Harga Burung Anis

HARGA BURUNG ANIS – Bagi kalangan pecinta burung mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis burung satu ini. Burung kecil pemakan segala dengan suara khasnya yang sangat merdu. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai harga burung anis, burung kecil bersuara merdu serta makanan yang membuat gacor.

Meski digemari dan sering dipakai untuk berkompetisi, sayangnya populasi burung anis terus saja menurun, terutama di alam liar. Dari tahun 2000 hingga 2018 diketahui bahwa populasi burung ini menurun hingga 50%. Sedangkan bila dihitung per tahunnya, penurunan populasi burung anis mencapai 15-20%.

Namun demikian, hal ini tidak mengurangi ketertarikan pecinta burung pada burung anis. Akibatnya, meskipun jumlah burung ini sedikit, namun jumlah burung yang berhasil ditangkarkan cukup tinggi. Akibatnya, semakin banyak orang yang mulai mengenal dan ingin mendengar kicauan burung anis ini.

Daftar Isi

Jenis Serta Harga Burung Anis Bagi Pemula yang Ingin Memeliharanya

Jenis Serta Harga Burung Anis Bagi Pemula yang Ingin Memeliharanya
burung anis merah – hbw.com

Mungkin untuk pemula yang ingin mempunyai unggas yang lucu dan bersuara merdu ini. Tetapi, tidak mengetahui harga yang pasti di pasaran. Nah, simak dibawah ini akan mengulas habis mengenai jenis serta harga burung anis bagi pemula agar tidak tertipu saat hendak membeli.

Baca Juga: Harga Burung Jalak Berbagai Jenis

1. Anis Merah yang Laku Di Pasaran

Jenis yang pertama ialah burung anis merah yang sudah tidak asing lagi bagi pecinta burung. Hampir seluruh pecinta burung anis pasti mempunyai salah satu jenis burung anis merah yang ini. Anis merah mempunyai nama latin Zoothera Citrina.

Persebaran burung ini pun hanya tersebar di wilayah Benua Asia bahkan di Indonesia pun ada tepatnya di sekitar Jawa dan Bali. Untuk harga burung anis merah ini bisa dibilang paling murah dari semua jenis, yaitu berkisar Rp 250.000 hingga Rp 1.000.000

Yang mempengaruhi kisaran harga tersebut sudah jelas burung tersebut sudah pintar untuk ngeroll dan memenangkan kejuaraan. Ketika sudah pernah memenangkan kejuaraan tentu saja harga yang dibanderol akan cenderung mahal.

2. Burung Anis Macan, Motif Totol-Totol Yang Elegan

Rekomendasi kedua burung anis macan yang memiliki motif bulu seperti macan yang siap untuk beradu pada perlombaan. Wilayah persebarannya pun hanya berada pada sekitaran Indonesia bagian timur hewan endemik Indonesia yang menggemaskan.

Dana yang harus disiapkan untuk mendapat seekor burung anis macan ini sekitar Rp 350.000. Tidak mahal bukan untuk mendapatkan dan memelihara seekor burung anis. Namun, ada baiknya untuk membeli sepasang, kasihankan hewan ini sendirian.

3. Kegemaran di Tahun 2000-an, Burung Anis Cendana

Seperti judul diatas memang benar burung anis jenis cendana sudah banyak digemari dikala tahun 2000-an. Ia bisa meniru berbagai macam suara yang sudah menjadi master sebelumnya tentu jika dilatih dan diperdengarkan setiap hari dengan rutin.

Gayanya yang nyentrik ketika berkicau membuat pencinta hewan jatuh hari kala itu. Ciri khasnya ketika berkicau ialah nungging. Untuk mendapatkan seekor saja burung ini diperlukan dana sebesar Rp 400.000 sedikit lebih mahal dibandingkan dengan anis macan.

4. Si Misterius Terbang : Burung Anis Siberian

Lain halnya dengan burung hantu karena burung hantu memang benar-benar misterius dan ukuran pun jauh lebih besar. Satu ini merupakan burung anis jenis Siberian yang mempunyai bulu cenderung berwarna hitam dan berbadan besar.

Seperti namanya burung anis ini bukan hewan asli Indonesia walaupun ditemukan juga di Indonesia. Unggas ini bermigrasi ke wilayah dengan suhu hangat saat memasuki musim kawin tiba. Harga yang dipatok untuk mendapatkannya sekitar Rp 500.000.

5. Punglor Kembang Si Kicauan Merdu

Punglor kembang begitulah nama lainnya burung anis itu disebut oleh masyarakat. Sebenarnya burung anis kembang memiliki banyak sebutan nama, seperti anis cacing karena warnanya yang cenderung coklat gelap seperti cacing.

Wilayah hidupnya di dalam hutan-hutan di Asia Tenggara, seperti di daerah Nusa Tenggara, Sunda Besar, Malaysia dan Filiphina. Untuk mendapatkan hewan si suka nyanyi ini perlu menyiapkan dana sebesar Rp 400.000 hingga Rp 600.000.

Perbedaan Burung Anis Jantan dan Betina

Perbedaan Burung Anis Jantan dan Betina
ilmubudidaya.com

Pada burung anis, yang digunakan untuk kontes adalah burung jantan. Oleh karena itu, pemilik burung harus mampu membedakan mana burung jantan dan burung betina.

Sekilas, burung anis jantan dan betina memiliki karakteristik yang sama. Namun, jika diperhatikan dengan baik, terdapat perbedaan antara burung anis jantan dan betina.

1. Berdasarkan Ciri Fisiknya

Dari segi ciri fisik, burung anis jantan memiliki warna bulu yang lebih terang. Selain itu sayap pada burung anis jantan biasanya juga cenderung rapat.

Dilihat dari bentuk tubuhnya, burung anis jantan cenderung memiliki tubuh yang ramping dan tinggi. Sedangkan pada burung anis betina tubuhnya pendek dan bulat.

Selain itu, pada burung jantan biasanya paruhnya lebih lancip dan juga tebal daripada burung betina. Sedangkan dari bentuk kepala, burung jantan memiliki kepala dan leher yang lebih ramping.

2. Berdasarkan Tingkah Laku

Burung anis jantan dan betina juga bisa dibedakan dari tingkah lakunya. Umumnya burung jantan jauh lebih aktif dibandingkan dengan burung betina. Hal ini terlihat ketika seseorang mendekati burung anis.

Selain itu, suara burung jantan juga nyaring dan lama. Sedangkan pada burung betina, suara siulannya jauh lebih lirih dan lembut.

Perbedaan dari tingkah laku juga bisa dilihat dari respon burung anis ketika bertemu burung lainnya. Burung jantan biasanya akan berkicau kencang sembari mengangkat kepala. Sedangkan burung betina akan menggetarkan sayapnya lalu bersiul dengan lembut dan pelan.

Makanan yang Cocok Untuk Burung Anis Semakin Rajin Nyanyi

Makanan yang Cocok Untuk Burung Anis Semakin Rajin Nyanyi
kroto atau telur semut makanan burung anis – 123rf.com

Pada dasarnya saat di habitat aslinya burung anis merupakan hewan pemakan segala atau omnivora. Tetapi, walaupun anis merupakan hewan omnivora ada makanan kesukaannya yang akan membuatnya terus menerus nyanyi sepanjang hari.

Artikel Lain: Cara Merawat Burung Anis Merah Agar Cepat Bunyi

1. Jangkrik Ukuran Sedang

Sudah tidak asing lagi jika memberi makanan pada burung yang pandai menyanyi dengan jangkrik. Jangkrik sebenarnya memiliki kadar protein yang sangat tinggi tentu tidak ingin memberinya berlebih bukan supaya tidak obesitas.

Perlu adanya takaran yang pas untuk memberi pakan jangkrik. Jangan terlalu sering karena tidak akan baik bagi si burung anis. Ketika mendapatkan jangkrik yang sudah dewasa ada baiknya untuk memutus kakinya yang ada bulu halus agar tidak melukai si burung.

2. Cacing Tanah Hidup yang Kaya Protein

Selanjutnya ada saran memberi pakan cacing tanah yang masih hidup karena burung akan semangat melahapnya. Memberi pakan cacing tanah dapat dilakukan seminggu sekali jangan lebih untuk memperoleh hasil yang maksimal terhadap suara kicauannya.

3. Kroto atau Telur Semut Rangrang

Ingin memperoleh hasil yang maksimal terhadap suara burung dapat diberikan kroto atau telur semut rangrang. Fungsi dari kroto selain suara burung yang merdu juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh bagi si burung.

Memberikan kroto juga jangan berlebih cukup seminggu sekali atau saat burung mengalami masa kawin. Ada baiknya untuk memberikan makan burung kesayangan secara bergantian setiap harinya ada tidak membosankan bagi burung anis.

4. Buah-Buahan Pemenuh Vitamin

Selain makanan yang kaya akan protein burung anis juga perlu adanya makanan yang mengandung vitamin dan juga air. Tentu saja pemberian pakan ini harus dilakukan secara bergantian jangan pernah berlebihan untuk memberi pakan.

Buah yang cocok untuk si burung anis ialah sejenis papaya yang kaya akan serat, pisang kepok yang sudah matang. Apel merah ataupun pir juga bisa dimasukkan ke dalam daftar menu makanan bagi si burung agar tetap aktif untuk berkicau sepanjang hari.

5. Pur atau Pelet Untuk Ikan

Jenis makanan yang terakhir ialah pur sejenis pelet makanan untuk ikan ataupun ayam. Memberinya makanan yang simpel ini juga bisa digunakan apabila terlalu sibuk untuk mengurusi burung anis. Cukup dengan memberi satu genggam pur.

Pur ini terbuat dari campuran dedak, ampas tahu, kedelai dan lain-lain yang tentunya sangat bagus untuk diberikan. Dalam pemberian pakan pur ini sudah banyak mengandung protein, serat dan juga vitamin untuk burung anis. Pakan paling mudah dan murah untuk dicari.

Tetap saja masih sama seperti menu makanan yang lainnya harus dilakukan secara selang seling. Agar burung tidak bosan dan mau makan dengan lahap. Dengan begitu bisa membuat burung anis terus menerus berkicau sepanjang hari tanpa kenal lelah.

6. Vitamin Khusus Burung Anis atau Burung Kicau

Makanan yang perlu ditambahkan kedalam daftar belanjaan makanan hewan kesayangan, ialah vitamin. Karena tidak selalu hewan yang dipelihara dalam keadaan sehat adanya kalanya hewan terkena penyakit. Serta perlu adanya tambahan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

Kisaran harga untuk mendapatkan sebotol vitamin sangatlah variatif berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 100.000 pun ada. Beli sesuaikan dengan kebutuhan burung anis agar tidak sia-sia membeli vitamin demi kesehatan peliharaan.

Tips Membeli Burung Anis Dengan Tepat

Tips Membeli Burung Anis Dengan Tepat
okdogi.com

Bagi pemula, membeli burung anis merupakan hal yang sulit-sulit mudah. Kurangnya pengalaman menjadi hambatan untuk memilih burung yang berkualitas. Namun, tidak perlu khawatir karena di bawah ini ada beberapa tips dan trik membeli burung khusus untuk pemula:

1. Bertanya Pada Pemilik Burung Berpengalaman

Seorang pemula biasanya tidak memiliki pengalaman dan pemahaman yang cukup dalam membeli burung anis yang baik. Salah satu cara menyiasatinya adalah dengan meminta bantuan pada pemilik yang lebih berpengalaman. Pemilik pemula bisa bertanya-tanya seputar burung yang akan dibeli seperti ciri-ciri dan juga harga normalnya.

Untuk memastikan bahwa burung yang dibeli tepat, pemilik pemula bisa mengajak teman yang lebih berpengalaman ketika berniat membeli burung. Dengan begitu, kesalahan dalam memilih burung bisa dihindari.

2. Cari dan Pilih Penjual Yang Terpercaya

Ketika membeli burung, pastikan bahwa penjual burung memang terpercaya. Sebaiknya pembelian burung dilakukan di pasar burung atau tempat-tempat resmi jual-beli burung.

Selain tempat, kondisi penjual juga perlu diperhatikan. Kualitas dan tingkat kepercayaan penjual burung bisa diketahui dari keramaian toko penjual dan bagaimana penjual burung menawarkan dagangannya.

Penjual dikatakan terpercaya jika toko miliknya ramai dikunjungi pelanggan. Selain itu, ciri penjual terpercaya lainnya adalah menjelaskan secara terperinci mengenai sifat, asal-usul, dan kondisi burung. Usahakan jangan membeli burung di sembarang tempat, apalagi jika kandang dalam kondisi tertutup.

3. Perhatikan Kesehatan Burung

Tips memilih burung lainnya adalah memperhatikan kesehatan burung. Pastikan bahwa burung yang dipilih dalam kondisi sehat. Ciri-ciri burung yang sehat antara lain lincah, bersuara keras, agresif, dan lepas.

Apabila yang akan dibeli adalah anakan burung, perhatikan bentuk sayap dan jumlah bulu serta suara burung. Sebaiknya jangan membeli burung yang bersuara setengah hati atau bersuara lirih.

Begitulah beberapa daftar harga burung anis, burung kecil bersuara merdu serta makanan yang membuat gacor setiap hari. Setelah menentukan pilihan untuk membeli burung anis pastikan sesuai dengan dana yang telah disiapkan. Dan pastikan bahwa burung tersebut juga mempunyai sertifikat yang sah untuk diperjual belikan.

HARGA BURUNG ANIS

Salah satu referensi:

Dewanto, Anang dan Maloedyn Sitanggang. Cara Merawat dan Melatih Burung Kicauan. Agromedia. Jakarta: 2009.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.