Daftar Harga Makanan Kucing

57 View

DAFTAR HARGA MAKANAN KUCING – Salah satu binatang yang paling banyak penggemarnya di Indonesia adalah kucing. Hal ini dikarenakan kucing merupakan hewan yang menggemaskan dan mudah untuk dirawat.

Salah satu kemudahan dari memelihara binatang lucu ini adalah banyaknya pilihan daftar harga makanan kucing yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, serta dana yang ada.

Macam-macam Bentuk Makanan Kucing

Macam-macam Bentuk Makanan Kucing
thesprucepets.com

Sebelum membahas daftar harga makanan kucing yang ada di pasaran, para pemilik kucing harus tahu dulu jenis-jenis makanan untuk hewan peliharaannya tersebut.

Sebab ini akan mempengaruhi perkembangan kucing, baik dari pertumbuhan maupun kemampuannya. Berikut adalah jenis-jenis makanan yang dapat diberikan:

1. Makanan Mentah

Bagi beberapa kucing, makanan mentah itu baik karena mengandung banyak vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan. Namun tidak semua kucing memiliki pencernaan yang mampu mentoleransi makanan mentah.

Padahal saluran pencernaan kucing lebih pendek dan asam sehingga baik dalam memproses makanan mentah. Jenis makanan ini biasanya diambil dari tulang-tulang, bagian otot yang mentah, atau daging organ lainnya.

2. Makanan Basah

Sekilas tampak mirip seperti makanan mentah, namun makanan basah (wet food) sudah melalui proses tertentu terlebih dahulu.

Sebagian besar makanan ini mengandung banyak air yang berguna bagi ginjal dan saluran kemih. Selain itu, bisa menjadi sumber protein yang baik. Contoh dari makanan ini adalah “Tuna Cat Food” atau makanan kaleng lainnya yang berbahan utama ayam atau daging.

3. Makanan Kering

Sebutan lain dari makanan ini adalah dry food. Ada banyak keuntungan memberi makanan kering pada kucing, yaitu lebih praktis dan ekonomis, waktu penyimpanan lama, dan kaya akan nutrisi karena ditambahkan berbagai macam campuran bahan makanan yang bermanfaat.

Serta, satu hal yang jarang diketahui adalah dry food membantu dalam menjaga kesehatan mulut kucing, khususnya gigi. Karena mereka terhindar dari penumpukan plak.

4. Makanan Rendah Protein

Makanan jenis ini dikhususkan bagi kucing-kucing dengan kondisi tertentu, misalnya memiliki penyakit ginjal. Jumlah protein dibatasi supaya tidak membebani kerja ginjal, serta memperlambat perkembangan penyakit tersebut.

Dengan jumlah protein yang minim, ginjal kucing tidak perlu sibuk mengeluarkan “limbah” produk protein. Namun jika kucing dalam kondisi normal dan sehat, jumlah protein yang tinggi justru dibutuhkan.

Nutrisi yang Harus Diperhatikan Pada Makanan Kucing

Nutrisi yang Harus Diperhatikan Pada Makanan Kucing
animaldermatologyclinic.com.au

Saat melihat daftar harga makanan kucing, jangan langsung memilih yang paling mahal atau yang paling murah. Sebab harga bukan suatu jaminan kalau makanan kucing tersebut berkualitas.

BACA JUGA:  Rekomendasi Obat Cacing Untuk Kucing

Artikel Lain: Makanan Kucing Anggora

Artinya, harus lebih teliti dalam memperhatikan kandungan nutrisi di dalamnya. Cek pada bungkusan produk yang akan dibeli, apakah mengandung beberapa hal berikut:

  • Protein. Ini yang akan menutrisi tubuh kucing, mulai dari antibodi hingga kualitas pertumbuhan cakar, bulu, kulit, dan sebagainya.
  • Mineral. Contoh kandungan mineral adalah kalium, kalsium, zat besi, magnesium, dan masih banyak lain. Dengan jumlah mineral yang tercukupi, maka kucing akan memiliki sirkulasi oksigen dan darah yang baik, keseimbangan pH, serta proses pembentukan enzim lancar.
  • Lemak. Takaran protein yang tepat akan dibantu oleh lemak untuk menumbuhkan bulu yang indah dan sehat. Namun pemberian lemak terlalu banyak juga tidak baik karena akan menyebabkan obesitas. Jangan salah, sebuah penelitian di Amerika Serikat pada tahun 2014 menunjukkan sebanyak 28,1% kucing di sana mengalami obesitas.*
  • Vitamin dan Air. Vitamin akan membantu dalam pertumbuhan dan mempertahankan metabolisme tubuh kucing. Contoh beberapa vitamin yang harus dikonsumsi adalah vitamin A, B, C, D, E, dan K. Sedangkan air diperlukan agar kucing tidak dehidrasi dan bulunya tidak mudah rontok serta kusam.

Daftar Harga Makanan Kucing Berdasarkan Ukuran

Daftar Harga Makanan Kucing Berdasarkan Ukuran
Makanan Kucing Persia – hewany.com

Banyak hal yang mempengaruhi harga makanan kucing ini di antaranya berdasarkan kualitas, merek, usia kucing, dan yang terakhir adalah ukuran makanannya.

Untuk ukuran makanan sendiri, kucing memiliki beragam pilihan yang bisa dipilih sesuai keinginan ada yang kecil sampai yang jumbo. Berikut adalah daftar harga makanan kucing berdasarkan ukuran untuk referensi sebelum membeli.

1. Ukuran 85 gram – 100 gram

Dimulai dari daftar harga makanan kucing yang memiliki ukuran mini yakni 85 gram – 100 gram. Ukuran ini biasanya disediakan dalam bentuk pouch dan kebanyakan dikemas dalam bentuk makanan basah.

Untuk harganya sendiri kemasan yang paling kecil yaitu 85 gram dimulai dari Rp80 ribu – Rp100 ribu tergantung dari merk yang menyediakannya.

Selanjutnya untuk kemasan yang 100 gram kisaran harganya dimulai dari Rp100 ribu – Rp150 ribu. Perlu diingat bahwa makanan ini disajikan dalam kondisi basah yang artinya ukuran kecil ini diperuntukan untuk kitten atau anakan kucing. Jadi tidak heran meskipun kemasannya kecil tapi harganya lumayan mahal.

2. Ukuran 200 gram – 400 gram

Selanjutnya ukuran 200 gram – 400 gram yang biasanya disajikan di dalam tas plastik dan makanan ini berbentuk kering. Jadi dapat dipastikan bahwa makanan berukuran ini lebih banyak diperuntukan untuk kucing remaja – dewasa. Kisaran harga pertama untuk ukuran 200 gram dimulai dari Rp15 ribu – Rp30 ribu.

Baca Juga: Harga Vaksin Kucing, Inilah Informasi Lengkapnya

Selanjutnya untuk ukuran kedua yakni 400 gram dimulai dari harga Rp3 5ribu – Rp50 ribu. Karena diperuntukan untuk kucing yang sudah dewasa biasanya bentuk dari makanan keringnya dibuat bervariasi.

Ada yang berbentuk donat, ikan, lonjong, dll. Hal ini dilakukan untuk menarik minat si kucing serta dapat meningkatkan nafsu makan kucing.

3. Ukuran 500 gram – 750 gram

Masuk ke ukuran sedang yang paling banyak menjadi pilihan yaitu ukuran 500 gram – 750 gram. Ukuran ini banyak disenangi karena banyak, namun tidak terlalu berat juga. Jadi masih aman jika makanan ini hendak dibawa berpergian. Untuk kisaran harganya sendiri dimulai dari Rp35 ribu – Rp60 ribu untuk ukuran 500 gram.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok

Kisaran harga ukuran 750 gram sendiri tidak terlalu jauh dengan yang sebelumnya yakni di angka Rp40 ribu – Rp60 ribu. Dua hal yang biasanya mempengaruhi harga makanan kucing ukuran ini yaitu merek dagang yang menjual makanan serta bahan bakunya. Semakin bagus bahan bakunya maka harganya pasti semakin tinggi.

4. Ukuran 1 kg – 1,5 kg

Masuk ke.ukuran keempat yakni 1 kg – 1,5 kg. Ukuran yang sudah mulai cocok dibeli apabila memiliki satu sampai tiga ekor kucing peliharaan dan ingin makanannya awet sampai satu bulan. Ukuran 1kg ini memiliki rentang harga yang tidak terlalu berbeda dimulai dari Rp65 ribu – Rp75 ribu.

Lalu untuk ukuran 1,5 kg sendiri ada di rentang harga yang masih sama dan tidak terlalu jauh yakni Rp70 ribu – Rp80 ribu.

Hal yang membuat rentang harganya tidak terlalu jauh karena bahan bakunya yang biasanya sama, dan diperuntukan untuk kucing remaja – dewasa. Jadi tidak terlalu ada kesenjangan dalam hal harga dari berbagai merek yang ada di pasaran.

5. Ukuran 2 kg – 3 kg

Selanjutnya di daftar harga makanan kucing yang kelima ada yang ukurannya sudah mulai cocok untuk yang memelihara banyak kucing.

Untuk ukuran 2 kg sendiri belum terlalu banyak merek makanan yang menyediakan, jadi rentang harganya tidak terlalu jauh dari Rp200 ribu – Rp280 ribu.

Untuk ukuran selanjutnya 3 kg ini sedikit unik, karena biasanya lebih banyak produsen makanan menjualnya tidak pas di ukuran tersebut. Melainkan dilebihkan sedikit seperti 3,10 kg, 3,18 kg, dan 3,20 kg.

Belum jelas alasannya mengapa tapi tetap ada beberapa yang menjual dengan pas 3 kg. Kisaran harganya sendiri ada di kisaran Rp150 ribu – Rp320 ribu.

6. Ukuran 4 kg – 5 kg

Mulai memasuki daftar harga makanan kucing yang berukuran lumayan besar yang cukup untuk memberi makan beberapa kucing selama sebulan, dan bisa dijadikan stok apabila hanya memelihara satu atau dua ekor kucing. Ukuran pertama yaitu 4 kg memiliki rentang harga Rp250 ribu – Rp450 ribu.

Lalu untuk ukuran 5 kg berkisar antara Rp400 ribu – Rp480 ribu. Hal yang mempengaruhi harga dari dua ukuran ini adalah makanan tersebut untuk jenis kucing apa. Karena itulah ketimpangan harganya lumayan terlihat di ukuran 4 kg, karena disesuaikan dengan jenis kucingnya.

7. Ukuran 7 kg – 8 kg

Lanjut ke ukuran besar selanjutnya yakni 7 kg – 8 kg. Untuk kedua ukuran ini rentang harganya sangat bervariasi karena banyak yang produsen yang menjual dalam ukuran ini. Kisaran harga pasaran pertama untuk ukuran 7 kg yaitu Rp250 ribu – Rp500 ribu. Lumayan beragam bukan pilihannya.

Selanjutnya untuk ukuran yang lebih besar yakni 8 kg kisaran harganya Rp180 ribu – Rp500 ribu. Lebih banyak lagi pilihan harga yang disediakan.

BACA JUGA:  Kenapa Kucing Mengeong

Hal ini sesuai dengan pembahasan awal, jika banyak merek yang menyediakan ukuran ini, sehingga pilihan harganya juga sangat bervariasi. Dengan begitu pemilik kucing dapat lebih leluasa memilih makanan dengan ukuran ini sesuai dengan kebutuhan.

8. Ukuran 10 kg dan 18 kg

Selanjutnya ke ukuran yang lebih besar yaitu 10 kg. Ukuran jumbo ini juga banyak produsen makanan yang menyediakan berdasarkan jenis kucing, bahannya, dan lain-lain jadi banyak sekali pilihannya. Kisaran harganya dimulai dari Rp800 ribu – Rp1 juta. Lumayan terjangkau untuk ukuran yang sangat besar.

Bila sempat berfikir bahwa 10 kg adalah ukuran terbesar, maka lebih baik ditarik kembali karena ada satu produsen makanan yang menyediakan ukuran sangat besar yakni 18 kg. Karena masih belum banyak yang menjual, maka kisaran harganya hanya di Rp700 ribu. Tenang saja meskipun murah, tapi tetap aman dan dijamin kualitasnya.

Hal-Hal yang Mempengaruhi Daftar Harga Makanan Kucing

Hal-Hal yang Mempengaruhi Daftar Harga Makanan Kucing
Harga Makanan Kucing – apahabar.com

Bila sudah melihat daftar di atas tentu sudah mengetahui bahwa daftar harga makanan kucing tidak hanya dipengaruhi oleh ukuran saja ada banyak hal yang mempengaruhinya. Hal-hal yang mempengaruhinya diluar ukuran tersebut diantaranya.

  • Usia Kucing. Pertama adalah usia kucing berpengaruh pada harga makanan kucing karena biasanya untuk anak kucing harga makanannya lebih mahal. Hal ini dikarenakan makanan tersebut dibuat dengan formulasi khusus agar dapat dicerna dengan baik olehnya.
  • Jenis Kucing. Selanjutnya berdasarkan jenis kucing apa yang mengkonsumsinya. Beberapa produsen makanan kucing memformulasikan makanannya dengan berbeda sesuai jenis kucing apa yang mengkonsumsi. Karena biasanya berbeda jenis kucing, berbeda juga nutrisi yang dibutuhkan.
  • Bahan Makanannya. Ketiga adalah bahan makanannya. Meskipun dibuat untuk usia yang sama, dan jenis kucing yang sama biasanya bahan makanan penyusunnya berbeda-beda. Ada yang menggunakan 100% ikan, ada juga yang menggunakan bahan lain untuk tambahan perawatan si kucing dari dalam.
  • Merek. Terakhir berdasarkan merek, tidak bisa dipungkiri jika semakin mewah mereknya semakin mahal juga harganya. Tapi hal lain yang menjadikan merek ini mempengaruhi makanan kucing adalah lokasi pembuatannya. Karena bila merek tersebut merupakan merek impor tentu akan dikenakan biaya pajak yang membuat harga menjadi lebih mahal.

Cara Memilih Makanan Kucing yang Tepat

Cara Memilih Makanan Kucing yang Tepat
hillspet.com

Setelah mengetahui daftar harga makanan kucing serta hal-hal yang membuatnya mahal atau murah, pemilik kucing pun harus paham menentukan makanan yang tepat. Selain soal budget, ada faktor lain yang harus dipertimbangkan sebelum membeli:

  • Jangan berikan makanan protein tinggi kepada kucing-kucing dewasa. Justru kucing anak-anak lah yang membutuhkan protein lebih banyak. Semakin tua umur kucing, maka kinerja organnya sudah tidak sebagus saat masih anak-anak.
  • Ingat, makanan mempengaruhi berat badan kucing. Agar tidak obesitas, sesuaikan jenis dengan kebutuhan. Bahkan saat ini ada produk makanan kucing khusus kucing yang sudah dikebiri. Tujuannya menjaga berat badan setelah kucing tersebut dikebiri.
  • Pilihlah makanan yang mendapatkannya kembali mudah. Jangan sering mengganti makanan kucing karena akan membuat mereka tidak nafsu makan atau jadi mencret. Harga terjangkau dan banyak ditemui di berbagai pet shop itulah yang terbaik.

Selesai sudah pembahasan terkait daftar harga makanan kucing serta hal-hal yang mempengaruhinya. Ternyata makanan kucing ini memiliki banyak sekali pilihan yang memudahkan si pemilik kucing. Meskipun begitu, tetap pastikan keamanan dan kualitas dari makanan tersebut yah.

Demi kebaikan kucing kesayangan itu sendiri. Jangan tergiur dengan tawaran promo atau harga murah pada daftar harga makanan kucing. Sebagai kebutuhan utama, makanan bukan sesuatu yang bisa disepelekan saat merawat hewan peliharaan.

DAFTAR HARGA MAKANAN KUCING

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.