Ciri-Ciri Jalak Kebo Jantan Masih Muda yang Harus Diketahui

Ciri-Ciri Jalak Kebo Jantan Masih Muda – Banyak pemelihara burung yang memilih untuk memelihara burung berwarna hitam yang satu ini. Alasan mereka memelihara burung jalak kebo ini karena perawatannya yang cukup mudah.

Bagi yang ingin memelihara jalak kebo, ada yang harus diperhatikan yaitu ciri-ciri jalak kebo jantan masih muda. Berikut di bawah ini adalah ciri-cirinya. 

Ciri-Ciri Jalak Kebo Jantan Masih Muda

1. Bentuk Paruh 

Bentuk Paruh Jalak Kebo Jantan

Burung jalak kebo jantan yang masih muda ini tentu memiliki bentuk paruh yang lebih kokoh, panjang, dan tebal. Jika menemukan jalak kebo yang paruhnya terlihat lebih tipis dan pendek, itu berarti jalak kebo yang didapat adalah jalak kebo betina. Tidak hanya dari bentuk, warna paruh juga mempengaruhi perbedaan kelamin burung. 

Paruh yang dimiliki jalak kebo jantan muda ini jika dipegang akan terasa lebih basah dibandingkan yang betina. Bagian yang basah tersebut lebih tepatnya pada pangkal mulut. Warna paruh jalak kebo jantan justru lebih muda dari segi warna. Hal ini tentu menjadi penanda bagi yang ingin memelihara jalak kebo jantan yang masih muda. 

2. Bentuk Kepala 

Bentuk Kepala Jalak Kebo Jantan

Sedikit tips untuk yang ingin memelihara burung jalak kebo, makanan yang diberikan kepada burung ini jauh lebih mudah. Sediakan makanan berupa serangga, pepaya, jangkrik, kroto, maupun ulat hongkong. Makanan jalak kebo ini tidak mahal serta mudah untuk didapatkan di berbagai toko-toko penjual pakan burung dan unggas. 

Kembali kepada ciri-ciri jalak kebo jantan masih muda, burung ini yang masih muda memiliki bentuk kepala yang cukup membedakan antara jantan dan betina. Burung yang jantan memiliki bentuk kepala yang lebih kotak. Untuk yang betina, kepala burung memiliki bentuk yang sedikit bulat sehingga bisa dibedakan dengan mudah. 

3. Bentuk Tubuh 

Bentuk Tubuh Jalak Kebo Jantan

Jalak kebo merupakan nama yang diberikan oleh orang-orang kepada burung ini karena burung jalak ini selalu bertengger pada tubuh kerbau.

Kerbau dan burung jalak ini juga menjadi sebuah bentuk simbiosis mutualisme atau hubungan yang saling menguntungkan. Burung jalak kebo yang jantan memiliki bentuk tubuh yang panjang dan lebih besar. 

Ketika dipegang, burung ini akan terasa lebih berat dan berisi. Berbeda jika dibandingkan yang betina, tubuhnya jauh lebih ringan dan pendek. Hal tersebut mampu membuat orang yang ingin memelihara burung jalak kebo bisa membedakan mana burung jalak kebo yang jantan dan mana yang betina. 

4. Kloaka

Kloaka Jalak Kebo Jantan

Istilah ini memang terdengar asing bagi sebagian orang awam terutama bagi yang baru memelihara burung jalak. Kloaka adalah saluran pembuangan feses dan urin yang umumnya dimiliki oleh reptil, amfibi, dan unggas termasuk juga burung. Pada burung jalak kebo jantan terutama yang muda, bentuk kloaka ini jika dilihat akan menonjol. 

Bentuk tonjolan kloaka yang dimiliki oleh jalak kebo ini memiliki bentuk yang sedikit mengerucut dengan bulu yang sedikit. Pada burung yang betina, kloaka malah tidak menonjol seperti yang jantan. Bulu yang ada pada kloaka justru malah lebih banyak. Ini menandakan bahwa burung yang jantan bisa dibedakan dari bentuk kloakanya. 

5. Bentuk Kaki 

Bentuk Kaki Jalak Kebo Jantan

Burung jalak kebo yang jantan terutama yang tua memiliki sisik sehingga pada burung jalak kebo jantan yang muda kakinya bersih tanpa sisik. Selain itu, warna kaki pada burung ini seperti ada tekstur basah dengan warna yang muda. Perhatikan jika penjual burung jalak menawarkan burung muda namun kakinya tidak basah. 

Selain pada warna kakinya, corak kaki dari burung jalak kebo jantan muda masih bersih sehingga perlu diwaspadai jika terdapat corak kaki pada burung. Bisa jadi burung jalak tersebut merupakan jalak kebo yang sudah tua. Untuk detail dari warna burung jalak kebo yang muda ini berwarna kuning muda. 

Baca Juga: Cara Mengobati Katarak Pada Burung Agar Tidak Semakin Parah

6. Sifat Burung 

Sifat Burung Jalak Kebo Jantan

Salah satu yang terkenal dari burung ini adalah kepintarannya yang mana dapat membuat pemiliknya takjub akan burung ini. Beberapa kata yang diucapkan manusia bisa ditiru oleh burung jalak kebo ini. Hal tersebut membuat burung jalak kebo ini sering dijadikan masteran untuk burung lain baik direkam atau dipelihara secara langsung. 

Ciri-ciri jalak kebo jantan masih muda juga bisa diperhatikan dari sifat burung jalak tersebut yang mana lebih aktif daripada yang betina. Burung jalak kebo jantan yang masih muda umumnya lebih sering berkicau dan bergerak. Jika mendapatkan yang kurang aktif bersuara bisa jadi burung jalak yang didapat adalah burung jalak kebo betina. 

7. Bentuk Kuku 

Bentuk Kuku Jalak Kebo Jantan

Perhatikan kuku kaki dari burung jalak ketika membeli dari pedagang. Burung jalak kebo jantan terutama yang muda memiliki kuku kaki yang pendek. Hal tersebut tidak mutlak karena umumnya burung jalak kebo yang dewasa bisa juga memiliki kuku yang pendek. Kuku yang pendek tersebut didapatkan jika rajin dipotong oleh pemiliknya. 

8. Kicauan Burung 

Kicauan Burung Jalak Kebo Jantan

Meskipun burung jalak kebo jantan muda lebih sering berkicau, akan tetapi kicauan burung yang muda ini berbeda dengan yang tua. Perbedaannya adalah kicauan burungnya kurang terdengar. Justru suara dari kedua kaki yang dipegang akan lebih terdengar. Tidak hanya pada kakinya, tubuhnya digerakkan juga terdengar bunyi. 

Ketika bunyi yang dipegang dari bagian tubuh tersebut terdengar keras, maka jalak kebo jantan yang muda tersebut bisa dilatih menjadi burung kicau. Burung jalak kebo yang seperti itu dapat dilombakan ketika sudah dewasa dan dapat menjadi penghasilan tambahan jika memenangkan lomba burung berkicau. 

9. Postur Burung 

Kicauan Burung  Jalak Kebo Jantan

Banyak orang yang memelihara burung ini karena ukuran tubuhnya yang sekitaran 25 sentimeter. Burung ini di habitat aslinya hidup bergerombol dalam kumpulan yang kecil sekitar empat sampai enam ekor saja. Habitat asli dari burung ini tersebar di bagian Asia terutama di bagian barat Indonesia. 

Artikel Terkait: Harga Burung Jalak Berbagai Jenis

Masih membahas ciri-ciri burung jalak kebo jantan masih muda, jenis burung yang satu ini bisa diperhatikan dari segi postur tubuhnya. Jika postur tubuhnya dapat berdiri tegap maka hal tersebut termasuk ke dalam bentuk burung jalak kebo yang masih muda. Tidak hanya itu, burung jalak kebo yang masih muda juga masih bisa bertengadah dengan baik. 

10. Warna Tubuh 

Warna Tubuh Jalak Kebo Jantan

Dominan warna dari burung jalak kebo ini adalah ungu cenderung ke hitam atau warna hitam. Tidak hanya itu, bercak putih yang ada pada tubuhnya ketika terbang menjadikan burung ini terlihat cantik.

Warna putih sendiri juga akan terlihat pada tunggir dan ekor dari burung jalak kebo ini. Untuk warna burung jalak yang masih muda akan berbeda lagi. 

Warna bulu yang dimiliki burung jalak kebo jantan muda akan lebih condong ke warna coklat. Iris yang berwarna jingga bisa diperhatikan dari burung yang masih muda. Itulah mengapa burung ini mudah untuk dipelihara dan dibedakan dari yang jantan dan betina. 

Burung jalak kebo merupakan burung yang dapat dipelihara dengan mudah. Keunikan dari burung ini adalah dapat menirukan kata-kata yang diucapkan manusia. Selain itu burung ini juga memiliki bentuk tubuh yang bisa dibedakan antara yang jantan dan betina. Untuk membedakannya bisa dilihat dari ciri-ciri jalak kebo jantan masih muda di atas.

Ciri-Ciri Jalak Kebo Jantan Masih Muda 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.