Inilah Harga Burung Falk Saat Ini

Harga Burung Falk – Burung cockatiel atau yang sering disebut burung Falk dan burung parkit Australia merupakan salah satu burung peliharaan yang cukup popular di seluruh dunia.

Jenis kicau paruh bengkok satu ini memiliki warna yang menarik dan terdapat jambul pada bagian kepala yang membuatnya semakin unik. Inilah yang menjadi factor orang ingin membelinya. Sehingga harga burung Falk masih cukup mahal di pasaran.

Falk memiliki tingkahnnya sangat atraktif dan mudah dijinakan inilah salah satu daya tarik bagi sebagian orang. Selain itu burung falk merupakan satu diantara burung pintar di dunia. Mereka dapat menirukan bunyi dan bersiul dengan merdu.

Sebagai pengenalan burung ini berasal dari Australia. Di daerah asalnya burung Cockatiel sering ditemukan di daerah pedalaman Negara Australia. Keunikannya membuat banyak orang menangkarkan dan membudidayakannya hingga saat ini. Tidak terkecuali di Negara Indonesia.

Cara Merawat Burung Falk

cara perawatan burung falk
budgiebirdsmalaysia.blogspot.com

Saat memutuskan untuk memelihara hewan, hendaknya kita harus memiliki tanggung jawab terhadap hewan peliharaan tersebut. tidak terkecuali pada burung Cokatiel ini. Memang perawatannya cenderung mudah dan siapaun dapat melakukannya. Berikut ini beberapa cara merawat burung Falk dengan baik dan benar.

1. Memberikan Pakan Sehat

Langkah pertama dalam merawat burung Cokatiel adalah memperhatikan asupan makanannya. Berikan campuran pakan yang baik dan benar dan seimbang. Selain biji – bijian dan pelet, perlu juga tambahan pakan lain seperti diantaranya sayuran hijau, sawi, brokoli, jagung, kubis serta buah – buahnya seperti apel dan papaya.

Dengan gizi yang baik akan menjadikan burung ini terlihat sehat dan bulu tumbuh indah. keindahan bulu juga dapat mempengaruhi harga burung Falk.

Namun perlu diperhatikan bahwa pemberian tambahan pakan ini tidak boleh berlebihan. Karena dapat menyebabkan burung kegemukan hingga mengakibatkan males gerak dan tidak atraktif.

Disarankan untuk memberi pakan tambahan 1 hingga 2 kali seminggu. Penggantian pakan dan air minum sebaiknya dilakukan setiap hari. Tambahkan vitamin untuk menjaga stamina burung tetap  vit.

2. Ukuran Kandang

Untuk memelihara burung Cockatiel diperelukan ukuran kandang yang cukup besar. Karena burung Cockatiel memiliki ukuran tubuh yang cukup besar juga. Sebaiknya menggunakan sangkar dengan ukuran 40 x 30 x 60 cm.

Besarnya ukuran kandang memengaruhi ruang gerak burung, sehingga diharapkan mereka dapat leluasa bergerak dan bergerak aktif serta menjaga agar burung tidak strees.

3. Kebersihan Kandang

Merawat kebersihan kandang ialah hal yang tidak bisa dianggap sepele. Kandang burung yang bersih dapat menjaga kesehatan burung tersebut.

Semprot cairan antiseptic semingguan sekali bila diperlukan untuk membunuh kuman di area sangkar. Sebaliknya kandang burung yang kotor dan jarang dibersihkan akan menjadi sarang penyakit yang nantinya bisa hingga di burung kesanyangan anda. Pada umumnya membersihkan kandang harus seminggu sekali.

Harga Burung Falk Berdasarkan Jenisnya

daftar harga burung falk
pixabay.com

Selain informasi yang telah dijelaskan di atas ada juga hal penting lainnya yaitu terkait jenis besarta harga dari burung Falk ini. Berikut ulasannya:

1. Burung Falk Jenis Pied

harga burung falk pied
bakasuracendekia.blogspot.com

Falk jenis Pied memiliki warna dasar berwarna putih dipadukan dengan corak berwarna hitam di daerah sekitar punggung. Pada bagian sayap berwarna blorok dan abu – abu serta bagian muka dan pipi berwarna cerah. Jenis ini mempunyai ciri unik yakni adanya corak warna kuning pada area yang tidak terdapat pada jenis burung Falk lainnya.

Baca Juga: Mengetahui Harga Burung Cucak Jenggot dan Cirinya

Harga burung Cockatiel jenis ini berkisar antara Rp500.000.- hingga Rp1.000.000.-. Pada jenis pied sangat susah membedakan jenis antara kelamin jantan dan betina. Ini karena bentuk dan dan postur tubuhnya hampir sama.

2. Burung Falk Lutino

harga burung falk lutino
gallery.pethobbyist.com

Dari sekian jenis burung Falk, lutino adalah yang paling banyak dicari di Indonesia. Falk lutino terdiri dari warna putih dan kuning yang solid. Warnanya sendiri juga bervariasi, dari kuning terang hingga putih salju yang cerah. Mutasi warna lutino yang umum saat ini yakni lutino pearl pied, lutino pied cinnamon, white face lutino dan lutino pearl.

Banyak orang beranggapan bahwa untuk membedakan jantan betina pada falk lutino adalah dari melihat kecerahan warna tompel pada wajahnya.

Padahal baik jantan dan betina memiliki warna tang sama. Dari segi harga memang relatif. Untuk harga burung Falk lutino saat ini berkisar antara Rp1.000.000.- hingga Rp1.500.000.-. Melihat keindahannya harga yang ditawarkan tidak akan membuat kecewa.

3. Burung Falk White Face (Falk Muka Putih )

harga burung falk white face
bakasuracendekia.blogspot.com

Berbeda dengan yang sebelumnya, untuk jenis white face tubuhnya berwarna abu – abu.. jambul pada kepala juga berbeda yakni berwarna abu – abu dan putih. Sedangkan untuk bagian muak berwarna putih bersih. Burung falk jenis ini memiliki banyak persilangan warna sehingga menghasilkan mutasi – mutasi warna yang baru.

Untuk harga burung falk white face berkisar antara Rp500.000.- hingga Rp1.000.000.-. Perlu diperhatikan bahwa harga yang tertera bisa saja menjadi lebih mahal atau lebih murah mengikuti pergerakan perkembangan burung di Indonesia.

4. Burung Falk Pearl ( Falk Mutiara )

harga burung falk pearl
hobiburung.org

Serupa dengan namanya jenis falk satu ini memiliki tubuh warna dengan bintik – bintik bercampur kuning yang berpadu dengan warna abu – abu.  Jenis burung ini merupakan hasil mutasi.

Berikut ini hasil mutasi warna cockatiel pearl apabila disilangkan dengan warna lain. Diantaranya seperti cinnamon pearl, pearl pied cinnamon, white face cinnamon pearl dan yello ceek pearl pied.

Terdapat karakteristik pada jenis warna pearl, yakni pada pearl jantan yang sudah dewasa akan kehilangan corak bintik – bintik pada tubuhnya. Namun pada cockatiel betina akan tetap mempertahankan warnanya.

Sehingga mudah apabila ingin mengetahui jenis jantan dan betina pada jenis falk pearl. Harga pasaran burung ini sekitar Rp600.000.- hingga Rp1.500.000.

5. Burung Falk Cinamon

harga burung falk cinnamon
gambarburung.pro

Cinnamon merupakan jenis mutasi yang awalnya memiliki bulu dengan warna abu – abu menjadi kecoklatan. Cockatiel jantan pada jenis cinamon memiliki warna pada umumnya yakni abu – abu, pada muka berwarna kuning cerah dan tompel pada pipi berwarna orange terang.

Sedangkan untuk cockatiel betina memiliki warna yang hampir sama, yang membedakan adalah pada bagian pipi berwarna orange kusam dan di bagian ekor terdapat bulu berwarna putih. Untuk harga berkisar antara Rp. 600.000.- hingga Rp1.200.000.- per ekornya.

6. Burung Falk Albino

harga burung falk albino
gambarburung.pro

Falk Albino merupakan jenis yang terjadi dari perkawinan indukan lutino bermuka putih. Cockaiel jenis albino tidak memiliki pigmen warna sehingga tubuhnya tidak berwarna seperti jenis falk pada umumnya. Harga burung jenis ini dibandrol sekitar Rp800.000.- hingga Rp1.500.000.-.

Setiap orang memiliki minat tersendiri untuk memelihara burung, berapapun harga yang ditawarkan tidak akan menjadi masalah jika itu sudah menyangkut soal hobi.

Karena kecintaan seperti ini juga menjadi salah satu investasi di masa datang. Perkembangan dunia hewan terutama burung kicau mengalami kemajuan yang pesat. Sehingga diharapkan harga dari burung falk akan tetap tinggi

Itulah ulasan mengenai harga burung falk. Dengan mengetahui akan jenis dan harga diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru bagi para pembaca. Semoga seluruh pembahasan ini bermanfaat. Terima kasih.

Harga Burung Falk

Categories Burung

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.