Daftar Harga Burung Jalak Kebo Di Indonesia

Harga Burung Jalak Kebo – Di Indonesia dikenal dengan keindahan serta keberagaman flora dan fauna. Salah satunya adalah bermacam-macamnya jenis burung. Salah satunya adalah burung jalak kebo atau memiliki nama latin Acridotheres Javanicus.

Burung ini dikenal karena kicauan yang dimiliki sangat indah, lantang, dan keras. Selain itu, burung ini juga dapat menirukan berbagai suara manusia. Hal inilah, yang menjadikan harga burung jalak kebo ini dijual sangat tinggi serta bervariasi sesuai dengan kemampuannya. Berikut penjelasannya.

Deskripsi Singkat Burung Jalak Kebo

harga burung jalak kebo
jalaksuren.net

Burung jalak merupakan salah satu jenis burung yang memiliki kicauan yang indah serta memiliki kemampuan dapat menirukan beberapa macam suara. Diantaranya dapat menirukan suara manusia meski hanya beberapa kata.

Dengan kemampuan inilah yang menjadikan burung jalak kebo menarik para penggemar burung. Burung ini juga disebut dengan jalak hitam atau kerak kerbau karena menjadi mater dari burung kicau lainnya.

Agar burung jalak kebo dapat berkicau dengan bagus, maka diperlukan perawatan setiap hari dengan baik dan benar. Selain itu, sebelum membeli juga perlu untuk memilih dan memilah dengan melihat kriteria dari masing-masing jenis burung. Hal ini dilakukan agar tidak kecewa ketika memeliharanya.

Baca Juga: Daftar Harga Burung Kutilang Terbaru Lengkap

Jenis dan Harga Burung Jalak Kebo Terbaru

gambar burung jalak kebo
youtube.com

Untuk jenis dari burung jalak kebo sangat beragam dan memiliki keunikan tersendiri. Dan dari setiap masing-masing jenis tersebut tentunya memiliki harga yang berbeda-beda sesuai dengan keunikan yang dimiliki.

Bagi para pecinta burung jalak kebo harus memilih dan memilah sesuai kriteria sebelum membeli. Untuk itulah, berikut penjelasannya disertai harga burung jalak kebo yang berada di pasaran.

1. Burung Jalak Kebo Bahan/Bakalan

gambar jalak kebo bahan
hobiburung.org

Jenis ini bercirikan memiliki kepala kotak dan terlihat lebih besar. Untuk yang berkelamin jantan cenderung memiliki suara yang lebih kuat, keras, lantang, dan tentunya bervariasi di antara satu dengan lainnya. Jenis ini juga berkategori memiliki tingkat kecerdasan yang baik serta mental yang kuat.

Sebelum membeli, harus memperhatikan keadaan fisik yang dimiliki. Burung yang bagus adalah yang memiliki postur yang bagus mulai dari kepala sampai ekor. Serta panjang perawakannya terlihat sama ataupun serasi. Perkiraan harga burung jalak kebo jenis ini sebesar Rp75.000.

2. Burung Jalak Kebo Jantan

harga jalak kebo jantan
prasko17.blogspot.com

Pada umumnya, pemelihara burung memilih jenis ini untuk dijadikan peliharaan di rumah. Selain karena warna hitam, memelihara burung ini karena perawatannya yang cukup mudah.

Memiliki paruh yang terasa basah ketika dipegang untuk jantan yang muda. Dan makanan yang perlu disediakan seperti serangga, jangkrik, papaya, kroto, hingga ulat. Sangat mudah didapat di toko-toko burung sekitar.

Untuk yang jantan memiliki sisik pada kakinya. Sedangkan yang muda bersih tanpa sisik. Kemudian juga ada tekstur basah dengan warna yang lebih muda.

Keunggulannya adalah sangat pintar untuk meniru suara manusia. Hal inilah yang menjadi incaran bagi para pemelihara burung. Untuk harga burung jalak kebo di pasaran, jenis ini sebesar Rp150.000.

3. Burung Jalak Kebo Gacor

harga jalak kebo gacor
youtube.com

Harga burung jalak kebo jenis ini dijual sekitar Rp200.000 hingga Rp450.000. Burung jalak kebo memiliki kicauan yang diincar oleh para pecinta burung. Suara merdu, lantang, dan juga keras. Jadi, untuk harga lumayan tinggi karena yang dijual adalah burung yang sudah terbentuk suaranya.

Perawatannya adalah seperti penambahan extra fooding di makanannya, memberikan jangkrik di pagi hari antara 2 sampai 3 ekor dan di saat sore juga dilakukan demikian.

Dapat pula ditambahkan ulat hongkong secukupnya atau memberi makananan dengan kroto. Itulah yang menyebabkan burung jalak jenis ini dapat berkicau indah, hanya perlu memberinya perawatan yang terbaik.

4. Burung Jalak Kebo Mata Putih Gacor

gambar jalak kebo mata putih
youtube.com

Perkiraan harga burung jalak kebo jenis mata putih ini sebesar Rp175.000. Dinilai lumayan tinggi karena kicauan yang indah dan lantang. Sebelum membeli, hendaknya diperhatikan fisik lainnya meskipun memiliki kicauan yang indah. Agar kualitas dari burung ini dapat dijaga serta butuh adanya perawatan di setiap harinya bagi pemelihara.

5. Burung Jalak Kebo Mata Putih

Burung jalak kebo jenis mata putih ini memiliki kelemahan yaitu jarang berkicau ataupun mengeluarkan suara. Namun, memiliki kelebihan yaitu sangat mudah ketika diajari bicara bahasa manusia.

Tetapi jika dibandingkan dengan beo jelas lebih fasih burung beo. Untuk harga burung jalak kebo di pasaran untuk jenis ini sebesar Rp100.000.

6. Burung Jalak Kebo Mata Putih Bisa Bicara

harga jalak kebo berbicara
youtube.com

Tentu yang dapat berbicara atau menirukan suara manusia sangat dihargai dengan nilai yang lumayan tinggi. Harga burung jalak kebo jenis ini dijual dengan sekitar Rp550.000.

Ketika memelihara burung jalak kebo mata putih yang dapat berbicara, tentunya harus memberikan perawatan yang rutin setiap harinya. Selain itu latihan dan makanan juga harus diperhatikan. Agar kualitas burung ini dapat terjaga dengan baik.

7. Burung Jalak Kebo Mata Kuning

harga burung jalak kebo mata kuning
youtube.com

Burung jalak kebo mata kuning memiliki suara atau kicauan yang terdengar lebih nyaring dan bervariatif. Sangat mudah untuk di tangkarkan, karena jenis burung ini sangat gemar berkelompok.

Jadi dapat diletakkan di kandang koloni maupun kandang aviary. Selain itu dapat menggunakan sarang glodog maupun dari potongan batang pohon yang telah dilubangi sebagai tangkar. Perkiraan harga burung jalak kebo jenis ini adalah Rp150.000 hingga Rp300.000.

Cara Merawat Burung Jalak Kebo

cara merawat jalak kebo agar gacor
dwybf-gerih.blogspot.com

Perlu diketahui dan dilakukan bagi para pecinta burung satu ini terutama  pemula mengenai perawatan sehari-hari. Tujuannya selain memiliki kicauan yang indah juga menjadi burung yang sehat.

Banyak orang juga masih bingung dan awam mengenai perawatan yang baik dan benar. Untuk itu, berikut penjelasan mengenai cara merawat burung jalak kebo.

1. Proses Pengembunan

Yang pertama adalah membiarkan burung dengan cara di angin-anginkan. Proses ini membantu burung dalam kesegaran fikiran serta sangat baik untuk kesehatan. Biasanya, waktu terbaik dimulai pada pukul 06.30 di pagi hari.

Cukup 30 menit bahkan sampai 1 jam. Karena burung jenis ini cenderung suka mencari angina. Itulah kenapa pentingnya melakukan proses pengembunan.

2. Memandikan

Tahap selanjutnya yang wajib dilakukan adalah memandikan. Dapat dilakukan dengan cara disemprot, dibasuh, maupun dialiri dengan air. Proses mandi ini dapat membantu burung dalam membersihkan kotoran tubuh serta bulu-bulu hitamnya. Perlu diingat,

3. Membersihkan Kandang

Hal terpenting selanjutnya adalah membersihkan kandang secara menyeluruh agar menyehatkan burung dari bakteri dan virus. Selain itu juga membersihkan keramba mandi, tempat makan, dan tempat minum. Kegiatan ini dapat dilakukan setiap hari agar burung terhindar dari penyakit.

4. Memberi Makan

Pemberian makan sangat penting dilakukan sebelum burung dimandikan. Makanan yang dibutuhkan seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, multivitamin, dan mineral. Serta penambahan EF atau extra fooding. Untuk buah, biasanya seperti pepaya dan pisang.

5. Pemasteran

Dapat dilakukan di saat burung sedang istirahat. Melakukan pemasteran mulai dari jam 6 sore atau setelah isya sampai dengan menjelang pagi. Metode yang biasanya dilakukan dan sangat dianjurkan adalah music player. Hal ini dikarenakan sangat mudah untuk dikontrol dan dapat dilakukan kapan saja.

Itulah beberapa cara untuk memberikan perawatan yang baik dan benar. Dan untuk harga jalak kebo di atas merupakan kisaran harga yang biasa berada di pasaran. Dapat pula berbeda-beda di setiap wilayah dan tergantung musim.

Perlu diingat juga, bahwasanya memilih dan memilah sebelum membeli sangat diperhatikan. Ada yang memiliki keunggulan berkicau, ada juga yang memiliki perawakan yang bagus. Untuk itu, selektif dalam memilih sangat penting untuk dilakukan agar tidak kecewa ketika memelihara nantinya.

Harga Burung Jalak Kebo

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.