Harga Burung Gelatik Lengkap dengan Cara Perawatannya

Harga Burung Gelatik – Bagi para penyuka hewan yang satu ini, tentunya sudah tidak asing lagi dengan harga burung gelatik di pasaran. Topik pembicaraan tersebut memang populer mengingat jenis unggas kecil nan imut itu dicari oleh banyak orang. Alasannya beragam, mulai dari suara, warna, ukuran, harga, dll.

Jenis Burung Gelatik Paling Populer

jenis-jenis burung gelatik
hobiburung.org

Jenis burung gelatik sendiri beraneka ragam dengan ciri khas nya masing-masing. Aspek ini menjadi daya tarik tersendiri yang membuatnya amat diminati oleh banyak kalangan.

Adapun beberapa diantaranya paling populer serta diminati yaitu wingko atau batu, Jawa, Silver, si putih, dan coklat. Supaya tidak semakin penasaran, berikut akan diulas masing-masing dari jenis tersebut;

1. Jenis Burung Gelatik Batu Atau Wingko

harga burung gelatik batu

Jenis pertama ini sering disebut dengan burung gelatik batu atau wingko. Tidak diketahui secara pasti mengenai alasan nama tersebut dipilih, karena secara spesifikasi tampilan rasanya tidak mencerminkan kedua penyebutan itu. Adapun terkait pita suara, spesies itu tidak kalah nyaring nya.

Perbedaan antara jenis jantan dan bentina bisa dengan mudah diketahui melalui warna bulu kepala. Hitam pekat bagi si laki-laki dan abu-abu pada perempuan. Adapun secara keseluruhan, tubuh gelatik batu atau wingko berukuran sekitar 13 cm dominan antara hitam dan putih dengan kadar berbeda-beda.

2. Jenis Burung Gelatik Silver

harga burung gelatik silver
yotube.com

Sebagaimana namanya, jenis gelatik ini memiliki warna silver pada sepanjang tubuhnya yang berukuran kurang lebih 15 cm. Tampilan tersebut tentu saja sangat menarik mengingat jarang sekali dapat ditemui sebuah burung dengan warna silver. Ditambah pula penampakan corak kepala kontras

Burung gelatik silver memiliki paruh berukuran pendek berwarna putih dan bagian samping merah muda, sama seperti sekeliling matanya. Adapun kepala atas bercorak abu-abu gelap seakan berpadu padan dengan tubuhnya. setelah itu di sampingnya tepat putih bersih menyerupai sebuah telinga

3. Jenis Burung Gelatik Jawa

harga burung gelatik jawa
bukalapak.com

Nama sapaan ‘Jawa’ pada burung gelatik satu ini diambil dari nama habitatnya yang banyak ditemui di pulau tersebut. Adapun secara tampilan, ciri khas spesies tersebut terletak di warna coklat  kemerahan yang mengelilingi bagian perut serta bulu atas agak gelap keabu-abuan.

Ukuran tubuh burung gelatik jawa kurang lebih sekitar 15 cm. Lingkaran merah di sekeliling kedua bola mata nya sering juga disebut sebagai ciri khas kendati masih sedikit orang menyadarinya. Hewan dengan nama latin aryzivora tersebut merupakan seekor pemakan segala atau omnivora.

4. Jenis Burung Gelatik Putih

harga burung gelatik putih
ilmubudidaya.com

Burung gelatik putih digadang-gadang merupakan jenis spesies paling mahal dibandingkan varian lainnya. Hal ini disebabkan tampilan perpaduan antara warna putih sepanjang tubuhnya  dan merah muda pada bagian paruh serta lingkaran bola mata sangat mempesona bagi mata yang memandang.

Kelebihan lainnya dari burung jenis gelatik putih ialah lengkingan suaranya yang merdu serta memiliki banyak variasi. Hal ini tentu saja akan membuat para pecintanya menjadi tergila-gila dan siap membayar berapapun untuk mendapatkan si mungil dan bersih menyenangkan yang satu ini.

5. Jenis Burung Gelatik Coklat

harga burung gelatik coklat
pixabay.com

Ragam jenis terakhir dari gelatik paling populer di Indonesia yaitu gelatik coklat. Nama tersebut disandarkan kepada warna yang mendominasi sepanjang tubuh si burung  namun meskipun begitu, terdapat pula corak putih kekuningan di bagian bawah tubuh sampai ekor serta sepertiga mukanya.

Selain itu, ada juga warna hitam pekat di bagian kepala. Beberapa kalangan juga menyebutnya dengan nama Holland yang menyiratkan aksen bahasa asing. Namun secara keseluruhan, seperti ukuran, nada suara, hingga makanan dan habitat, spesies coklat sama dengan jenis gelatik lainnya.

Daftar Harga Burung Gelatik

harga burung gelatik berbagai jenis
ilmubudidaya.com

Ada beberapa aspek yang membedakan jumlah nominal harga burung gelatik. Diantaranya ialah usia serta jenis kelamin. Jantan memiliki bandrol lebih mahal karena dipercaya punya banyak kelebihan, diantaranya yaitu kicauan lebih merdu, tampilan ramping, dan postur tegap. Berikut daftar harga burung gelatik;

  • Burung Gelatik Batu memiliki harga sekitar Rp100.000,- sampai Rp160.000,-
  • Burung Gelatik Batu anakan dipatok dengan harga sekitar Rp80.000,- sampai Rp100.000,-
  • Gelatik Wingko jantan dewasa memiliki harga sekitar Rp300.000,-
  • Gelatik Jawa di pasaran harganya sekitar Rp100.000,- sampai Rp300.000,-
  • Burung Gelatik tipe silver dipatok dengan harga sekitar Rp750.000,-
  • Gelatik putih dewasa memiliki harga sekitar Rp1.000.000,-
  • Burung Gelatik coklat dipatok dengan harga jual Rp750.000,-

Baca Juga: Harga Burung Blackthroat Beserta Karakteristiknya

Cara Perawatan Sederhana Burung Gelatik

cara merawat burung gelatik
gambar-burung-wallpaper.blogspot.com

Terlepas dari menyiapkan badget sekian untuk bisa mendapatkan burung gelatik kesukaan, perawatan supaya bisa membuatkan potensi yang dimiliki menjadi maksimal juga perlu dilakukan. Dengan demikian, si pemilik dengan bangga bisa pamer akan sekaligus nilai jualnya jadi makin tinggi.

1. Membuat Jadwal Sederhana Kebersihan Burung Gelatik

Langkah pertama yang penting untuk diperhatikan ialah menjaga kebersihan tubuh maupun kandang tempat tinggal si gelatik. misalkan saja rutin menaruhnya di bawah sinar matahari setiap pukul 07.00 hingga 09.00 pagi yang akan membuat pertumbuhan tubuhnya menjadi optimal beserta imunitas nya.

Selain itu, kandang juga harus selalu dalam keadaan bersih. Minimal melakukan pembersihan sehari dua kali setiap pagi dan sore. Langkah ini biasa diminamilisir dengan cara membangun sebuah kandang besar dan permanen sehingga tetap kondusif bagi aktivitas lincahnya sepanjang hari.

2. Memberikan Lingkungan yang Tenang

Aspek penting kedua dan sebenarnya sederhana ialah memberikan suasana yang tenang di sekitar kandang gelatik. Berbagai upaya dapat dilakukan, misalnya dengan menaruhnya di bagian samping / belakang rumah, memberi kerodong atau penutup kain di bagian luar kandang, maupun lainnya.

Lingkungan sekitar sangat berdampak bagi psikis seekor gelatik. Hal ini cukup mempengaruhi respon terhadap lawan jenis maupun orang lain dan konsentrasi dalam berkicau. Selain itu, aspek tersebut juga meminimalisir kemungkinan untuk stres dan mempengaruhi kelincahan perilaku dan geraknya.

3. Mengatur Variasi Makanan

Sebagaimana perawatan burung yang pandai berkicau pada umumnya, unsur makanan perlu sangat diperhatikan. Terutama protein nabati dari buah-buahan serta hewani dan berasal dari para serangga seperti cacing, jangkrik, atau ulat. Dengan asupan maksimal daya tahan serta pita suara akan bagus.

Porsi asupan tersebut harus rutin dan terpenuhi. Apalagi jika akan menghadapi lomba atau masa-masa tertentu seperti birahi, ukuran jumlah makanan perlu disesuaikan sehingga bisa mendapatkan mengatasi momen tersebut dengan baik. Umumnya voer bekerja sebagai karbohidrat setiap hari.

4. Lakukan Stimulus Kemampuan

Kebiasaan selanjutnya ialah melatih kemampuannya dengan cara mengajak berinteraksi.  Hal ini hampir menjadi sebuah kewajiban supaya burung gelatik terbiasa aktif serta berkicau dengan kekuatan optimal. Sebagaimana manusia, semua potensi diri tersebut perlu dilatih secara konsisten.

Stimulus yang dimaksud disini bisa berupa memberikan rangsangan berupa siulan jari maupun mulut. Sesekali mengusap-ngusap secara halus bulu di bagian kepala dapat membuatnya tenang dan memiliki ikatan dengan si pemilik. Keuntungannya latihan ini akan berjalan lebih mudah.

Secara keseluruhan, harga burung gelatik memiliki banyak aspek seperti umur dan jenis kelamin. Tidak ketinggalan juga cara perawatan yang harus diperhatikan dan tidak jarang membuat si pemilik perlu mengeluarkan beberapa rupiah lagi. semoga informasi diatas bisa bermanfaat.

Harga Burung Gelatik

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.