Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula

Cara Ternak Lovebird – Burung lovebird merupakan salah satu burung kicau yang memiliki beragam jenis dan warna yang indah dan menawan.

Inilah yang membuat banyak orang tertarik, bahkan tidak jarang para perempuan juga menyukai burung kicau satu ini. Selain itu suara yang khas memberikan daya tarik tersendiri hal itulah yang membuat cara ternak lovebird sangat dicari.

Beternak burung lovebird bisa menjadi salah satu hobi yang menghasilkan. Karena permintaanya yang besar maka daya jual beli jenis burung ini juga meningkat.

Beberapa diantaranya bahkan bernilai puluhan juta rupiah. Jenis burung ini cukup banyak ditangkarkan di Indonesia.

Kali ini akan dibahas bagaimana cara ternak lovebird untuk pemula. Sebelum lebih jauh mengenai cara beternak lovebird terlebih dahulu kita kenalan dulu yuk sama burung yang satu ini.Meskipun sudah banyak dikembangbiakan dan sudah popular dikalangan pecinta burung, ternyata burung bukan burung asli Indonesia.

Lovebird sendiri berasal dari Daratan Afrika yang sudah di banyak daerah seperti Namibia, Angola, Mozambik,, Kenya dan masih banyak daerah yang lain.

Cara Beternak Burung Lovebird

cara ternak lovebird sistem koloni
bandungkita.id

Banyak orang yang menyukai Jenis burung yang satu ini, namun tidak banyak dari mereka yang mengetahui cara ternak lovebird yang baik dan benar. Nah, bagi yang masih bingung, silahkan simak ulasan berikut ini :

1. Menyiapkan Kandang Burung Lovebird

beternak lovebird yang benar
faktualnews.co

Hal pertama yang wajib dilakukan oleh peternak pemula ialah menyiapkan sarananya terlebih dahulu. Hal ini meliputi kandang ternak lengkap dengan, sarang burung ( semacam rumah kecil untuk burung bertelur ), tempat makan dan minum, tangkringan burung dan bahan pembuat sarang seperti sisilan kayu.

Dengan sarana tersebut diharapkan burung merasa nyaman sehingga cepat untuk bertelur. Perlu diperhatikan ada dua jenis kandang yang sering digunakan oleh para peternak yakni kandang koloni dan kandang box.

2. Memilih Indukan

bagaimana cara ternak lovebird
beritabojonegoro.com

Cara ternak lovebird yang kedua yang juga tidak kalah penting yakni dalam hal memilih indukan burung.

Pastikan bahwa burung tersebut benar jantan dan betina membedakan jenis kelamin lovebird cenderung sulit, hal ini karena postur dan bentuknya secara fisik sama. Nah, berikut ini ciri- ciri yang membedakan jenis kelamin lovebird yang biasa digunakan para peternak Indonesia.

Ciri Lovebird Jantan

  • Bentuk paruh lovebird jantan lebih kecil dan cenderung runcing.
  • Lalu bentuk kepala pada jenis kelamin jantan lebih kecil dan cepak, begitu pula dengan bentuk badan juga cenderung terllihat kecil.
  • Bentuk ujung sayap jantan berbentuk menyilang atau menyatu.
  • Pada lovebird jantan lubang hidung berbentuk oval
  • Untuk membedakan jenis kelamin bisa juga dengan melhat bagian tulang pubis, pada jenis kelamin jantan cenderung kera dan sempit.
  • Posisi saat bertengger, pada lovebird jantan biasanya posisi kaki saat bertengger lebih rapat.

Ciri Lovebird Betina

  • Pada pada burung betina cenderung melengkung dan besar.
  • Posisi bertengger lovebird betina, sisi kaki lebar sehingga badannya terlihat rendah.
  • Bentuk lubang hidung juga bisa menjadi cara untuk membedakannya. Pada betina lubang hidup berbentuk bulat.
  • Bentuk sayap, pada betina bentuk sayapnya tidak saling menyatu atau berbentuk “ u “
  • Lalu bentuk kepala, pada burung betina bentuk kepalanya cenderung bulat dan besar.
  • Bentuk tulang pubis. Salah satu cara yang efektif ialah dengan melihat bentuk tulang pubisnya. Pada betina bentuknya cenderung elastis dan lebar.

3. Proses Perjodohan

bagaimana cara memelihara lovebird
lovebirdkonslet.blogspot.com

Setelah mengetahui jenis kelamin burung lovebird langkah selanjutnya ialah menjodohkan antara burung jantan dan betina. Harus diperhatikan usia burung yang sudah siap produksi ialah sekitar usia 7 bulan atau lebih.

Hal ini karena pada usia ini system reproduksi  burung sudah tertata dengan baik. Adapun cara menjodohkan burung ialah dengan saling menempelkan sangkar burung satu sama lain.

Ini dimaksudkan sebagai proses pengenalan agar burung bisa saling akrab. Jangan langsung mencampurkan burung langsung pada satu sangkar, karena apabila tidak berjodoh burung memicu perkelahian antar burung. Sehingga bisa terjadi hal yang tidak diinginkan seperti burung cacat.

Ciri burung yang sudah jodoh biasanya akan saling menempel satu sama lain. Selain itu tingkahnya seperti saling menyuapi pakan dan saling membelai satu sama lain. Apabila ditemukan ciri ini, kita bisa memasukan calon indukan burung ke dalam kandang.

4. Proses Berkembang Biak

cara memelihara indukan lovebird
jalaksuren.net

Setelah proses perjodohan selesai tahap selanjutnya ialah proses berkembang biak. Pada tahap ini asupan pakan saat berpengaruh untuk memberikan anakan yang baik dan sehat.

Selain itu pemberian vitamin juga sangat diperlukan untuk menambah stamina burung indukan. Selain pakan umum seperti milet putih, diperlukan juga extra fooding.

Para breeder biasanya memberikan tambahan sayur seperti diantaranya, sayur kangkung, tauge, wortel dan jagung muda. Pemberian pakan tambahan ini juga dapat menambah birahi burung lovebird. Sehingga indukan burung cepat bertelur.

5. Proses Pengeraman Telur

cara ternak lovebird josan
hobiburung.org

Tahap selanjutnya untuk ternak burung lovebird ialah proses pengeraman telur. Setelah proses pembiakan berhasil indukan ovebird akan bertelur. Umumnya induk betina bertelur sebanyak 3 sampai empat butir. Namun ada pula indukan yang bertelur lebih dari lima butir.

Proses pengeraman biasanya berlangsung sekitar 22 hingga 25 hari. Apabila dalam rentan waktu tersebut burung tidak juga menetas, bisa dilakukan pengecekan dengan meneropong telur tersebut.

Apakah berisi embrio atau zonk alias kopong. Apabila memang telurnya zonk, indukan lovebird bisa dikeluarkan dari kandang dan dilakukan proses penjemuran agar cepat bertelur lagi.

Ada beberapa faktor kenapa telur burung lovebird kosong. Diantaranya indukan kekurangan gizi pakan, perubahan cuaca extreme, salah memilih indukan.

Terkadang peternak pemula bingung, kenapa burungnya tidak pernah menetas. Hal ini bisa dikarenakan indukan berjenis kelamin betina semua. Terkadang ada karakteristik burung yang seperti ini namun telur tidak akan menetas.

6. Pemberian Makan Anakan Burung

cara ternak lovebird jodohan

Saat indukan sudah menetaskan anak perlu hal khusus yang harus dilakukan. Biasanya seorang peternak akan mengambil anakan burung dari sarang induknya di usia sekitar 2 minggu.

Hal ini dimaksudkan agar indukan lovebird bisa cepat berkembang lagi. Namun sebelumnya harus di keluarkan dari sangkar dan didiamkan selama kurang lebih 2  minggu. Agar indukan lebih siap sebelum dimasukan ke dalam kandang lagi.

Sebelum usia dua minggu anakan tersebut akan diloloh oleh induknya. Tugas kita adalah memberikan pakan jagung lebih banyak dan selalu mengganti air minum burung setiap hari. Agar indukan burung tetap sehat dan pakan tetap terjaga.

Baca Juga: Cara Beternak Puyuh Petelur Untuk Pemula yang Mudah Dipraktikkan

Jenis Kandang Yang digunakan Untuk Beternak Lovebird

cara ternak lovebird koloni agar cepat bertelur
youtube.com

Kandang merupakan kebutuhan penting untuk beternak lovebird. Pada umumnya terdapat dua jenis kandang yang sering digunakan para peternak lovebird. Masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini uraiannya lengkapnya :

1. Kandang Box Besi

Cara ternak lovebird yang pertama ialah menggunakan kandang besi. Biasanya ukuran yang digunakan idealnya 40 x 60 cm. keunggulan ternak dengan karena ini lebih mudah dalam pemantauan. Apabila ada burung yang sedang sakit akan lebih cepat terlihat.

Sedangkan kekurangannya ialah ruang gerak burung terasa sempit dan kurang leluasa. Kandang box dijual dengan harga Rp150.000. per pcs.

2. Jenis Kandang Koloni

Cara ternak lovebird kedua ialah menggunakan kandang koloni. Bentuk kandang ini lebih besar dari kandang box. Ukuran ideal untuk membuat kandang koloni ialah sekitar panjang 3 meter, lebar 1,5 meter dan tinggi 2 meter.

Ukuran ini dapat ditempati sekitar 10 pasang burung lovebird. Menggunakan kandang ini digadang – gadang lebih murah dibanding dengan kandang box.

Dengan total biaya sekitar 600 sudah dapat membuat kandang koloni. Keuntungan yang bisa didapat ialah ruang gerak burung lebih bebas, burung dengan gembira langsung berinteraksi dengan burung yang lain dalam satu kandang.

Dan kekurangannya ialah apabila terdapat satu burung yang sakit, maka dengan cepat akan menular kepada burung yang lain.

Cara ternak lovebird memang susah susah gampang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat sukses beternak burung kicau satu.

Melihat harga yang fantastis banyak orang berbondong – bondong untuk memeliharanya. Tidak hanya sebagai burung kicau untuk lomba, ternyata burung lovebird salah satu burung pintar yang bisa dilatih sebagai burung sirkus.

Apakah anda masih ragu untuk ternak burung lovebird?  Dengan menyimak ulasan di atas diharapkan dapat menambah pengetahuan baru mengenai burung lovebird. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Cara Ternak Lovebird

Categories Info

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.