Daftar Harga Kucing Persia

79 View

DAFTAR HARGA KUCING PERSIA – Halo catlovers! Sudah tau jenis kucing yang paling banyak dipelihara oleh orang-orang? Pastinya sudah tau, karena banyak sekali jenis kucing mulai dari harga murah sampai yang harganya selangit.

Kucing Persia merupakan salah satu jenis peliharaan favorit di Indonesia. Padahal harga kucing Persia tidaklah murah. Berdasarkan brillio.net daftar harga kucing Persia berkisar antara Rp500.000 – Rp200.0000/ per ekornya. Tergantung dengan umur dan jenis kucingnya.

Bagi yang memang pecinta kucing, harga pasti bukan masalah besar demi mendapatkan kucing tersebut. Nah, artikel ini akan membahas tentang daftar harga kucing Persia.

Siapa yang tidak tau kucing Persia? Kucing imut satu ini memang seakan menjadi idola semua orang. Bahkan kucing ini bisa memukau orang-orang yang tidak menyukai kucing sekalipun. Kucing Persia adalah kucing yang memiliki karakteristik yang lucu, dengan wajah dan mata yang bulat membuat kucing ini menjadi kucing yang banyak dicari.

Jenis kucing ini merupakan ras kucing domestik dengan karakteristik tubuh gemuk, wajah bulat, serta hidung pesek bahkan nyaris tidak terlihat. Kucing ini pertama kali dikembangbiakkan di Britania Raya pada akhir abad ke-19. Ada dua jenis Persia saat itu, yaitu Chinchilla dengan warna agak gelap dan warna perak cerah.

Kenapa Kucing Persia Banyak Dicari?

Kenapa Kucing Persia Banyak Dicari?
kucing persia asli – kucingpersia-indonesia.blogspot.com

Selain karena kucing Persia lucu dengan wajah dan mata yang bulat, ternyata kucing Persia adalah kucing yang sangat bersahabat. Hal ini dikarenakan kucing ini sangat ramah terhadap anak-anak dan juga pemiliknya. Kucing dengan mata bulat besar ini sangat teduh jika dilihat, itulah sebabnya banyak yang menyukai.

Kucing Persia memiliki banyak jenis dan tentunya daftar harga kucing Persia juga akan berbeda tergantung dengan jenisnya.

Adapun faktor yang mempengaruhi perbedaan harga dari kucing ini adalah umur kucing itu sendiri dan apakah kucing tersebut telah divaksin atau belum. Kedua faktor ini sangatlah berpengaruh, karena menentukan kualitas dari kucing itu sendiri.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Kucing Persia

Faktor yang Mempengaruhi Harga Kucing Persia
Jenis Kucing Persia – propolan.co.id

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa setiap jenis kucing memiliki harga yang berbeda. Begitu pun dengan daftar harga kucing Persia, di mana faktor yang sangat mempengaruhinya bisa dilihat dibawah ini :

  • Kesehatannya. Faktor utama yang mempengaruhi harga kucing adalah kesehatannya. Hal ini memang sangatlah penting, karena jika seseorang membeli kucing yang kesehatannya terganggu harganya akan murah, tetapi biaya pengobatannya juga akan mahal.
  • Usia. Faktor yang kedua adalah usia dari kucing itu sendiri. Kucing yang masih kecil pasti akan lebih murah dibandingkan dengan induk kucing Persia itu sendiri.
  • Vaksinasi. faktor ketiga yang mempengaruhi daftar harga kucing Persia adalah apakah kucing tersebut telah melewati masa vaksin atau belum. Vaksin pada hewan sangat penting, karena itu menentukan tingkat kesehatannya.
  • Keturunan atau Ras. Faktor terakhir yang mempengaruhi harga dari kucing adalah jenis keturunan atau rasnya. Ada beberapa keturunan kucing yang tergolong langka dengan harganya yang tinggi. Harga kucing yang tergolong tinggi adalah hasil persilangan Anggora dan Persia asli.
BACA JUGA:  Cara Memandikan Anak Kucing

Daftar Harga Kucing Persia Terbaru

Daftar Harga Kucing Persia Terbaru
Kucing Persia Medium – ibnudin.net

Bagi yang ingin menambah koleksi kucing Persia, atau yang baru mau memelihara berikut adalah daftar harga kucing Persia yang terupdate dan bisa dibeli di seluruh toko hewan di kota-kota besar di Indonesia :

Artikel Lain: Harga Kucing Anggora

1. Persilangan Kucing Persia dengan Anggora

Daftar harga kucing Persia yang pertama adalah hasil dari persilangan kucing Anggora dengan kucing Persia. Harga dari kucing persilangan ini sangatlah bermacam-macam, adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan harga jenis kucing ini adalah umur dan vaksin yang akan diberikan.

Untuk kucing umur 3 bulan yang dibeli dalam keadaan belum divaksin harganya berkisar antara Rp616.000 sampai dengan Rp721.000.

Sedangkan untuk kucing yang berumur 3 bulan dan telah divaksin maka harganya berkisar antara Rp816.000 sampai Rp911.000. Kedua kucing ini dari segi umur sama, tapi harga berbeda dipengaruhi oleh sudah atau tidaknya diberikan vaksin.

Sedangkan kucing yang berumur 6 bulan dengan keadaan belum divaksin, harganya sekitar Rp1.416.000 sampai dengan Rp1.511.000.

Harga untuk yang telah divaksin sendiri berkisar antara Rp2.016.000 sampai dengan Rp2.511.000. Memang umur dan vaksin sangat mempengaruhi harga dari kucing Persia, tapi dari kesehatan tentu akan membedakan kucing yang belum dan yang sudah divaksin.

2. Kucing Persia Ras Asli

Hampir semua hewan peliharaan yang berasal dari keturunan asli pastilah memiliki harga yang juga beda dengan hewan yang berasal dari persilangan. Nah, begitu pula dengan daftar harga kucing Persia asli, harga yang ditawarkan pun sangatlah bervariasi. Meskipun demikian, tetap saja kucing Persia asli ini tetap jadi incaran para cat lovers.

Harga kucing Persia asli yang berumur 6 bulan dan telah melewati tahap vaksin, harganya bisa mencapai Rp13.516.000 sampai 15.001.000.

Sedangkan untuk kucing Persia asli yang berumur 6 bulan, tetapi belum melalui tahap vaksin, harganya berkisar antara Rp9.526.000 sampai dengan Rp10.301.000. Dari kedua harga ini cukup terpaut jauh, tetapi pastilah ada harga ada kualitas.

Nah untuk kucing Persia asli dengan umur 3 bulan dan telah melewati tahap vaksin diperkirakan harganya berkisar Rp7.516.000 sampai dengan Rp8.001.000.

BACA JUGA:  Cara Menggemukkan Kucing

Sedangkan kucing Persia asli yang berumur 3 bulan dan belum melewati tahap vaksin, harganya berkisar antara Rp4.826.000 sampai dengan Rp5.821.000. Jika melihat lagi perbedaan harganya memang terbilang cukup banyak antara yang belum divaksin dan yang sudah divaksin.

3. Persilangan Kucing Persia dan Lokal

Ternyata ada juga hasil persilangan antara kucing Persia dan lokal, harga kucing ini lebih murah dibandingkan kedua jenis kucing Persia tadi.

Kucing ini juga tentunya terdapat perbedaan harga satu sama lain, dan semua itu tergantung pada beberapa faktor. Faktor yang pertama adalah dari segi umur, kesehatan, dan juga sudahkah kucing tersebut melewati vaksin atau belum.

Daftar harga kucing Persia yang pertama adalah kucing Persia lokal yang berumur 6 bulan dan telah melewati tahap vaksin dan kesehatannya pun sudah terjamin.

Harganya berkisar antara Rp629.000 sampai dengan Rp761.000. Sedangkan untuk kucing yang berumur 6 bulan dan belum divaksin harganya berkisar antara Rp516.000 sampai dengan Rp711.000.

Sementara itu, untuk kucing Persia hasil persilangan dengan kucing lokal dan masih berumur 3 bulan (sudah vaksin) harga jualnya berkisar antara Rp316.000 sampai dengan Rp411.000.

Sedangkan untuk yang berumur 3 bulan (belum divaksin) harganya hanya berkisar antara Rp226.000 sampai dengan Rp321.000. Daftar harga kucing ini memang sedikit lebih murah dibandingkan yang lain, sangat cocok untuk dipelihara.

Memelihara kucing memang dipercaya mampu menurunkan kadar stress seseorang, hal itu disebabkan karena ada beberapa kucing dengan pandangan teduhnya mampu menenangkan sang pemilik.

Jadi, tidaklah heran jika kucing menjadi hewan dengan pemelihara paling banyak di dunia. Seseorang yang sudah membeli kucing, berarti sudah siap untuk merawat dan menyayangi kucing tersebut dengan sepenuh hatinya.

Tips Merawat Kucing Persia

Tips Merawat Kucing Persia
petnet.io

Setelah memutuskan membeli salah satu jenis kucing Persia, ada baiknya mengetahui cara merawatnya juga. Karena merawat kucing tidak semudah yang dibayangkan. Berikut ini adalah tips merawat kucing Persia yang perlu dilakukan:

1. Menjaga Kebersihan Bulunya

Salah satu hal yang perlu dirawat ketika memiliki kucing Persia adalah menjaga kebersihan bulunya. Kucing Persia dikenal memiliki bulu yang panjang, lebat dan cantik. Namun, jika tidak dirawat dengan baik, maka bulunya dapat rusak dan rontok. Oleh karena itu, jagalah kebersihan bulu kucing dengan rajin membersihkannya.

Usahakan untuk tidak menggunakan bahan kandang yang dapat menempel pada bagian bulu kucing. Jadi pilihlah bahan seperti metal atau kayu untuk kandangnya. Sedangkan kain katun untuk alasnya. Bahan-bahan ini tidak akan menempel pada bulu kucing sehingga dapat menjaga bulu kucing.

BACA JUGA:  Jamur Pada Kucing

Selain itu sisirlah bulu kucing paling tidak dua hari sekali agar bulunya selalu rapi dan bersih. Dan jangan lupa untuk memandikan kucing minimal 1x dalam seminggu. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri dan kotoran yang menempel pada bulu kucing.

2. Berikan Makanan yang Bernutrisi

Kucing Persia merupakan kucing yang tergolong kuat dan tidak mudah sakit. Namun, agar kucing dapat bertahan lebih lama dan selalu sehat, maka kucing perlu diberikan makanan yang sehat dan bernutrisi.

Layaknya manusia, kucing juga harus diberikan makanan yang bergizi seperti ikan, daging dan vitamin yang cukup. Berikan secara teratur agar badan kucing bisa selalu sehat dan kuat.

3. Menjaga Kebersihan Hidung & Mata Kucing

Salah satu karakteristik dari kucing Persia adalah hidungnya yang kecil dan cenderung pesek. Agar tidak sampai mengalami sesak nafas, maka bersihkan hidung kucing secara rutin. Bersihkan dengan cotton bud kecil lalu bersihkan secara perlahan.

Selain hidung, mata kucing Persia cenderung mudah berair. Jika air dibiarkan terlalu lama, maka bisa menyebabkan iritasi serta bulu kucing rontok. Hal ini juga akan membuat kucing menjadi tidak nyaman dengan bulunya.

Oleh karena itu, bersihkan air mata kucing setiap harinya dengan tisu atau kain kering. Lap bagian area yang basah secara perlahan agar si kucing tidak sampai kaget atau tersakiti.

4. Rajin Vaksin

Salah satu cara menjaga kucing Persia dengan benar adalah dengan memberikan vaksin secara rutin. Kucing ini dikenal rentan terhadap infeksi saluran pernafasan karena tidak memiliki lapisan filter seperti kucing lainnya.

Baca Juga: Harga Vaksin Kucing

Untuk menghindari agar kucing tidak sampai terkena infeksi tersebut, maka berikan vaksinasi secara teratur. Lakukan kontrol ke dokter hewan secara rutin sesuai dengan jadwal yang telah diberikan. Pastikan agar tidak sampai terlambat dalam memberikan vaksin agar kucing tidak sampai sakit.

5. Ruang Terbuka

Salah satu cara untuk menghindari agar kucing tidak mudah stress adalah dengan memberinya ruang terbuka. Meskipun kucing Persia bukan tergolong kucing yang aktif, namun kucing tersebut tetap membutuhkan area terbuka untuk bergerak.

Namun karena kucing Persia tidak terlalu suka dengan keramaian, usahakan untuk memberinya ruangan terbuka di dalam rumah. Dengan begitu, kucing tersebut tetap bisa bergerak tanpa takut dengan orang atau hewan lain.

Itulah tadi beberapa ulasan singkat mengenai daftar harga kucing Persia. Jadi bagaimana? Sudah tau jenis kucing Persia seperti apa yang akan dipilih untuk menjadi hewan peliharaan? Apa pun hewan peliharaannya, sayangi dan jagalah sepenuh hati.

Perlu diketahui juga bahwa selain harga kucing Persia yang mahal, biaya perawatannya pun tidak murah. Oleh karena itu, jika sudah memutuskan untuk membeli kucing Persia, maka pastikan untuk mempersiapkan biaya perawatannya juga. Jangan sampai sudah mahal membeli kucing Persia, namun tidak dirawat dengan baik.

Semoga artikel ini bisa membantu pembaca dan mampu menjadi referensi dalam menemukan sumber informasi terupdate tentang harga jenis-jenis kucing Persia.

DAFTAR HARGA KUCING PERSIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.