Ciri Fisik Lovebird Ngekek Panjang yang Mudah Dikenali

Ciri fisik lovebird ngekek panjang adalah dari kepala, paruh, mata dang anggota tubuh lainnya yang terlihat jelas oleh mata telanjang. Akan beruntung jika burung lovebird tersebut sedang bersuara, maka pecinta burung bisa lebih mudah lagi. Jika ingin lebih mudah, pecinta burung bisa membelinya via trah, tapi harganya jadi lebih mahal.

Ciri Fisik Lovebird Ngekek Panjang yang Paling Jelas Terlihat

Ciri Fisik Lovebird Ngekek Panjang yang Paling Jelas Terlihat
ciri burung lovebird gacor – infosurabaya.id

Untuk membedakan ciri burung loverbird yang bisa ngekek panjang, pecinta burung bisa lihat dari ciri umum yang dijelaskan di bawah ini. Sebagian ciri sangat bisa dilihat oleh mata telanjang, walau harus secara teliti. Berikut penjelasannya.

1. Bentuk Kepala

Para pecinta burung bisa melihat dari bentuk kepala burung lovebird besar dengan ciri spesifik di beberapa bagian kepala. Seperti kepala bagian depan berbentuk rata atau pipih sedangkan kepala bagian belakang berbentuk bulat.

Mungkin terlihat sangat sepele, namun jika salah dalam memilih tentu akan membuat pecinta hewan unggas satu ini kecewa.

2. Bentuk Paruh

Untuk ciri fisik lovebird ngekek panjang yang satu ini harus diteliti secara seksama, yakni bentuk paruh burung besar dan panjang. Selain itu paruh sangat kokoh, kuat dan mancung, sangat bisa dilihat dengan mudah, karena warna burung cerah dan mengkilat. Para pecinta burung akan sangat mudah membedakan ciri fisik satu ini.

3. Mata Burung

Satu lagi yang bisa dilihat dengan jelas yakni warna mata dari lovebird memiliki sorot mata tajam, tidak sayu dan cerah.  Selain itu bagian klep atau kacamatanya terlihat lebih tebal, sangat mudah dilihat apalagi diperiksa secara teliti. Untuk membeli burung yang berkualitas, tak ada salahnya memeriksa lebih terperinci dan lebih teliti.

4. Bentuk Leher

Khusus untuk burung lovebird yang bisa ngekek panjang, tentunya terlihat dari bentuk lehernya yang sedikit lebih panjang dan agak gempal.

Hal ini dikarenakan leher burung yang terus mengeluarkan bunyi hingga secara otomatis memanjangkan lehernya. Terlihat gempal karena otot leher yang terus digunakan untuk membunyikan suara, lebih mudah jika burung ngekek.

5. Bentuk Dada

Bentuk dada dari burung lovebird bisa dilihat sangat jelas, yakni membusung ke depan, jika diidentikkan, burung ini terlihat sombong.

Sebagai pecinta burung tentu fisik yang satu ini tidak memerlukan alat khusus untuk melihat perbedaannya. Dada yang membusung menandakan jika organ vital dalam dadanya seperti jantung dan paru lovebird sangat sehat.

6. Bentuk Tubuh

Burung lovebird yang berkualitas yang baik adalah memiliki bentuk tubuh yang ideal atau proporsional. Maksudnya bentuk tubuh lovebird tidak terlalu kurus ataupun terlalu gemuk, jadi biasa saja namun terlihat memiliki bobot.

Sangat jelas terlihat dengan mata telanjang, para pecinta burung ini bisa membedakannya dengan mudah dan tidak memerlukan alat khusus.

7. Bulu Dari Lovebird

Tak memerlukan alat yang khusus untuk melihat ciri satu ini, namun perlu ketelitian juga agar tak tertipu. Warna dari burung ini terlihat mengkilap, rapi terawat dan tidak berantakan juga terjaga kebersihannya. Jangan memilih burung yang baru tumbuh bulu dewasanya, karena burung ini belum memiliki bunyi yang diinginkan oleh pecinta burung.

8. Tingkah Dari Burung Lovebird

Semua hewan yang memiliki kualitas yang baik tentu sangat lincah , aktif paling bagus adalah yang sering mengeluarkan bunyi.

Burung lovebird yang berkualitas baik tentunya memiliki ciri yang tadi disebutkan, sangat aktif dan tidak bisa diam dalam sangkarnya. Jangan memilih burung yang meringkuk dan tubuhnya menggigil, itu tanda hewan sakit.

9. Kaki Dari Burung Lovebird

Untuk menguji kekuatan cengkraman dari burung lovebird yang dipilih, tentunya sangat mudah, cukup gerakan tangkai di mana lovebird berdiri.

Jika cengkramannya lemah, tentunya burung akan cepat terjatuh, berbeda jika yang memiliki cengkraman kaki yang kuat. Jika sedikit jinak, lovebird bisa diletakkan pada jari, tentu cengkramannya terasa kuat pada jari pembelinya.

10. Sayapnya

Sayap burung lovebird panjang juga menyilang, selain itu kedua sayap mengapit secara rapat pada tubuh burung lovebird. Jika bisa dilihat lebih jelas secara menyeluruh dari kepala hingga sayap, semunya terurai beraturan dengan bulu sangat rapi. Pecinta burung akan langsung bisa melihat langsung ciri fisik satu ini tanpa memerlukan alat bantu.

11. Ekor Burung

Ciri fisik lovebird ngekek panjang adalah ekornya yang berbentuk melengkung ke depan atau ke bawah, terlebih jika hewan ini bersuara. Pecinta burung bisa melihat dengan sangat jelas, karena ekornya akan bergerak naik turun jika lovebird sedang ngekek. Inilah yang bisa terlihat jelas perbedaan dengan lovebird biasa, atau yang masih pemula.

12. Suaranya

Dan kemudahan terakhir yang bisa dilihat dengan jelas mana burung lovebird yang berkualitas tinggi adalah ketika sedang ngekek.

Sudah pasti harga burung tersebut akan dibandrol sangat mahal, jika sudah bisa ngkekek panjang, dengan jeda beberapa menit saja. Untuk memilih yang biasa, tentu bunyi ngekek burung tidak panjang dengan banyak jeda.

Cara Merawat dan Memelihara Burung Lovebird Ngekek Panjang

Cara Merawat dan Memelihara Burung Lovebird Ngekek Panjang
cara merawat lovebird yang baik dan benar – kurio.id

Untuk menjaga kualitas burung lovebird yang telah dipilih, tentunya memerlukan trik khusus. Para pecinta hewan unggas satu ini harus memiliki banyak luang untuk mengurus hewan kesayangannya agar tidak mudah sakit.

Tidak hanya perawatannya yang memrlukan perhatian khusus, melatihnya juga diperlukan agar kualitas ngekeknya bertambah. Berikut cara perawatannya.

1. Menjaga Kebersihan Kandang Atau Sarang Burung

Kebersihan sarang lovebird harus dijadikan perhatian khusus dari pemiliknya, seperti penjelasan di atas untuk menjaga kualitasnya. Agar kotoran tidak menumpuk maka bersihkan sarang burung setidaknya paling lama seminggu sekali atau tiga hari sekali paling sering.

Dalam kotoran tentunya terdapat kuman penyakit yang membahayakan kesehatan lovebird hingga menjadi lemas tak lincah.

2. Mandikan Lovebird

Selain membersihkan sarang, lovebird ternyata perlu dimandikan agar bakteri yang menempel pada bulunya hilang.

Cara membersihkannya juga cukup mudah, ketika membersihkan sarangnya, semprot tubuhnya dengan air secara perlahan, hingga bulunya basah kuyup. Lovebird bisa dimandikan di jam berapa pun, pada waktu pagi, siang hari atau sore sekalipun, cukup mandikan seminggu sekali.

3. Jemur Lovebird Setelah Dimandikan

Setelah dimandikan dan sarang yang juga sudah dibersihkan maka jemurlah dengan menggantung kandang yang berisi lovebird di dalamnya.

Jika dimandikan waktu pagi, jemurlah di tengah halaman, matahari pagi juga bagus untuk pertumbuhan lovebird. Namun jika menjelang siang, usahakan jemur di bawah atap, namun masih terkena matahari, jika malam angin-anginkan saja.

4. Melatih Suaranya

Untuk mendapat kicauan yang sangat indah dengan kekek-an panjang, tentu perlu dilatih secara serius dan konsisten.

Untuk melatih agar burung memiliki banyak kicauan andalan, maka belilah lovebird yang berusia sekitar 5 bulanan. Namun jika yang dipilih adalah usia lebih dari itu dan sudah banyak memiliki kicauan, maka latihlah menggunakan audio.

5. Memberi Makan

Makanan yang diberikan untuk burung jenis ini sangat beragam seperti jagung manis, milet, toge, apel atau jenis yang lainnya.

Berikan makan secukupnya, itu menghindari agar kotoran tidak terlalu banyak, dan burung jadi gemuk hingga membuatnya malas. Berikan vitamin penambah nafsu agar sering ngekek, jangan berlebihan karena akan membuatnya over dosis.

Ciri fisik lovebird ngekek panjang sangat mudah dikenali bahkan untuk orang yang awam sekalipun walau harus dilihat secara teliti. Para pecinta hewan unggas ini bisa mendapatkannya di pasar burung atau bisa membelinya di trah para pemegang jawara ngekek panjang. Jangan lupa cara merawat burung ini agar tetap memiliki kualitas baik.

Ciri Fisik Lovebird Ngekek Panjang

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.