kabur.

Untuk dapat mengerjakannya di rumah, siapkan terlebih dahulu area kecil yang tenang, bersih dan nyaman. Hindari juga dari orang banyak atau kerumunan. Selanjutnya siapkan kotak pasir lengkap dengan tempat makan dan mainannya.

Dengan begitu, proses dari pemeliharaan kucing liar menjadi penurut pun bisa berjalan lancar. Namun dalam melakukan perawatan kunci utamanya adalah kesabaran. Mengingat aka nada pemberontakan yang dilakukan kucing nantinya.

3. Menemani Kucing Tanpa Sentuhan

langkah-langkah untuk membangun kepercayaan dan hubungan positif dengan kucing liar.

Bentuk dari kegiatan perawatan kucing liar lainnya yang bisa dilakukan dengan menemani kucing tanpa sentuhan. Proses menjinakan kucing yang satu ini maksudnya tetap mendampingi tanpa menyentuhnya. Mengingat kucing liar belum terbiasa saat di sentuh orang asing.

Namun, bukan berarti kucing tidak bisa disentuh, beri mereka sedikit waktu untuk mengenal pemiliknya. Mulai lah cara ini dengan mengajaknya ngobrol. Penyebab sentuhan dihindari juga karena kucing yang masih agresif sehingga bisa saja melakukan serangan.

Jadi cukup dengan berada di dekatnya saja dan melakukan interaksi kecil bersama. Biarkan kucing mengamati dan mengenal pemilik sehingga merasa aman dan nyaman. Jika sudah dirasa dekat, maka sentuhan pun bisa dilakukan nantinya.

4. Mengajak Bermain

pentingnya memahami bahasa tubuh kucing sebagai bagian dari merawat kucing liar agar lebih patuh.

Membeli sejumlah mainan kucing termasuk cara merawat kucing liar agar nurut dengan pemilik tentunya. Apalagi jika kucing berusia anak anak dan remaja yang masih suka bermain. Hal tersebut akan membuat mereka menyukainya.

Lakukan interaksi dengan kucing dengan mainan yang sudah disiapkan. Cobalah untuk memberinya mainan dan lihat respon yang diberikannya. Jika mereka menyukainya, maka proses interaksi dan penjinakan pun bisa cepat dilakukan.

Tidak mudah memang membuat kucing liar menjadi penurut. Namun dengan memberikannya mainan yang tepat dan menarik perhatian akan membuatnya cepat luluh. Oleh sebab itu, cara ini banyak direkomendasikan untuk kucing usia anakan dan remaja.

5. Mengenali Bahasa Tubuh

 informasi tentang faktor-faktor lingkungan yang dapat memengaruhi tingkat kepatuhan kucing liar.

Mengenali dan memahami bahasa tubuh kucing tentu jadi hal yang sangat penting. Apalagi jika kucing liar sudah terbiasa dengan keberadaanya di lingkungan baru. Mulailah dengan mengelus atau memegang kepalanya dengan lembut.

Selanjutnya lihat bahasa tubuh yang ditunjukkannya, apakah reaksinya siaga dan ingin menyerang? Jika iya, maka hentikan elusan pada bagian tubuh yang dipegang. Namun, jika kucing hanya diam dan menikmati sentuhan, maka mereka sudah jinak.

Berdasarkan respon dari bahasa tubuh inilah seorang pemilik tahu bahwa kucing sudah jinak atau belum. Apabila mereka masih agresif dan malah siap untuk menyerang, berarti beri mereka waktu lagi. Pastikan bahwa gerak tubuhnya terbiasa dengan pemilik terlebih dahulu.

6. Membiasakan Sentuhan

saran mengenai latihan dan permainan yang dapat membantu kucing liar menjadi lebih patuh.

Untuk bisa dekat langsung dengan kucing liar bahkan kucing rumahan pun sebetulnya tidak sulit. Namun, cara merawat kucing liar agar nurut tentu lebih susah. Mengingat kucing sudah terbiasa hidup di lingkungan bebas.

Agar dapat membuatnya nyaman, biasakan untuk memberikan sentuhan pada kucing. Meski di awal mungkin aka nada penolakan, tetapi jangan langsung menyerah. Ulangi sentuhan setiap melakukan interaksi secara langsung agar membuatnya terbiasa.

Secara perlahan karena sering mencobanya, kucing pun akan mulai terbiasa dengan kegiatan tersebut. Cara ini bisa dilakukan dengan mengulurkan tangan terlebih dahulu. Pertanda kucing mulai luluh, mereka akan mulai menyambutnya.

7. Mempelajari Karakter Kucing

Memberikan Makan Secara Teratur adalah Cara Awal Merawat Kucing Liar Agar Nurut.

Menjadi makhluk hidup yang sering dianggap menggemaskan, bukan berarti kucing selalu mendapatkan kasih sayang. Banyak di antaranya yang juga mendapatkan perlakuan buruk dari manusia sehingga memiliki trauma. Oleh sebab itu pelajari dengan baik karakter dari kucing liar yang dirawat.

Pasalnya kucing liar yang sehat secara fisik dan mental akan sangat mudah untuk dijinakan. Berbeda dengan kucing liar yang sudah mempunyai trauma, mereka cenderung susah nurut. Terlebih lagi jika sering mendapatkan perlakuan buruk, seperti kekerasan fisik.

Karakter yang dibentuknya pun akan lebih agresif dan punya kesigapan saat didekati orang asing. Pembentukan karakter ini tentu dipengaruhi oleh pengalaman yang pernah dilalui sebelumnya. Jika sudah tahu pasti karakternya, mulailah dengan memakai taktik pendekatan yang sesuai.

8. Memberi Hadiah

Kesabaran dan Perhatian Rutin Membantu Membuat Kucing Liar Menjadi Lebih Nurut.

Bukan hanya manusia saja yang senang saat diberi hadiah, kucing juga sama. Cara merawat kucing liar agar nurut yang satu cukup efektif sehingga patut untuk dicoba, bagaimana tidak? Kucing liar yang tidak pernah mendapatkan hadiah tentu akan senang.

Mereka yang tidak pernah diperlakukan seperti itu akan membuatnya merasa disayang oleh pemilik. Apalagi sejumlah hadiah yang diberikan adalah hal yang menarik untuknya. Tentu akan membuatnya menanti hadiah-hadiah lainnya sehingga membuat kucing mudah merasa nyaman.

Perilaku agresif dan liar yang dipengaruhi oleh lingkungan luar pun perlahan akan memudar dan lebih jinak. Perasaan ini tentu dihasilkan dari adanya interaksi yang intens dengan cara yang satu. Dengan memberikan hadiah bisa jadi salah satu yang berkesan baginya.

9. Memfokuskan Satu Perintah

Bermain dan Berinteraksi Setiap Hari Merupakan Cara Efektif dalam Merawat Kucing Liar Agar Nurut.

Membuat perintah yang bisa diulangi kembali oleh kucing liar yang belum terlatih cukup sulit. Hal ini bisa dilakukan dengan memberinya satu perintah dan fokus hanya pada satu arahan. Kegiatan yang terus diulangi ini akan membuatnya perlahan meniru.

Itulah sebabnya perintah yang terlalu banyak diajarkan pada kucing harus dihindari. Pasalnya kemampuan dari kucing liar untuk fokus tidak semudah kucing peliharaan. Mengingat tidak adanya perintah yang pernah diterima sebelumnya.

Bagaimana cukup mudah bukan cara merawat kucing liar agar nurut tidak agresif? Meskipun membutuhkan waktu, tetapi beberapa cara tersebut sangat efektif dan mudah untuk diterapkan oleh para pemula. Coba praktekkan dan ukur sendiri keberhasilannya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.