Harga Burung Branjangan dan Perawatannya yang Benar

Harga burung branjangan tergolong tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya mengingat banyak orang menyukai. Kelebihan paling mencolok dari jenis burung ini ialah suara kicauan yang nyaring serta keaktifan tubuhnya dapat membuat si tuan pemilik jatuh cinta setiap hari. Tertarik menyimak?

Ragam Jenis Burung Branjangan

ragam jenis burung branjangan
youtube.com

Sebagaimana jenis burung lainnya, branjangan memiliki cukup banyak jenis yang dipilih melalui karakteristik masing-masing. Misalnya perawatan, warna serta ukuran tubuh, lengking suara, serta beberapa aspek tambahan lainnya. supaya tidak penasaran, berikut di bawah ini penjelasannya;

1. Burung Branjangan Jantan

burung branjangan jantan
omkicau.com

Jenis pertama ini memang dipilih berdasarkan jenis kelamin yang dimiliki. Hal tersebut disebabkan oleh karakteristik  nan cukup berbeda jauh diantara keduanya.  Adapun ciri khas tersebut yaitu warna bulu nampak mengkilap, jambul lebih lebar dan panjang, suara lebih nyaring serta sangat identik.

Apabila diamati lebih seksama, postur burung branjangan jantan lebih tegap dengan ukuran tubuh proporsional seukuran spesies sejenis pada umumnya / panjangnya kurang lebih 16 cm. Bulu pada kedua sayap berwarna coklat gelap sedangkan bagian perut hingga leher bawah agak sedikit terang

2. Burung Granjangan Gacor

harga burung branjangan gacor
caraputu.com

Mungkin hanya dengan menyebut namanya, banyak orang sudah akan menduga bahwa jenis granjangan  satu ini memiliki tingkat kerewelan yang jauh lebih tinggi dibandingkan lainnya. Mungkin saja ungkapan tersebut benar karena burung tersebut memang memiliki kelebihan pada pita suara.

Adapun untuk mengenalinya cukup mudah sebab jambul di kepala yang ia punya memiliki ketebalan cukup lebar. Jika dilihat sekilas, bagian muka sampai leher akan nampak seperti tumbuh dengan ukuran tidak seimbang. Begitupula dengan tampilan tubuh menjadi makin nampak kecil dan pendek. 

3. Burung Branjangan Jawa

gambar burung branjangan jawa
pipin-andrianto.blogspot.com

Nama jenis selanjutnya ini diambil dari nama pulau habitatnya yaitu Jawa. Meskipun memiliki ukuran lebih mungil dibandingkan jenis lain, namun suara kicauan yang dihasilkan tenggorokan nya sangat nyaring dan cukup bervariasi. Terutama karena rangsangan si pemilik maupun kehadiran burung lain.

Secara tampilan, branjangan jawa memang agak kalah. Ditambah lagi jambulnya yang tipis akan membuat seseorang agak kesulitan dalam membedakan antara kelamin jantan dan betina. Corak tubuhnya terdiri dari paduan warna coklat gelap, muda, putih, serta kehitaman di sepanjang tubuh.

4. Burung Branjangan NTB

gambar branjangan ntb
youtube.com

Meskipun habitat aslinya di Nusa Tenggara Barat, namun persebaran kepemilikan jenis burung brajangan NTB sudah meluas ke berbagai wilayah, terutama pulau jawa. Secara tampilan, perbedaannya dengan jenis spesies lain sangat mencolok yakni tubuh ramping dan warna eksotis.

Tak seperti pada umumnya, burung branjangan NTB mempunyai corak antara warna hijau kecoklatan. Lehernya sedikit lebih panjang sehingga nampak memiliki badan lebih panjang namun sebenarnya ukuran seluruhan tubuh spesies tersebut hanya sekitar 15 cm mulai kepala hingga ekor.

5. Burung Branjangan Wates

harga branjangan wates
youtube.com

Jenis burung branjangan wates merupakan salah satu tipe yang disebut mulai langka dibandingkan lainnya. Oleh karenanya, secara tidak langsung patokan harga jual untuk tubuh si kecil cantik tersebut terhitung lebih mahal. Belum lagi corak tampilan coklat tua dan kehitaman beserta kaki kecil.

Beberapa orang mengatakan bahwa paruh burung branjangan memiliki ukuran lebih panjang. Secara suara, nada lengkingannya akan sangat variatif dan menyenangkan apabila dilatih oleh tangan yang tepat. Selain itu bulu jambul panjang dan turun banyak disukai sebagai suatu ciri khas kesederhanaan.

Daftar Harga Burung Branjangan

daftar harga burung branjangan
cyberspaceandtime.com

Diantara berbagai jenis diatas, tentu harga burung branjangan dari masing-masing tipe tersebut cukup menarik untuk diulas meskipun hanya sebatas kisaran karena ketepatan nominal di setiap daerah maupun penjual berbeda-beda. Minimal mengetahui rancang bangun kasarnya;

  • Harga burung branjangan jantan kisaran Rp1.000.000 – Rp1.500.000,-
  • Lalu untuk harga burung branjangan jawa sekitar Rp1000.000 – Rp2.000.000
  • Sedangkan harga burung branjangan gacor kisaran Rp2.000.000 keatas
  • Harga burung branjangan wates muda sekitar Rp200.000. Dewasa mencapai Rp1500.000

Cara Merawat Burung Branjangan Agar Rajin Berkicau

cara menjinakan burung branjangan
burungcantik.com

Setiap pecinta branjangan tentu saja menginginkan burung kesayangannya selalu sehat serta bisa berkicau dengan riang. Selain dapat membahagiakan si pemilik, lumayan menguntungkan juga apabila berhasil memenangkan perlombaan sehingga harga burung branjangan menjadi semakin meninggi. Demi memenuhi karakter tersebut, terdapat beberapa aspek penting untuk diperhatikan;

1. Gunakan Sangkar Cukup Besar

Poin pertama yang penting untuk diperhatikan yaitu pemilihan habitat buatan baru menyesuaikan cara hidupnya di alam liar. Tujuannya supaya branjangan dapat rileks berada dalam kandangnya sebagaimana dia menikmati kehidupan luar di tengah luasnya hutan asri nan tenang dan rindang.

Selain sangkar cukup besar sebagai media burung granjangan berjalan bebas, lingkungan sekitarnya juga perlu cukup tenang. Usahakan jangan sampai telinganya akrab dengan suara kebisingan mesin motor, asap, maupun ragam jenis polusi lainnya untuk meminimalisir resiko muncul tekanan stres.

Baca Juga: Cara Merawat Burung Anis Merah Agar Cepat Bunyi

2. Pemasteran sangat Efektif Meningkatkan Kemampuan

Hal penting kedua yaitu melakukan pemasteran atau menyandingkan burung branjangan dengan jenis burung kicau lainnya dengan tujuan supaya ia terstimulus sehingga nantinya bisa menirukan berbagai variasi suara. Misalkan saja Prenjak, pleci, kutilang, gelatik, maupun jenis lainnya.

Untuk hasil maksimal, biasanya si pemilik menggunakan momen ketika branjangan sedang dijemur. Bisa disandingkan secara langsung dengan burung lain maupun hanya melalui audio hp di samping sangkar. Pemasteran dapat juga dilakukan saat malam hari dan justru dianggap mudah konsentrasi.

3. Hindari Memandikan Burung Sesempatnya

Tidak dapat diingkari bahwa kebanyakan bapak-bapak atau pecinta burung ialah seorang laki-laki yang memiliki kewajiban untuk mencari nafkah. Jadwalnya terkadang juga tidak menentu, karena banyak faktor bisa mengakibatkan kemoloran sehingga waktu memandikan burung jadi terhambat.

Meskipun dianggap sepele, namun menjaga kebersihan tubuh seekor branjangan sangat penting. Hal ini mempengaruhi keaktifan serta kenyamanan nya dalam bergerak sehingga rasa semangatnya akan terus terpacu. Dengan demikian, sang pemilik akan menjadi lebih mudah untuk melatihnya.

4. Jangan Sampai Lupa Jadwal Berjemur

Poin penting selanjutnya yaitu berjemur. Sebagaimana khasiat vitamin D bagi seluruh makhluk hidup, menjaga burung branjangan agar memiliki imunitas tubuh mumpuni juga perlu dilakukan dengan cara ini. selain itu, berguna pula bagi perkembangan pertumbuhan serta kesehatan bulu dan keaktifannya. Apabila dilalaikan maka akan mengurangi harga burung branjangan.

Waktu berjemur paling baik yakni setelah dimandikan lalu pada pagi hari sekitar pukul 08.00 sampai 10.00. Durasi terbaik sekitar 1 hingga satu setengah jam saja. Disini, si pemilik sekaligus bisa melakukan pemasteran sehingga pengoptimalkan jadwal di tengah-tengah kesibukan bekerja.

5. Memperhatikan Asupan Makanan

Poin terakhir yakni memberikan asupan makanan yang cukup mulai dari karbohidrat dari voer, protein hewani (jangkrik, ulat, atau jenis serangga lainnya), protein nabati berupa biji-bijian, hingga asupan vitamin tambahan yang bisa dibeli di toko burung / hewan.

Kelengkapan kebutuhan makanan tersebut tentu saja sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan kemampuan. Kesemuanya harus diberikan secara rutin dengan takaran masing-masing setiap hari. Kalaupun ada kebutuhan tertentu seperti perlombaan, masa berahi, dll porsi bisa menyesuaikan.

Penjelasan mengenai harga burung branjangan diatas memang belum meliputi jenis keseluruhan, namun dipilah sesuai popularitasnya dalam dunia para pecinta spesies mungil dan lucu tersebut. apabila tertarik, jangan ragu untuk membeli karena sudah cukup memadai demi meramaikan rumah.

Harga Burung Branjangan

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.