Mengetahui Harga Burung Cucak Jenggot dan Cirinya

Harga Burung Cucak Jenggot – Mungkin harga burung cucak jenggot kurang dikenal oleh masyarakat dibandingkan dengan kutilang, gelatik, branjangan, atau jenis spesies serupa lainnya.

Hal ini wajar sebab kemunculannya termasuk jarang dan secara umum jenis itu digunakan sebagai master isian atau stimulus latihan kicau

Mengenal Ciri Spesies Burung Cucak Jenggot

ciri-ciri burung cucak jenggot
omkicau.com

Disebabkan keberadaan nya yang jarang diketahui, maka informasi terkait ciri-ciri maupun harga burung cucak jenggot juga menjadi penting untuk dipahami. Tujuannya agar tidak lekas terlupakan dan kemudian mengabaikan salah satu jenis hewan kecil dengan banyak potensi tersebut. Maka berikut ini merupakan ciri-cirinya;

1. Memiliki Jenggot

Sebagaimana namanya, burung cucak jenggot memiliki sejenis bulu tebal pada bagian bawah kepala dan sekilas menjadi nampak seperti jenggot pada manusia. Area tersebut memiliki warna lebih terang dibandingkan anggota tubuh lainnya. Ciri inilah yang menjadi penanda utama yang membedakannya.

Jenggot yang ada di bawah kepala tersebut bisa dijadikan sebagai pemikat burung betina pada saat musim kawin telah tiba. Harga yang dipatok juga beragam, tergantung panjang pendek bulu jenggot burung tersebut.

2. Memiliki Ukuran Tubuh Besar

Dibandingkan dengan jenis burung lainnya, cucak jenggot terbaik cukup besar berukuran panjang 22 cm. Faktor ini menyebabkan sekilas ia seperti burung liar dan bukan untuk dipelihara. Tampilan tersebut juga membuat gerak hewan itu sangat terbatas karena memiliki postur tubuh lebih berat.

3. Jambul Tegak Ketika Berkicau

Ciri menarik selanjutnya hewan ini ialah jambul pada bagian atas kepalanya yang bisa berdiri ketika ia berkicau dan terbang. Posisi itu memberi dampak pada efek elegan, angkuh, percaya diri, dan menciptakan gemas tersendiri bagi para fansnya. Tak heran harga burung ini kian naik.

4. Pilihan Warna Tubuh Sangat Bervariasi

Pada dasarnya, burung cucak jenggot memiliki varian warna tubuh cukup banyak, yaitu cokelat zaitun, hitam, putih, kuning, abu-abu, dan beberapa corak perpaduan diantara semuanya. Hal ini sering menjadi alasan banyak orang suka mengoleksi karena tampilannya yang beragam rupa.

5. Memiliki Habitat di Semak-Semak

Burung Cucak Jenggot pada dasarnya memang burung liar yang suka berburu serangga terbang. Tempat hidupnya pun cukup mudah dicari karena dia suka berada di hutan semak-semak dekat sungai untuk memudahkannya minum. Habitat ini jadi ciri para pencari burung di wilayah tersebut.

Baca Juga: Inilah Harga Burung Tledekan dan Informasi Terkait

6. Masuk dalam Kategori Burung Kontes

Meskipun memiliki bentuk tubuh agak besar, bukan berarti pita suaranya kalah merdu dibandingkan kerabat sejenisnya, yaitu cucak rowo dan ijo. Harga burung cucak jenggot juga tergolong tinggi bagi mereka yang dilatih mengikuti perlombaan.  Nada kicauannya khas serta punya 2 nada variatif.

7. Kebanyakan Berperan sebagai Master Isian

Maksud dari master isian yaitu seekor burung yang disandingkan dengan sejenisnya untuk digunakan menstimulus agar burung latihan tersebut ikut berkicau pula. Cucak jenggot memiliki fungsi demikian karena keaktifan nya dalam mengeluarkan suara dengan nyaring tanpa dikomando.

Ciri-ciri yang sudah disebutkan diatas sebenarnya ialah tampilan dasar karena selanjutnya mereka akan terbagi dalam beberapa klasifikasi. Pembagian tersebut dirumuskan berdasarkan asal habitat masing-masing dan secara otomatis menimbulkan sedikit perbedaan karakteristik.

Harga Burung Cucak Jenggot Berdasarkan Klasifikasinya

photo burung cucak jenggot
okdogi.com

Membincang soal harga burung cucak jenggot, nominal nya sendiri memiliki beberapa tingkat sesuai dengan kemampuan hewan tersebut.

Selain itu, tampilan warna, usia, ukuran dan jenis kelamin menjadi faktor lain dari jumlah nominal yang ditawarkan.  Umumnya, berkisar ratusan  hingga jutaan rupiah. Berikut akan diulas secara lengkap mengenai daftar kisaran harga pada masing-masing klaster kelas;

1. Burung Cucak Jenggot Bakalan

harga burung cucak jenggot bakalan
mediaronggolawe.id

Penyebutan bakalan sebenarnya merujuk kepada arti ‘kecil’. Bukan hanya terkait dengan usia, akan tetapi juga kemampuan burung cucak jenggot yang belum mulai masuk pada proses pengasahan. Biasanya fase ini disebut juga dengan “tutup mulut” artinya belum dilatih untuk mengolah kicauan.

Burung cucak jenggot bakalan rata-rata berusia 2 minggu an atau bahkan beberapa hari dilahirkan. Nominal harga pun masih cukup rendah karena belum memerlukan perawatan ekstra demi membuat suara jadi cemerlang.

Maka, Jika menginginkan melatih sejak awal, pastikan sudah berpengalaman. Harga burung ini  bakalan berkisar antara Rp100.000, – Rp150.000m,-

2. Harga Burung Cucak Jenggot Jantan

harga burung cucak jenggot jantan
satujam.com

Burung cucak jenggot sendiri termasuk dalam golongan hewan monomorfik. Artinya antara kelamin jantan dan betina tidak terlalu nampak perbedaannya dari segi tampilan fisik. Baru ketika sudah diamati dengan seksama, maka akan menjadi lebih jelas beberapa elemen bagian keduanya.

Secara harga keduanya berbeda. Burung cucak jenggot memiliki badget dengan nominal lebih besar karena dipercaya memiliki lengkingan lebih panjang, tampilan tubuh lebih bagus, ukuran ramping dan tegap, lebih fleksibel ketika diarahkan latihan juga mudah birahi.

Cirinya agresifitas meningkat / galak. Harga burung jantan dewasa ini berkisar pada nominal Rp400,000, – Rp500.000,-

3. Burung Cucak Jenggot Jawa

harga burung cucak jenggot jawa
youtube.com

Cucak Jenggot Jawa merupakan jenis bangsa burung tersebut yang kebanyakan ada di Jawa. secara fisik, tiap lingkungan dengan iklim serta dataran berbeda akan menimbulkan sebuah ciri khas baru dalam tubuh mereka. Contohnya saja seperti tipe satu ini yang dianggap memiliki perawakan ramping

Selain itu, burung cucak jenggot jawa identik dengan warna gelap, seperti coklat atau hijau kehitaman. Sedangkan bulu bagian dada nya lebih terang.

Kalau dari segi suara, ia dianggap punya kicauan lebih melengking, panjang dan jernih,  serta mengalun. Beberapa orang mengatakan agak monoton. Harga burung cucak jenggot Jawa berkisar pada nomina Rp300.000,-

4. Harga Burung Cucak jenggot Sumatera / Medan

harga burung cucak jenggot sumatra
youtube.com

Berbeda dengan jenis burung cucak jenggot jawa, jenis sumatera dikenal jenggotnya lebih pendek. Perawakannya pun lebih besar / bongsor serta panjang tubuh sedikit pendek. Selain itu, warna bulunya dominan terang, misalkan saja coklat, hijau atau kuning. Ganti jenggotnya yang corak gelap

Banyak orang mengatakan bahwa masalah kicauan, burung cucak jenggot Sumatera lebih juara. Masalahnya ia memiliki aksen serak ketika berada dalam nada tinggi. Selain itu, tidak jarang terdengar muncul seperti siulan yang tidak ada dalam jenis lain. Setiap Mereka punya kelebihan masing-masing. Harga burung cucak jenggot Medan berkisar antara Rp150.000, – Rp250.000,

5. Burung Cucak Jenggot Gacor

harga burung cucak jenggot gacor
youtube.com

Daftar terakhir yaitu burung cucak jenggot gacor atau yang sudah memiliki keahlian berkicau cukup mumpuni. Hal ini dapat dilihat dari sepak terjangnya dalam perlombaan maupun kemampuan dalam membuat variasi suara. Aspek tersebut tentu saja sangat mempengaruhi nilai jual maupun beli.

Kemampuan berkicau atau gacor bisa didapatkan dari latihan yang rutin. Selain itu, makanan serta perawatan kebersihan serta vitamin sehari-hari perlu diperhatikan dengan ketat.

Karena ketelatenan ekstra tersebut maka tidak heran harga cucak jenggot bisa mencapai angka jutaan rupiah. Harga burung cucak jenggot Gacor berkisar mulai Rp700.000, – Rp5.000.000,-

Demikian penjelasan lengkap mengenai harga burung cucak jenggot dari berbagai jenis serta beberapa ciri dasarnya. Seiring dengan banyaknya kompetisi yang diadakan untuk melombakan jenis ini, popularitasnya pun menjadi semakin meningkat serta semakin banyak mendapat peminat.

Harga Burung Cucak Jenggot

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.