Ciri-Ciri Murai Batu Medan Asli yang Mudah Dikenali

Ciri-Ciri Murai Batu Medan Asli – Para pecinta burung pasti sudah familiar dengan nama murai batu, terutama murai batu medan, ciri ciri murai batu medan asli sangatlah unik. Keunikan itulah yang menyebabkan spesies burung ini banyak diminati pecinta burung untuk dijadikan koleksi ataupun diikutsertakan dalam sebuah kompetisi.

Murai batu medan sangat cocok untuk sebuah kompetisi karena bentuk, pola  juga warna bulunya yang sangat indah.

Suaranya yang terkenal indah dan nyaring  sangat memenuhi kriteria pemenang dalam sebuah kompetisi. Ekornya yang panjang juga menambah daya tarik dari burung ini. Harga dari burung ini tergolong cukup tinggi mengingat populasinya yang cukup sedikit.

Burung murai anakan dijual dengan kisaran harga RP700.000 dan untuk yang dewasa dijual dengan kisaran harga RP1.300.000. Akan tetapi untuk murai batu medan asli yang sudah banyak memenangi perlombaan. Akan meningkat jauh harganya dari harga biasa, harganya dapat mencapai kisaran ratusan juta rupiah.

Jenis-Jenis Murai Batu

jenis murai batu asli
hobinatang.com

Murai batu tersebar dibeberapa daerah di indonesia yaitu di daerah sumatera dan jawa. Semua jenis murai batu pada dasarnya memiliki kesamaan yang hampir sama dan susah untuk dibedakan satu sama lainnya.

Walaupun demikian masih ada cara untuk membedakan jenis murai batu. Hal tersebut dapat dilihat dari bagian ekor pada masing-masing jenis murai batu. Contohnya adalah murai batu kalimantan, lampung, nias dan medan memiliki pola ekor yang berbeda-beda.

Setiap murai batu memiliki pola ekor yang berbeda-beda, jadi dengan melihat pola pada ekornya akan terlihat murai batu tersebut merupakan jenis murai  apa.

Salah satu jenis murai batu yang banyak digemari oleh pecinta burung adalah jenis burung murai batu medan. Dimana ciri ciri murai batu medan asli yang unik dan suara yang indah menambah daya tarik burung tersebut.

Murai Batu Medan

gambar murai batu medan asli
id.wikipedia.org

Merupakan salah satu spesies burung yang memiliki nilai jual cukup tinggi, hal ini disebabkan oleh keunikan dari tubuh dan ekornya. Warna yang eksotik, ekor yang panjang juga suara yang indah menambah daya pikat dan keistimewaaan burung tersebut.

Alasan mengapa burung ini disenangi oleh banyak orang adalah karena murai batu medan dapat dengan mudah meniru suara burung lain dan mudah untuk dilatih. Semakin banyak suara burung yang dikuasainya maka akan menambah peluang untuk menang dalam berkompetisi.

Cara Merawat Murai Batu Medan

cara merawat murai batu yang baik dan benar
kicaupalembang.com

Untuk menghasilkan murai batu medan yang berkualitas tentunya memerlukan perawatan yang rutin dan baik. Pemberian pangan dan memandikan burung dapat menambah keindahanya.

Berikanlah pakan yang bernutrisi seperti jankrik, belalang dan kroto. Beberapa pangan ini dapat menambah nutrisi murai dan meningkatkan daya kicau atau suara.

Rutin memandikan murai batu medan dapat mencegah terjadinya penyakit ataupun tumbuhnya jamur pada kulit yang dapat menyebabkan rontoknya bulu.

Ketika penyakit sudah hinggap di tubuh maka ada kemungkinan murai akan mati. Setelah mandi usahakan untuk menjemur murai, sinar matahari dapat menghangatkan tubuh dan mematikan kuman yang terdapat pada tubuh, sinar matahari juga merupakan sumber nutrisi yang baik bagi murai.

Ciri-Ciri Murai Batu Medan

ciri-ciri murai batu asli
abahtani.com

Ciri ciri murai batu medan dapat dilihat dari beberapa hal, bagi sebagian orang sangat sulit mengenali ciri ciri murai batu medan.

Dimana bentuk dari berbagai jenis murai hampir sama dan membutuhkan kejelian yang sangat tajam pada saat mengamati ciri-ciri burung tersebut. Tetapi tenang saja berikut dibawah ini akan dijabarkan ciri-ciri murai medan asli yang menjadi pembeda dengan murai batu lainnya.

1. Bentuk Tubuh

ciri bentuk murai batu medan asli
dayaternak.com

Bentuk tubuhnya lebih besar dibandingkan dengan tubuh murai batu lainya. Jadi Ciri ciri murai batu medan asli dapat dilihat dari bentuk tubuh yang tegap dan gagah. Oleh karena kegagahan tubuhnya inilah maka banyak kolektor burung memeliharanya.

2. Bentuk Ekor

ciri bentuk ekor murai batu asli
bisapinter.com

Mempunyai ekor yang panjang dan melengkung kebawah  merupakan daya tarik dari burung ini, ekor yang panjang disertai dengan bulu berwarna hitam dan putih tersebut menambah keindahannya.

Baca Juga: Harga Murai Batu Terbaru Berdasarkan Jenisnya

Salah satu ciri ciri murai batu medan asli yang mencolok adalah  ekor yang panjang dan melengkung kebawah. Ekor tersebut sangatlah sesuai dengan postur tubuhnya yang besar.

3. Dapat Berdiri Tegak

ciri-ciri murai batu medan asli dapat berdiri tegap
abahtani.com

Berdiri dengan tegak dan membusungkan dada kedepan adalah salah satu ciri khas dari murai batu medan. Keseimbangaan yang ada karena postur tubuh yang besar dan disesuaikan dengan bentuk ekor yang panjang. Serta juga melengkung ke bawah, sangat menambah kesan gagah berani dari burung ini.

4. Motif Pada Ekor

ciri motif ekor dari murai batu medan asli
bisapinter.com

Motif yang terdapat pada burung murai batu berbeda beda tergantung dari jenisnya, dan ciri ciri murai batu medan asli dilihat dari warna putih dan warna  hitam yang terdapat pada ekornya. Biasanya warna putih yang sedikit berampur  warna hitam ini.

Berada di pinggir ekor dan mengelilingi bulu panjang berwarna hitam legam yang berada ditengah tengah ekor. Jadi sisi samping dari ekor murai batu medan ini dikelilingi dengan corak berwarna putih yang bercampur dengan sedikit warna hitam.

5. Warna Bulu

ciri warna bulu murai batu medan asli
tokomuraimedan.wordpress.com

Pada dasarnya warna pada bulu murai batu sama untuk setiap jenisnya hanya penempatan warnanya saja yang sedikit berbeda, dan ciri ciri murai batu medan asli dapat dilihat dari warna bulunya. Ada 3 warna yang terdapat pada murai batu medan.

Diantaranya warna hitam yang terdapat di kepala, sayap dan ekor, warna orange pada tubuh ataupun dada dan terakhir warna putih yang terdapat pada ekor burung.

6. Warna Kaki dan Paruh Burung

ciri warna kaki dan paruh dari murai batu medan asli
abahtani.com

Satu hal lagi cara untuk mengetahui ciri ciri murai batu medan asli adalah dilihat dari warna kaki dan paruh burung. Umumnya warna paruh burung murai batu berwarna hitam begitu juga dengan warna kakinya.

Akan tetapi pada murai batu medan saat masih muda memiliki warna kaki merah gelap. Ketika sudah dewasa  warna kaki tersebut berubah menjadi hitam dan lama-kelamaan kakinya akan melengkung kedalam dan mempunyai sisik.

7. Suara

masteran suara murai batu sli

Hal yang harus dilakukan pada saat mengenali ciri ciri murai batu medan asli adalah dilihat dari suaranya yang khas. Suara burung ini khas karena mempunyai warna suara yang keras dan besar. Itulah suara dasarnya akan tetapi ketika murai batu medan meniru suara burung lainnya. Suara tersebut dapat  menjadi lebih keras dari suara burung aslinya.

Demikian ulasan tentang ciri ciri murai batu medan asli, burung yang mempunyai daya jual tinggi ini sangat unik dan istimewa.

Keistimeaawan tersebut dapat dilihat dari bentuk tubuh yang tegak dan gagah. Warna bulu yang indah terutama warna hitam legam mengkilat. Yang jikamana terkena paparan cahaya matahari akan terlihat mengkilap dan berwarna kebiru-biruan.

Ekor yang panjang dan melengkung kedalam menambah kesan mewah dari burung ini, suaranya juga menjadi salah satu perbandingan untuk membelinya.

Jadi burung ini sangat cocok untuk para kolektor burung yang ingin berpartisipasi pada kompetisi burung. Semua itu karena pada dasarnya murai memiliki suara yang besar dan dapat meniru suara burung lain dengan sangat baik.

Saat murai batu medan rutin memenangkan pertandingan kompetisi burung, maka harganyapun akan meningkat drastis dari harga jual biasanya. Melalui artikel ini semoga membantu dalam mengenali ciri ciri murai batu medan asli.

Ciri-Ciri Murai Batu Medan Asli

Categories Burung

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.