Ciri Ciri Jalak Nias Jantan

70 View

Ciri Ciri Jalak Nias Jantan – Burung jalak nias merupakan salah satu burung endemik yang cantik. Jenis burung ini secara spesifik hanya bisa ditemukan di negara Indonesia saja. Ciri ciri jalak nias jantan banyak dicari dan dipelajari. 

Hal ini karena jenis burung ini memiliki karakteristik yang hampir sama antara yang betina dan jantan. Selain itu, bagi para penggemar burung cantik burung jalak nias yang jantan lebih diminati daripada yang berjenis kelamin betina. 

Karena jenis burung ini yang berkelamin jantan dikenal dengan suaranya yang indah dengan keragaman variasi. Selain itu, tampilannya juga cantik dan gagah dengan variasi warna coklat, kuning, dan hitam. 

Tentang Burung Jalak Nias 

Ciri Ciri Jalak Nias Jantan

Sebelum mencari tahu mengenai ciri ciri jalak nias jantan apalagi jika ingin bisa membedakannya dengan burung jalak nias yang betina. Maka, ada baiknya untuk mengetahui mengenai spesies burung jalak nias itu sendiri lebih dahulu. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, burung jalak nias merupakan salah satu burung endemik yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Sesuai dengan namanya pula, burung jalak ini secara khusus ditemukan di daerah Kepulauan Nias. 

Burung ini memiliki nama ilmiah Acridotheres Cristatellus. Burung ini cukup familiar di masyarakat sebagai burung kicau. Terutama, yang berjenis kelamin jantan karena dikenal memiliki suara yang unik. 

Walaupun sebagai burung kicau, sepertinya jalak nias masih kalah pamor jika dibandingkan dengan jenis burung jalak lainnya. Misalnya saja, dengan jalak kebo dan jalak suren. Namun, jenis burung ini memiliki penggemarnya sendiri. 

Apalagi, karena burung jalak satu ini memiliki tampilan bulu yang terbilang cantik. Hal ini membuat burung ini tidak hanya dijadikan sebagai burung kicau saja. Namun juga, burung hiasan atau burung masteran untuk penangkaran. 

Dalam membahas mengenai ciri burung jalak nias jantan dan perbedaannya dengan yang betina. Perlu diketahui bahwa burung satu ini termasuk ke jenis monomorfik. Hal ini yang membuat antara betina dan jantannya sangat sulit untuk dibedakan. 

BACA JUGA:  Harga Burung Trucuk

Karena, hampir tidak ada perbedaan yang signifikan di antara keduanya. Apalagi, jika hanya dilihat dari fisik dan sekilas saja. 

Ciri Ciri Jalak Nias Jantan yang Dapat Diperhatikan 

Ciri Ciri Jalak Nias Jantan yang Dapat Diperhatikan 

Membedakan ciri ciri jalak nias jantan memang terbilang hal yang sulit. Karena seperti yang disebutkan sebelumnya. Burung jalak nias ini termasuk ke dalam jenis monomorfik, namun bukan berarti antara jantan dan betinanya tidak bisa dibedakan sama sekali. 

Walaupun memiliki banyak kesamaan di fitur fisiknya. Namun, jika diperhatikan dengan seksama. Pastinya para penggemar burung ini bisa mengetahui ciri khusus pada jalak nias yang jantan. 

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah berbagai ciri yang bisa diperhatikan pada burung Jalak Nias untuk mengetahui burung tersebut jantan atau betina: 

1. Ukuran Tubuh 

Ciri yang paling mudah dibedakan dan sering terlihat dari burung jalak nias jantan dan betina adalah dari ukuran tubuhnya. Ukuran tubuh dari burung jalak nias betina selalu lebih besar jika dibandingkan dengan burung jalak nias yang betina. 

Bentuk tubuhnya juga memiliki kesan yang lebih menggembung. Jika disandingkan antara dua burung jalak nias yang rentang usianya tidak jauh. Maka, bisa dipastikan bahwa yang tubuhnya terlihat lebih besar merupakan burung jalak nias yang berjenis kelamin jantan. 

Ciri ini tidak efektif, jika saja ada perbedaan umur yang jauh antara burung jalak nias yang dibandingkan. Karena secara otomatis, burung yang lebih tua akan terlihat lebih besar karena memiliki lebih banyak nutrisi. 

2. Bentuk Kepala 

Ciri ciri jalak nias jantan yang bisa diperhatikan berikutnya adalah dari bentuk kepala. Bentuk kepala dari burung jalak nias jantan lebih cenderung pipih. Berbeda pada burung jalak nias betina yang biasanya cenderung bundar dan agak menggembung. 

Tidak hanya itu, pada burung jalak nias jantan biasanya ada jambul sedikit di bagian atas kepalanya. Namun, sebenarnya ciri ini tidak selalu ada pada semua burung jalak nias. Jadi, agak sulit untuk dijadikan patokan untuk membedakan jenis kelamin burung. 

Warna dari jambul ini biasanya mengikuti warna bulu sekitar mata yaitu kuning atau lebih sering mengikuti warna bulu kepala yaitu hitam. Namun, tidak jarang ada yang berwarna putih juga. 

BACA JUGA:  Harga Cucak Biru

3. Bunyi Kicauan 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa Burung Jalak Nias merupakan jenis burung yang cukup digemari karena bunyi kicauannya. Terutama, kicauan burung jalak nias yang berjenis kelamin jantan. 

Bunyi kicauan dari burung jalak nias jantan biasanya terdengar lebih merdu dan bagus dibandingkan dengan yang betina. Selain itu, kicauan burung jalak jantan biasanya lebih panjang dibandingkan yang betina. 

Tidak hanya itu, burung jalak nias yang jantan memiliki ciri khas di mana mereka selalu menganggukan kepalanya ketika bernyanyi agar bisa menghasilkan suara yang lebih panjang. 

Baca Juga:

4. Warna Bulu 

Ciri ciri jalak nias jantan selanjutnya yang akan dibahas adalah dari warna bulunya. Sebenarnya, karena termasuk ke dalam monomorfik variasi warna bulu antara betina dan jantannya tidak terlalu banyak perbedaan. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kombinasi warna bulu pada jenis burung ini umumnya adalah warna coklat, hitam, putih, dan kuning. Namun, pada burung jalak nias yang jantan warna tubuh akan terlihat lebih cerah dibandingkan dengan yang betina. 

Tidak hanya itu saja, ada kesan mengkilap pada warna bulu burung jalak nias yang jantan. Sedangkan, pada yang betina warna terlihat lebih dalam dengan kesan yang lebih mate pada warnanya. 

5. Bentuk dari Paruh 

Bentuk paruh juga bisa diperhatikan untuk membedakan antara burung jalak nias yang jantan dan burung jalak nias yang betina. Burung jalak nias umumnya memiliki bentuk paruh yang panjang. 

Pada burung jalak nias yang jantan, biasanya ukurannya lebih panjang dibandingkan yang betina. Tidak hanya itu, warnanya pun menjadi kekuningan menyesuaikan dengan warna bulu yang ada di sekitar mata burung. 

Bentuk paruh ini ideal bagi burung jalak nias yang memang merupakan pemakan biji bijian. 

6. Tampilan Alat Kelamin 

Jika diperhatikan seksama pada bagian bawah burung. Para penggemar burung akan menyadari bahwa pada burung jalak nias yang jantan akan terlihat alat kelaminnya yang agak menonjol di antara kedua kaki. 

BACA JUGA:  Harga Burung Gagak

Hal ini tidak akan ditemukan pada burung jalak nias yang berjenis kelamin perempuan. Namun, untuk memastikan hal ini para penggemar burung tidak hanya bisa melihat saja. Akan tetapi dapat memegang dan meraba langsung bagian bawah burung jalak nias. 

Jika memang terasa agak menonjol maka bisa dipastikan bahwa barang tersebut merupakan burung jantan. Jika terasa rata, maka burung jalak nias tersebut merupakan burung yang berjenis kelamin betina. 

Dengan mengetahui ciri ciri jalak nias jantan dan poin untuk membedakannya dengan betina. Para penggemar burung akan menjadi semakin mudah untuk membedakan burung jalak nias. Apalagi, jika ada maksud untuk memelihara maka informasi di atas sangat penting. 

Ciri Ciri Jalak Nias Jantan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.