Harga Burung Cucak Rowo

HARGA BURUNG CUCAK ROWO – Nama Cucak Rowo sudah tidak asing lagi bagi para kicau mania di Indonesia. Keberadaannya di alam liar yang semakin langka juga sulitnya menangkar burung ini menjadikan daya tarik yang luar biasa.

Dengan kicauannya yang nyaring, jelas dan penuh variasi tersebut membuat harga burung Cucak Rowo relatif mahal.

Asal-Usul Persebarannya Cucak Rowo

Asal-Usul Persebarannya Cucak Rowo
persebaran jenis burung cucak rawa – boombastis.com

Di Indonesia persebaran burung yang habitat aslinya di daerah rawa-rawa ini cukup merata di beberapa pulau. Dan setiap daerah memiliki jenis dan ciri-ciri khusus, baik warna, ekor maupun jambul atau mahkotanya. Di Pulau Sumatra, kalimatan dan Papua masih cukup banyak terdapat burung ini di alam liarnya.

Sementara di pulau Jawa dapat dikatakan sudah hampir punah, akibat terjadinya perburuan liar di tahun 80-an. Sedangkan pasar terbesar jenis burung berkicau ini justru di beberapa kota di pulau Jawa.

Para pedagang mendatangkan burung dari berbagai daerah dan pulau Di Indonesia Harga burung Cucak Rowo setiap daerah sangat berbeda bergantung darimana asal-usulnya, seperti:

Cucak Rowo Sumatera

Dengan ukuran tubuh yang besar dan berisi serta warna bulu hijau keaabu-abuan tetapi ada juga yang kecoklatan. Terkenal dengan kicauannya yang bening dan nyaring menjadi ciri khas burung rawa ini.

Baca Juga: Cara Merawat Burung Cucak Jenggot

Harga burung Cucak Rowo ini terhitung cukup mahal, untuk bakalan saja berkisar Rp 3 jutaan per ekornya, sedangkan sepasang indukan mencapai Rp 18 jutaan.

Cucak Rowo Kalimantan

Saat ini sedang banyak diminati para penggemar kontes burung. Dengan ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan kerabatnya dari Sumatra dan warna bulu hijau sedikit pudar. Harga bakalannya berkisar Rp 2 juta hingga Rp 3 juta per ekor. Sedangkan sepasang indukannya mencapai Rp 18 jutaan.

Cucak Rowo Papua

Jenis ini merupakan jenis yang paling mahal dibandingkan dengan kerabat-kerabatnya. Dan saat ini paling banyak dicari para penggemar kicau mania Indonesia. Paling murah harga burung ini berkisar Rp 3 jutaan per ekornya dan sepasang indukannya di atas Rp 1 8juta.

Faktor yang Mempengaruhi Harganya

Faktor yang Mempengaruhi Harganya Burung Cucak Rowo
harga burung cucak rowo – indolah.com

Banyak faktor yang mempengaruhi harga burung Cucak Rowo. Kelangkaanya di alam liar serta sulitnya menangkarkan burung ini menjadi salah satu alasannya. Tidak semua penangkar mampu membudidayakan burung pemakan serangga ini. Dan itu menyebabkan harganya semakin mahal serta menggiurkan.

Jenis Cucak Rowo

Di habitatnya burung ini juga mempunyai kerabat yang hampir sama jenisnya. Tidak semua bisa membedakannya, karena warna dan ukurannya juga hampir sama. Yang membedakan adalah kualitas kicauannya sehingga mempengaruhi harga burung Cucak Rowo, seperti:

Cucak Rowo Gacor

Inilah yang menjadi incaran para kicau mania. Tidak peduli dari mana asal-usul daerahnya, pastilah dikejar harga burung Cucak Rowo jenis gacor ini. Suara kicauannya yang lantang, ngerol dengan berbagai variasi menjadi keistimewaannya. Maka tidaklah heran jika harganya dapat mencapai di atas Rp 15 juta per ekornya.

Cucak Rowo Ropel

Ini memiliki suara yang keras dan mampu ngerol cukup panjang. Dengan berbagai teknik khusus burung ini bisa dilatih untuk kontes kicau burung. biasanya harga bakalan jenis ini bisa mencapai Rp 5 juta ke atas per ekornya.

Cucak Rowo Ijo

Jenis yang cukup popular di kalangan kicau mania. Meskipun asal-usulnya dari tempat yang tidak sama, tetap banyak dicari penggemarnya. Untuk bakalan jenis Cucak Rowo ini berkisar antara Rp400 ribu hingga Rp 3 juta per ekornya, tergantung dari asal-usulnya.

Cucak Rowo Mutiara

Tidak banyak diminati orang karena kicauannya yang kurang kuat dan sedikit ngebas. Biasanya hanya dijadikan pengeram oleh beberapa penangkar Cucak rowo. Harga maksimal dari burung jenis ini berkisar Rp 500 ribuan.

Prestasi dan Kemampuan berkicau

Prestasi yang dimiliki melalui berbagai kontes burung berkicau akan sangat mempengaruhi harga burung Cucak Rowo. Untuk itu para kicau mania sering mengikutkan burungnya di berbagai kontes. Semakin sering juara maka reputasi akan semakin bagus dan harganya akan semakin melambung.

Maka tidaklah mengherankan, para penggemar kicau mania akan mempersiapkan burung Cucak Rowonya dengan berbagi cara untuk menjadi juara.

Mulai dari mencari bakalan unggulan, pola makan hingga pemberian latihan-latihan tertentu. Sehingga burung Cucak rowo tersebut tetap sehat, bugar dan menghasilkan suara yang nyaring, bening, ngerol dengan berbagai variasi.

Persiapan yang matang untuk menghasilkan burung Cucak Rowo yang berkualitas dan bermental juara. Seringnya bertanding di arena terbuka akan membentuk mental yang bagus, sehingga satwa tersebut tetap mau berkicau. Sebab burung yang tidak pernah dipertandingkan, akan diam atau mogok saat di masukan ke dalam gantang.

Kontes burung berkicau sering sekali diadakan para kicau mania, bahkan ada kejuaraan nasional juga. Rata-rata harga burung Cucak Rowo yang bertanding di atas Rp 5 jutaan. Dan yang berhasil juara nilainya bisa mencapai Rp 18 jutaan, bahkan ada yang pernah mencapai Rp 25 juta.

Usia Bakalan

Harga burung Cucak Rowo relatif mahal bila dibandingkan dengan burung berkicau lainnya. Semenjak perburuan liar di tahun delapan puluhan menjadi penyebab langkanya satwa ini.

Burung yang habitatnya di daerah rawa dan sungai ini terus di buru dengan berbagai cara. Bahkan telurnya pun sudah memiliki harga yang cukup lumayan berkisar Rp 200 ribuan.

Sulitnya pembudidayaan satwa ini, menjadi harga burung Cucak Rowo bakalan atau anakan juga relatif tinggi. Dan itu sebabnya banyak penangkar yang mencoba membudidayakan satwa yang cantik ini.  Berikut rata-rata harga burung Cucak rowo bakalan:

Bakalan Cucak Rowo Papua

Untuk usia 1 hingga 2 bulan berkisar Rp 3 jutaan. Dan anakan yang berusia 3 hingga 5 bulan mencapai Rp 4 jutaan. Sedangkan bakalan yang berumur 5 hingga 12 bulan mencapai Rp 7 jutaan.

Bakalan Cucak Rowo Kalimantan

Untuk usia 1 hingga 2 bulan berkisar Rp 2 jutaan. Dan anakan yang berusia 3 hingga 5 bulan mencapai Rp 5 jutaan. Sedangkan bakalan yang berumur 5 hingga 12 bulan mencapai Rp 7 jutaan.

Bakalan Cucak Rowo Sumatera

Untuk usia 1 hingga 2 bulan hampir Rp 4 jutaan. Dan anakan yang berusia 3 hingga 5 bulan mencapai Rp 5 jutaan. Sedangkan bakalan yang berumur 5 hingga 12 bulan hampir mencapai Rp 7 jutaan.

Kondisi Fisik dan Pasar

Harga burung Cucak Rowo di pasar burung cukup mahal, bahkan beberapa tempat harus pesan terlebih dahulu untuk mendapatkannya.

Jika membeli burung Cucak Rowo di arena kontes burung berkicau, harganya juga cukup mahal. Apalagi jika burung-burung tersebut bersertifikat dan juara di berbagai kontes. Di beberapa pasar burung juga sulit mendapatkan Cucak Rowo yang berkualitas.

Yang banyak beredar adalah bakalan atau anakan Cucak Rowo yang rata-rata dibanderol Rp 2 juta hingga Rp 3 jutaan. Untuk mendapatkan bakalan Cucak Rowo gacor atau ropel kicau mania sebaiknya mencari di tempat-tempat penangkarannya, tentu saja harganya juga cukup mahal.

Tetapi kicau mania akan memperoleh bibit yang kondisi fisiknya bagus dan siap untuk dilatih. Harga cucak Rowo yang sudah terlatih pun cukup tinggi berkisar Rp7 jutaan.

Membudidayakan jenis burung rawa ini memang sulit, tetapi semakin langkanya Cucak Rowo di alam liar juga perlu diwaspadai agar tidak punah.

Saat ini sudah ada beberapa penangkar yang berhasil mengembangbiakkan, meskipun tidak menghasilkan banyak bakalan. Dan untuk mendapat kualitas yang baik, para kicau mania bisa membelinya di tempat-tempat penangkaran. Sehingga dapat mengetahui garis keturunan dari burung yang diharapkan.

Harga Burung Cucak Rowo Anakan

Harga Burung Cucak Rowo Anakan
youtube.com

Burung cucak rowo merupakan salah satu jenis burung kicau endemik yang ada di Indonesia. Dahulu kala burung cucak rowo ini mudah ditemui di beberapa pulau besar yang ada di Indonesia seperti pulau Jawa, Sumatera dan juga Kalimantan.

Selain suara kicauan yang bagus, burung cucak rowo ini juga memiliki ciri khas lain yaitu bulunya yang indah dan juga halus. Cucak rowo termasuk dalam jenis burung yang memiliki ukuran sedang yaitu memiliki panjang sekitar 28 cm.

Salah satu ciri khas lain yang dimiliki oleh burung cucak rowo ini adalah adanya bulu yang berwarna jingga kuning di beberapa bagian kepalanya sehingga terlihat seperti mahkota di bagian kepala. Nah, lantas berapakah harga burung cucak rowo ini baik harga burung cucak rowo anakan ataupun cucak rowo dewasa?

Namun keberadaan burung cucak rowo sekarang ini semakin sedikit karena populasinya juga semakin menurun.

Oleh karena itu harga burung cucak rowo juga semakin mahal baik itu yang anakan atau yang sudah dewasa. Harga burung cucak rowo ini diatas harga burung kicau yang lain. Disamping itu burung cucak rowo juga merupakan salah satu hewan yang dilindungi karena keberadaannya yang semakin sudah ditemukan di alam liar.

Artikel Lain: Info Lengkap Harga Cucak Rante Terbaru

Dan para peternakpun masih sedikit yang bisa menangkarkan burung cucak rowo ini. Meskipun begitu, burung cucak rowo ini masih terus menjadi primadona terlebih lagi dalam ajang perlombaan. Belum lagi karena harganya yang terbilang mahal maka banyak sekali orang yang ingin memelihara burung cucak rowo ini.

Untuk harga burung cucak rowo anakan saja harganya bisa mencapai jutaan rupiah, apalagi untuk cucak rowo yang sudah dewasa dan pintar berkicau pasti harganya tembus hingga puluhan juta rupiah.

Buat kalian yang penasaran berapa harga burung cucak rowo anakan dan juga dewasa, berikut ini adalah daftar harga burung cucak rowo yang bisa kalian jadikan sebagai referensi:

Harga Cucak Rowo Sumatera

Bagi kalian yang ingin memelihara cucak rowo Sumatera berikut adalah besarnya kocek yang harus rela kalian keluarkan.

  • Cucak rowo anakan umur 1-2 bulan harganya sekitar Rp 3000.0000 hingga Rp. 3.700.000
  • Cucak rowo umur 3-5 bulan harganya sekitar Rp 4.500.000 hingga Rp 5.700.000
  • Cucak rowo umur 12 bulan harganya sekitar Rp 7000.000
  • Sepasang cucak rowo dewasa yang umurnya diatas 1 tahun harganya sekitar 15 juta hingga 18 juta

Harga Cucak Rowo Kalimantan

Bagi kalian yang ingin memelihara cucak rowo Kalimantan berikut dibawah ini adalah besarnya kocek yang harus kalian keluarkan:

  • Cucak rowo anakan umur 1-2 bulan harganya sekitar Rp. 2.000.000 – Rp. 3.000.000
  • Cucak rowo anakan umur 3-5 bulan harganya sekitar Rp. 5.000.000
  • Cucak rowo dewasa umur 12 bulan atau lebih harganya sekitar Rp. 7.000.000
  • Sepasang cucak rowo dewasa yang siap kawin harganya sekitar Rp. 18.000.000

Harga Cucak Rowo dari Peternak Burung

Kalian juga bisa membeli burung cucak rowo dari beberapa peternak burung. Biasanya burung ini mereka jual berdasarkan kemampuan burung. Untuk harganya adalah sebagai berikut:

  • Harga cucak rowo anakan dari induk burung cucak rowo biasa harganya sekitar Rp. 2.000.000 – Rp. 3.000.000 per pasangnya.
  • Harga cucak rowo anakan dari induk burung cucak rowo yang sudah ropel harganya sekitar Rp. 4.500.000 per pasangnya.
  • Indukan burung cucak rowo yang sudah ropel harganya sekitar Rp. 18.000.000 per pasang.

Demikianlah harga burung cucak rowo anakan dan juga cucak rowo dewasa jika kalian tertarik untuk memeliharanya. Memang harganya lumayan mahal, namun kalau memang sudah menjadi hobi pasti harga semahal apapun tidak jadi masalah.

HARGA BURUNG CUCAK ROWO

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.