Ciri-ciri Lovebird Jantan dan Betina yang Wajib Diketahui Burung Mania

Ciri-ciri Lovebird Jantan dan Betina – Lovebird adalah jenis burung yang hanya memiliki 1 pasangan dalam hidupnya. Mereka akan sering menampakkan tingkah laku saling menyayangi satu sama lain. Oleh sebabnya burung ini dinamakan lovebird atau burung cinta (jenis burung sosial).

Kicauannya sangat unik dan menarik karena dalam satu tarikan nafas Lovebird dapat berkicau sangat panjang. Oleh sebab itulah banyak pecinta burung Lovebird khususnya di Indonesia.

Namun banyak pula yang bingung membedakan ciri ciri Lovebird jantan dan betina karena sebelum memeliharanya harus mengetahui terlebih dahulu agar tidak salah memberikan perlakuan.

Ciri-Ciri Lovebird Jantan dan Betina Berdasarkan Fisiknya

ciri fisik lovebird jantan dan betina
bosmanuk.blogspot.com

Jika diperhatikan secara sekilas maka tidak ada perbedaan khusus dan terlihat mirip. Akan tetapi jika diperhatikan lebih dalam maka ciri ciri Lovebird jantan dan betina ini terlihat jelas. Berikut ini cara membedakan jenis kelamin Lovebird berdasarkan bentuk fisiknya.

1. Bentuk Paruh dan Kepala

ciri bentuk paruh lovebird jantan dan betina
jalaksuren.net

Paruh Lovebird jantan sedikit lebih runcing atau mancung dan kecil. Selain itu, cobalah meraba permukaan paruhnya, maka akan terasa kering atau kesat. Sedangkan paruh betina lebih melebar dan besar. Bentuk lengkungannya lebih besar sehingga tumpul, tidak seperti pada Lovebird jantan.

Permukaan paruh betina terasa lebih basar jika dipegang. Selain itu, jika diperhatikan lebih seksama maka kepala jantan terlihat lebih cepak atau rata. Sedangkan bentuk kepala betina lebih melengkung dan cekung.

2. Lubang Hidung

ciri lubang hidung lovebird jantan dan betina
anekacaraternak.blogspot.com

Cara melihat lubang hidung Lovebird ialah dengan meniup bagian bawah hidung agar dapat melihat dengan jelas. Pada Lovebird jantan bentuk hidungnya lebih lonjong atau oval sedangkan pada betina bentuk lubang hidungnya bulat dan lebar.

3. Sayap dan ekor

Hal mudah lainnya dalam melihat ciri-ciri Lovebird jantan dan betina ialah dari bentuk sayap dan ekornya. Lovebird jantan memiliki ujung sayap yang saling tumpang tindih atau menyilang satu sama lain.

Sayap betina lebih sejajar sehingga tidak ada yang tumpang tindih sebagaimana sayap jantan. Selain utu, ekor jantan meruncing di ujung sedangkan ekor betina lebih lebar.

4. Tulang Supit dan Pubis

ciri tulang supit dan pubis lovebird jantan atau betina
burungmasbejo.blogspot.com

Cobalah raba bagian tulang ini, pada burung jantan akan terasa tulang ini sempit atau hanya berjarak tidak lebih dari 1 jari tangan.

Tulang ini pun agak keras atau kokoh, berbeda halnya dengan tulang supit dan pubis pada burung betina yang lebih rapuh atau elastis jika dipegang. Jarak tulang ini pun lebih lebar dengan jarak lebih dari satu jari manusia.

5. Klep Kacamata

ciri klep dan non klep lovebird jantan maupun betina
abahtani.com

Klep ialah lingkar putih yang mengelilingi mata. Beberapa jenis Lovebird memiliki klep yang jelas sehingga mudah membedakannya antara yang jantan dan betina sedangkan beberapa yang lain klep ini tidak terlalu nampak. Klep pada lovebird jantan berbentuk lonjong atau oval sedangkan pada betina berbentuk cenderung bulat.

6. Warna Bulu

ciri warna bulu lovebird jantan dan betin
kebutuhanburung.blogspot.com

Semua jenis Lovebird memiliki warna bulu yang cenderung berbeda antara jantan dan betina. Meski harus diperhatikan lebih seksama lagi, warna bulu dapat menjadi salah satu cara melihat ciri ciri Lovebird jantan dan betina. Warna bulu jantan cenderung terang atau berwarna cerah sedangkan betina lebih kusam, pudar atau gelap.

7. Bentuk Tubuh

ciri bentuk tubuh lovebird jantan dan betina
peternaklovebird.com

Secara umum, ciri ciri Lovebird jantan dan betina dapat dilihat dari bentuk tubuhnya. Pada burung jantan tubuhnya lebih kecil atau langsing.

Baca Juga: Ciri Fisik Lovebird Ngekek Panjang yang Mudah Dikenali

Sedangkan pada burung Lovebird betina tubuhnya lebih besar atau lebar. Selain itu jika dipegang atau diangkat maka dapat dirasakan bahwa burung betina lebih berat dari burung jantan karena betina umumnya lebih berisi atau setidaknya memiliki badan yang besar.

8. Bentuk Anus

ciri bentuk anus lovebird jantan dan betina
.pinterest.com

Cara lainnya untuk melihat jantan atau betina dengan melihat anus burung. Anus pada Lovebird jantan kebih kecil dan tidak menonjol. Sebaliknya, pada si betina anus lebih lebar dan terlihat lebih rata atau datar.

Ciri-Ciri Tingkah Laku Lovebird Jantan dan Betina

ciri-ciri tingkah laku lovebird jantan dan betina

Selain bentuk fisiknya yang dapat dilihat dengan mudah dan cepat, Lovebird juga memiliki tingkah laku unik antara jantan dan betina. Ciri ciri Lovebird Jantan dan betina berdasarkan tingkah lakunya ini perlu diamati beberapa kali agar benar-benar valid. Berikut ini perbedaan tingkah laku Lovebird jantan dan betina yang dapat menjadi referensi.

1. Cara Betengger

Lovebird jantan bertengger dengan cara kaki yang lebih rapat sehingga membuatnya terlihat bidang atau lebih tinggi dari betina meski betina memiliki tubuh yang besar.

Sedangkan betina bertengger dengan cara kaki yang dilebarkan selebar badannya sehingga betina terlihat seperti duduk. Selain itu jantan tidak bisa diam atau mondar-mondir, berbeda halnya dengan betina yang cenderung diam dan bertengger.

2. Cara Membuat Sarang

Perbedaan membuat sarang sangat mencolok sehingga dari perilaku ini dapat diperoleh ciri ciri Lovebird jantan dan betina. Lovebird jantan memiliki sifat pemalas dan pasif ketika membangun sarang.

Jantan hanya akan mengumpulkan bahan pembuatan sarang seperti daun dan serpihan lainnya. Bahan yang telah  dikumpulkannya tersebut diserahkan kepada betina begitu saja. Sedangkan betina akan aktif mencari daun dan bahan lainnya ini dan sekaligus membangun saran hingga siap ditempati.

3. Tingkah Laku Saat Akan Kawin

Saat burung Lovebird ingin kawin, baik jantan dan betina bertingkah tidak seperti biasanya. Jantan akan manggut-manggut sambil mencoba mendekati betina.

Selain itu mengeluarkan suara tek tek tek untuk menarik perhatian dan akan menaiki tubuh si betina. Berbeda dengan jantan yang lebih aktif ketika ingin kawin, si betina cenderung diam. Lovebird betina lebih suka menunduk, “ngleper” atau membuka sayapnya lebar-lebar serta menggigit benda yang ada di sekitar.

4. Suara Kicauan

Ciri ciri Lovebird jantan dan betina lainnya dapat dilihat dari kicauannya. Kicauan atau ngekek istilah bagi Lovebird mania pada Lovebird jantan lebih pendek atau singkat-singkat. Berbeda halnya dengan betina yang cenderung diam memiliki kicauan yang lebih panjang dalam setiap tarikan nafasnya.

5. Kebiasaan

Kebiasaan pada jantan dan betina sangat mencolok. Si jantan lebih aktif, terbang kesana kemari, meloloh atau manggut-manggut untuk mendapatkan perhatian betina.

Sedangkan betina cenderung diam dan bertengger “ndeplok”. Betina juga sering mengangkat-ngangkat-sarang tanpa bergerak dari tempatnya bertengger. Jadi, betina lebih pendiam, pasif atau tidak banyak tingkah.

6. Menggunakan Metode Cincin Emas

Selain mengamati tingkah lakunya, bisa juga melihat jenis kelamin Lovebird dengan menggunakan cincin emas atau jarum. Caranya dengan mengikat cincin emas atau jarum dengan benang.

Kemudian pegang Lovebird sampai bagian dada saja menggunakan tangan kiri sedang tangan kanan memegang benang dengan cincin yang sudah diikat di atas kepala burung kira-kira 3-5 cm. Jika cincin atau jarum bergerak memutar maka Lovebird betina, namun jika bergerak maju mundur artinya burung berjenis kelamin jantan.

Mudah bukan melihat ciri ciri Lovebird jantan dan betina? Seorang pecinta burung tentu tak akan sulit melakukan cara-cara di atas. Ada tiga jenis Lovebird berdasarkan tingkat kesulitan menentukan jenis kelaminnya.

Jenis dimorfik adalah yang paling mudah, hanya dengan melihatnya sudah dapat menentukan jantan atau betina. Jenis intermediat harus diperhatikan lebih teliti dan golongan kacamata yang sangat sulit dibedakan sehingga memerlukan kejelian dan pengamatan yang membutuhkan waktu agak lama.

Ciri-ciri Lovebird Jantan dan Betina

Categories Burung

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.