Ciri-Ciri Ayam Birma yang Harus Diketahui Sebelum Membeli

Ayam Birma adalah unggas yang mulai diternakkan di Indonesia. Hal ini disebabkan daya jual yang sangat tinggi. Agar tidak salah ketika memilih unggas satu ini, berikut dijelaskan ciri-ciri ayam Birma. Ini dia ulasannya:

1. Gerakannya Gesit dan Lincah

Ayam Birma adalah unggas yang memiliki gerakan gesit dan lincah. Bahkan ia bisa pindah posisi dengan cepat. Hal ini disebabkan postur tubuh yang ringan dan ramping.

Keunggulan ini yang membuat ayam Birma ditakuti lawannya. Pergerakan yang aktif membuat ayam ini mudah mengelak dari serangan. Maka dari itu, sampai saat ini ayam Birma masih menjadi incaran kolektor.

Alasan ini pula yang membuat Ayam Birma mahal. Karena ayam ini memiliki teknik duel yang bagus. Namun untuk memeliharanya butuh ketelatenan karena hewan aktif bergerak.

2. Warna Kaki Lebih Gelap

Bentuk kaki ayam Birma dengan ayam lain tidak ada perbedaan. Yang berbeda hanya warnanya saja. Kaki ayam Birma lebih gelap dibandingkan ayam jago lain.

Maka dari itu, jika ingin membeli ayam Birma lihat warna kakinya. Jika terlihat lebih gelap dari ayam kebanyakan berarti itu ayam Birma asli. Karena saat ini banyak ayam jago biasa dianggap Birma.

Ciri-ciri ini tidak mungkin salah karena semua ayam Birma memilikinya. Baik yang asli maupun hasil kawin silang. Maka dari itu, ciri kaki lebih gelap adalah tanda permanen ayam Birma.

3. Memiliki Bobot Tubuh Yang Ringan

Ayam Birma tidak memiliki ukuran tubuh yang besar dan tinggi. Perawakan tambun juga tidak menjadi ciri khasnya. Justru ayam jago ini memiliki tubuh kecil dan ramping bahkan terkesan sangat kurus.

Karena kondisi tubuh semacam ini ayam Birma memiliki berat yang sangat ringan. Birma dewasa beratnya hanya 2 kg sampai 2.5 kg saja. Sangat ringan untuk ukuran ayam jago.

Dengan tubuh seringan ini ayam Birma bisa bergerak cepat. Bahkan pergerakannya ketika mengelak seakan si ayam sedang terbang. Makanya ayam berukuran besar sekalipun tidak berani mengganggunya.

Karena ukuran ini pula ayam Birma sulit dijinakkan. Bahkan menangkapnya saja susah karena gerakannya sangat ringan.

4. Memiliki Tatapan Mata Tajam

Ciri-ciri ayam Birma yang ke empat adalah memiliki tatapan mata tajam. Kondisi ini yang membuat ayam Birma terlihat menakutkan. Layak kalau ayam ini disebut ayam jago sejati yang siap bertarung dengan ayam manapun.

Pandangan tajam ini disebabkan bentuk mata sipit dan ujungnya lancip. Sehingga terkesan ada cekungan yang terlihat ke permukaan. Dengan kondisi mata semacam ini, sekalipun tidak ada lawan ayam Birma tetap terlihat melotot dan marah.

Sekalipun menakutkan pandangan mata semacam ini juga menimbulkan kesan wibawa. Yang juga menjadi pertanda kalau ayam lain tidak boleh mengganggunya.

5. Tulang Kakinya Tipis dan Lemah

Ciri-ciri ayam Birma selanjutnya yang juga menjadi kelemahannya adalah memiliki tulang kaki tipis dan lemah. Maka dari itu, ayam ini berusaha menjaga wilayah tersebut jika bertarung.

Sekalipun begitu kakinya lentur sehingga tetap menyakitkan ketika memberikan pukulan. Memang risikonya adalah kaki mudah patah apalagi ketika salah berdiri.

Tanda-tanda ini yang membuat ayam sangar ini tidak mudah berkelahi. Ia akan menghindar jika ada ayam lebih besar mengganggunya kecuali terpaksa. Selain itu, ia tidak langsung melakukan serangan kecuali beringsut ke segala arah untuk mencari posisi terbaik.

Karena hal ini ada yang mengatakan ayam Birma adalah ayam jago penakut. Karena sejatinya hewan unggas ini tidak suka berkelahi.

6. Memiliki Sisik Kecil Di Sekujur Kaki

Jika ayam jago lain memiliki sisik bertekstur kasar di kaki ayam Birma malah memiliki sisik kecil. Bahkan jika diraba terasa lebih halus dibandingkan sisik jenis ayam lain.

Sisik ini menyebar di seluruh kaki. Sama dengan yang dimiliki ayam kampung. Namun untuk membedakannya pastikan ayam yang dipilih memiliki sisik lebih halus dan lebih kecil. Ini menjadi ciri-ciri ayam Birma permanen selain warna kaki yang gelap.

Karena tanda-tanda ini kaki ayam terlihat bersih. Warna kuning gelapnya terlihat kontras dengan bulu yang gelap. Sehingga ketika berjalan ayam Birma terlihat anggun.

7. Memiliki Bulu Lebih Tebal Dibandingkan Ayam Jago Biasa

Ayam Birma memiliki bulu lebih tebal dibanding ayam jago lain. Maka dari itu, ayam ini terlihat gagah padahal postur aslinya kecil dan kurus. Maka dari itu, jika melihat kondisi bulu ayam Birma layak disebut petarung.

Dengan bulu yang tebal ayam ini terlihat berpostur besar. Jika mendapatkan ayam Birma yang tinggi maka ayam ini tidak berbeda dengan ayam jago biasa. Bukan tidak mungkin ayam jago petarung yang spesial sekalipun tidak berani menghadapinya.

Selain itu dengan ciri-ciri ini ayam Birma terlihat lebih cantik dan menggemaskan. Bahkan pemiliknya tidak akan berhenti mengusap bulu-bulunya yang tebal dan halus. Bukan tidak mungkin ayam ini tidak dijadikan petarung saking indahnya.

8. Bentuk Kepala Seperti Ayam Kampung Tetapi Lebih Kecil

Ciri-ciri ayam Birma yang ke delapan adalah memiliki ukuran kepala kecil. Bahkan lebih kecil dari ayam kampung. Jika dilihat sekilas raut wajah ayam Birma seperti garis lurus tanpa lekuk. Hal ini yang membuat ayam Burma lebih mudah mengelak.

Selain itu ukuran kepala tersebut membuatnya mudah melakukan penjagaan dari serangan lawan. Namun sayang dengan ukuran kepala yang tidak sesuai bentuk tubuh ayam Birma terlihat tidak jumawa.

Apalagi bulu di lehernya juga tidak setebal di bagian badannya. Sehingga ayam Birma terlihat tambun di tubuh tetapi ramping di bagian atas.

9. Jari-jarinya Kecil Tetapi Tumbuh Memanjang

Ayam Birma asli memiliki jari-jari kecil yang panjang. Bahkan jari ayam Birma dianggap paling lentik diantara ayam jago jenis lain.

Sekalipun terkesan lentur jari-jari ini yang menjadi senjata ketika menyerang. Ia bisa memberikan pukulan menyakitkan sekaligus jangkauan yang panjang.

Apalagi dipadu dengan taji yang kokoh tentu tidak ada ayam seukurannya yang berani mengganggu. Maka dari itu, ayam Birma tidak layak diadu karena memiliki pukulan berbahaya bahkan mematikan.

Pemilik pun harus berhati-hati ketika memelihara. Jangan sampai terkena hantamannya. Jika terkena mata bisa menimbulkan kebutaan.

10. Memiliki Warna Bulu Yang Acak

Yang terakhir yang menjadi ciri-ciri ayam Birma adalah memiliki warna bulu acak. Jika sebagian besar ayam jago memiliki gradasi 2-3 warna, ayam Birma memiliki perpaduan warna lebih banyak.

Sekalipun begitu penempatan warna yang bagus tidak membuat hewan terkesan norak. Karena warna dominan tetap hitam dan abu-abu. Maka dari itu, ayam Birma tetap terlihat seperti ayam jago yang gagah.

Ciri-ciri ini pula yang membuat orang berani membayar mahal untuk ayam Birma. Karena tidak hanya perawakannya yang perkasa bulunya saja terlihat menakjubkan. Makanya ayam Birma layak dipelihara dan dirawat dengan baik.

Ciri-ciri ayam Birma yang dijelaskan di atas bisa dijadikan pedoman untuk membeli unggas. Karena jika salah pilih, bisa-bisa mendapatkan ayam Birma palsu.

Categories Burung

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.