Daftar Harga Burung Elang Berdasarkan Jenis dan Ciri-cirinya

Harga Burung Elang – Burung elang merupakan burung yang besar dan banyak ditemukan di Indonesia sehingga harga burung elang berbeda beda. Dengan tubuh yang besar dibandingkan dengan burung lainnya dan juga memiliki paruh yang kuat.

Burung elang dikenal dengan nama lainnya yaitu Aquilla dan elang biasa tinggal di perairan. Biasanya menjadi pemangsa hewan mamalia yang merupakan makanan utamanya seperti tikus, kadal, ayam, ular, dll. Beberapa ini ada ciri ciri dari burung elang yang bisa diketahui, sebagai berikut.

Ciri Ciri Burung Elang dan Karakteristiknya

gambar burung elang
harapanrakyat.com

Burung elang memiliki ciri ciri yang sudah banyak diketahui banyak orang. Dan setiap burung memiliki ciri tersendiri yang membuat burung elang menarik.

Dengan adanya ciri yang diketahui banyak orang dapat menambah pengetahuan. Burung elang biasa tinggal di Indonesia daerah perairan dan masih banyak lagi ciri ciri serta karakteristik lainnya.

1. Bertelur

Sama seperti hewan unggas lainnya, burung elang pun berkembang biak secara bertelur. Dan burung ini memiliki cangkang yang keras dan kuat yang tersimpan di sarang buatan burung elang sendiri. Dengan cangkang yang kuat tersebut dapat membuat anaknya terjaga hingga saatnya bisa terbang.

2. Paruh Tak Bergigi

Paruh burung elang dikenal dengan paruh yang kuat namun ternyata tidak ada giginya. Dengan begitu paruhnya berbentuk melengkung sehingga membuat kuat dan dapat memakan daging dengan cepat. Paruh burung elang tetap dapat mengoyak mangsanya dengan mudah sehingga membuat burung menjadi besar.

3. Predator Dan Memiliki Kaki Yang Kuat

Sudah tak asing lagi bahwa burung elang memang merupakan predator yang dapat memantau mangsanya sesuai target. Mangsa yang selalu dikejar oleh burung elang ini adalah mamalia yaitu tikus, ular, ayam, dll.

Kaki burung elang memang kuat sehingga dapat menopang badannya yang besar ketika berjalan. Dan kakinya memiliki cakar yang tajam dan fungsinya untuk mencengkeram mangsanya agar tidak lepas.

4. Memiliki Penglihatan Yang Tajam Dan Jantung Seperti Manusia

Penglihatan burung elang sangat bagus dan tajam sehingga mangsa yang jauh pun akan terlihat. Begitulah cara elang mencari mangsanya dari jauh sehingga akan tercapai sesuai target yang ditetapkan elang. Jantung yang dimiliki elang terdapat 4 bilik sama seperti manusia, berbeda dengan burung lainnya.

Dengan jantung yang dimilikinya dapat membuat elang menjaga kestabilan ketika terbang tinggi dan juga tiba tiba terjun.

Harga Burung Elang Berdasarkan Jenisnya

daftar harga burung elang
esteem.app

Burung elang memiliki banyak jenis yang berbeda beda meskipun burung tersebut satu nama. Biasanya burung yang memiliki jenis juga memiliki perbedaan satu antar lainnya.

Elang sangat suka tinggal di perairan namun mungkin ada beberapa jenis elang lainnya yang lebih suka tinggal di tempat yang berbeda. Harga burung elang akan membedakan dengan jenis burung elang juga. Ada beberapa jenis burung elang dan harga burung elang, sebagai berikut.

1. Elang Hitam

harga burung elang hitam
alihamdan.id

Elang hitam memiliki bulu yang berwarna hitam dan berukuran 70 cm dan dalam ukuran elang ini termasuk sedang. Namun kita burung ini terbang tinggi akan terlihat lebih besar dibandingkan biasanya. Dan elang ini biasanya ditemukan di hutan, perkebunan dan desa di pinggir hutan.

Baca Juga: Mengetahui Harga Burung Cucak Jenggot dan Cirinya

Biasanya burung elang ini mengeluarkan suara yang khas elang ular bido. Akan membunyikan suaranya tersebut ketika pagi hingga siang hari. Harga burung elang hitam ditawarkan sekitar Rp500.000 hingga Rp750.000.

2. Elang Ular Bido

harga burung elang ular bido
pertamina.com

Elang ular bido memiliki corak dibulunya dan tubuhnya berukuran 50 – 60 cm dan terbilang sedang. Burung ini sangat berisik ketika terbang dan pasti mengeluarkan suaranya untuk menemui burung ini dapat ditemukan di ketinggian.

Seperti di hutan primer, hutan sekunder, perkebunan, savana dan juga di perkampungan yang ditinggali penduduk. Meskipun memiliki nama ular namun tidak selalu memakan ular, burung ini dapat memakan tikus, kadal dan hewan kecil lainnya. Harga burung elang ular bido ini didapatkan sekitar Rp400.000 hingga Rp700.000.

3. Elang Jawa

harga burung elang jawa
gembiralokazoo.com

Elang jawa sangat bersejarah karena dijadikan sebagai lambang negara Indonesia ketika masa orde baru. Memiliki badan yang berukuran sedang yaitu 60 cm dan juga sangat langka.

Elang yang ini terlihat gagah dan berani namun ketika di usut ternyata pengecut dan mudah untuk dikalahkan oleh elang lain. Burung garuda yang dikira memiliki spesies tersendiri namun ternyata burung itu adalah burung elang jawa ini.

Biasanya terbang di atas tajuk manapun dan akan berburu, sehingga memantau targetnya dari jauh untuk diterkam. Untuk mendapatkan burung elang jawa ini harus mengeluarkan uang sekitar Rp500.000 hingga Rp750.000.

4. Elang Brontok

harga burun elang brontok
trayothegreat.wordpress.com

Elang brontok sangat mirip dengan elang jawa yang berukuran 60 cm yaitu sedang. Habitat elang yang satu ini sangat beraneka ragam sehingga banyak ditemukan. Disebut mirip dengan elang jawa karena memiliki jambul namun ekornya sedikit pendek.

Suka memangsa ular, tikus, kadal, serangga kecil lainnya yang penting makan dan kenyang. Bercorak juga dan dapat dikatakan saudara dengan elang jawa karena hanya memiliki jenis yang berbeda. Elang brontok dapat dimiliki dengan harga sekitar Rp850.000 hingga Rp2.000.000.

5. Elang Laut Perut Putih

harga burung elang perut putih
wikipedia.com

Elang laut perut putih ini memiliki ukuran badan yang besar yaitu 70 hingga 85 cm karena ukurannya ini sering disebut dengan raja lautan. Hidup di dataran yang tinggi dan masuk juga ke hutan yang datarannya rendah serta tersebar di pesisir pantai. Ukuran elang yang satu ini sangat besar dibandingkan dengan elang lainnya.

Dan biasanya untuk menerkam mangsanya terbang rendah di perairan kemudian mendapatkan mangsanya dengan bersuara nyaring. Mangsanya berupa ikan dan burung, untuk mendapatkan burung elang ini harus mengeluarkan uang sekitar Rp1.000.000 hingga Rp1.500.000.

6. Elang Tiram

harga burung elang tiram
duniaelang.blogspot.com

Elang tiram ini memiliki corak paduan antar hitam dan putih yang bagus dan berukuran sedang yaitu 60 cm. Biasanya tersebar di pesisir pantai untuk mencari mangsanya dengan mudah. Mangsanya berada di air atau di laut sehingga ketika terbang pun dengan cepat memangsa.

Dan elang ini sangat suka mengeluarkan suaranya di tiang dermaga dan juga di atas kapal yang singgah. Harga burung elang ini didapatkan sekitar Rp300.000 hingga Rp500.000.

7. Elang Tikus

harga burung elang tikus

Elang tikus biasanya berada di dataran rendah dan perbukitan dan sangat suka terbang seperti layangan. Memiliki corak bulu yang indah dan badannya berukuran sedang yaitu 30 hingga 45 cm.

Dan memiliki cara terbang yang unik dan tidak bisa dilakukan elang jenis lainnya. Biasanya bertengger pada pohon yang sudah mati dan di tiang telepon. Memangsa para ular, tikus dan burung yang masih kecil. Harga dari burung elang ini sekitar Rp200.000 hingga Rp500.000.

Sekian informasi tentang burung elang dan harga burung elang yang ada di Indonesia. Dan sebagai referensi bagi yang sedang mencari tahu harga dari burung elang. Dapat menambah wawasan tentang jenis burung elang. Dari sekian banyak burung elang dapat diketahui ada perbedaan dan ciri tersendiri pada tiap elang.

Bagi yang menginginkan burung elang dapat membelinya dengan harga yang sudah bisa di perkirakan. Dan sebagai rincian harga burung elang dari Rp200.000 hingga Rp2.000.000.

Harga Burung Elang

Categories Burung

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.