Cara Ternak Parkit Di Kandang Kecil yang Hemat Budget

CARA TERNAK PARKIT DI KANDANG KECIL – Bagi yang menyukai budidaya unggas khususnya parkit, beternak di kandang yang kecil menjadi pilihan alternative untuk memangkas biaya. Hal tersebut sering digunakan juga bagi mereka yang melakukan wirausaha di bidang ternak parkit.

Burung parkit sendiri menjadi salah satu pilihan unggas yang sering diternak. Karena parkit sendiri mempunyai keunikan tersendiri diantaranya adalah dari sisi warna dan suaranya. Bagi yang ingin memelihara burung parkit, berikut ini adalah cara ternak parkit di kandang kecil yang sangat mudah dilakukan.

Cara Ternak Parkit di Kandang Kecil

1. Pastikan Parkit Sejodoh

Pastikan Parkit Sejodoh Untuk Beternak
thesprucepets.com

Cara ternak parkit di kandang kecil yang pertama adalah memastikan parkit sejodoh. Untuk mengetahui apakah parkit sejodoh atau tidak adalah dengan cara menyiapkan kandang yang berukuran kecil. Hal tersebut bertujuan untuk mendekatkan parkit jantan dan parkit betina di dalam kandang.

Amati kedua parkit tersebut apakah cocok disatukan atau tidak. Apabila ke dua parkit memberikan tanda saling membersihkan bulu masing-masing sudah dipastikan bahwa parkit tersebut berjodoh.

2. Siapkan Kandang Parkit dengan Ukuran Secukupnya

Siapkan Kandang Parkit dengan Ukuran Secukupnya Untuk Budidaya
news5cleveland.com

Setelah mengetahui parkit berjodoh, cara ternak parkit selanjutnya adalah menyiapkan kandang parkit dengan ukuran secukupnya. Ukuran kandang parkit sendiri bisa dibuat dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil yakni sekitar 45x45x75 cm.

Ukuran tersebut merupakan ukuran kandang yang ideal dan tidak memakan banyak uang. Dengan modal yang tidak banyak, maka kandang ideal untuk parkit pun bisa langsung digunakan untuk tempat tinggal parkit.

3. Siapkan Glodok dan Sarang

Siapkan Glodok dan Sarang Ternak Parkit
republikparkit.blogspot.com

Selain ke dua cara di atas, untuk ternak parkit di kandang kecil selanjutnya adalah dengan menyiapkan glodok dan sarang. Cara tersebut merupakan salah satu cara agar parkit bisa benar-benar berkembang.

Sedangkan sarang sendiri berguna untuk membuat parkit serasa hidup di alam bebas, yang mana sudah banyak diketahui apabila parkit sendiri senang hidup di alam bebas.

Untuk mendapatkan glodog sendiri tidaklah susah, yakni cukup membelinya di tempat penjualan burung. Atau untuk memangkas biaya sendiri bisa membuatnya sendiri dengan batok kelapa, kardus, atau dengan menggunakan ember bekas. Dengan biaya yang sangat terjangkau, lagi-lagi parkit pun sudah bisa dibudidayakan.

4. Pahami Masa Kawin Parkit

Pahami Masa Kawin Parkit Untuk Beternak
emborapets.com

Memahami masa kawin parkit menjadi salah satu cara ternak parkit selanjutnya. Pada umumnya, parkit akan melakukan perkembangbiakan sampai beberapa kali sampai parkit betina benar-benar bertelur.

Dalam satu ekor parkit betina, biasanya ia mampu menghasilkan 4 sampai 8 butir telur. Namun tidak dapat dipungkiri, parkit betina sendiri mampu menghasilkan 10 butir dalam perkembangbiakkannya.

Sedangkan untuk masa pengeraman sendiri burung parkit membutuhkan waktu antara 20 sampai 25 hari. Pada masa pengeraman sendiri, parkit betina akan lebih agresif dari biasanya. Terlebih apabila mereka sering didekati oleh orang lain, maka dari itu pada masa pengeraman biasanya burung parkit sering mengurung di glodog.

5. Letakkan Kandang Di Tempat Yang Nyaman

Letakkan Kandang Di Tempat Yang Nyaman Untuk Budidaya Burung Parkit
reddit.com

Selain membuat kandang yang berukuran ideal, penempatan kandang pun usahakan diletakkan di tempat yang nyaman. Peletakkan kandang yang nyaman berfungsi untuk menjaga kesehatan induk dan anak-anaknya, selain itu kandang yang nyaman mampu menghindarkan parkit dari stress.

Sedangkan tempat yang paling strategis untuk peletakkan kandang sendiri adalah di tempat yang suasananya tenang serta jauh dari suara bising seperti mesin kendaraan dan suara keras lainnya yang mampu membuat parkit terganggu.

6. Berikan Minuman Yang Berkualitas

Berikan Minuman Yang Berkualitas Untuk Ternak Parkit
parakeethome.com

cara ternak parkit di kandang kecil yang selanjutnya adalah memberikan parkit minuman yang berkualitas. Minuman berkualitas sendiri merupakan air bersih dengan wadah yang higenis pula.

Usahakan pula untuk mengganti air minum parkit secara rutin, karena jika air tidak diganti maka akan menimbulkan nyamuk serta mengakibatkan burung lebih cepat sakit. Maka dari itu, selain memberikan minuman yang berkualitas pastikan juga untuk mengganti air secara rutin.

7. Berikan Sotong Atau Bata Merah

Berikan Sotong Atau Bata Merah Saat Budidaya
homekeethome.com

Berikan parkit sotong atau bata merah di dalam kandang parkit. Pemberian sotong atau bata merah sendiri berguna untuk melatih paruh dari burung parkit itu sendiri agar lebih kuat. Sotong atau bata merah sendiri akan dicucuki oleh paruh mereka sendiri.

Seringnya mencucuki sotong atau bata merah, maka paruh dari burung parkit pun akan lebih kuat. Cara ini merupakan salah satu cara ternak parkit di kandang kecil yang sering dilakukan oleh para budidaya parkit.

8. Menjaga Kebersihan Kandang Parkit

Menjaga Kebersihan Kandang Parkit Untuk Beternak
wallpaperflare.com

Cara ternak parkit di kandang kecil yang selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan dari kandang parkit itu sendiri. Kandang parkit harus senantiasa bersih, selain untuk membuat parkit merasa nyaman tentunya untuk kesehatan parkit itu sendiri.

Terlebih apabila parkit sudah mulai anakan, kandang parkit harus senantiasa bersih. Maka dari itu, rutinlah untuk membersihkan kandang parkit agar parkit merasa nyaman dan senantiasa tetap sehat.

9. Berikan Pakan yang Pas dan Cocok Untuk Parkit

Berikan Pakan yang Pas dan Cocok Untuk Parkit Untuk Ternak
parakeethome.com

Selain ke delapan cara di atas, cara merawat burung parkit di kandang yang kecil selanjutnya adalah memberikan pakan yang pas dan cocok untuk parkit. Selain biji-bijian, berikan juga parkit berupa sayuran dan buah-buahan.

Untuk menambah kesehatan parkit sendiri bisa diberi asupan gizi tambahan seperti vitamin k dan vitamin E yang bisa didapatkan pada suplemen bird nature. Dengan pemberian pakan yang pas dan cocok, maka ternak parkit pun akan semakin mudah dan mudah sekali dalam berkembangbiaknya.

Baca Juga: Harga Burung Parkit, Jenis Serta Tips Membeli dan Merawatnya

10. Mandikan Parkit Secara Rutin

Mandikan Parkit Secara Rutin Saat Budidaya
commons.wikimedia.org

Cara ternak parkit selanjutnya adalah memandikan parkit secara rutin. Parkit yang dimandikan secara rutin tentunya harus senantiasa diperhatikan. Hal tersebut berguna untuk kesehatan serta kebersihan dari parkit itu sendiri.

Maka dari itu, pastikan untuk memandikan parkit secara rutin minimal 3 kali sehari. Dengan begitu, maka parkit pun akan tumbuh dengan sehat dan bersih.

11. Tempatkan Kandang Pada Tempat yang Mempunyai Sirkulasi Udara Yang Bagus

Tempatkan Kandang Burung Parkit Pada Tempat yang Mempunyai Sirkulasi Udara Yang Bagus
flickr.com

Meskipun parkit di ternak pada kandang yang kecil, namun penempatan kandang sendiri harus diperhatikan. Tempatkanlah kandang pada tempat yang mempunyai sirkulasi udara yang bagus. Karena sirkulasi udara yang bagus akan mendukung proses ternak dari parkit itu sendiri.

Sedangkan apabila parkit ditempatkan di tempat yang tidak mempunyai sirkulasi udara yang kurang bagus, maka ia akan mengalami sakit-sakitan. Maka dari itu, pastikan tempat kandang parkit sendiri senantiasa di tempat yang mempunyai sirkulasi udara yang bagus.

12. Menentukan Perbedaan Parkit Jantan dan Betina

Menentukan Perbedaan Parkit Jantan dan Betina Saat Ternak
animals.mom.me

Cara ternak parkit di kandang kecil yang paling penting adalah menentukan perbedaan antara parkit jantan dan betina. Cara ini merupakan salah satu cara yang harus dilakukan dengan benar bagi yang ingin beternak burung parkit itu sendiri.

Karena jika salah membedakan antara parkit jantan dan betina, maka proses ternak ke depan pun tidak akan berjalan alias gagal.

Perbedaan antara parkit jantan dan betina sendiri bisa diketahui melalui warna lubang paruhnya. Apabila warna lubang paruh parkit berwarna biru, maka sudah dipastikan parkit tersebut berkelamin jantan.

Sedangkan apabila lubang paruh parkit berwarna putih, maka parkit tersebut berkelamin betina. Maka dari itu, pastikan sebelum beternak parkit lebih jauh, ketahuilah terlebih dahulu perbedaan jenis kelamin dari burung parkit itu sendiri.

Itulah cara ternak parkit di kandang kecil yang bisa dilakukan sendiri dengan budget yang tidak menguras kantong. Dengan melakukan cara-cara di atas, maka ternak parkit pun akan berhasil. Terlebih jika cara-cara di atas dilakukan dengan benar dan tepat.

CARA TERNAK PARKIT DI KANDANG KECIL

Categories Burung

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.