Jenis dan Harga Burung Jalak Suren Beserta Tips Jika Ingin Memeliharanya

HARGA BURUNG JALAK SUREN – Dari banyaknya spesies burung yang ada di Indonesia, burung jalak suren menjadi salah satu spesies burung yang banyak sekali diincar.

Bukan karena tidak ada alasan, selain jenisnya bermacam-macam, burung jalak suren pun mempunyai kicauan yang indah dan mempunyai suara karakter yang khas. Selain itu, warna dari burung ini pun terlihat sangat eksotis, sehingga harga burung jalak suren pun dibandrol cukup mahal.

Jenis-Jenis dan Harga Burung Jalak Suren

Jenis-Jenis dan Harga Burung Jalak Suren
macam macam jalak dan harganya – hobinatang.com

Sebagaimana yang diketahui, bahwa burung eksotis ini banyak sekali jenisnya. Beda jenis, tentu beda juga harganya. Harga dari burung jalak suren ini sesuai dengan jenis dari burung jalak suren sendiri. Adapun jenis-jenis dan harga burung jalak suren sendiri antara lain sebagai berikut :

1. Jalak Suren Gacor

Jenis burung jalak suren yang pertama adalah jalak suren gacor. Burung jalak suren yang satu ini merupakan jenis burung yang sudah biasa serta berkicau dengan lumayan fasih.

Harga burung jalak suren yang satu ini pun berkisar di angka Rp. 1.300.000 sampai dengan Rp. 1.500.000. Harga tersebut tergantung dari variasi serta keunikan kicauan yang dikeluarkan oleh burung tersebut.

2. Jalan Suren Anakan

Meski tidak punya uang yang cukup lebih, bukan menjadi soal jika ingin memelihara burung jalak suren. Pasalnya jalak suren anakan dibandrol dengan harga yang relatif cukup murah dibanding dengan jalak suren jenis lainnya.

Jalak suren sendiri di pasaran dibandrol dengan harga Rp. 350.000 sampai dengan Rp. 400.000. Jika membeli burung jalak suren anakan ini sebagai burung peliharaan, maka dibutuhkan ketelatenan yang lebih dalam merawatnya.

3. Jalak Suren Jawa

Selain kedua jenis jalak suren di atas, jalak suren selanjutnya adalah jalak suren jawa. Burung jenis ini pun banyak sekali variasi serta kemampuan kicau burungnya pun bermacam-macam.

Pada umumnya, harga burung jalak suren sendiri berkisar di bawah Rp. 1.000.000. Akan tetapi jika mempunyai kemampuan tawar menawar yang baik, maka jalak suren jawa sendiri bisa dibawa pulang dengan harga Rp. 800.000.

4. Jalak Suren Malaysia

Meskipun burung jalak suren yang satu ini bukanlah berasal dari Indonesia, namun burung yang satu ini cukup banyak diminati sebagai peliharaan. Burung jalak suren Malaysia sendiri dibandrol cukup murah dibanding dengan jenis burung jalak suren yang lainnya.

Harga burung jalak suren malaysia sendiri di pasaran dibandrol dengan harga Rp. 650.000. Meskipun harganya murah, namun kicau dari burung ini pun tidak kalah menariknya dengan jenis burung jalak suren lainnya.

5. Jalak Suren Bakalan

Dan jenis burung jalak suren yang terakhir adalah jalak suren bakalan. Burung jalak suren yang satu ini pun terbilang cukup bersahabat harganya, namun meskipun dibandrol dengan harga yang tidak mahal, kesehatan dari burung ini pun senantiasa prima.

Apalagi jika burung ini dibina dan dilatih, maka akan menghasilkan suara yang berkarakter dan bervariatif. Dengan begitu, maka bisa dipastikan burung jalak suren bakalan pun mampu bersaing untuk kompetisi setiap saat. Harga jalak suren bakalan sendiri di pasaran dibandrol dengan harga Rp. 300.000 sampai dengan Rp. 350.000.

Tips Memelihara Burung Jalak Suren

Tips Memelihara Burung Jalak Suren
perawatan jalak suren rumahan – suksesperawatan.blogspot.com

Bagi yang berminat memelihara burung jalak suren, terdapat beberapa tips untuk memeliharanya. Tips tersebut pun sangat mudah dilakukan dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Adapun tips memelihara burung jalak suren antara lain sebagai berikut.

1. Biarkan Burung Jalak Suren Beradaptasi Terlebih Dahulu Pada Tempat Barunya

Tips yang pertama saat memelihara jalak suren adalah dengan cara membiarkan burung beradaptasi terlebih dahulu pada tempat barunya. Terutama jika membeli jalak suren dalam kondisi baru.

Sedangkan apabila mempunyai burung kicau selain jalak suren, maka janganlah menyandingkan mereka secara bersamaan. Usahakan simpan jalak suren pada tempat yang jauh dari burung kicau lainnya.

Selain itu, pastikan juga tempat jalak suren berada pada tempat yang tenang. Karena proses adaptasi pada tempat sendiri sangat penting untuk dilakukan agar jalak suren mampu mengenal tempat barunya.

Dengan begitu, jalak suren pun bisa betah tinggal di tempat barunya. Selain itu, pastikan untuk memberikan pakan, membersihkan kandang, serta mengajaknya berkomunikasi agar jalak suren bisa terbiasa kepada pemiliknya.

2. Berikan Makanan yang Sehat dan Disukai Oleh Jalak Suren

Tips selanjutnya jika memelihara jalak suren adalah memberikan makanan yang sehat dan disukai oleh jalak suren itu sendiri. Burung yang satu ini pun menyukai berbagai macam buah-buahan seperti pepaya, pisang, dan apel. Dalam memberikan asupan makanan, maka usahakan untuk mengganti makanan dengan makanan yang baru setiap harinya.

Selain memberikan buah-buahan, beri juga voer pada jalak suren. Dengan memberikan asupan yang sehat serta bergizi, maka jalak suren pun akan tumbuh sehat, dan tentunya akan mendapatkan suara yang khas dan indah. Jadi, pastikan jalak suren diberikan asupan makanan yang sehat dan tercukupi setiap harinya.

3. Berikan Pakan Tambahan Pada Jalak Suren

Selain memberikan asupan makanan yang bergizi, pastikan juga memberikan pakan tambahan pada jalak suren. Pakan tambahan yang biasa diberikan pada jalak suren antara lain kroto, belalang, cacing tanah, ulat hongkong, jangkrik, dan lain sebagainya.

Pemberian pakan tambahan sendiri sangat penting diberikan pada jalak suren. Berilah pakan tambahan pada jalak suren secara rutin agar jalak suren bisa gacor.

4. Memandikan dan Menjemur Jalak Suren Secara Rutin

Memandikan dan menjemur jalak suren secara rutin pun merupakan salah satu tips yang harus dilakukan. Hal tersebut sangat penting sekali dilakukan, karena di alam liar jalak suren pun mandi secara teratur baik itu mandi di sungai maupun di genangan air.

Mandikan jalak suren minimal dua kali dalam sehari pada pagi dan sore hari. Sedangkan untuk menjemur sendiri, jemurlah jalak suren pada pagi hari setelah selesai dimandikan. Waktu yang sangat pas untuk menjemur jalak suren adalah sekitar pukul 07.00 sampai dengan 10.00.

5. Bersihkan Kandang, Tempat Pakan, dan Tangkringan Jalak Suren Secara Rutin

Tips selanjutnya jika  hendak memelihara jalak suren adalah jangan lupa untuk membersihkan kandang, tempat, dan tangkringan jalak suren secara rutin. Dengan senantiasa membersihkan kandang, tempat pakan, serta tangkringan jalak suren, maka burung pun akan senantiasa sehat dan tentunya akan senantiasa gacor.

6. Lakukanlah Pemasteran

Dan tips yang terakhir jika ingin memelihara jalak suren adalah melakukan pemasteran. Tujuan dari pemasteran sendiri agar jalak suren mempunyai suara bagus dan gacor.

Meskipun burung yang satu ini sudah mempunyai suara yang bagus dan khas, namun tidak ada salahnya jika melakukan pemasteran pada jalak suren agar suaranya menjadi lebih bagus lagi.

Cara untuk melakukan pemasteran sendiri sangat mudah sekali, cukup memperdengarkan suara jalak suren dari Hp atau bisa juga dengan menempelkan burung asli.

Itulah jenis dan harga burung jalak suren beserta tips jika ingin memeliharanya. Bagi pecinta burung, tentunya jalak suren sendiri menjadi salah satu burung yang harus dipelihara, bukan. Terlebih harga dari burung ini sangat terjangkau sekali dan dalam segi pemeliharaannya pun cukup gampang dan tidak memerlukan biaya besar.

HARGA BURUNG JALAK SUREN

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.