Ciri-Ciri Kelinci Hamil Muda dan Tips Perawatannya Agar Tetap Sehat

CIRI-CIRI KELINCI HAMIL MUDA – Beternak kelinci menjadi salah satu pilihan yang dilakukan banyak orang baik untuk sekedar menyalurkan hobi maupun bisnis. Hal ini tentu saja karena kelinci merupakan salah satu hewan yang sangat produktif karena memiliki siklus melahirkan sebanyak 5 kali dalam setahun.

Selain itu dalam sekali melahirkan, induk kelinci menghasilkan 3 hingga 15 ekor anak kelinci. Untuk masa kehamilannya sendiri hanya berlangsung selama 1 bulan dan bisa dikawinkan lagi setelah 15 hari dari waktu melahirkan.

Berikut uraian mengenai ciri-ciri kelinci hamil muda dan tips perawatannya agar tetap sehat selama masa kehamilan.

Ciri-Ciri Kelinci Hamil Muda

Ciri-Ciri Kelinci Hamil Muda
dcist.com

Mendeteksi kehamilan pada hewan terutama kelinci cukup mudah untuk dilakukan. Berbagai perubahan perilaku hingga fisik pada kelinci akan menunjukkan bahwa mereka sedang dalam masa kehamilan muda. Berikut 9 ciri kelinci yang sedang hamil muda yang perlu diketahui, diantaranya :

1. Lebih Agresif dan Galak

Lebih Agresif dan Galak | Kelinci Hamil
bbc.co.uk

Salah satu ciri-ciri kelinci hamil muda adalah perubahan sikap yang lebih agresif dan galak dari sebelumnya. Sang induk kelinci yang sedang mengandung akan bersikap demikian jika dalam keadaan terancam atau ketakutan.

Sehingga perlu berhati-hati untuk menangani kelinci betina ini bagi para peternak. Sikap galak dan agresif tidak hanya ditunjukkan pada kelinci jantan saja, namun seringkali juga akan ditunjukkan kepada majikannya.

2. Nafsu Makan Meningkat

Nafsu Makan Meningkat Saat Kelinci Hamil
animals.howstuffworks.com

Kelinci yang sedang berbadan dua akan memiliki nafsu makan yang lebih tinggi dibandingkan biasanya. Mereka akan menghabiskan makanan yang diberikan oleh majikannya dalam waktu yang singkat.

Hal ini tentu saja karena terdapat bayi kelinci juga di dalam perutnya yang membutuhkan asupan gizi. Untuk itulah sebaiknya tambahkan porsi makan agar kelinci tidak merasa kelaparan dan perkembangan janin juga tetap sehat.

3. Perut Membuncit

Perut Membuncit Saat Kelinci Hamil
pinterest.com

Sama dengan manusia yang sedang berada pada masa kehamilan, kelinci juga akan memperlihatkan perubahan bentuk fisik. Perubahan tersebut yaitu bagian perut yang membuncit dan mulai membesar.

Biasanya perut yang membuncit akan semakin terlihat ketika sudah memasuki usia 3 hingga 4 minggu. Semakin besar usia kandungannya, semakin besar pula perut kelinci tersebut.

4. Tidak Mau Dikawinkan Lagi

Tidak Mau Dikawinkan Lagi Saat Kelinci Hamil
hollyhousevets.co.uk

Selain ketiga ciri yang sudah disebutkan di atas, ciri-ciri kelinci hamil muda selanjutnya adalah tidak mau dikawinkan lagi.

Ketika kelinci betina dan kelinci jantan masih berada dalam satu kandang dan kelinci jantan mencoba untuk mengawini, respon kelinci betina adalah menjauh. Kelinci betina akan berlari menjauh dari kelinci jantan bahkan tidak segan-segan bersikap galak jika kelinci jantan berani mendekatinya.

5. Mulut Berwarna Kemerahan

Mulut Berwarna Kemerahan Saat Kelinci Hamil
hiveminer.com

Kelinci yang hamil muda juga akan menunjukkan ciri seperti mulut yang berwarna kemerahan. Bahkan tidak hanya mulut, namun juga pada akan ditemukan warna kemerahan pada area hidung. Biasanya semakin besar usia kehamilan kelinci maka mulut dan hidungnya akan semakin terlihat merah.

6. Terdapat Benjolan Ketika Palpasi

Terdapat Benjolan Ketika Palpasi Saat Kelinci Hamil
dailymail.co.uk

Bagi peternak yang masih pemula, mungkin belum terlalu paham apa itu palpasi. Ialah teknik yang dilakukan dengan meraba perut kelinci betina yang telah dikawinkan sekitar 2 minggu.

Apabila perkawinan berhasil maka peternak akan mendapati sesuatu seperti bola kecil kira-kira seukuran buah zaitun ketika melakukan palpasi. Namun harus dilakukan oleh profesional karena jika tidak bisa beresiko menyakiti janin.

7. Minum Dalam Jumlah Yang Lebih Banyak

Minum Dalam Jumlah Yang Lebih Banyak Saat Kelinci Hamil
youtube.com

Ciri-ciri kelinci hamil muda selanjutnya adalah porsi minum yang jauh lebih banyak dari biasanya. Sebaiknya siapkan minuman dalam jumlah yang lebih banyak dari sebelum kelinci hamil.

Hal tersebut tentu bertujuan untuk menghindari kelinci dari kehausan terutama di malam hari. Pastikan bahwa kebutuhan minum kelinci terpenuhi dengan baik dari malam hingga pagi hari.

8. Lebih Sensitif

Lebih Sensitif Saat Kelinci Hamil
twitter.com

Selain pada bentuk fisik kelinci yang mengalami perubahan, perilaku kelinci yang sedang hamil juga mengalami perubahan. Dalam hal ini kelinci akan jauh lebih sensitif jika dibandingkan dengan sebelumnya.

Tidak hanya itu, kelinci juga akan mudah stress apabila mendapati gangguan kecil atau hal-hal yang membuatnya merasa terancam. Jika mendapati ciri-ciri tersebut besar kemungkinan bahwa kelinci sedang dalam masa kehamilan.

9. Suka Mengorek-Ngorek Kandang

Suka Mengorek-Ngorek Kandang Saat Kelinci Hamil
youtube.com

Ciri-ciri kelinci hamil muda yang terakhir adalah suka mengorek-ngorek kandang mereka sendiri. Untuk masa kehamilan yang baru, kebiasaan ini tidak akan terlalu sering dilakukan.

Namun apabila kehamilan sudah mulai mendekati masa melahirkan maka kelinci betina akan semakin sering mengorek-ngorek kandang. Jika kelinci sudah mendekati waktu melahirkan ada baiknya memindahkan ke tempat khusus agar lebih nyaman ketika proses persalinan.

Baca Juga: Ciri-ciri Kucing Mau Melahirkan dan Cara Membantunya

Tips Perawatan Agar Kelinci Hamil Selalu Sehat

Tips Perawatan Agar Kelinci Hamil Selalu Sehat
youtube.com

Setelah mengetahui ciri-ciri kelinci hamil muda, maka perlu diketahui juga bagaimana tips merawat kelinci yang sedang hamil agar tetap sehat. Berikut 5 tips perawatan kelinci yang mudah untuk dilakukan, diantaranya :

1. Menjaga Kebersihan Kandang

Menjaga Kebersihan Kandang Saat Kelinci Hamil
farmnewsindia.in

Hal yang paling penting untuk dilakukan sebagai bentuk perawatan pada kelinci yang sedang hamil adalah menjaga kebersihan kandang. Sebenarnya tidak hanya kandang, namun juga lokasi di sekitar kandang.

Bersihkan kandang dan lokasi sekitar secara rutin agar tidak mengganggu kesehatan dari kelinci. Area yang tidak terjaga kebersihannya tentu akan mengundang virus dan menyebabkan penyakit pada kelinci.

2. Memperhatikan Kebutuhan Asupan Makan Dan Minum

Memperhatikan Kebutuhan Asupan Makan Dan Minum Saat Kelinci Hamil
deseret.com

Selain menjaga kebersihan kandang, jika mendapati kelinci hamil muda juga perlu memperhatikan kebutuhan asupan makan dan minum.

Untuk makan sendiri bisa lebih sering memberikan sayuran dan wortel yang sebelumnya sudah dicuci hingga bersih. Hal ini bertujuan untuk menjaga makanan tetap higienis dan sehat untuk dikonsumsi kelinci. Berikan juga susu kambing etawa atau kucing untuk menunjang pertumbuhan janin selama masa kehamilan.

3. Berikan Nutrisi Penunjang

Berikan Nutrisi Penunjang Saat Kelinci Hamil
madelinedyer.com

Tidak hanya manusia, hewan juga memerlukan nutrisi agar tetap tumbuh dan berkembang biak dengan baik. Untuk itulah ketika kelinci sedang hamil maka perlu diberikan nutrisi penunjang untuk menjaga kekebalan tubuh induk kelinci.

Selain itu juga agar bayi kelinci tetap dalam keadaan baik hingga proses melahirkan. berikan makanan olahan berkualitas yang didapatkan di toko hewan.

4. Sediakan Box Untuk Melahirkan

Sediakan Box Untuk Melahirkan Saat Kelinci Hamil
trixie.de

Meskipun masih tergolong hamil muda, namun menyiapkan kebutuhan kelinci sejak dini untuk melahirkan juga perlu dilakukan.

Salah satunya adalah menyiapkan box berbentuk kotak yang dapat digunakan sebagai tempat melahirkan bagi kelinci. Tempatkan box tersebut pada area sekitar kandang untuk memudahkan kelinci ketika akan melahirkan.

5. Memandikan Kelinci Dengan Air Hangat

Memandikan Kelinci Dengan Air Hangat Saat Kelinci Hamil
youtube.com

Tips perawatan kelinci yang sedang hamil selanjutnya adalah dengan memandikan kelinci menggunakan air hangat. Atur temperatur hingga benar-benar pas agar kelinci tetap merasa nyaman pada saat dimandikan.

Dengan memandikan kelinci, maka akan membersihkan badan dari debu maupun bakteri yang bisa menjadi penyebab suatu penyakit.

Itulah ciri-ciri kelinci hamil muda dan tips perawatannya agar tetap sehat selama masa kehamilan. Karena perkembangbiakannya yang cukup cepat, maka perlu disiapkan kandang dengan ukuran yang besar untuk menampung anak kelinci yang sudah lahir.

Dengan begitu kelinci-kelinci bisa hidup dengan nyaman karena memiliki kandang yang cukup lapang dengan kebutuhan pangan dan minum yang tercukupi dengan baik.

CIRI-CIRI KELINCI HAMIL MUDA

Categories Kelinci

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.