Ciri-ciri Kucing Hamil yang Mesti Diketahui  

Ciri ciri kucing hamil penting sekali diketahui oleh siapapun yang mengaku pecinta kucing. Bukan apa-apa, sebab kucing ini merupakan binatang yang sangat banyak penyukainya, mulai dari anak-anak bahkan hingga orang dewasa sekalipun.

Banyak alasan di balik orang-orang menyukai hewan yang satu ini, tapi kebanyakan adalah karena kucing ini merupakan hewan lucu dan juga begitu menggemaskan.

Namun ternyata, banyak juga orang yang memelihara kucing tapi tidak tahu kalau hewan peliharaannya itu sedang mengalami hamil. Padahal mengetahui tumbuh kembang kucing setiap saatnya haruslah menjadi hal yang diperhatikan apabila memang mengaku seorang pecinta kucing.

Nah supaya hal ini bisa di deteksi sejak dini, maka penting sekali diketahui apa saja perubahan yang terjadi pada kucing jika sedang hamil.

Hal ini akan bermanfaat bagi pemelihara nya untuk menyiapkan apa saja yang dibutuhkan agar proses lahiran kucing ini bisa berjalan lancar. Berikut ini adalah ciri ciri kucing hamil yang dilihat dari ciri fisik dan perubahan sifatnya.

Ciri Ciri Kucing Hamil Dilihat dari Ciri Fisiknya

ciri ciri kucing hamil pertama
cats.org.uk

Ciri fisik merupakan ciri yang sangat mudah di deteksi. Hal ini dikarenakan perubahan yang satu ini cukup mudah dikenali karena memang kasat mata.

Walaupun begitu, perlu pengetahuan yang lebih dalam untuk bisa memastikan bahwa kucing ini benar-benar hamil. Nah inilah ciri ciri kucing hamil yang bisa diamati jika dilihat dari perubahan fisiknya.

1. Perut Kucing Membesar

tanda kucing hamil mau melahirkan
thesprucepets.com

Salah satu ciri fisik yang paling dikenali saat kucing sedang hamil adalah perut si kucing yang akan membesar daripada biasanya. Ini sudah menjadi keumuman bagi siapa saja yang sedang hamil, termasuk juga kucing.

Walaupun memang baru ketahuan setelah tiga minggu, namun jika ciri fisik yang satu ini sudah terlihat maka sudah dapat dipastikan bahwa si kucing positif hamil. Oleh karena itu, sering sering di lihat dan di pantau ya hewan peliharaannya!

2. Puting Susu Warnanya Lebih Merah Muda

cara mengetahui ciri ciri kucing hamil
pets.webmd.com

Ciri fisik selanjutnya yang menandakan bahwa kucing yang dipelihara sedang hamil adalah bisa dilihat dari puting susu nya. Kucing yang sedang hamil dan akan segera melahirkan akan mengalami perubahan warna menjadi lebih merah muda. Selain warna nya yang berubah, puting susu juga akan menjadi lebih besar.

Jika ciri-ciri yang satu ini sudah Nampak pada kucing, maka dalam waktu 2 hingga tiga minggu lagi si kucing akan segera melahirkan. Jadi bisa sudah mulai siap-siap agar si kucing bisa nyaman dan selamat dalam proses lahiran nya ya!

3. Bulunya Menjadi Sedikit Lebih Rontok

tanda kucing gagal hamil
purelypetsinsurance.co.uk

Ciri yang selanjutnya adalah bisa dilihat dari bulunya. Saat sedang hamil, bulu kucing akan menjadi sedikit lebih rontok. Tidak usah khawatir jika si kucing mengalami fenomena ini. Hal ini dikarenakan ini adalah suatu tanda yang normal jika seekor kucing memang sedang hamil dan akan segera melahirkan.

Penyebab dari rontok nya bulu kucing ini dikarenakan hormon kulit yang ada pada kucing menjadi lebih meningkat. Hal ini pula lah yang menyebabkan kulit kucing menjadi berminyak dan akan menjadi rontok. Namun yang perlu diketahui juga, rontok nya ini tidak akan lama kok. Paling hanya terjadi satu atau dua minggu saja.

4. Menjadi Lebih Sering Muntah-muntah

mengetahui kucing hamil setelah kawin
pets.webmd.com

Ciri fisik terakhir yang bisa di lihat jika seekor kucing sedang hamil adalah muntah-muntah. Hampir sama dengan yang terjadi pada manusia, kucing yang sedang hamil juga biasanya akan lebih sedikit sering muntah-muntah. Namun satu hal yang perlu dicatat, bahwa memang ciri yang satu ini agak sedikit sulit untuk dikenali.

Sebab bisa juga muntah-muntah ini menandakan bahwa si kucing sedang sakit, bukan sedang hamil. Hal yang membedakannya dan bisa dilihat adalah bahwa kalau kucing sedang hamil ini muntah-muntahnya hanyalah sesekali dan biasanya tidak lama juga. Jadi pintar-pintar ya buat membedakan hal yang satu ini.

Baca Juga: Ciri-Ciri Kelinci Hamil Muda dan Tips Perawatannya Agar Tetap Sehat

Ciri Ciri Kucing Hamil Dilihat dari Perubahan Sifatnya

apa ciri ciri kucing hamil
cattravelguide.com

Selain ciri ciri fisik, ada juga beberapa perubahan yang sifat yang menandakan bahwa seekor kucing sedang mengalami hamil.

Walaupun mendeteksi nya tidak semudah melihat ciri ciri kucing hamil dilihat dari fisiknya, namun jika jeli perubahan sifat juga dapat diketahui. Berikut ini adalah perubahan fisik yang mesti diketahui untuk memastikan bahwa kucing nya sedang hamil.

1. Kucing Menjadi Lebih Manja

Sifat pertama yang bisa diketahui jika si kucing sedang hamil adalah sifatnya yang menjadi sedikit lebih manja. Biasanya nih, si kucing akan menunjukan perubahan sifat ini kepada pemiliknya. Kucing akan sering datang dan minta di elus-elus.

Selain itu, si kucing juga biasanya akan mengelilingi pemiliknya jika sedang bermain bersama-sama. Manja ini biasanya identik juga menjadi lebih lembut.

Walaupun memang ada juga beberapa kucing yang justru sebaliknya. Kucing malah menjadi lebih gelisah dan juga cenderung menyendiri. Namun hal ini hanya terjadi pada beberapa kucing saja.

2. Lebih Sering Tidur dan Cenderung Suka Bersarang

Nah kalau ciri yang satu ini bisa kamu amati dengan cukup mudah. Pasalnya kucing tidak akan se-agresif biasanya. Saat kucing sedang hamil, ia akan cenderung lebih banyak tidur. Si kucing juga akan lebih suka untuk bersarang. Hal ini dilakukannya untuk mencari tempat yang nyaman saat nanti akan melahirkan.

Jika kucing yang dipelihara sudah menunjukan gejala-gejala ini, maka sudah dapat dipastikan bahwa kucing akan segera melahirkan. Tidak lama lagi, hewan lucu yang menggemaskan ini akan akan memiliki beberapa kucing mungil yang menggemaskan.

3. Sering Kesana Kemari

Ciri ini merupakan kelanjutan dari ciri yang sebelumnya. Sebagaimana diketahui Bersama, bahwa kucing akan cenderung mencari sarang yang nyaman saat akan melahirkan. Nah biasanya, kucing akan menjadi sering berlalu-lalang kesana-kemari. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan.

Kucing melakukan hal tersebut dikarenakan akan membawa bahan-bahan yang hangat seperti kain untuk persiapan lahiran nya nanti. Selain itu, tempat yang akan menjadi tujuannya pun bisanya lebih suci dari biasanya. Tempat ini akan dijadikan oleh kucing sebagai tempat tinggal baru Bersama bayi-bayinya.

4. Nafsu Makan Biasanya Menjadi Meningkat

Ciri yang terakhir saat si kucing sedang hamil adalah nafsu makannya yang akan lebih meningkat. Hal ini wajar, karena kucing yang sedang hamil membutuhkan banyak energi dan juga protein yang lebih banyak dari kucing normal pada umumnya.

Hal ini dilakukan kucing untuk menyeimbangkan tubuhnya dan supaya bayi yang ada didalam kandungannya tetap sehat. Hampir sekitar 20%-50% dari makanan yang di makan si kucing akan menjadi nutrisi bagi si bayi. Oleh karena itu, pemilik kucing juga harus lebih peka agar bayi kucing yang ada di dalam kandungan bisa tetap sehat.

Nah itu dia ciri ciri kucing hamil yang mesti diketahui oleh para pemilik atau pecinta kucing. Dengan mengetahui ciri ciri fisik dan perubahan sifat yang terjadi tersebut, diharapkan para pemilik kucing bisa segera menyiapkan hal-hal yang perlu dipersiapkan jika kucing akan melahirkan. Dengan begitu, maka hal ini akan membantu hewan kesayangannya itu untuk mempermudah dalam proses lahiran nya.

Ciri ciri Kucing Hamil

Categories Kucing

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.